Organic Search Presence Untuk Bisnis Anda?

SEO UNDERCOVER CO ID 31

Undercover.co.id – Memiliki sebuah organic digital presence adalah hal yang esensial untuk sebuah bisnis. Bacalah tulisan dibawah ini untuk belajar bagaimana mengukur, menumbuhkan dan mengelola organic digital presence di mesin pencarian.

Berikut ini kita akan mengeksplorasi elemen elemen yang mmbentuk sebuah organic presence, bagaimana cara menumbuhkannya, dan peran yang dimainka oleh mesin pencari terhadap digital presence anda secara keseluruhan.

Table of Contents

Apa itu Digital Presence?

Digital presence dari sebuah perusahaan adalah jejak perusahaan tersebut di dunia maya (online).  Digital presence akan muncul ketika seseorang mencari perusahaan anda secara online atau bagaimana perusahaan anda muncul ketika seseorang mengetikkan pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis perusahaan anda.

Rentang digital presence dapat meliputi berbagai channel, alat, dan  platform termasuk:

  • Website anda sendiri;
  • Profil dan kegiatan perusahaan anda media sosial;
  • Listing bisnis anda di Google Maps atau aplikasi map lain;
  • Daftar direktori dan kutipan yang dilakukan orang lain terhadap perusahaan anda;
  • Iklan digital;
  • Review online

Pada iklim digital seperti saat ini lebih mudah bagi anda untuk memiliki digital presence. Anda dapat dengan mudah merilis sebuah website, membuat profil di sosial media, beriklan di laman pencarian. Tetapi menumbuhkan, memiliki dan mengelola hal ini bukan hal yang mudah.

Menyewa vs memiliki sendiri digital presence perusahaan anda

Anda dapat ‘menyewa’ digital presence untuk perusahaan anda dengan membayar iklan, tetapi ini bukan strategi untuk sukses yang cocok untuk jangka panjang. Ketika anda sudah selesai masa sewanya, maka website anda akan hilang dari search engine result page (SERP) secepat mungkin.

Dengan SEO, anda harus mengikuti proses dan membangun program, memeliharanya dan memperbaikinya terus menerus. Semakin banyak usaha yang anda gunakan, maka semakin banyak pula ekuitas/modal yang akan anda miliki.

Organic search dan digital presence anda

Ketika anda memutuskan untuk berinvestasi di organic search, anda harus mengetahui berapa besar aset yang anda miliki. Organic presence sebuah perusahaan seringkali diidentikkan dengan market share perusahaan tersebut di halaman hasil pencarian.

Market share sebuah perusahaan di halaman hasil pencarian merefleksikan presentase hasil pada keseluruhan laman hasil pencarian yang dimiliki oleh sebuah brand untuk semua keyword yang relevan dengan brand tersebut.

Bagaimana cara mengukur search presence perusahaan anda

Tidak ada standar yang pasti dalam industri untuk mengukur search engine market share anda. Bagaimana cara anda mengukur dan melaporkan hal tersebut harus mencakup beberapa faktor termasuk:

  • Branded versus non branded keywords;
  • Universal result types atau standard organic rank;
  • Melihat bagaimana anda melawan competitor anda atau keseluruhan website dalam SERP.

Untuk non branded keywords ada baiknya anda memecah market share perusahaan anda ke dalam topik dan keyword yang berbeda yang anda rasakan perusahaan anda perlu memiliki kehadiran didalamnya. Hal ini juga berguna untuk mengidentifikasi kekurangan konten perusahaan kompetitor anda.

Universal result types membentuk penampilan website anda di SERP

Sejak diperkenalkan oleh Google pada tahun 2007,  universal result type telah menjadi kawanan baru di hasil pencarian dan dengan ini muncul sekumpulan baru hasil pencarian dalam bentuk gambar, video, peta dan lainnya.

Universal result dibuat sedemikian rupa sehingga SERP tidak hanya menampilkan link yang standar. Oleh karena itu anda harus memperhitungkan hal tersebut dengan:

  • Terus mengembangkan website anda;
  • Memasukkan Universal result ke dalam strategi digital anda;
  • Memanfaatkan peluang yang semakin banyak tersedia untuk menjangkau pengguna anda.

Beradaptasi dengan perubahan mesin pencari

Salah satu bagian penting dari memiliki search presence adalah memiliki presence dimanapun yang mungkin bisa muncul di halaman pertama SERP atau secara tidak sengaja menarik pengguna melalui cara ini.

Tidak berhenti untuk memberi nilai

Sebagai bagian dari mempromosikan  konten terbaik,  mesin pencari terus mendukung website yang menyediakan informasi yang diperlukan pengguna.

Selalu buatlah strategi konten di website anda dengan memikirikan pengguna terakhir website anda dan anda akan sukses.

Bagaimana Cara Mengubah Data SEO Menjadi Indikator Pendapatan Yang Dapat Diukur?

Anda capek mempertahankan strategi SEO anda dihadapan para petinggi perusahaan anda? Berikut ini beberapa pendekatan baru yang dapat membantu anda menampilkan peningkatan pendapatan perusahaan anda karena teknik SEO yang anda lakukan.

Salah satu tantangan terbesar parra pakar SEO adalah merubah data SEO menjadi data ROI (return to investment). Jika anda tidak bisa menampilkan data tersebut, anggaran dan jabatan anda sedang dipertaruhkan.  Anda harus bisa:

  1. Mengukur ROI dalam SEO;
  2. Menawarkan solusi baru yang dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap bisnis perusahaan.

Masalah SEO sebagai jalur pemasaran

Bagi tim pemasaran, lebih mudah untuk menggunakan banyak alat otomasi untuk mengoptimlkan dan mengatur iklan berbayar. Karena transparansi ROI penuh pada alat otomasi tersebut hingga level search query dapat membuat anggaran lebih efisien.

Tetapi bagaimana dengan organic search?

Karena mayoritas klik di SERPs masuk ke organic listing, ada tantangan yang lebih untuk menilai nilai ROI dari organic search tersebut. Karena itu juga pemberian anggaran untuk marketing jenis ini lebih terbatas.

Pendekatan untuk menghitung SEO ROI

1.      Menggunakan Google analytic organic search channel untuk membandingkan data organic search secara YoY

Kelemahan menggunakan cara ini adalah:

  1. Anda tidak tahu apakah kata kunci yang membuat pengunjung membuka website perusahaan anda adalah kata kunci yang mengandung merk dagang anda atau tidak;
    1. Bisa jadi pendapatan naik karena iklan di TV sepenuhnya sedangkan hasil SEO non brand anda turun.

2.      Menggunakan Google search console untuk membandingkan data SEO dari tahun ketahun

Kelemahan menggunakan cara ini adalah:

  • Tidak ada pendapatan =Tidak ada ROI;
    • Data kata kunci hanya bisa menampilkan 1000 kata kunci teratas.

3.      Menggunakan SEMrush dan data pihak ketiga yang lainnya

Subscribe data dari pihak ketiga biasanya agak mahal dan data yang yang ditampilkan seringkali juuga bukan data yang paling akurat. Selain itu menggunakan data ini juga perlu kerja tambahan untuk memisahkan data SEO Brand dan SEO non brand.

4.      Menghitung pendapatan dari Landing pages

Pada pendekatan ini, anda membuat landing page dan:

  • kenali dan tangani kebutuhan pencarian;
    • Isi celah yang terdapat pada navigasi di situs anda;
    • Tingkatkan kualitas indikator indikator yang mana website perusahaan anda masih belum berada di peringkat 1-5 di indikator indikator tersebut;
    • Buatlah Landing page yang sesuai dengan produk yang spesifik.

Tetapi seberapa cepatkah anda membuat 100.000 landing page yang dinamis?

Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menghitung SEO ROI:

1.      Hitung nilai nilai dasar dari SEO brand vs non brand

Nilai nilai dasar ini seperti jumlah pendapatan,jumlah transaksi, lama sesi dan tingkat conversion rate. Dengan memiliki data data ini anda bisa menghitung SEO ROI dari waktu ke waktu.

2.      Lihat peningkatan market share perusahaan anda

Katakanlah anda sudah memiliki brand yang kuat dan pelanggan yang loyal, tetapi bagaimanakah dengan customer yang bersedia membeli produk yang anda jual tetapi tidak melirik brand anda?

Cobalah untuk melihat ke horizon yang lebih luas daripada market share anda dan masuklah ke dalam peluang pendapatan baru dari pangsa pasar yang belum anda jajaki.

3.      Prediksikan trafik dan peluang pendapatan lebih baik daripada alat dari pihak ketiga

100.000 peluang kata kunci yang spesifik dengan organic search adalah data tersembunyi di laporan Google Ad search, dengan:

3.1 lama sesi;

3.2 jumlah penjualan;

3.3 Besaran pendapatan.

      4.  Solusi; buatlah dengan halaman baru untuk mengatasi kata kunci yang belum ada

Ketika anda membuat halamn baru yang berisi kata kunci yang belum ada, anda berarti telah memberikan sinyal pada pangsa pasar baru yang akan anda jajaki diatas. Dengan melakukan hal ini anda akan:

4.1 Mengambil pelanggan yang mencari sebuah produk yang spesifik tapi bukan dari brand anda;

4.2 Bersinergi dengan produk produk yang perusahaan anda miliki.

baca juga

    Cara Meningkatkan Performa Halaman Checkout pada Website Bisnis Anda

    Bagi para pemilik website bisnis atau ecommerce pasti menyadari pentingnya performa halaman checkout. Halaman checkout merupakan garis finish bagi para konsumen, mereka hanya tinggal beberapa klik lagi jaraknya sebelum membeli produk anda.

    Tapi, faktanya malah ada sekitar 75,6% keranjang belanja yang ditinggalkan sebelum checkout. Dan pada artikel kali ini akan membahas seputar cara mengoptimalkan halaman checkout sehingga pembeli dapat memutuskan untuk lanjut membeli dan meningkatkan keuntungan pemilik bisnis.

    Mengapa costumer tidak jadi checkout?

    Tidak ada alasan khusus, tapi ada beberapa masalah yang muncul dan terdata. Masalah yang paling banyak dikeluhkan adalah adanya biaya tambahan, termasuk di dalamnya biaya pengiriman, pajak, atau biaya administrasi lainnya.

    Masalah selanjutnya adalah keharusan untuk membuat akun terlebih dulu. Beberapa pengguna hanya ingin membeli dan pergi, jika website anda mengharuskan mereka untuk melakukan registrasi akun terlebih dulu, mereka akan segera pergi dan tidak jadi checkout.

    Masalah lain yang juga cukup banyak dikeluhkan adalah terlalu rumitnya proses checkout, tidak terpercayanya situs atau perusahaan, pengiriman yang lambat, kurangnya pilihan metode pembayaran, dan error pada website.

    Optimalkan performa dan kecepatan halaman

    Masalah pertama yang harus diselesaikan adalah performa dan kecepatan halaman website. Semua halaman website anda harus bisa ter-loading dengan cepat, termasuk halaman checkout.

    Waktu loading yang lama bisa mempengaruhi tingkat conversion dan bounce website anda. Data menunjukkan 57% dari konsumen online akan meninggalkan website setelah menunggu 3 detik, dan 80% dari orang-orang ini tidak akan kembali.

    Anda bisa meng-install plugin yang sesuai atau juga menambahkan page caching. Meng-compress gambar yang menghiasi halaman anda juga bisa menjadi cara untuk mencegah waktu loading yang lambat.

    Selain itu, hilangkan beberapa plugin yang tidak diperlukan atau jarang digunakan.

    Sederhanakan halaman

    Dalam merancang halaman checkout, anda juga harus mempertimbangkan faktor user experience. Pastikan semua fitur yang anda masukkan memang penting dan dibutuhkan oleh pengguna.

    Anda juga harus memastikan bahwa proses checkout akan berjalan mulus dan jauh dari friction. Friction adalah elemen pada website anda yang membingungkan dan menyulitkan pengunjung.

    Memang mengambil banyak data dan informasi dari konsumen bisa menunjang strategi marketing kedepannya. Tapi, jika anda meminta terlalu banyak informasi atau membuat rumit proses checkout, maka besar kemungkinan pengunjung akan pergi.

    Anda bisa memilih menggunakan Single Page atau Multi Page Checkout. Single Page Checkout berarti pengunjung bisa melihat keseluruhan proses checkout sampai selesai dalam satu halaman, sedangkan Multi Page Checkout berarti pengunjung harus berpindah ke beberapa halaman berbeda selama proses checkout.

    Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi yang terpenting adalah tidak mengurangi kenyamanan pengunjung dengan mengambil atau meminta informasi data secara berlebihan.

    Beberapa data yang perlu diambil dari calon pembeli adalah alamat email, alamat pengiriman, dan metode pembayaran.

    Lakukan uji coba

    Salah satu strategi yang baik dalam berbisnis adalah mengadaptasi pendekatan anda berdasarkan feedback. Salah satu cara mendapatkan feedback adalah dengan melakukan serangkaian uji coba.

    Anda bisa membuat dua versi yang berbeda dari halaman checkout anda. Versi pertama sebagai contoh adalah setup halaman checkout anda sekarang, dan versi kedua adalah halaman checkout yang sudah dimodifikasi.

    Anda bisa membandingkan versi mana yang lebih banyak mendatangkan pesanan, lalu membuat perubahan berdasarkan data dan feedback yang anda dapatkan. Pastikan bahwa hasil akhir halaman checkout website bisnis anda merupakan solusi yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan belanja konsumen.

    Pentingnya Memperhatikan Keamanan Password dan Tips Membuat Password yang Aman

    Banyak orang mengesampingkan dasar pengamanan akun, yaitu password. Padahal password adalah aspek paling penting dalam memastikan keamanan website.

    Kebanyakan pengguna lebih mementingkan faktor efisiensi dibandingkan keamanan dalam membuat password. Di bawah ini adalah beberapa resiko yang bisa terjadi jika password kurang aman dan tips membuat password yang aman.

    Bagaimana password bisa diretas?

    Para hacker memiliki banyak cara untuk meretas password, cara yang paling umum adalah mencoba semua kemungkinan kombinasi karakter pada keyboard. Cara ini bisa berhasil dengan mudah jika password yang ditarget cukup pendek dan sederhana.

    Cara lain adalah dengan mencoba semua password dari daftar password dan kata-kata umum dalam kamus dan buku. Sehingga bahkan memiliki password yang kuat bukan garansi tidak akan kena retas.

    Para hacker banyak melakukan research untuk mencari password dan pola yang umum digunakan. Mereka juga bisa dengan mudah melihat trik-trik yang biasa digunakan orang untuk membuat password seperti di bawah ini:

    • Password dengan pola sederhana (contoh: qwerty678^&*)
    • Huruf capital di awal, lalu angka dan simbol di akhir (contoh: Password1!)
    • Perubahan huruf yang umum (contoh: P@ssw0rd)
    • Kata yang berhubungan dengan pengguna atau website (contoh: Username@2014)

    Apa kriteria password yang baik?

    Ada beberapa elemen-elemen penting yang perlu dipikirkan untuk membuat password yang kuat dan aman:

    Unik

    Unik artinya adalah tidak umum. Anda juga sudah pasti tahu kalau password seperti Password123! atau bahkan 123456 sangatlah umum dan tidak unik.

    Hindari juga menggunakan tanggal ulang tahun atau nama binatang, karena informasi ini mudah ditemukan oleh siapapun.

    Panjang

    Semakin panjang password, semakin baik. Jika password anda memiliki banyak karakter, secara matematis password anda sudah memiliki kemungkinan lebih sulit untuk ditebak.

    Kompleks

    Menambahkan angka atau karakter unik bisa meningkatkan keamanan password anda. Misalnya anda ingin menggunakan nama anjing anda sebagai password, Stephen. Daripada hanya menulis Stephen seperti biasa, anda bisa menulis *St3pHen(%4.

    Tidak sama

    Pastikan jangan menggunakan ulang password anda untuk berbagai akun. Itu dapat memperbesar kemungkinan peretasan yang masif, karena jika hacker berhasil menebak satu password akun anda, mereka akan bisa masuk ke berbagai jenis akun anda sekaligus.

    Cara mengingat password

    Setelah anda selesai membuat password yang unik dan sulit diretas, anda harus memikirkan cara untuk mengingat-ingat password tersebut. Untuk membantu, anda bisa mengelompokkan password anda seperti di bawah ini:

    • Penting: akun keuangan, akses infastruktur, email, akun utama
    • Sedang: sosial media, website, forum
    • Rendah: akun fake, akun alias, akun game

    Lalu anda bisa menentukan standar keamanan untuk setiap kategori, seperti:

    • Penting: minimal 12 karakter, gunakan karakter spesial
    • Sedang: minimal 8 karakter, gunakan ukuran huruf yang berbeda
    • Rendah: minimal 8 karakter, sederhana dan bisa diakses dengan mudah

    Perhatikan baik-baik dan teliti saat anda memasukkan setiap akun anda ke masing-masing kategori. Misalnya, akun toko online favorit anda, apa anda menanggap itu masuk kategori rendah?

