Panduan Lengkap untuk SEO Internasional

2023 Panduan Lengkap untuk SEO Internasional

Salah satu tantangan terbesar dalam SEO internasional adalah mesin pencari seperti Google sering kali menampilkan hasil yang berbeda untuk pengguna di berbagai negara. Ada beberapa sinyal yang dianalisis oleh mesin pencari untuk membantu mereka menentukan di mana peringkat halaman Anda dan bahasa apa yang seharusnya muncul. Baca artikel terbaru kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang SEO internasional dan faktor-faktor kunci yang harus dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi global Anda.

Apa yang dimaksud dengan SEO internasional?
SEO internasional adalah proses mengoptimalkan situs web Anda agar dapat dengan mudah ditemukan dan diberi peringkat oleh mesin pencari di berbagai negara. Hal ini juga mencakup memastikan bahwa situs Anda muncul dalam bahasa yang benar untuk setiap negara target.

Bagaimana cara kerja SEO internasional?
Mesin pencari seperti Google akan mempertimbangkan beberapa sinyal peringkat yang berbeda untuk menentukan halaman mana yang akan muncul untuk pengguna di berbagai negara atau bahasa. Beberapa sinyal ini meliputi:

  • Domain, halaman, dan struktur URL yang dilokalkan sesuai negara
  • Kata kunci lokal dan pengoptimalan konten
  • Hreflang dan tag bahasa HTML
  • Tautan internal dan peta situs khusus yang dilokalkan
  • Tautan balik dari otoritas lokal di wilayah target
  • Manfaat SEO internasional
  • Ada beberapa manfaat yang didapat dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk audiens internasional:

Peningkatan lalu lintas dari berbagai negara
Pengalaman pengguna yang lebih baik
Kesadaran dan jangkauan merek yang lebih besar
Lebih banyak peluang untuk konversi

Praktik terbaik untuk SEO internasional

Di bawah ini adalah praktik terbaik utama yang harus diikuti untuk implementasi SEO internasional:

Mengidentifikasi pasar mana yang akan ditargetkan
Penting untuk menentukan apakah tujuan utama Anda adalah menargetkan bahasa tertentu; menargetkan negara tertentu; atau kombinasi keduanya, karena hal ini akan mempengaruhi strategi SEO internasional Anda secara keseluruhan. Langkah pertama adalah menentukan pasar internasional mana yang ingin Anda targetkan. Cara yang paling umum untuk melakukan hal ini adalah dengan melihat basis pelanggan Anda saat ini untuk melihat di mana mereka berada. Anda juga dapat menggunakan Google atau Adobe Analytics untuk melihat dari mana lalu lintas situs web Anda berasal. Jika Anda memiliki sejumlah besar lalu lintas dari negara tertentu, mungkin ada baiknya menargetkan pasar tersebut dengan upaya SEO internasional.

Ada tiga jenis pendekatan yang perlu dipertimbangkan saat menganalisis pasar Anda:

Jika Anda memiliki audiens dalam berbagai bahasa, pertimbangkan untuk menyegmentasikan situs web Anda berdasarkan bahasa agar dapat menjangkau setiap kelompok dengan lebih baik. Hal ini melibatkan adanya versi berbeda dari situs web Anda yang dioptimalkan untuk bahasa tertentu. Contohnya adalah menargetkan pengguna berbahasa Inggris dan Spanyol di Amerika Serikat.
Jika Anda menawarkan berbagai barang atau layanan di pasar nasional yang berbeda, Anda harus menyasar setiap negara secara terpisah. Anda harus menyiapkan situs web negara dengan taktik SEO internasional yang unik. Contohnya adalah jika Anda memiliki situs web dalam bahasa Inggris yang ingin Anda targetkan untuk pengguna di Inggris, Australia, dan Kanada. Meskipun ketiga negara tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka, nomenklatur di setiap negara bisa sangat berbeda.
Memanfaatkan kombinasi dari kedua pendekatan tersebut. Jika Anda memiliki pasar yang berbeda, dengan pengguna yang berbicara dalam berbagai bahasa di setiap pasar, Anda pasti ingin memiliki versi berbeda dari situs Anda yang dioptimalkan untuk bahasa-bahasa tertentu di wilayah yang berbeda tersebut.
Riset pesaing
Setelah Anda menentukan pasar dan pendekatan internasional Anda, langkah selanjutnya adalah meneliti pesaing Anda apakah mereka berkinerja baik di hasil pencarian untuk melihat taktik apa yang mereka gunakan.

