Optimasi Landing Page Dalam Teknik SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 62

undercover.co.id – Landing page sangat berguna dalam sebuah website. Merupakan halaman berikut yang dapat dilihat oleh pengunjung setelah mengklik link yang berhubungan dengan halaman anda. Link inilah yang disebut natural link yang dicantumkan pada material konten.

Penampakan link-link ini seperti ditemukan pada iklan Google, Facebook, Twitter, dan link blog sendiri. Tidak ada jumlah maksimal ataupun minimal yang ideal bagi landing page.

Jumlah landing page dalam sebuah website dapat ditentukan oleh pemilik website sendiri. Contohnya Wishpond, dalam website memiliki landing page antara 35 dan 50. Adapun jumlah landing page tergantung dari :

  • Webinar
  • Promosi
  • Kampanye iklan

Meningkatkan Conversion Rate

Tujuan penggunaan landing page untuk meningkatkan conversion rate pada saluran penjualan. Conversion rate ini berguna untuk merubah pengunjung menjadi pelanggan aktif. Sehingga tidak hanya pasif membaca, namun juga membagikan konten di sosial medianya.

Terlebih lagi pada website yang bergerak dalam bidang bisnis sangat diperlukan adanya landing page. Kini elemen tersebut menjadi fokus dari sebuah saluran penjualan digital.

Perkiraan keuntungan pemilik website apabila conversion rate didapat dari landing page. Contohnya pemilik bisnis online mendapatkan 10.000 pengunjung melalui situsnya per bulan. Masing-masing pelanggan rata-rata menghabiskan sekitar Rp. 300.000 setiap kali berbelanja.

Apabila website berhasil meningkatkan minimal 1% per bulan. Maka penghasilan yang didapatkan dengan meningkatnya conversion rate dapat lebih dari Rp. 50 juta. Tentu saja meningkatkan convention rate tidak dapat menggunakan teknik sembarangan. Berikut ini panduan optimasi landing page terbaik.

Membuat dan Mengoptimasi Landing Page

Sesungguhnya membuat landing page merupakan perkara mudah. Cukup dengan menghubungi layanan pengembang bisnis. Setelah itu, pemilik website akan diarahkan pada CMS semacam WordPress.

Pengelolaan landing page dapat membuat konten yang tidak ribet. Sangat direkomendasikan membuat landing page berbeda dari berbagai sumber traffic. Adapun contoh landing page berbeda yakni :

  1. Landing page bagi masing-masing ebook gratis
  2. Landing page untuk berbagai jenis produk atau layanan bisnis
  3. Landing page untuk  layanan advertisement campaign berdasarkan promosi
  4. Peluang landing page mengarah ke traffic Iklan Facebook dan platform lain
  5. Landing page dalam website, artinya pengunjung akan mengklik tautan pada beranda yang diarahkan landing page khusus tautan tersebut.

Design Template Bersih

Desainnya juga harus mudah dilihat artinya visibilitas website. Sehingga pengunjung dapat mengetahui lebih mudah apa yang ditawarkan. Cara ini memungkinkan peluang konversi pelanggan lebih besar. Pasalnya, setiap orang butuh kepastian dan kejelasan setelah memutuskan jadi pelanggan.

Masih banyak pebisnis atau perusahaan yang tidak mementingkan design template bersih ini. Bahwa model website yang baik dan efektif dapat mempengaruhi operasi bisnis. Akibatnya, keuntungan yang didapat kurang menghasilkan.

Meningkatkan Desain Landing Page

Cara meningkatan desain landing page dengan langkah berikut :

1.Mempermudah Navigasi

Anda harus mengatur tampilan halaman agar lebih beraturan dan tidak sesak. Halaman yang mengandung informasi dan gambar berlebihan dapat membuat navigasi sulit. Sederhanakan tampilan desain landing page supaya pengunjung mendapatkan keinginannya dengan mudah.

2.Bullet Point

Dapat dikatakan pengunjung website merupakan skimmer dan scanner. Tampilan landing page harus mudah dipahami manfaatnya. Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung yang menginginkan penawaran dari produk atau jasa.

3.Whitespace

Jangan lupa gunakan desain yang bersih dan arahkan perhatian calon pembeli melihat penawaran yang ada. Pemilik website dapat memanfaatkan call-to-action. Berikan pula ruang kosong pada halaman agar meningkatkan conversion rate.

4.Gambar

Gambar dapat menjelaskan sejuta kalimat. Hakikat gambar seperti ini diakui dalam media online. Terbukti dari intensitas gambar yang banyak dalam konten paling disukai pengguna internet. Selain itu, membuat jumlah ‘share page’ lebih meningkat. Jika banyak calon pembeli menyukai halaman peluang konversi akan semakin besar.

5.Warna Komplementer dan Kontras

Dalam optimasi halaman website, desain warna juga memiliki pengaruh penting. Sangat dianjurkan menggunakan skema warna komplementer agar tampilan halaman lebih menarik. Sementara, ciptakan call-to-action melalui warna kontras supaya menonjol.

Apabila anda kurang mengerti perihal design graphic, dapat mengakses skema warna gratis melalui beberapa tool ini:

  • Coolors,
  • Adobe Kuler,
  • Color Scheme Designer.

6.Pengaturan 5 detik

Jangan ragu membuat pengaturan 5 detik, artinya anda memiliki batas waktu untuk menarik pembeli. Apabila halaman tidak mampu menarik pengunjung menjadi pembeli, kemungkinan mereka beralih ke halaman lain.

Marketing dalam Landing Page

Landing page merupakan pusat kampanye pemasaran digital. Dapat mengarahkan lalu lintas dari media sosial, iklan online, email campaign dan lainnya. Saat lalu lintas pengunjung mendarat pada landing page perlu adanya arahan efektif supaya pengunjung tertarik  berkonversi.

Ada bebapa trik praktis dalam digital marketing untuk meningkatkan conversion rate pada landing page :

  1. CTA (call to action)
  2. Competitive Advantage
  3. Sense of Urgency

CTA

Call to Action (CTA) berupa panggilan untuk meminta pengunjung bertindak. Teknik CTA wajib menjadi fitur paling menonjol. Anda dapat menjadikan CTA button lebih jelas dan berwarna kontras.

Competitive Advantage

Anda dapat menggunakan kecerdasan pemasaran untuk menunjukkan bagaimana dan mengapa penawaran anda lebih baik dari pesaing bisnis. Dapat juga menambahkan tagline perusahaan unik untuk kampanye pemasaran. Tujuannya untuk meyakinkan  brand perusahaan dalam target pasar.

Sense of Urgency

Teknik satu ini tidak diketahui banyak orang. Langkahnya mudah dengan membatasi jumlah penawaran produk atau jasa. Selain itu membatasi waktu penawaran dan pembatasan lainnya.

Disamping itu anda dapat menerpkan metode “Apa untungnya bagi saya?”. Cukup dengan menampilkan daftar manfaat dalam penawaran produk atau jasa. Tonjolkan penawaran anda lebih menarik dan bersaing dalam layanan, harga, respon, promosi, dan lainnya.

SEO Bagi Landing Page

Panduan SEO untuk landing page ternyata hampir sama dengan optimasi SEO website dan konten. Anda dapat melakukan langkah berikut ini.

Tentukan dan Masukkan Keyword

Keyword dalam hal ini dapat dicantumkan dalam judul halaman atau konten. Pada jalur URL halaman arahan juga harus terdapat keyword. Caranya mudah cukup dengan memastikan halaman arahan memiliki judul dan menggunakan judul sama dengan landing page website.

Perhatikan, sebaiknya melakukan analisa keyword terlebih dahulu melalui tools. Agar dapat menemukan keyword tepat, populer, dan angka persaingannya.

Keyword dan Keyword phrase Pada Teks

Cara kali ini dapat membantu memperjelas isi halaman pada mesin pencarian Google. Gunakanlah keyword phrase sebagai bentuk komunikasi halaman dengan Google. Selain itu, seolah halaman berbicara dan memberi tahu pengunjung.

Terutama menyangkut penawaran produk atau jasa melalui website. Agar pengunjung tidak perlu menanyakan ataupun membuka halaman FAQ.

Social Share Button

Menyematkan social share button pada landing page juga dinilai penting. Google akan menyukai halaman yang dapat dibagikan ke berbagai media sosial dengan mudah.

Anda dapat membuat social button share yang mudah terlihat dalam halaman website. Biasanya diletakkan pada halaman bagian atas. Spot tersebut terlihat jelas dan mudah dijangkau.

Meta Tag Relevan

Meta tag merupakan deskripsi mengenai situs yang dibaca Google. Mengisi meta tag sangat penting untuk menentukan peringkat halaman. Sebaiknya selipkan judul, keyword, atau deskripsi dalam meta tag.

Keempat teknik SEO untuk landing page diatas adalah langkah mendasar. Tanpa menerapkan teknik dasar, jika ingin menerapkan teknik lanjutan akan lebih sulit

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh