Panduan Cara Membuat Website Mobile Friendly

Website Mobile Friendly
Jasa

undercover.co.id – Website Mobile Friendly , Jasa pembuatan website yang profesional pasti akan merekomendasikan pembuatan website yang mobile friendly. Apa alasannya?

Saat ini, kebanyakan orang mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Alasannya, berselancar di internet menggunakan smartphone lebih mudah, praktis dan bisa dibawa ke mana saja.

Lebih lanjut, menurut riset terbaru pada Januari 2021, sebanyak 55,4 persen masyarakat Indonesia melakukan pembelian secara online melalui smartphone-nya. Selain itu, ada riset yang juga menyebutkan sebanyak 70 persen trafik internet berasal dari perangkat mobile.

Ini-lah alasan Anda harus memiliki website yang mobile friendly. Apalagi jika jenis website yang Anda miliki adalah website bisnis atau website toko online. Dijamin deh, website bisnis/toko online Anda bakal ramai pengunjung dan angka pembelian terus meningkat.

Lantas, bagaimana cara membuat website mobile friendly?

Panduan Cara Membuat Website Mobile Friendly

Di bawah ini, kami bagikan panduan cara membuat website mobile friendly. Yuk ikuti semua langkah-langkahnya!

1. Bikin Tampilan yang Responsif

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadikan tampilan website responsif terhadap semua perangkat mobile. Ya, tampilan website harus bisa menyesuaikan ukuran layar perangkat mobile sehingga tampilannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil jika dilihat.

Di sisi lain, ketika penggunjung mengakses website via laptop atau PC, maka tampilannya juga akan menyesuaikan dengan ukuran layar laptop. Ini-lah yang dimaksud website responsif. Pengunjung akan merasa nyaman dan ‘tidak terganggu’ dengan tampilan yang terlalu besar atau terlalu kecil saat berjelajah di website responsif.

2. Gunakan AMP

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, pihak developer-nya pasti akan merekomendasikan penggunaan AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk menjadikan website Anda mobile friendly. Apa itu AMP?

Sederhananya, AMP adalah teknologi Google yang dirancang guna membikin halaman website fast loading saat dibuka via perangkat mobile. Tidak hanya membikin website fast loading, AMP juga bisa lho membikin website Anda tampil dalam daftar peringkat mesin pencari seperti Google yang lebih baik. Dengan begitu, pengunjung website Anda akan semakin meningkat.

3. Tingkatkan Kecepatan Website

Sepertinya Anda sudah mengetahui bahwa kecepatan website dapat berpengaruh terhadap tingkat mobile friendly. Di sisi lain, Anda juga sudah pasti tahu kecepatan website juga berpengaruh terhadap ranking di mesin pencari seperti Google.

Oleh karenanya, Anda wajib meningkatkan kecepatan website hingga optimal. Bayangkan saja website Anda loading-nya lama, kemudian Anda mencoba untuk mengaksesnya. Mungkin Anda dibikin kesal gara-gara loading lama itu. Perasaan yang sama akan itu akan dialami oleh pengunjung website Anda.

Website Mobile Friendly
Website Mobile Friendly

4. Optimalisasi Gambar

Website bisnis atau toko online, sudah pasti, memuat banyak gambar di dalamnya. Gambar yang dimaksud pada umumnya berupa produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, gambar juga perlu dioptimalisasi agar website menjadi mobile friendly. Bagaimana caranya?

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimalisasi gambar , antara lain: memilih format yang tepat dan ringan, meng-kompres gambar ke ukuran yang lebih kecil, memperkecil dimensi gambar dan menginstan plugin untuk image optimizer.

Jangan lupa juga untuk menambahkan title text dan alt text agar gambar menjadi SEO. Anda wajib memasukkan keyword atau kata kunci di dalam kolom title text dan alt text.

Optimalisasi gambar dapat membikin website lebih fast loading. Di samping itu, memori disk server juga tidak menjadi boros. Website seperti ini, tentunya, bersahabat bagi semua pengunjung, termasuk mereka yang memiliki koneksi internet tidak stabil dan cepat.

5. Bikin Menu yang Simpel

Mengingat layar mobile yang lebih kecil dibandingkan desktop, maka menu dalam website juga harus dibikin simpel. Hal ini termasuk bagian dari cara menjadikan website mobile friendly. Lantas, bagaimana cara membuat menu website yang simpel?

Pertama, Anda bisa membuat sticky menu navigation. Kedua, sebaiknya Anda menampilkan mene-menu yang penting dan tidak terlalu banyak. Ketiga, untuk menu yang kurang penting dapat diletakkan dalam menu navigasi yang disembunyikan. Terakhir, bikin CTA atau call to action yang simpel.

Menu yang simpel tidak akan membikin pengunjung website Anda (via perangkat mobile) bingung. Selain itu, tampilan website Anda di perangkat mobile juga tidak akan terlihat ramai.

6. Gunakan Jenis Font yang Tepat

Jenis font yang digunakan juga berpengaruh terhadap tingkat mobile friendy bagi website. Oleh karenanya, pemilik tidak boleh menyepelekan pemilihan jenis font untuk website-nya.

Penyedia jasa pembuatan website yang profesional biasanya merekomendasikan kliennya untuk menggunakan dua jenis font saja. Tentunya, kedua jenis font tersebut harus impel, menarik dan enak dibaca.

Coba bayangkan website Anda menggunakan font yang beragam dan ukuranya cukup besar jika diakses melalui smartphone! Ini tentunya akan membuat tampilan website Anda tidak friendly bagi pengunjung mobile.

7. Bikin Form yang Simpel

Form dibutuhkan dalam website untuk beberapa hal. Misalnya, untuk menanyakan informasi leads dan kontak. Kemudian, untuk informasi pengiriman barang (jika website bisnis) dan lain sebagainya.

Nah, agar mobile friendly, Anda sebaiknya membuat form yang sesimpel mungkin. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menyertakan banyak field di dalam form karena hal itu bisa berpengaruh buruk terhadap tingkat mobile friendy sebuah website.

Misalnya, untuk form informasi pengiriman barang, cukup sediakan field untuk nama, nomor HP dan alamat. Kemudian, untuk informasi kontak, cukup sediakan field nama dan email. Begitu juga dengan form-form lainnya, upayakan untuk membuatnya sesederhana mungkin.

8. Hindari Pop Up

Seperti diketahui, pop up pada website membutuhkan ruang yang besar. Ini, tentunya, tidak bersahabat bagi layar perangkat mobile yang kecil.

Pada ujungnya, pop up akan susah diakses. Jadi, upayakan untuk menghindari pop up guna meningkatkan performa website di perangkat mobile.

9. Hindari (Juga) Penggunaan Flash

Penyedia jasa pembuatan website yang profesional tidak akan merekomendasikan penggunaan flash pada website. Apa alasannya?

Penggunaan flash bisa berpengaruh buruk terhadap loading website karena terlalu banyak resource hardware. Dengan kata lain, tools tersebut dapat membuat website loading lama.

Selain itu, flash juga bisa memberikan pengaruh buruk terhadap tingkat SEO sebuah website. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari penggunaan flash ya!

Nah, itu dia panduan cara membuat website mobile friendly. Setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, sekarang Anda dapat mengecek tingkat mobile friendly website Anda melalui tools Mobile-Friendly Test. Mobile-Friendly Test merupakan produk Google yang dapat digunakan untuk memastikan apakah sebuah website sudah mobile friendly atau belum.

baca juga

Selain itu, Anda juga mengecek berbagai permasalahan secara spesifik yang membikin website Anda tidak mobile friendly. Nah, informasi terkait permasalahan tersebut dapat Anda jadikan bahan evaluasi guna memperbaiki website Anda agar makin mobile friendly.

Jika ingin mengetahui lebih spesifik lagi mengenai cara meningkatkan mobile friendly, Anda dapat melakukan konsultasi dengan penyedia jasa pembuatan website. Ingat! Pilih yang profesional dan memiliki jam terbang tinggi ya.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!