Misalnya, jika Anda menargetkan pasar Prancis, lihatlah bagaimana pesaing menggunakan tag hreflang dan domain khusus negara. Jika Anda menargetkan pasar Spanyol, lihat konten situs web mereka untuk melihat apakah konten tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, atau bagaimana mereka mengatur navigasi menu untuk mengelompokkan konten regional/terjemahan di situs web mereka.

Anda juga dapat menggunakan platform BrightEdge untuk meneliti pesaing internasional Anda dengan memasukkan domain mereka di tab “Riset Konten” dan memfilter peringkat kata kunci berdasarkan negara / bahasa. Ini akan menunjukkan kepada Anda semua kata kunci dan halaman yang mereka rangking. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan strategi SEO internasional Anda sendiri dan menentukan halaman apa yang perlu Anda buat atau optimalkan untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tersebut.

baca juga

Menyesuaikan konten untuk setiap wilayah yang unik
Setelah Anda memutuskan audiens internasional yang tepat untuk ditargetkan dan melakukan riset pesaing Anda, sekarang saatnya untuk mulai memikirkan beberapa hal berikut untuk setiap halaman Anda:

  • Bahasa target
  • Lokasi (negara / wilayah)
  • Mesin pencari yang digunakan di setiap wilayah (misalnya Bing, Google, Baidu, Yandex)
  • Adat istiadat dan budaya setempat
  • Mengubah harga untuk mencerminkan mata uang nasional
  • Format tanggal
  • Zona waktu
  • Nomor telepon / alamat / informasi kontak (NAPU)
  • Faktor-faktor ini akan membantu Anda menentukan cara terbaik untuk menjangkau audiens target Anda dan memastikan upaya SEO internasional Anda berhasil.

Penargetan bahasa
Untuk memastikan bahwa halaman Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, Anda perlu menggunakan bahasa yang tepat untuk setiap halaman, tergantung di mana Anda ingin halaman tersebut berada. Misalnya, jika Anda memiliki situs web yang didedikasikan untuk pengguna di Prancis, sebagian besar konten Anda harus diterjemahkan dalam bahasa Prancis atau Inggris.

Jika Anda memiliki situs web dalam bahasa Prancis yang ingin Anda targetkan untuk pengguna di Prancis dan Belgia, kedua negara tersebut menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa utama. Namun, halaman unik harus dibuat untuk secara khusus menargetkan setiap negara dengan tag hreflang yang diimplementasikan dengan benar.

Tag hreflang
Mesin pencari menggunakan tag hreflang sebagai sinyal utama saat menentukan tempat untuk menyajikan hasil yang dilokalkan.

Tag hreflang adalah kode yang berada di bagian belakang situs web (atau terkadang melalui peta situs) dan membantu menerjemahkan halaman di antara versi bahasa mesin pencari. Pada dasarnya ini adalah prosedur pemetaan, yang memberikan informasi kepada mesin pencari tentang varian bahasa URL untuk halaman tertentu.

Informasi ini memungkinkan mesin pencari untuk memahami target pasar dari halaman saat ini serta opsi alternatif potensial yang mungkin tersedia bagi pengguna di pasar lain. Selain itu, hal ini juga memberikan mereka versi default untuk disajikan jika ada orang yang mencari dari pasar yang tidak memiliki halaman khusus.

Menerapkan tag hreflang tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi peringkat Anda juga akan mendapat manfaat dengan menginformasikan mesin pencari bahwa duplikat yang dekat dimaksudkan untuk melayani wilayah tertentu. Hal ini membantu memastikan

ccTLD
Beberapa situs web menggunakan domain tingkat atas kode negara (disingkat ccTLD): example.de, example.fr, example.es, dll…

ccTLD memberikan sinyal yang paling jelas kepada mesin pencari dan mudah untuk menentukan peringkat secara lokal, namun biaya pemeliharaannya bisa mahal. Selain itu, otoritas domain yang ada tidak diteruskan antara ccTLD baru dan domain tingkat atas global (gTLD) Anda, sehingga dapat menghambat kemampuan Anda untuk menentukan peringkat ccTLD baru dengan cepat.

gTLD
Banyak situs web yang sering memanfaatkan domain tingkat atas global yang sudah ada (example.com), baik dengan subfolder atau subdomain untuk memunculkan varian konten bahasa/daerah.

Di bawah ini adalah contoh gTLD yang menggunakan kombinasi subdomain dan subfolder: ca.example.com/fr; ca.example.com/en.

Anda juga dapat menyiapkan subfolder khusus untuk tujuan serupa: example.com/fr-ca, example.com/en-ca.

Subfolder
Dengan menggunakan metode ini, konten internasional ditempatkan di subdirektori tertentu, atau subfolder, dari domain tingkat atas global. Metode ini lebih mudah dikelola dibandingkan dengan memanfaatkan ccTLD dan meneruskan otoritas domain yang ada dari gTLD Anda ke varian halaman yang dilokalkan, sehingga memungkinkan halaman baru ini mendapatkan peringkat dengan cepat dan efektif dalam hasil pencarian.

Namun, subfolder merupakan sinyal yang lebih lemah bagi mesin pencari dan pengguna untuk hasil lokal, sehingga membutuhkan taktik SEO tambahan (seperti tag hreflang) untuk memastikan bahwa halaman-halaman ini ditampilkan dalam bahasa/wilayah yang tepat.

Subdomain
Subdomain digunakan untuk memisahkan konten menjadi beberapa “domain tingkat ketiga”, masing-masing dengan bahasa atau wilayahnya sendiri, dan lebih mudah dikelola daripada ccTLD.

Seperti subfolder, subdomain merupakan sinyal yang lebih lemah untuk mesin pencari untuk peringkat lokal dan perlu memanfaatkan taktik SEO lainnya (seperti tag hreflang) untuk memastikan bahwa mesin pencari menampilkan hasil di wilayah/bahasa yang tepat.

Tidak seperti subfolder, subdomain tidak meneruskan otoritas domain yang ada dari gTLD Anda – Google memperlakukan subdomain sebagai entitas terpisah, dan pengguna mungkin lebih suka mengeklik hasil “lokal”, tergantung pada wilayahnya (example.de, bukan de.example.com).

gTLD dengan parameter bahasa
Domain tingkat atas umum (seperti .com, .net, atau .org) dapat ditargetkan untuk penutur bahasa tertentu dengan menambahkan parameter URL untuk menyajikan hasil terjemahan/lokal.

Metode ini mudah diterapkan, tetapi bisa jadi sulit untuk dioptimalkan dengan benar (subfolder, ccTLD, dan subdomain lebih disukai dibandingkan dengan parameter, karena parameter dapat menyebabkan jebakan laba-laba yang tidak diinginkan / masalah navigasi segi).

Mengatur struktur situs
Jika Anda ingin memudahkan mesin pencari untuk memahami struktur URL situs web Anda, buatlah struktur URL yang konsisten di seluruh situs (menggunakan struktur subfolder/subdomain yang komprehensif atau memanfaatkan ccTLD untuk semua wilayah yang ditargetkan).

Misalnya, jangan mencampur subfolder dengan parameter dan subdomain dengan ccTLD. Hanya gunakan satu metode organisasi utama.

Mengoptimalkan kata kunci yang tepat, secara regional
Saat Anda berfokus pada SEO global, menggunakan kata kunci yang tepat sangat penting untuk kesuksesan Anda. Pastikan Anda tidak hanya menerjemahkan kata kunci Anda, karena setiap bahasa / wilayah memiliki nuansa tersendiri untuk diikuti.

Tergantung pada kata kunci, beberapa kata kunci mungkin lebih mudah untuk dibuat, sementara yang lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu. Misalnya, dalam industri internasional seperti kedokteran atau IT, istilah bahasa Inggris sering digunakan sebagai pengganti bahasa asli negara tersebut. Akibatnya, menerjemahkan kata kunci ini tidak akan bermanfaat.

Jumlah total pencarian bulanan untuk kata kunci juga dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Untuk memastikan terjemahan Anda akurat, sebaiknya Anda bekerja sama dengan penutur asli. Anda dapat menggunakan alat penerjemahan otomatis untuk penelitian kata kunci sebagai titik awal, tetapi karena nuansa bahasa sering kali tidak ditangkap oleh program penerjemahan, hasilnya mungkin tidak akurat atau tidak dioptimalkan dengan baik.

Varian konten yang dilokalkan (jangan gunakan terjemahan mesin)
Setelah Anda mengidentifikasi audiens target Anda, mengetahui bahasa apa yang mereka gunakan, dan membuat daftar kata kunci target, Anda dapat mulai membuat konten.

Jika Anda menargetkan audiens multibahasa, Anda harus memutuskan bahasa apa yang akan digunakan sebagai bahasa default untuk situs web Anda. Ini adalah bahasa yang akan digunakan untuk semua konten Anda, kecuali jika Anda secara khusus menargetkan bahasa yang berbeda dengan versi alternatif situs Anda.

Untuk membantu menangkap nuansa bahasa dan wilayah, Anda sebaiknya menggunakan penerjemah manusia daripada mesin penerjemah.

Konten yang diterjemahkan oleh mesin sering kali tidak cukup baik untuk disajikan kepada pengguna dan dapat merusak kinerja organik situs Anda berdasarkan pembaruan terbaru yang dirilis oleh Google, seperti Pembaruan Konten Bermanfaat.

Strategi membangun tautan per pasar
Membangun tautan adalah faktor peringkat penting untuk SEO internasional. Jumlah tautan, serta kualitasnya, dapat membantu Anda menentukan seberapa baik peringkat situs web Anda di pasar yang berbeda.

Selain itu, menghasilkan backlink dari otoritas regional setempat adalah cara yang bagus untuk memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa konten Anda juga harus muncul secara mencolok untuk

Sinyal lain untuk SEO internasional
Di bawah ini adalah beberapa sinyal SEO lain yang perlu diingat untuk SEO internasional:

Hosting pada IP lokal
Beberapa mesin pencari, seperti Google, menggunakan alamat IP sebagai sinyal untuk menentukan di mana konten harus ditayangkan. Pertimbangkan untuk menghosting di IP lokal di wilayah target Anda untuk membantu mesin pencari mengontekstualisasikan di mana konten Anda harus ditayangkan.

Menautkan ke konten yang dilokalkan
Pertimbangan lainnya adalah memastikan bahwa situs web Anda hanya menautkan ke konten lokal di area utama, seperti navigasi menu atau footer situs.

Jika Anda tidak memiliki cukup konten lokal untuk ditautkan melalui navigasi header / footer saat meluncurkan strategi SEO internasional Anda, kemungkinan besar Anda masih terlalu dini untuk meluncurkannya.

Menerapkan pendekatan desain yang unik (UX)
Penting untuk mempertimbangkan budaya saat Anda membuat desain dan konten karena orang-orang dari berbagai daerah sering kali memiliki pendapat yang berbeda tentang hal-hal seperti warna, tata letak, dan jenis humor apa yang lucu.

Sebagai contoh, warna-warna tertentu mungkin dikaitkan dengan kematian di beberapa budaya.

Jika Anda ingin semua orang yang datang ke situs web Anda mendapatkan pengalaman yang positif, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan perbedaan budaya dan wilayah ini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Navigasi menu untuk mengganti bahasa
Berikan opsi kepada pengguna untuk mengganti bahasa jika mereka menginginkan pengalaman yang berbeda di situs web Anda, daripada mengasumsikan bahwa semua orang menginginkan konten berbahasa Inggris. Sebagai contoh, pengguna dari Prancis mungkin ingin membaca konten dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Prancis. Harus ada opsi di situs agar pengguna dapat dengan mudah berganti bahasa.

Menggunakan CDN untuk menyajikan konten
Jika Anda memiliki banyak pengguna internasional, penting untuk menyajikan konten secepat mungkin kepada mereka. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN).

CDN adalah sekelompok server yang berada di berbagai negara di seluruh dunia. Saat pengguna mengunjungi situs web Anda, CDN akan menyajikan konten dari server yang paling dekat dengan lokasi mereka.

Hal ini membantu meningkatkan kecepatan situs web, yang merupakan faktor peringkat penting untuk hasil pencarian internasional dan lokal. Selain itu, hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan menyajikan konten yang dimuat dengan cepat baik untuk pengguna seluler maupun desktop.

Jangan mengarahkan pengguna berdasarkan cookie atau alamat IP
Saat mengoptimalkan situs web untuk penelusuran internasional, penting untuk menghindari pengalihan pengguna berdasarkan cookie atau alamat IP.

Hal ini dapat mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk, karena pengguna mungkin diarahkan ke versi situs yang salah atau mungkin tidak dapat mengakses situs sama sekali.

Menurut Google:

“Pengalihan ini dapat mencegah pengguna (dan mesin pencari) untuk melihat semua versi situs Anda. (…)Jangan gunakan analisis IP untuk menyesuaikan konten Anda. Analisis lokasi IP sulit dan umumnya tidak dapat diandalkan. Selain itu, Google mungkin tidak dapat merayapi variasi situs Anda dengan baik. Sebagian besar, tetapi tidak semua, perayapan Google berasal dari AS, dan kami tidak berusaha memvariasikan lokasi untuk mendeteksi variasi situs.”

Jika pengguna tampaknya berada di lokasi yang salah, Anda dapat meminta mereka untuk meninjau versi situs yang benar melalui navigasi, seperti menampilkan spanduk di bagian atas atau bawah halaman dengan pesan dan tautan ke halaman yang disarankan untuk memberi tahu pengunjung dan mesin telusur tentang versi alternatif situs web.

Jangan gunakan cookie atau skrip untuk menampilkan versi bahasa yang berbeda
Anda juga harus menghindari penggunaan cookie atau skrip untuk menampilkan versi bahasa yang berbeda dari situs Anda. Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi pengguna yang telah menonaktifkan cookie atau menggunakan browser yang tidak mendukung JavaScript.

Selain itu, hal ini dapat menyulitkan mesin pencari untuk mengindeks konten Anda dengan benar, karena Google tidak dapat merayapi konten dinamis, dan bahkan pengguna manusia pun tidak dapat melihat perubahan konten dinamis yang tepat.

Mengoptimalkan untuk mesin pencari lokal
Setelah Anda mengetahui lokasi audiens target Anda, Anda juga dapat menentukan mesin pencari yang mereka gunakan. Google adalah mesin pencari paling populer di seluruh dunia, tetapi ada mesin pencari lain yang lebih populer di negara tertentu.

Misalnya, Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia, sedangkan Baidu adalah mesin pencari paling populer di Cina.

Penting untuk diperhatikan bahwa setiap mesin pencari memiliki algoritme peringkatnya sendiri, jadi Anda harus mengoptimalkan konten Anda.

Kesimpulan
SEO internasional bisa jadi rumit dan menantang karena mesin pencari seperti Google sering menampilkan hasil yang berbeda untuk pengguna di berbagai negara. Untuk mengatasi tantangan ini, penting untuk memahami berbagai sinyal yang dianalisis oleh mesin pencari untuk menentukan di mana peringkat halaman Anda dan dalam bahasa apa halaman tersebut akan muncul.

Dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam SEO internasional dan menggunakan praktik terbaik seperti menggunakan tag hreflang dan membuat konten khusus negara, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda diindeks dan diberi peringkat yang tepat oleh mesin pencari di berbagai negara, sehingga dapat membantu mendorong trafik yang ditargetkan.

Leave a Comment