Pakar SEO Indonesia

undercover.co.idPakar SEO , banyak orang awam yang menyebutnya seperti itu, Pakar SEO secara singkat adalah pakar , atau ahli atau praktisi seo , dan tentang seo bisa anda baca disini

Mengapa dikatakan Pakar SEO ? biasanya karena pengalaman dari seseorang yang mendalami teknik seo sudah lama dan memenuhi ” jam terbang ” di dalam dunia seo

Jam terbang internasional sendiri disepakati sekitar 5000 jam , jadi bila seseorang telah belajar dan juga mempraktekan ilmu seo , selama 5000 jam dalam hidupnya, dia sudah bisa terbilang Pakar SEO

dengan catatan setiap hari memang ada progress dan result dari hari ke hari semakin membaik, tentunya dengan trial error yang sangat banyak, membuat seseorang / perusahaan seo bisa berpredikat Ahli SEO

Level Pakar SEO

Praktisi SEO seperti praktisi dan konsultan seo lainnya , akan belajar dari dasar

Basic seo yang hampir semua orang dapat mencari nya di google / googling

ini rahasia umum , atau semua orang yang ingin belajar seo dasar akan dapat menemukan dengan kata kunci yang tepat seperti , cara belajar seo , belajar seo, apa itu seo , seo kepanjangan dari apa? dan masih banyak kata kunci generik lainnya tentang SEO

Pakar SEO

SEO Medium Lalu ada pelajaran seo yang bisa dikatakan medium / menengah , ini memerlukan research lebih dalam, sedikit banyak trial and error , dan juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit

biaya untuk belajar seo medium, bisa mencari guru / mentor seo yang juga dengan kemampuan menengah, ini yang paling banyak terjadi di indonesia

Terakhir adalah SEO Advance / Master / Pakar SEO , level Ahli SEO ini sangat jauh berbeda dengan level menengah

biasanya pakar seo ini sudah internasional , untuk indonesia sendiri hanya ada beberapa nama / agency yang sedikit mendekati mereka

untuk Ahli SEO tingkat advance ini menghabisakan waktu lebih lama untuk research tentang seo, mengikuti detail update seo dan google, selalu mempraktekan trial and error isu dan teknik seo yang ada, untuk membuktikan sendiri hasilnya

mereka juga belajar langsung melalui guru dan praktisi seo internasional yang sudah diakui oleh dunia, sebut saja diakui oleh forbes , CNN , BBC , Business Insider , NY Post dan banyak lagi, yang mengulas keahlian mereka di bidang Search engine optimization , yang sudah terbukti menaikkan omzet dan profit serta visibiltas EAT Branding perusahaan besar dunia

Pakar SEO

Biaya Menyewa Pakar SEO

Pakar SEO sendiri terdiri dari 2 , yakni jasa SEO dengan perusahaan yang sudah besar , Biasanya lebih dari 20 orang team untuk menghandle SEO clients mereka

dan juga Konsultan SEO kecil yang masih meniti perusahaannya , Pakar SEO di indonesia lebih kepada seo kecil ( 1 sd 5 orang )

BIaya untuk menyewa Pakar SEO akan tergantung perusahaan mana yang anda kontak, biasanya perusahaan besar akan lebih menyukai perusahaan agency seo besar , karena beberapa alasan berikut

  1. Lebih banyak orang / team yang bisa handle seo perusahaan mereka
  2. Lebih Spesifik keahlian masing masing team , seperti content creator , backlink spesialis , website technical , Public relation, social media spesialist dll
  3. ada Garansi yang bisa mereka berikan
  4. Berbentuk Perusahaan PT / CV
  5. Tanggung jawab sebagai Perusahaan, dapat dipertanggungjawabkan secara hukum ( dokumen legalitas perjanjian/MoU untuk kontrak seo )

Biaya konsultan SEO perusahaan agency seo besar akan sedikit lebih mahal dari pada perorangan, tetapi anda mendapatkan 5 hal diatas sebagai gantinya, dan itu sangat berperngaruh pada hasil seo brand anda

untuk detail panduan memilih agency seo , silahkan klik disini

Selalu diingat Brand perusahaan yang telah anda bangun memiliki value yang sangat tinggi, jangan memilih pakar seo sembarangan yang bisa merusak seo dan brand perusahaan anda.

seo selalu membutuhkan biaya, dan hasil akan sepadan dengan biaya yang brand anda keluarkan , dan bila anda masih belum bisa mengeluarkan biaya untuk seo , dengan satu dan lain hal, sebaiknya anda tunda dahulu project seo perusahaan anda, daripada anda memilih menggunakan jasa seo yang anda tidak yakin kredibilitasnya

Pakar SEO

Pakar SEO undercover.co.id

undercover.co.id sebagai Pakar SEO berbentuk Perusahaan dan juga telah menangani ratusan client corporate di indonesia maupun asia tenggara, selalu memberikan bantuan kepada anda corporate yang ingin bekerjasama dalam hal Search Engine Optimization

kami akan senang bila anda menghubungi kami , untuk first contact tercepat bisa klik whats app dibawah , untuk konsultasi awal , atau email ke info @ undercover.co.id/

Pakar SEO Profesional Di Jakarta Indonesia

Pakar Seo Jakarta , Kenapa semua ahli seo menganggap dirinya sendiri adalah Pakar Seo Jakarta ? walau mereka kebanyakan bukan berdomisili di jakarta ? apakah anda sebagai calon client jasa seo yang berdomosili di jakarta akan percaya ?

Fakta Dibalik Pakar Seo Jakarta

Para penjual jasa seo tersebut hanya memberikan embel embel kata Pakar Seo Jakarta

agar para client di jakarta menemukan jasa mereka, walau mereka ada yang berdomisili di bandung , jogjakarta, medan sampai bali

apakah kerugiannya ? bila saat pertama saja mereka tidak memberikan informasi yang benar, apakah anda yakin kedepannya project anda akan selesai dengan baik ?

undercover.co.id/ – Pakar Seo Jakarta Dengan Domisili Dikantor Jakarta

One Pacific Place Jalan Jendral Sudirman No.kav. 52 RT.5/RW.3 Senayan Jakarta Kota Jakarta Selatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190 Indonesia

Email : info @ undercover.co.id/

open : 08.00 am – 17.00 Pm

Monday To Friday

Undercover.co.id Pakar Seo Jakarta

One Pacific Place Jalan Jendral Sudirman No.kav. 52 RT.5/RW.3 Senayan Jakarta Kota Jakarta Selatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190 Indonesia

Pakar SEO Jakarta Membuat Rencana Bisnis Untuk Klien SEO

Tahun ini memang merupakan tahun yang penuh dengan ketidakpastian, salah satunya dalam industri SEO. Ada banyak perubahan strategi dan penyesuaian budget yang terjadi dalam sehari.

Bagi anda para profesional SEO, tahun ini beserta semua masalah pandemi ini juga pasti berdampak kepada klien anda, entah itu baik maupun buruk. Beberapa klien mungkin merupakan bisnis lokal yang mau tidak mau harus banyak memangkas budget mereka untuk bisa bertahan.

Sebagai profesional SEO memang tidak bisa langsung memberikan jaminan strateginya akan sukses, tapi setidaknya anda bisa memberikan rencana bisnis sebagai prediksi untuk menghadapi yang akan terjadi di masa depan. Jika anda ingin menghubungan berbagai skenario SEO dengan potensi dampak bisnisnya, anda harus bisa memperkirakan performa dari keyword tertentu dan budget yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa contoh rencana bisnis yang bisa membantu prediksi skenario SEO klien:

Pakar SEO Jakarta Menjaga hasil yang stabil

Jika klien anda ingin mengamankan posisi bisnisnya seperti sekarang, maka anda bisa fokus pada beberapa keyword yang sudah ada dan memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhinya:

  • Bagaimana volume pencariannya sekarang dan bagaimana kira-kira jika dipengaruhi trend-trend terbaru yang akan muncul
  • Bagaimana performa website mereka pada desktop dan mobile
  • Apakah ada kemungkinan traffic tambahan yang bisa semakin menaikkan ranking website yang sudah bagus ini

Strategi managemen keyword akan mengambil peran penting dalam rencana bisnis ini. Anda harus memperhatikan beberapa kelompok keyword spesifik seperti, keyword halaman pertama, kategori produk tertentu, landing page, kemungkinan keyword baru, dll.

Ada dua skenario yang bisa dibuat dalam rencana bisnis ini:

  • Mempertahankan performa website sesuai dengan yang sudah ada dengan me-monitor traffic dan trend pencarian
  • Mencoba menaikkan ranking dengan berbagai keyword baru yang “mudah”

Sebagai contoh, jika klien anda merupakan bisnis hotel yang sudah habis di-booking hingga akhir tahun depan, maka anda hanya perlu melakukan beberapa praktek pemeliharaan dan mempersiapkan beberapa keyword tambahan untuk tetap mempertahankan trend.

Pakar SEO Jakarta Mengoptimalkan grup keyword tertentu untuk perkembangan

Jika klien anda ingin menginvestasikan lebih banyak budget untuk marketing SEO, berarti anda harus memikirkan cara untuk bisa menggunakannya sebaik mungkin.

Anda bisa mencari keyword-keyword underrated yang mudah dan tidak terlalu mahal dari hasil analisis kompetitor klien anda. Usahakan untuk mencari solusi yang sesuai dengan budget dan tetap memiliki potensi perkembangan di masa depan.

Anda bisa mencari keyword bernilai tinggi dengan tingkat kesulitan rendah untuk klien anda. Buat skenario untuk bisa mengoptimalkan website klien dan mendatangkan dampak positif hingga mengalahkan kompetitor lain, tapi tetap dengan biaya yang efektif.

Misalnya saja, klien anda adalah bisnis travel yang sedang lesu saat pandemi ini. Walaupun tahun depan kemungkinan masih tidak terlalu banyak berubah, mungkin suasana akan membaik saat “libur lebaran ”. Atau mungkin anda perlu mengalihkan fokus dengan mencari keyword yang berhubungan dengan travel lokal.

Pakar SEO Jakarta Me-manage trend bisnis klien anda

Jika klien anda merupakan salah satu bisnis yang trend-nya sedang “meledak”, anda bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki performa website dan menaikkan popularitasnya. Anda bisa mulai dengan memprediksi apakah trend ini akan bertahan dan bagaimana skenario untuk ke depannya.

Lalu anda bisa membuat dtrategi keyword untuk level “menengah” dan “sulit” dan meningkatkan ranking untuk keyword yang relevan. Anda juga bisa membuat prediksi untuk perubahan trend yang mungkin terjadi, sehingga klien tetap bisa mempertahankan ranking walaupun momentumnya sudah lewat.

Misalnya, klien anda adalah bisnis furniture. Trend yang sedang ada sekarang adalah “meja kerja” dan “kursi kantor”, tapi anda bisa membuat prediksi kemungkinan trend lain yang relevan seperti “meja lipat”, dll.

3 Hal Penting Dari Pakar SEO Tentang SEO

Sebagai salah satu bagian dari teknologi, SEO juga mau tidak mau akan terus mengalami perubahan dan perkembangan. Berikut adalah 3 hal penting yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penerapan teknik SEO di tahun 2021:

Tujuan pencarian berubah-ubah

Memahami keinginan pengunjung merupakan salah satu poin penting dalam menjalankan strategi SEO yang sukses. Dengan memahami apa yang ingin dicari pengunjung, pemilik website bisa lebih fokus dan relevan dalam membangun halaman yang sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan pengunjung.

Jika halaman website dinilai Google bisa membantu pengunjung, maka ranking website pun akan naik.

Tujuan pencarian tiap pengunjung memang normal untuk berubah-ubah, tapi adanya pandemi global ini sepertinya menjadikan tujuan pencarian semakin “fluid”.

Sebagai contohnya, sekarang yang sedang marak dicari adalah seputar keyword “virtual” dan “online”. Google pun mengetahui itu dan mengadaptasikan algoritmanya sehingga bahkan ketika pengguna tidak memasukkan keyword “virtual” atau “online”, pada halaman pencarian tetap akan muncul website-website yang berhubungan dengan dua kata itu, seperti virtual meeting, dll.

Yang berubah-ubah tidak hanya tujuan pencarian pengunjung, tapi juga ada potensi volume pencarian dan ketertarikan pengunjung pada kata kunci tertentu bisa naik dan turun secara drastis dalam hitungan jam. Ini menandakan pentingnya membuat prediksi keyword yang lebih beragam.

Para pemilik website harus memahami pentingnya fleksibilitas dan kemampuan untuk berubah dan beradaptasi sesuai dengan kesempatan yang muncul. Walaupun tidak bisa mengontrol keinginan pengunjung, data yang masuk masih bisa di-monitor dan dianalisis.

Untuk mengidentifikasi potensi perubahan, perhatikan terus target SERP dan perubahannya. Jika semakin banyak halaman website dengan tujuan berbeda yang rankingnya naik, besar kemungkinan Google sedang mengetes tujuan pencarian yang berbeda, sehingga website pun sebaiknya dirubah untuk menyesuaikan.

Bisnis dan SEO lokal harus lincah

Dunia bisnis, terutama bisnis lokal dan bisnis kecil, merupakan salah satu yang terdampak paling parah dari pandemi ini. Ditambah dengan kebijakan lockdown dan pembatasan sosial, para pemilik bisnis haruslah pintar memutar otak untuk menemukan cara baru menjaga hubungan dengan konsumen.

Google sendiri sudah menyediakan fitur khusus yang bisa membantu bisnis lokal, yaitu Google My Business. Beberapa fitur baru yang disediakan Google My Business ini adalah tombol telpon, pencantuman jam operasional online, dan pembuatan janji online.

Para penggiat SEO dan pebisnis lokal harus bisa memanfaatkan berbagai tool yang ada untuk mencari cara berkomunikasi dengan konsumen. Selain itu, dengan fitur-fitur terbaru yang terus di-update, berbagai tool ini akan bisa membantu bisnis lokal untuk tetap survive dan bertahan.

Komunitas SEO akan bertambah kuat

Teknik SEO merupakan salah satu teknik digital marketing yang paling banyak digunakan sekarang ini, dan karena cakupan dan elemen-elemennya banyak dan luas, sesama profesional SEO banyak yang berkumpul untuk membuat komunitas, entah untuk sekedar mencari teman ataupun saling berbagi ilmu.

Pada masa pandemi ini juga banyak profesional SEO yang saling membantu mencarikan pekerjaan untuk mereka yang terdampak pandemi, bahkan banyak juga yang membagikan saran dan ilmu gratis seputar SEO untuk membantu para pebisnis yang sedang kesulitan.

Ini menandakan bahwa sesama profesional SEO bisa saling diandalkan di masa-masa sulit seperti tahun ini. Hubungan erat dan baik ini pun besar kemungkinan akan semakin kuat di tahun-tahun berikutnya.

Trik Memilih SEO Agency yang Tepat , Dalam dunia link agency, Anda harus ekstra hati-hati.

Penipuan, ghosting, kualitas web penuh spam, dan nol progress kelanjutan—

itu baru beberapa dari sekian banyak kemungkinan yang akan Anda temui

ketika Anda memutuskan untuk melebarkan sayap di jagat maya dan mendulang profit

dari algoritma SEO (Search Engine Optimizer).

Di sisi lain, jasa seo agency adalah pilihan yang sangat mendesak ketika

seorang pemilik usaha tidak memiliki staf yang memadai di tim mereka untuk campaign tersebut.

Padahal, hal ini amat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Permasalahan selanjutnya sudah jelas: bagaimana membedakan agensi seo yang jujur dan tidak?

Dan apa saja tanda-tanda kita sudah boleh mempercayakan campaign kita pada agensi yang kita incar?

Memilih SEO Agency

Pada kesempatan ini, kami akan memaparkan poin-poin tersebut. Mari kita Simak:

Yang Seharusnya Kita Dapatkan dari SEO Agency yang Baik

 Sebagai seorang klien, Anda harus pandai menetapkan sejumlah standar tentang apa yang akan Anda peroleh dari agensi sewaan Anda.

Jangan sampai kita terlanjur membayar untuk layanan yang hanya setengah-setengah kualitasnya-

atau yang lebih parah, terpaksa berurusan dengan kemerosotan mutu

atau hukum karena kinerja agensi pilihan Anda rupanya tidak sesuai kaidah.

Inilah beberapa hal yang harus Anda tetapkan:

Kesamaan Visi dan Pandangan Memilih SEO Agency

Dalam menjalin kerja sama, menyamakan visi barangkali adalah hal terpenting

yang harus Anda dan agensi pilihan Anda lakukan.

Mereka harus bersedia meluangkan wkatu untuk mencoba memahami apa yang Anda inginkan—

tujuan, strategi, dan norma-norma yang Anda tetapkan dalam menjalankan rencana link-building ini .

Mereka harus memahami definisi Anda mengenai kesuksesan bagi diri Anda

dan para stakeholder Anda, khususnya pada nilai-nilai utama seperti rating, referral traffic, otoritas, dan social shares.

 Tanyakanlah pada diri Anda:

  • Apakah benar strategi dari agensi ini akan membantu saya mencapai tujuan saya?
  • Sanggupkah agensi pilihan saya melakukannya dalam jangka waktu yang saya inginkan?
  • Seberapa jauh saya dan agensi saya bisa menyamakan visi?

Semuanya kembali ke pertanyaan-pertanyaan ini.

Maka, tanyakan hal-hal di atas berkali-kali sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Itu bisa menyelamatkan Anda dari bahaya yang tidak perlu.

Transparansi Dalam Memilih SEO Agency

Transparansi berarti kemauan untuk berterus-terang dan menjelaskan apa saja.

Zaman sekarang, keterbukaan adalah hal yang penting, khususnya dalam bentuk kerja sama.

Agensi yang mau menjawab dan memberikan banyak keterangan tentang kelanjutan pekerjaannya adalah tanda-tanda yang bagus. Itu menandakan bahwa mereka punya kompetensi yang cukup untuk melakukan dan menjelaskan kemauan mereka kepada para klien.

Meskipun demikian, ada juga beberapa agensi yang lebih suka bekerja secara diam-diam.

Agensi-agensi semacam ini kurang berkenan membicarakan strategi link-building mereka,

berharap Anda puas dengan hasil jadinya saja tanpa banyak tanya.

Namun sebagus apa pun indikasi hasil kerja mereka,

gaya kerja ini tidak begitu disarankan di zaman sekarang,

Karena siapa yang bisa menjamin strategi mereka ternyata ilegal

alias menyalahi beberapa guideline yang sudah ditentukan?

Jangan ragu mengejar agensi Anda dan menanyakan ini-itu.

Jika mereka tampak ragu-ragu menjawabnya, Anda perlu waspada.

Sebagai klien, Anda harus merasa tentram dan yakin akan strategi link-building yang mereka terapkan.

Komunikasi Dalam Memilih SEO Agency

Idealnya, agensi Anda harus komunikatif dan berkenan memberi kabar pada Anda secara rutin

dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian.

Tanpa adanya komunikasi yang rutin dan konsisten,

mudah bagi orang sewaan Anda untuk menyembunyikan sesuatu.

Pastikan agensi pilihan Anda bersifat responsif. Ketika sebuah masalah mulai muncul, Anda harus langsung mendapat jawabannya tanpa harus mengejar-ngejar agensi Anda. Anda punya hak untuk tahu tentang apa pun mengenai bisnis Anda.

Malah idealnya, merekalah yang harus proaktif

dalam menangani masalahnya sehingga Anda tidak perlu bertanya

karena agensi link-building sudah memberikan kabar beserta solusinya.

Dalam melakukan komunikasi seperti panggilan telepon, harus sudah ada daftar hal-hal yang dilakukan di kedua belah pihak.

Agensi Anda harus bisa mengendalikan situasi;

meyakinkan Anda langkah-langkah apa yang akan tim mereka ambil,

dan mengklarifikasikan apa saja yang mereka butuhkan dari Anda (jika ada) agar bisa lanjut bekerja.

Akuntabilitas

Link-building agency pilihan Anda diharapkan sudah memenuhi tiga  hal di atas—

memiliki visi yang sama, transparan, dan komunikatif. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah: akuntabilitas.

Ini berarti, ketika performa mereka berada di bawah rata-rata mereka bersedia mengakui kesalahan

dan memberikan tata rencana apa yang akan tim agensi lakukan selanjutnya untuk memperbaikinya.

Tahu Menempatkan Sudut Pandang

Agensi Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh dan opini solid

tentang strategi terbaik yang akan mereka gunakan untuk masalah-masalah tertentu.

Pikirkanlah hal ini: Anda membayar mereka sebagai profesional dengan harapan

agensi pilihan Anda memiliki sudut pandang telaah yang unik

karena mereka sudah pernah melayani macam-macam klien dari latar belakang

dan permasalahan yang berbeda dari berbagai industri.

Otomatis, Anda boleh berharap banyak.

Keahlian dan pengalaman agensi link-building pilihan Anda

itu harus ditonjolkan agar Anda mendapatkan pelayanan yang terbaik

untuk memaksimalkan kinerja usaha Anda.

Kesimpulan

Dalam industri mana pun, wajar jika ada pekerja yang tidak jujur.

Namun, masih banyak agensi-agensi di luar sana yang sangat profesional

dan berniat untuk terus belajar dan maju bersama pengalaman dari usaha Anda.

Kebersamaan, keterus-terangan, dan kerja sama yang menyeluruh

antara klien dan agensi adalah hal yang membuat bisnis SEO semakin maju dari hari ke hari.

Semoga beberapa tips di atas akan membuat Anda semakin mawas dalam memilih agensi link-building

yang mumpuni. Ingat, Anda berhak tahu, meskipun agency yang Anda sewa

tampak lebih suka mengerjakan sendiri apa yang sudah Anda percayakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!