Ebook Jurnal Mesin Pencari ini merupakan Panduan Lengkap untuk SEO yang memberikan tinjauan luas tentang semua yang perlu Anda ketahui agar berhasil di optimisasi mesin pencari terbaru.

SEO merupakan salah satu bidang yang berubah serba cepat dan dinamis. Kadang-kadang hal ini juga bisa membuat frustasi, terutama jika Anda menemui dan mengandalkan taktik usang yang tidak lagi berfungsi

 Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk tetap mendapat informasi up to date dan belajar terus menerus. SEO 2020 lebih kompleks dari sebelumnya.

Dibutuhkan lebih dari sekadar membangun tautan, membuat konten lama, dan menambahkan beberapa kata kunci untuk meningkatkan peringkat pencarian organik Anda dan meningkatkan visibilitas bisnis atau merek Anda. Kali ini, Anda perlu melacak dan memahami:

  • Tren yang muncul.
  • Perubahan algoritma.
  • Kemajuan teknologi.
  • Audiens Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengembangkan strategi SEO untuk mendominasi pesaing Anda di Google dan mesin pencari lainnya? Karena, pada akhirnya,

SEO tidak hanya ditemukan di mesin pencari dan kemudian mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Ini tentang memberikan pengalaman hebat ke pelanggan Anda sekaligus menghasilkan arahan dan pendapatan.

Panduan untuk SEO ini akan membantu Anda memulai langkah menuju ke arah sana.

Dengan bantuan beberapa pakar SEO terkemuka saat ini, Panduan Lengkap untuk SEO ini akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang komponen SEO terpenting saat ini.

Kami telah membagi panduan SEO kami menjadi 18 bab yang mudah dicerna, sehingga Anda dapat membacanya dari awal hingga akhir, atau langsung menuju ke topik yang ingin Anda pelajari lebih lanjut.

Apakah Anda siap? Perjalanan Anda memulai SEO pada tahun 2020 akan dimulai sekarang!

Daftar Isi Bab Panduan SEO 2020

  1. SEO Fundamentals: Panduan dan Faktor untuk Sukses SEO
  2. 5 Hal Yang Diperlukan Dalam Strategi SEO
  3. Bagaimana Mengenal Audiens Anda untuk Menguasai Kampanye Pemasaran yang Sukses
  4. Tiga Pilar SEO: Otoritas, Relevansi, dan Kepercayaan
  5. Mengapa Dalam SEO Harus Fokus Membangun Merek ?
  6. Mengapa & Bagaimana Melacak Pembaruan Algoritma Google?
  7. Top 7 Sinyal Ranking: Apa yang Benar-Benar Penting?
  8. Sebuah Panduan Pemula untuk SEO di Dunia Pembelajaran Mesin
  9. Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO: Semua yang Perlu Anda Ketahui
  10. Lihat, Pikirkan, Lakukan, Peduli: Cara Baru untuk Menyampaikan Strategi SEO Anda
  11. Cara Membuat Konten yang Dioptimalkan Sempurna: 16 Elemen Penting
  12. Membuat SEO & Pengalaman Pengguna Bisa Bekerja Bersama
  13. SEO Lokal untuk Pemula: Cara Memulai
  14. Pengantar SEO di Telepon Seluler
  15. Agile SEO: Beralih dari Strategi ke Tindakan
  16. 9 KPI SEO Paling Penting Yang Harus Anda Lacak
  17. SEO Strategi: 3 Trade-offs Yang Harus Anda Pertimbangkan
  18. Apa yang Harus Lakukan Ketika Ada yang Salah dalam SEO

SEO Fundamentals: Panduan dan Faktor untuk Sukses SEO


Apakah Anda siap belajar rahasia optimasi mesin pencari (SEO)? Sayangnya tidak ada rahasia dalam teknik SEO. SEO bukan tentang trik sulap atau permainan algoritma pencarian ala hacker.

Yang benar-benar Anda butuhkan adalah pemahaman menyeluruh tentang apa yang diinginkan orang ketika mereka mencari dan mengapa mereka menginginkannya atau membutuhkannya.

Fakta bahwa tidak ada rahasia dalam SEO malah membuatnya sangat sulit. Penelusuran organik adalah salah satu saluran pemasaran paling menguntungkan jika Anda bersedia berinvestasi di dalamnya.

Pencarian Adalah Intinya

Jika Anda baru dalam dunia SEO, maka kami sangat menyarankan Anda mulai dengan panduan Dasar-Dasar Pengoptimalan Mesin Pencari, sebelum melangkah lebih jauh.

Namun jika Anda sudah memahami dasar-dasar SEO maka Anda bisa lanjutkan. Panduan lengkap untuk SEO dan kemana arah pencarian tidak mungkin dimasukkan ke dalam satu artikel. Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan SEO, termasuk:

  • Teknis: Ini termasuk segala sesuatu yang mempengaruhi kinerja, visibilitas, atau bagaimana mesin pencari mengakses situs Anda. Ini termasuk pengindeksan dan perayapan, skema, kecepatan halaman, struktur situs, struktur URL, dan banyak lagi.
  • Pada halaman: Ini adalah soal konten Anda, baik yang terlihat oleh pengguna di halaman web Anda (teks, gambar, video, atau audio), maupun elemen yang hanya dapat dilihat oleh mesin pencari (tag HTML, data terstruktur).
  • Di luar halaman: Pada akhirnya, faktor di luar halaman adalah tentang menumbuhkan dan menunjukkan otoritas situs web Anda, relevansi, dan kepercayaan serta membangun audiens.

Coba Anda pikirkan tentang pembangunan tautan, pemasaran media sosial, pemasaran PPC, ulasan, dan konten yang dibuat pengguna. Dalam bab ini, kami akan mulai menjelajahi dunia SEO di tiga area terpenting yang akan membantu Anda untuk sukses yaitu

  • Optimasi pengalaman pencarian: Peluang apa yang Anda miliki untuk lebih hadir kepada pelanggan atau audiens Anda.
  • Strategi konten untuk orang-orang yang sebenarnya: Pentingnya konten dan apa yang bisa menjadikannya relevan.
  • Dampak pencarian suara pada SEO.


1. Optimasi Pengalaman Pencarian

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO dalam konteks ini berarti mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari. Tetapi Search Experience Optimization adalah cara yang lebih baru untuk mendefinisikan istilah SEO.

Beberapa orang bahkan menyebut sebagai Search Experience Optimization adalah “SEO baru”. Optimalisasi pengalaman pencarian dioptimalkan untuk orang-orang yang sedang mencari merek dan konten Anda.

Strategi pencarian mengharuskan bloger untuk menciptakan pengalaman yang berkesan, dan menggunakan hasil pencarian untuk membangun relevansi. menurut sebuah studi Forrester 2006, 93% pengalaman online dimulai dengan mesin pencari.

Itu berarti mesin pencari adalah media iklan terbesar yang ada untuk usaha.

Sedangkan mesin pencari bisa dibawa dimanapun dan ke mana pun Anda pergi. Google menyebut pengalaman pencarian ini sebagai momen:

Saya ingin tahu.

Saya ingin pergi.

Saya ingin melakukan.

Saya ingin membeli.

Strategi SEO kontemporer mengharuskan kita untuk menjadi kreatif untuk mendapatkan visibilitas. Peringkat Desktop dan Mobile itu berbeda. Di ponsel, tidak ada hasil organik di atas flip. Di desktop, satu-satunya hasil organik yang Anda lihat adalah cuplikan unggulan.

Di Google, selain dari iklan pencarian berbayar (yang dapat menambah visibilitas organik dalam hasil pencarian), Anda juga harus bersaing dengan fitur pencarian terkemuka, yang bervariasi tergantung pada permintaan.

Anda harus mengoptimalkan dengan segala cara yang Anda bisa untuk meningkatkan visibilitas usaha Anda. Terkadang peringkat “nomor satu” dalam pencarian organik tidak akan berarti karena halaman yang Anda coba peringkat tidak akan menunjukkan “pertama.”

Panel Pengetahuan

Panel pengetahuan Google yang didukung oleh Grafik Pengetahuan Google, menampilkan dasar-dasar tentang bisnis. Ini termasuk hal-hal seperti:

  • Lokasi.
  • Nomor telepon.
  • Peringkat.
  • Jam-jam operasi.

Ini adalah cara besar untuk membangun kepercayaan pada usaha Anda. Pencari telah dikondisikan untuk mencari bagian tertentu dari hasil pencarian untuk mendapatkan informasi tepercaya yang mereka inginkan atau butuhkan.

Mendapatkan panel-panel ini sangat penting jika Anda berusaha mengembangkan merek (atau jenis entitas lainnya). Jika usaha Anda tidak ada dalam Grafik Pengetahuan, mungkin ini akan menimbulkan sedikit masalah.

People Ask

People Ask adalah fitur pencarian lain di mana konten langsung ditarik sejalan dengan hasil pencarian.

Anda dapat menggunakan fitur pencarian terarah ini untuk mengidentifikasi peluang pengoptimalan konten atau tambahan konten baru yang dapat Anda buat untuk membantu menargetkan audiens yang ingin Anda jangkau.

Terapkan SEO ke Berbagai Platform Selain mengoptimalkan berbagai bagian hasil pencarian, Anda dapat menerapkan metode SEO untuk platform apa pun. Peluang optimasi ini,termasuk:

  • Optimalisasi toko aplikasi.
  • Pengoptimalan Youtube dan Video.
  • Pengoptimalan Google Bisnisku.
  • Optimalisasi media sosial.

Situs pihak ketiga dan mesin pencari vertikal (mis., Amazon dan Yelp). Semua platform yang dapat dicari ini sepenuhnya dapat disesuaikan dengan prinsip SEO dan memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan visibilitas tambahan.

Di tambah lagi, ketika Anda mengoptimalkan pengalaman pencarian lain, konten tentang merek Anda dapat ditarik ke dalam hasil mesin pencari tradisional (Google, Bing, dll.) Juga.

Takeaways

  • Jadilah terlihat sebanyak mungkin.
  • Gunakan setiap bagian dari hasil untuk membuat pengalaman pencarian.
  • Optimalkan tools di luar mesin pencari.
  • SEO mengasumsikan konteks yang jauh lebih besar ketika tujuannya adalah optimasi pengalaman pencarian, bukan hanya optimasi mesin pencari.


Optimalkan Konten

Saking fokusnya pada upaya untuk menjadi peringkat satu dalam Google, terkadang kita melupakan bahwa ini semua adalah tentang mengoptimalkan pelanggan dan pembaca Anda.

Jadi yang harus ada dalam pikiran Anda adalah selalu optimalkan untuk orang, bukan mesin pencari.

Bagaimana caranya? Buatlah konten untuk pelanggan, bukan hanya untuk tujuan peringkat yang lebih tinggi. Ketika Anda menempatkan orang-orang di pusat strategi konten Anda, kemungkinan berhasil di mesin pencari menjadi lebih mudah.

Algoritma Konten, Kata Kunci & Pencarian

Google kini telah membuat beberapa pembaruan dan perubahan algoritma selama bertahun-tahun. Dua perubahan algoritma yang sangat penting yakni.

Hummingbird

Pembaruan ini memberi Google kemampuan untuk memahami kueri lengkap, bukan hanya kata kunci individual saja.

Google juga memperkenalkan konsep semantik yaitu kata kunci yang berbeda di seputar topik utama. Mengoptimalkan halaman Anda dengan satu kata kunci tunggal dari atas ke bawah bukan lagi taktik SEO yang layak. Selain karwna sudah ketinggalan jaman, hal tersebut juga tidak terlihat alami bagi orang-orang.

RankBrain


Pembaruan ini memberi Google kemampuan untuk memahami pertanyaan yang belum pernah diproses sebelumnya.

Selain itu, Google juga dapat menciptakan asosiasi yang diperlukan untuk dapat menguraikan makna penuh dari pertanyaan untuk memberikan hasil melalui pembelajaran mesin. Ini adalah salah satu dari tiga faktor peringkat SEO teratas, bersama dengan konten dan tautan.

Jadi, bagaimana kedua algoritma ini memengaruhi strategi konten? Fokus kata kunci sudah tidak terlalu relevan,  sementara itu peringkat juga penting.

Kata kunci terkadang dapat mengkhianati Anda. Kata kunci mungkin memiliki volume pencarian tinggi tetapi tidak memiliki keunikan dan nilai. Misalnya saja ambil pencarian ini untuk pemasaran email misalnya.

Volume pencarian untuk kata kunci khusus ini banyaknya sekitar 18.000. Bahkan jika Anda menulis konten dengan cukup baik pun, untuk memberi peringkat untuk kata kunci ini, berapa banyak konversi yang dapat Anda hasilkan?

Mungkin tidak banyak. Istilah “pemasaran email” ini sangat umum. Inilah mengapa Google menunjukkan hasil pencarian yang ambigu.

Anda dapat mengoptimalkan untuk lebih banyak pertanyaan yang transaksional dengan menargetkan kata kunci pencarian yang panjang.

Kekhususan kata kunci ini akan membantu Anda membuat konten yang lebih relevan dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs Anda. Pada level prakteknya Anda harus berkreasi dengan topik dan riset kata kunci Anda.

Mengapa Konten itu Penting

Tidak ada yang dapat menyangkal akan pentingnya konten. Tanpa konten tidak akan ada visibilitas. Untuk menekankan betapa pentingnya konten  Anda dapat melihat persentase ini


60% pertanyaan adalah empat kata atau lebih. Jumlah kata rata-rata untuk hasil halaman pertama di Google hampir 1.900 kata. Ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana kita tahu apa yang orang inginkan? Bagaimana kita tahu apa yang akan dicari orang?

Beri Orang Konten yang Mereka Inginkan

Jika Anda melihat lebih dekat, audiens Anda akan memberi tahu Anda apa yang mereka inginkan. Beberapa jawaban terkandung tepat di hasil pencarian Google, yakni.

  • Pelengkapan otomatis
  • Orang-orang juga bertanya.
  • Pencarian terkait.

Itu semua adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang saat mereka mencari. Data ini menyajikan peluang nyata untuk konten tambahan.  Ini juga akan membantu Anda memahami pelanggan Anda dengan lebih baik.

baca juga

Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

Mendengarkan Lewat Platform Sosial

Platform sosial juga memberikan contoh peluang untuk belajar tentang mendengarkan kebutuhan orang. Kini, banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengeluh. Manfaatkan hal tersebut untuk keuntungan Anda. Anda dapat memantau percakapan di setiap jejaring sosial yang aktif apa yang orang keluhkan, misalnya

  • Masalah layanan pelanggan.
  • Tidak mengetahui kapan bisnis Anda buka.
  • Menanyakan Produk atau layanan Anda.
  • Anda dapat mengubah semua itu menjadi konten.
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like