    Salah, seharusnya itu masuk kategori sedang atau bahkan penting. Karena dengan masuk ke akun toko online, ada informasi pengguna yang penting di sana, seperti nomor rekening, nomor telepon, dan bahkan informasi kartu kredit.

    Hubungan BERT dengan Keyword dalam Konten Website

    Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau BERT adalah sistem AI milik Google yang membantu mereka memahami konteks pencarian pengguna dengan lebih baik. Dulu, Google hanya mampu memproses setiap keyword pencarian satu-persatu sesuai urutannya.

    Tapi dengan adanya BERT, sekarang Google bisa memproses setiap kata dalam pencarian dan memahaminya secara utuh sebagai kalimat. BERT juga membantu Google memahami penggunaan struktur Bahasa dengan baik, sehingga sekarang Google bisa memberikan informasi yang lebih akurat dan membantu bagi pengguna.

    BERT bisa membuat para pemilik website dan penggiat SEO sedikit waspada, karena mereka harus memikirkan bagaimana cara tetap meng-optimisasi website berdasarkan sistem yang baru ini. Apalagi karena algoritma misterius Google yang selalu berbenah dan meng-update diri untuk bisa memberikan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

    Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pemilik website dan penggiat SEO adalah, apakah dengan adanya BERT sekarang tidak perlu lagi menyelipkan prediksi keyword-keyword yang akan dicari pengguna di setiap konten website?

    Jadi, tujuan penggunaan BERT adalah untuk bisa memahami konten-konten yang ada dengan lebih baik. Termasuk di dalamnya adalah memahami kata kunci yang dicari pengguna dan juga halaman konten para pemilik website.

    Sistem BERT akan mencoba mencari tahu halaman website ini tentang apa, dan kata kunci pencarian apa yang kira-kira membutuhkan halaman tersebut. Google mencoba untuk memberbaiki user experience dengan mencoba mencocokkan kebutuhan informasi pengguna.

    Dampak pada penggunaan keyword

    Contoh kasusnya adalah typo atau salah ketik. Dulu, merupakan hal yang normal bagi website dengan konten yang panjang dan lengkap untuk memiliki keyword yang typo atau salah ketik.

    Ini menyebabkan situs lain yang kualitasnya lebih rendah memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi. Hal itu terjadi karena mereka lebih berhati-hati dan tidak melakukan typo atau salah ketik seperti website yang lebih besar.

    Sekarang, sistemnya tidak lagi seperti itu. Google sudah mampu untuk tetap memasukkan situs-situs yang memiliki keyword typo atau salah ketik dalam halaman pencarian.

    Dengan adanya BERT sekarag tidak perlu lagi harus menuliskan kata kunci pencarian yang sama persis seperti yang dicari pengguna pada konten. Sebagai contoh, tidak masalah memiliki beberapa typo, perbedaan ejaan, atau perbedaan penulisan jumlah.

    Semua contoh di atas tidak perlu terlalu dipikirkan, asalkan konten website anda memberikan informasi yang relevan dengan yang dicari pengguna, maka website anda tetap memiliki peluang mendapat ranking tinggi di halaman pencarian.

    Bukan tujuan utama

    Tujuan utama BERT sebenarnya bukanlah untuk melonggarkan aturan penulisan keyword, tapi untuk memunculkan jawaban-jawaban yang lebih sesuai dengan yang dicari pengguna. Dengan begitu banyaknya konten yang ada, Google butuh sistem ini untuk bisa lebih memahami penggunanya.

    SEO dan keyword untuk BERT

    Walaupun Google mengindikasikan bahwa tidak perlu memasukkan keyword yang sama persis dengan yang dicari pengguna dalam konten, mereka tidak serta merta mengatakan bahwa penggunaan keyword yang sama persis tidaklah penting.

    Jadi supaya lebih aman, sebaiknya para pembuat konten dan pemilik website berfokus untuk menulis konten yang mudah dipahami dan sesuai dengan topik. Sehingga jika pada praktiknya penggunaan keyword diperlukan untuk membuat konten yang lebih baik, maka tidak ada salahnya untuk tetap menggunakannya.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh