Panduan Membangun Backlink

Jasa

Backlink, merupakan hal terpenting dalam meraih kesuksesan kampanye SEO . Panduan terbaru pada artikel kali ini akan mengajarkan langkah-langkah terbaik untuk membangun backlink di tahun 2017 ini.

Apakah SEO Anda sudah benar-benar sukses? Apakah Anda sudah mengetahui cara mana yang bekerja dan yang tidak bekerja?

Apa itu Backlink?

‘Backlink’ tercipta ketika sebuah situs menautkan link yang akan mengarahkan kesitus lain. Dan situs yang menautkan link situs lain tersebut dinamakan dengan ‘Eksternal Backlink’.

Bagaimana Backlink terlihat :

Peringkat SEO itu dapat diumpamakan seperti rangkaian puzzle, dan backlink-backlink tersebutlah bagian terbesar dari puzzle tersebut. Sebelum menuju kepada materi langkah terbaik membangun backlink, Anda perlu memastikan apakah situs Anda sudah siap untuk menerima backlink?

Sedikit Backlink Namun Efektif

Sisi buruk dari link buliding adalah, hal ini sangat memakan waktu dan biaya. Untuk melawan kedua masalah tersebut, Anda harus mempelajari langkah untuk mendapatkan keuntungan dari setiap backlink.

Berikut ini langkah yang dapat digunakan untuk menyempurnakan goal tersebut :

  • Secara teknis Anda harus memiliki situs SEO yang sudah dioptimasi
  • Anda harus memiliki arsitektur situs SEO yang kuat
  • Situs SEO harus berisi konten-konten berkualitas

Langkah Dasar Backlink

Dan berikut ini adalah langkah dasar yang perlu dijalani sebelum melompat ke link building :

  1. Memperbaiki seluruh kerusakan teknis

Jika sebuah situs memiliki kerusakan teknis, maka hal itu akan mengganggu pengalaman pembaca. Ketika pengalaman pembaca terganggu, maka Google akan segera bertindak untuk membatasi pertumbuhan traffic situs tersebut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, segera menyelesaikan masalah tersebut. Jika tidak maka mungkin Anda akan berpikir, mengapa backlink Anda tidak bekerja?

Sekali lagi, Anda perlu menempatkan SEO seperti rangkaian puzzle. Anda tidak dapat menyelesaikan puzzle jika tidak memiliki semua bagian dari puzzle tersebut.

Pastikan secara teknis situs Anda sudah dioptimasi pada bagian terpenting dari SEO puzzle.

Beberapa masalah teknis yang perlu Anda perhatikan :

  • 404 error
  • 302 redirects
  • Kecepatan saat memuat situs ( kecepatan dapat diukur menggunakan Google PageSpeed Insights)
  • Ramah perangkat mobile
  • Kerusakan Canonical
  • META data terduplikat
  1. Mengembangkan arsitektur yang kuat

Arsitektur situs adalah bagaimana link ekuitas terdistribusi melalui situs anda. Semakin baik arsitektur situs, maka akan semakin sedikit backlink yang dibutuhkan.

Jika Anda menggunakan pendekatan SEO berbasis konten, maka langkah terbaiknya adalah dengan membalikkan silo SEO.

Apa itu silo SEO? Singkatnya, silo merupakan struktur dari sebuah situs.

  1. Menghasilkan konten berkualitas

Konten merupakan bagian terakhir sekaligus bagian terpenting dalam SEO puzzle. Strategi konten yang Anda gunakan mungkin saja akan membuat kesuksesan bagi kampanye SEO, namun mungkin juga akan menghancurkannya.

Tidak peduli seberapa banyak backlink yang Anda dapat, tidak peduli sebaik apa Anda melakukan optimasi pada situs, jika Anda tidak menangani konten dengan serius, maka semuanya akan sia-sia. Maka sebaiknya Anda dapat menyiapkan konten yang matang.

Konten yang buruk dapat mengakibatkan penurunan traffic secara drastis. Perlu Anda ketahui bahwa konten akan menentukan kesuksesan dari SEO.

Aturan Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berikut 5 aturan pokok untuk mendapatkan backlink yang berkualitas :

  1. Relevansi

Relevansi merupakan kriteria paling penting untuk link tambahan yang efektif. Google mengartikan relevansi berdasarkan 3 hal :

  • Relevansi tema umum konten dengan link domain
  • Relevansi antara halaman konten dan link
  • Relevansi backlink yang menuju domain

Perlu diingat:

Link yang tidak memiliki kepercayaan relevansi aliran topikal masih memiliki perluang. Evaluasi peluang Anda dengan melalui metriks pihak ketiga.

  1. Site Authority

Saat ini Google sudah tidak lagi melakukan update pada PageRank, dan Anda harus percaya  pada metriks pihak ketiga. Tidak ada tools yang benar-benar sempurna untuk menganalisa pihak ketiga, namun mereka akan melakukan pekerjaannya dengan baik.

Artikel sebelumnya sudah menjelaskan mengenai tools terbaik untuk SEO. Tools analisis terbaik adalah :

  • Majestic
  • Ahrefs
  • Open Site Explorer
  1. Fokus kepada situs dan traffic asli

Mendapatkan backlink dari situs yang memiliki traffic asli merupakan cara lain untuk memperkuat tier utama SEO. Backlink tersebut merupakan backlink yang sangat susah untuk didapat namun juga merupakan backlink yang paling menguntungkan.

Anda akan membutuhkan tool semacam SEM Rush untuk menganalisa karena Anda tidak dapat mengetahui secara tepat jumlah traffic sebuah situs tanpa masuk kedalam analitik mereka.

  1. Mendistribusikan Anchor text dengan cerdas

Anchor text merupakan teks yang bisa diklik yang terdapat dibagian atas Hyperlink atau URL. Mendistribusikan backlink anchor text secara sembarangan dapat merugikan Anda hingga dua kali lipat.

Kesalahan dalam mendistribusikan anchor text dapat menghambat situs Anda untuk mendapatkan peringkat. Yang paling penting, anchor text yang agresif akan mengakibatkan penalti. Sebagai aturan umum, Anda harus tetap menjaga agar anchor text tetap sama persis dibawah 1%. Sebagian besar anchor text harus diberi cap.

  1. Backlink berada dilingkungan ‘bersih’

Anda harus fokus untuk mendapatkan backlink dari situs berstAndar tinggi. Jika mereka memiliki link yang bersifat scammy, tentu saja Anda tidak akan menginginkan backlink dari situs tersebut.

Pastikan untuk memeriksa situs prospektif dan tanyakan :

  • Apa yang mereka hubungkan?
  • Apakah outbound link mereka relevan?
  • Apakah outbound link mereka menuju situs yang terpercaya?

Jika Anda melihat “perjudian” atau apapun itu pada situs yang menjadi target backlink, maka jauhi situs tersebut. Anda tahu bagaimana seharusnya situs bersih terlihat. Sekarang akan dijelaskan backlink seperti apa yang tidak seharusnya digunakan untuk tier utama SEO Anda.

Hindari Tier Utama Dari Backlink Buruk

Hindari tier utama SEO dari backlink berikut ”

Ada beberapa backlink yang seharusnya tidak menyentuh situs Anda. jika Anda tetap memilih untuk menggunakan backlink tersebut, ketahuilah bahwa potensi Anda untuk mendapatkan penalti dari Google akan semakin besar.

  1. Segala sesuatu yang tidak relevan

Tier utama SEO seharusnya merupakan dinding dari relevansi keseluruhan situs Anda. Dikatakan ‘hampir seluruh’ link harus relevan karena ada beberapa situasi yang tidak menjadikan relevansi sebagai sebuah kewajiban.

  1. Jaringan publik

Anda dapat mendatangi seluruh forum SEO dan membeli backlink pada jaringan publik. Jaringan-jaringan tersebut akan sering mengatakan di iklan bahwa layanan mereka merupakan “jaringan blog pribadi”. Namun itu semua hanyalah iklan.

Sekali Anda beriklan dijaringan, maka itu tidak akan lagi menjadi pribadi. Melihat kedalam sejarah pendeknya, Google akan melakukan cara untuk membasmi jaringan publik. Setelah itu, mereka akan menghancurkan seluruh situs yang menggunakan jaringan tersebut.

Sangat mudah bagi Google untuk menemukan jaringan tersebut, karena :

  • Terdapat jumlah outbound link yang berlebihan pada halaman utama. Rata-rata terdapat 25-50 lebih outbound link. Halaman utama pada sebuah situs tidak mungkin memiliki outbound sebanyak itu.
  • Otubound link tersebut tidak memiliki relevansi satu sama lain, terdapat beberapa link yang menuju situs SEO, situs kebugaran, situs makanan, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat tidak masuk akal
  • Konten yang sangat pendek dalam setiap postingan, konten-konten tersebut hanya mencapai panjang 250 hingga 300 kata saja. Algoritma Google PAnda sangat tidak menyukai jenis konten yang pendek seperti ini.
  • Anda bisa berlari, namun tidak dapat bersembunyi. Sebagian jaringan akan mencoba untuk melakukan block terhadap usaha tool crawler seperti Ahrefs dan Majestic. Disisi lain, jaringan tidak akan melakukan blok kepada crawler yang mana akan mengakibatkan crawler tersebut mendapatkan laporan yang diberikan kepada Google oleh sebagian kompetitor yang marah. Ini merupakan situasi lose-lose. Tentu akan sangat merugikan.
  1. Komentar di Blog

Backlink yang didapatkan dengan cara meninggalkan komentar diblog lain memang merupakan langkah yang paling murah yang dapat dilakukan. Namun hal tersebut juga merupakan langkah sempurna untuk mengantarkan situs Anda kepada penalti Google.

Coba Anda bayangkan,

Outbound link yang berlebihan + link yang tidak relevan + outbound link yang mengarah kepada ‘lingkungan yang buruk’ = sebuah backlink racun

Jika Anda masih mengingat aturan ke #5, tentu saja Anda tidak menginginkan backlink yang berasal dari lingkungan tersebut.

  1. Sidebar atau footer backlink

Mungkin saja sidebar dan footer backlink dapat bekerja dengan baik, namun cara ini juga beresiko bagi situs Anda. Link yang berdiri sendiri akan terlihat seperti backlink berbayar, dan Anda seharusnya mengetahui bagaimana Google menagani hal seperti ini.

Vendor yang menjual otoritas backlink berkualitas tinggi tersebut juga akan menjualnya kepada situs yang lain. Kebanyakan dari situs-situs tersebut tidak relevan dengan situs Anda.

Sebagai pengingat, Anda tidak akan menginginkan link Anda tinggal bersama link yang tidak relevan atau link yang berasal dari ‘lingkungan yang kotor’.

Satu lagi note penting untuk sidebar atau footer backlink :

Link-link tersebut hampir selalu merupakan link yang digunakan untuk memperluas situs. Hal ini akan mengganggu situs jika Anda menggunakan anchor text. Hal tersebut juga dapat merusak poril dari anchor text.

Namun jika Anda memilih untuk menggunakannya, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan anchor text yang terpercaya.

Ada satu pengecualian untuk aturan ini : jika Anda dapat memanipulasi codenya, maka link Anda akan tampil hanya dihalaman utama.

  1. Automasi backlink

Sebagaimana aturan umum dari kekuasaan, Anda seharusnya menghindari automasi tool untuk link building pada tier utama.

Sebagian dari software-software tersebut termasuk Ultimate Demon,SENuke, GSA. Software tersebut akan mempengaruhi platform dan akan dengan mudah menggiring penalti ke situs Anda.

Anda sekarang sudah mengetahui apa yang link Anda butuhkan untuk menghindari masalah tersebut seperti wabah. Selanjutnya akan dijelaskan langkah untuk mempertahankan otoritas situs.

Direktur SEO, Pengembang, Pembicara, Penulis di Site Objective Situs Brian Harnish membongkar tautan yang sangat buruk yang berakibat menenggelamkan web anda dari Google.

Dia menulis di searchenginejournal.com sebagai berikut.

Setiap profesional SEO tahu bahwa tautan beserta konten adalah tulang punggung SEO.

Tautan tetap menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat di Google secara signifikan.

Apa yang terjadi ketika Anda mendapatkan tautan buruk pada skala yang cukup banyak hingga dapat merusak situs Anda?

10 Tautan Buruk yang Dapat Menenggelamkan Web Anda dari Google

Situs Anda dapat diturunkan secara algoritmik oleh Google – atau lebih buruk, Anda mendapatkan tindakan manual, dimatikan.

Google menyatakan bahwa mereka pandai mengabaikan tautan buruk, yang itu berarti tautan buruk membuat situs Anda tidak diperhatikan oleh Google.

Dengan kata lain, tautan buruk membuat situs Anda tidak mendapatkan pemeringkatan dari Google.

Panduan ini akan menjelaskan 10 jenis tautan buruk yang dapat membuat Anda kehilangan sius web anda.

Press Release Links

Tautan rilis pers populer sekitar 10 tahun yang lalu.

Tautan ini sangat mudah didapat.

Yang harus Anda lakukan adalah menulis siaran pers dan mensindikasikannya ke ratusan situs distribusi siaran pers.

Anda akan dengan cepat mendapatkan ratusan tautan.

Seperti halnya taktik SEO apa pun yang berfungsi dengan baik, sayangnya taktik itu dilecehkan.

Sekarang, Google menganggap tautan rilis pers sebagai skema tautan karena ini sangat mudah untuk dimanipulasi.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan sebanyak-banyaknya tautan, anda sebaiknya menggunakan URL telanjang atau URL bermerek sebagai teks jangkar Anda.

Gunakan hanya satu tautan dari bidang kontak siaran pers.

Tautan Forum Diskusi

Perlu diingat bahwa tidak semua tautan diskusi forum buruk.

Jika tautan berasal dari situs berkualitas baik, pengguna mapan, dan tautan itu sendiri tidak bersifat manipulatif atau spam, Anda bisa saja menyimpannya.

Namun, jika Anda memiliki ribuan tautan yang berasal dari forum diskusi asing, semuanya adalah tautan spam berkualitas rendah, dan terus masuk, Anda sebaiknya menolaknya.

Tautan apa pun yang terlihat seperti spam tidak akan membantu Anda di mata Google.

Tautan Dari Buku Tamu

Tautan seperti ini juga manipulatif.

Tautan dari buku tamu dapat ditempatkan secara manual atau dengan bantuan program otomatis.

Cukup pada skala ini sudah bisa menyebabkan penurunan peringkat.

Banyak Tautan NoFollow Acak

Anda pikir Anda bisa membodohi Google dengan mengacak jejak Anda sehingga bangunan tautan spam Anda tidak terdeteksi? Pikirkan lagi.

Jika Anda tidak menggunakan program otomatis, Google akan menemukan jejak Anda.

Manusia secara alami adalah makhluk kebiasaan.

Sangat sulit untuk membuat jejak acak yang menurut Anda tidak akan terdeteksi Google.

Jika Anda menggunakan program otomatis, semakin besar kemungkinan Google akan menemukan jejak program otomatis itu, kecuali itu benar-benar acak.

Ribuan tautan dari banyak situs berbeda yang semuanya tidak diikuti adalah indikator bahwa sesuatu menjadi spam.

Jaringan Blog Pribadi (PBN)

Dulu PBN merupakan cara yang bagus untuk membangun tautan untuk mendapatkan peringkat.

Anda bisa mengacak jejak Anda dan semuanya akan baik-baik saja.

Anda dapat terus melihat keuntungan signifikan dari menggunakan teknik ini.

Akan tetapi, sekarang tidak lagi.

Sekarang, PBN dalam skala yang cukup besar dapat menampung situs Anda dan menyebabkannya kehilangan lalu lintas organik.

Google dapat mendeteksi – dan menghukum – sebagian besar PBN.

Beberapa PBN mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk ditemukan daripada yang lain, tetapi percayalah bahwa akhirnya nanti Google bisa menemukannya.

Tautan Bookmark Sosial NoFollowed dan Followed

Tautan bookmark sosial juga dianggap manipulatif oleh Google.

Ini bisa membuat Anda dalam masalah jika Anda melakukannya terlalu banyak.

Pikirkan tentang itu.

Mereka semua ditempatkan secara manual dan sangat spam.

Tidak heran Google menganggap ini sebagai skema tautan yang tidak layak untuk diberi penghargaan.

Pengajuan Direktori

Layanan pengiriman direktori senang memberi tahu Anda bahwa Anda akan mendapatkan daya tarik dan keuntungan besar dari tautan mereka.

“Kami akan membantu meningkatkan peringkat Google Anda !!” kata mereka.

Namun, mengirimkan tautan artikel ke direktori berkualitas rendah kemungkinan akan lebih berbahaya untuk peringkat Anda.

Seperti banyak hal dalam SEO, ada pengecualian.

Tidak apa-apa untuk menggunakan direktori yang relevan dan bertarget untuk membangun tautan alami – terutama ketika menarget SEO lokal.

Komentar Blog

Secara historis, komentar blog telah menjadi salah satu taktik SEO yang paling banyak disalahgunakan.

Spam komentar adalah taktik akuisisi tautan kuno yang harus dihindari.

Tujuannya adalah untuk mencegah spammer mendapatkan manfaat SEO dari menyalahgunakan bagian komentar.

Tetapi ada cara yang tepat untuk mendekati komentar blog.

Kuncinya adalah meninggalkan komentar yang relevan secara topikal di situs yang relevan.

Tautan Dari Layanan Tautan Murah Lainnya

Ini adalah satu lagi taktik penyalahgunaan dalam SEO.

Sekali lagi, ini sangat buruk sehingga meskipun mereka bukan bagian dari pedoman Google, pola dan jejak kaki yang ditinggalkan tampak sangat jelas untuk algoritma Google.

Google akan membuat protokol investigasi untuk mendaftar akun yang memanfaatkan layanan ini.

Google akan memeriksa SEO atau webmaster lain, dan memeriksa pola paling umum yang digunakan oleh layanan ini.

Selalu ingat – orang yang Anda ajak bicara di forum secara teratur bisa jadi Googler.

Tautan Dibangun oleh Program Pembuatan Tautan Otomatis

Pernah mendengar alat seperti GSA Search Engine Ranker, Scrape Box, atau XRumer?

Tentu alat ini dapat membuatkan anda banyak tautan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, program-program ini menjadi kurang efektif.

Profesional SEO tidak merekomendasikan penggunaan program ini untuk upaya optimasi SEO Anda.

Jika SEO profesional dapat memikirkannya, kemungkinan Google sudah beberapa langkah di depan dengan variasi pola yang sudah ada dalam algoritme mereka.

Apa yang Dimaksud dengan Tautan yang Membayakan?

Sejauh ini kami telah berbicara tentang tautan yang membahayakan Anda.

Namun, anda mungkin tidak seratus persen paham apa yang dimaksud dengan tautan yang membahaykan.

Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan beberapa audit.

Nilai kondisi situs Anda dan mulailah melakukan tindakan dari saran-saran yang tampil setelah dilakukan audit.

Audit SEO teknis untuk mengungkap potensi masalah perayapan, masalah teknis, atau masalah serupa yang memengaruhi situs.

Audit konten untuk menentukan keadaan konten situs.

Audit profil tautan untuk menilai keadaan saat ini dari keseluruhan profil tautan situs.

Dari sini, Anda dapat menemukan apa saja yang dimaksud dengan tautan membahayakan untuk situs anda.

Mulailah dengan menerapkan langkah-langkah untuk memperbaiki situs.

Tindakan Manual: Mempersiapkan File Disavow

Menurut pendapat saya, tidak ada yang mengalahkan Link Detox oleh Link Research Tools.

Alat ini dapat menilai tautan dari berbagai macam sumber seperti Majestic, GSC, Moz, Ahrefs, SEMrush, dan banyak lagi.

Jika anda ingin melihat masalah yang mungkin terjadi pada setiap tautan website anda, anda mungkin bisa memanfaatkan tools ini.

Unggah artikel atau tautan anda sesuai dengan petunjuk di Tautan Detox.

Setelah Anda melakukan ini, dan Anda telah melalui proses peninjauan dan tautan peringkat Detox, Anda perlu menyiapkan file penolakan.

Google telah mengatakan beberapa hal menarik tentang file yang ditolak, termasuk yang berikut:

Seseorang yang dinyatakan dalam Reddit:

“… baru-baru ini John Muller dari Google mengonfirmasi bahwa tautan buruk sebenarnya dapat merusak peringkat Anda dalam beberapa kasus …”

Di mana John Mueller menjawab:

“Ini khusus untuk tautan yang Anda buat sendiri, bukan tentang SEO negatif.”

John Mueller juga membahas hal-hal berikut:

Seseorang tweet:

“Jika saya memiliki situs web berukuran” sedang” dengan banyak cabang, puluhan ribu backlink, situs web sangat lama dengan domain 3 huruf yang terhubung ke banyak situs-situs sampah dan direktori bernilai 0, adakah direktori tersebut tautan yang membahayakan? Haruskah kita mengingkari? “

Kemudian ditindaklanjuti dengan:

“Atau apakah itu tidak masalah, dan Google tahu situs web ini menautkan ke situs-situs seperti milikku tanpa alasan setiap hari dan kami tidak mencari tautan ini?”

John Mueller merespons:

“Tautan acak yang dikumpulkan selama bertahun-tahun tidak selalu berbahaya, kami telah melihatnya untuk waktu yang lama juga dan dapat mengabaikan semua potongan-potongan web-grafiti yang aneh dari dulu. Tolak tautan yang benar-benar dibayar (atau ditempatkan secara tidak wajar), jangan khawatir. “

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Tautan Audit

Bagaimana Anda Dapat Menilai Apakah Anda Memiliki Denda Tautan?

Apakah Anda mendapatkan pemberitahuan tindakan manual?

Cukup periksa di bawah tindakan manual dalam Google Search Console.

Anda akan segera tahu apakah Google telah ‘menghukum’ situs Anda.

Apakah situs Anda diturunkan secara algoritmik?

Biasanya, Anda dapat menilai apakah Anda mendapatkan penurunan versi algoritmik dengan memeriksa data Google Analytics Anda.

Biasanya, Anda akan melihat penurunan sekitar 35-50 persen dalam keseluruhan lalu lintas.

Ini bisa ke halaman tertentu, folder, atau bahkan di seluruh tempat.

Analisis yang cermat terkadang dapat mengungkapkan masalah lain di situs yang menyebabkan penurunan lalu lintas tersebut.

Dalam kasus ini, Anda harus mulai dengan pendekatan implementasi audit bertingkat yang dirancang untuk memperbaiki masalah terkait konten bersama dengan masalah terkait tautan.

Haruskah Anda Melihat Profil Tautan Situs yang Tautan ke Anda?

Meskipun audit penuh tidak diperlukan, memeriksa tautan yang menautkannya ke Anda bisa membantu.

Secara umum, jika Anda melihat sesuatu yang luar biasa bersifat spam, itu akan menurunkan kualitas tautan secara keseluruhan.

Jika tidak, mungkin ide yang baik untuk menyimpannya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengidentifikasi Serangan SEO Negatif?

Anda harus menghentikan serangan secepat mungkin.

Jika Anda berada di bawah serangan tautan volume tinggi, hanya masalah waktu sebelum Anda akan dihukum.

Prosesnya sendiri sangat sederhana dan tidak terlalu rumit:

  • Blokir semua bot, kecuali mungkin yang utama: Google, Bing, dan Yahoo.
  • Lakukan penolakan massal terhadap semua tautan masuk.
  • Terapkan tinjauan tautan reguler dan proses penolakan untuk terus menolak semua tautan masuk sampai serangan tautan hilang.

Apa Cara Terbaik untuk Menerapkan Profil Tautan yang Baik?

Adopsi kebiasaan baik:

  • Gunakan teks yang berkualitas
  • Gunakan URL telanjang.
  • Jangan gunakan teks anchor
  • Jangan mendapatkan tautan dari situs yang buruk atau lingkungan yang buruk.
  • Jangan menempatkan tautan dengan teks jangkar yang terlalu dioptimalkan secara manual atau dengan alat.
  • Pastikan tautan Anda secara editorial dijamin oleh pemilik situs yang terlibat.
  • Dapatkan tautan dari situs otoritas yang baik di niche Anda.
  • Terlibat langsung dengan pengguna
  • Secara umum, profil tautan Anda harus seimbang, dan jenis tautan tidak boleh melebihi sekitar 20 persen dari keseluruhan profil tautan Anda.
  • Hindari spam, tautan tidak wajar, dan tolak apa pun yang melanggar pedoman Google.

Berapa Lama yang Dibutuhkan untuk Menghapus Downgrade Algoritma?

Ini bisa memakan waktu 6-8 bulan atau lebih tergantung pada tingkat keparahannya, bahkan ada yang hampir satu tahun.

Saya pribadi telah mengerjakan profil tautan 200,000+ di industri hukum yang membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk sepenuhnya membaik.

Jangan menyerah – ada kemungkinan untuk memperbaiki bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun.

Demikian pemaparan tentang tautan buruk yang dapat menenggelamkan web anda dari Google.

Maka, sebaiknya berhati-hati dalam berhubungan dengan situs lain.

High-Quality Links vs Low-Quality Links: Kenali Bedanya?

Untuk mengukur dan memastikan jangkauan marketing kita, wajar jika kita mempertanyakan kualitas link-link kita. Karena itulah, idealnya secara rutin seorang pemilik website harus mengadakan link audit. Masalahnya, standar apa saja yang bisa kita gunakan?

Link value alias nilai sebuah link yang kita dapatkan adalah relatif. Yang menurut beberapa website adalah link berkualitas, bisa jadi dianggap sampah oleh beberapa website lain. Tetapi, ada baiknya kita mulai menentukan link-link tersebut per kategori untuk memudahkan proses audit kita.

Cara Mengukur Link Value

Jangan merasa kecil jika Anda merasa kebingungan pada mulanya. Butuh bertahun-tahun bagi seseorang untuk menganalisis sebuah link demi membangun insting yang tajam. Seperti halnya kurator yang menilai benda di museum, biasanya ada beberapa kategori atau faktor yang harus dperhatikan sebelum membuat penilaian.

Anda bisa mulai menentukan objek, boleh dari website Anda sendiri, boleh juga milik kompetitor atau klien Anda. Nah selanjutnya, perhatikan poin-poin berikut, sambil kategorikan apakah link-link Anda berafiliasi dengan:

  • Blogger berbayar (paid blogger)
  • Run of site
  • Iklan berbayar/press release
  • Bookmark/article spinning
  • Direktori
  • Afiliasi
  • Link alamiah (natural links)

Sebenarnya ada beberapa jenis links lain, tapi yang tertulis di atas adalah yang ada pada umumnya. Apabila link-link yang sedang Anda teliti memenuhi kriteria dari salah satu enam hal di atas, maka kita bisa langsung ke rinciannya:

Blogger Berbayar

Di luar stereotip yang berkembang, sebenarnya tidak semua blog berbayar bisa dibilang pertanda buruk. Butuh pengamatan lebih jauh untuk menentukan kualitas dari blo-blog tersebut.

Perhatikan, dan lihat apakah blogger tersebut selalu menulis tentang topik-topik yang sama.

  • Jika blog itu terus-terusan menulis dengan topik atau kategori yang konsisten dan meletakkan linknya secara alamiah di dalam post-post tulisan mereka, bisa dibilang link ini oke.
  • Jika blog itu tampak seperti tipuan, dan cuma berisi satu-dua post dari beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun yang lalu, kemudian ditelantarkan, link ini perlu dicurigai.

Run of Site

Kalau link Anda berasal dari Run of Site, hampir bisa dipastikan link ini termasuk buruk. Run of Site alias ROS adalah istilah yang biasa digunakan oleh agensi media untuk merujuk pada moda periklanan online yang menarget semua halaman di sebuah website yang dibidik.

Jika ROS ini tampaknya berasal dari industri yang masih relevan atau dari lingkar teman Anda sendiri, biarkan saja. Tapi jika tidak, baiknya disingkirkan.

Iklan Berbayar/Press Releases

Risikonya adalah, jika link-link ini mengandung kode-kode utm bisa jadi alih-alih link yang berguna, yang semacam ini cuma sisa-sisa dari campaign periklanan lama. Iklan berbayar dan press release biasanya flagged dan disingkirkan.

Bookmark/Article Spinning

Yang seperti ini sudah seperti hama, dan bisa langsung dianggap sebagai muasal link yang payah. Anda harus langsung menyingkirkan bookmark dan article spinning tersebut langsung dari sumbernya.

Temukan profil-profil para pembuatnya (yang kemungkinan besar adalah akun buatan) dan langsung remove. Meskipun opsi disavow cukup menggoda, nyatanya itu saja tidak cukup.

Direktori

Halaman-halaman semacam ini selalu dibuat oleh perangkat mesin, sehingga Anda harus berhati-hati. Hampir semua direktori bisa dikategorikan sebagai sampah. Pengecualian hanya ada pada direktori-direktori lokal seperti buku kuning (yellow pages) untuk nomor telepon, daftar E-commerce, atau jenis-jenis direktori lain yang tampaknya masih di-edit tangan manusia. Disavow biasanya adalah pilihan terbaik yang bisa kita ambil.

Afiliasi

Backlink dari afiliasi-afiliasi tertentu bisa cukup rumit ditanggapi. Namun, pilihan paling amannya adalah biarkan saja. Karena jika kita mengambil langkah yang salah, bisa-bisa hal itu menyinggung revenue stream penting yang sangat bermanfaat bagi bisnis kita ke depannya.

Namun jika affiliate links yang bisa kita ikuti kita sudah tidak terhitung lagi, ada baiknya mencari tenaga ahli untuk mengevaluasinya.

Natural Links

Meski terdengar indah, nyatanya tidak semua natural link terbukti aman. Ada banyak jenis spam yang tersembunyi di balik link-link ini. Ke depannya, hal-hal semacam inilah yang akan membuat Anda terpaksa mengambil penanganan manual dan menolak reconsideration request.

Cara untuk memastikan hal ini terbilang butuh sedikit kerja tambahan. Misal jika link itu datang dari sebuah post oleh guest, cek untuk memeriksa keabsahannya. Pastikan link itu ditulis dan merupakan atribusi dari orang betulan. Kalau Anda tidak mengenal nama orang itu, cari di mesin pencarian. Langkah ini penting mengingat banyak sekali nama “kontributor” yang menulis di banyak website dengan banyak jenis topik, dan mereka jelas-jelas bukan orang betulan.

Lebih-lebih kalau link itu rupanya tersabung ke blog atau website yang berafiliasi dengan banyak TLD (Top Level Domains) seperti:

  • .no
  • .ru
  • .io

Ada kemungkinan, pemilik website itu sendiri menggunakan taktik pemasaran yang kurang bersih di suatu ketika, dan ini bisa membuat Anda turut merugi.

Namun perlu juga dicatat, bahwa TLD itu tidak selalu berarti buruk. Kecuali, jika sebuah website dalam Bahasa Inggris punya “kembaran” di berbagai TLD, berhati-hatilah. Jangan lanjutkan, klik untuk menerima 2 juta rupiah, atau apa pun. Langsung disavow saja. Lalu, cek “value” TLD yang Anda curigai tadi di Link Tool.

Kalau website itu ternyata tidak mengandung link, cuma ada sedikit link, atau semua link hanya mengandung satu atau dua domain, bisa jadi itu spam. Jadi, berhati-hatilah.

Simpan Data-Data tadi Dalam Kertas Dokumen

Apa pun temuan Anda dari kategori-kategori di atas, jangan lupa mengumpulkannya dalam satu dokumen. Hal ini akan sangat membantu Anda di masa depan ketika Anda harus melakukan hal yang sama dan men-submit atau mengevaluasi ulang.

bca juga

1. Jasa SEO Google

Kesimpulan

Jangan coba-coba mengakali Google, karena mereka jauh lebih tahu apa yang mereka lakukan daripada Anda—termasuk usaha untuk memalsukan natural links dengan spam. Kini, Anda pun memperoleh bekal yang sama kalau mau melakukan sedikit usaha. Semoga post ini berhasil membantu Anda memahami perbedaan antara link yang berkualitas tinggi dan tidak.

15 Cara Jitu Menggondol Link dari Kompetitor Anda

Namun tidak seperti dulu ketika membangun ratusan atau bahkan ribuan link efektif bisa dilakukan semudah membalik telapak tangan,  semua orang yang berkecimpung di dunia SEO pasti setuju kalau keadaannya sudah berbeda sekarang.

Tujuan utama link building adalah mendapatkan tautan dari website-website berpengaruh yang bisa dipercaya–yang berpotensi mendongkrak popularitas bisnis kita–dan ini membutuhkan pendekatan kreatif dan kerja keras.

Berhenti melakukan metode-metode yang sudah dilakukan kompetitor Anda. Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus mendapatkan link yang tidak mereka punya, untuk emmberikan sentuhan unik di profil bisnis Anda.

15 Tips Mendapatkan Backlinks Dari Kompetitor

  1. Buat Pembaca Tertarik pada Isi Konten Anda

Sekitar tahun 1945-an, paman saya berjuang untuk perang kemerdekaan.

Dia seorang pria yang kurus, tapi semangatnya besar. Waktu itu, serdadu-serdadu Jepang yang bersenjatakan senapan sudah siap menghadang di perbatasan benteng.

Paman saya cuma membawa bambu runcing, tubuhnya kurus karena gizi buruk. Salah satu serdadu membidikkan senapannya ke dahi paman saya, dan peluru pun berdesing lurus…

Lalu, apa hubungannya ini dengan SEO?

Tidak ada. Namun jelas, naarsi itu membuat Anda tidak bisa berhenti membaca, bukan?

Jika Anda ingin mendapatkan link yang berkualitas, Anda harus bisa membuat pengunjung website Anda merasa tertarik untuk membaca kelanjutan konten Anda untuk membuat mereka menilai kualitas produk Anda. Jika pengunjung langsung mundur setelah membaca beberapa kalimat, itu tandanya Anda sudah gagal mendapatkan link.

Buatlah konten yang terasa kuat bagi banyak orang, konten yang akan dengan suka rela mereka bagikan ke semua jejaring media sosial, dan paling mungkin menghasilkan link-link berkualitas tinggi.

  1. Terimalah Cryptocurrency

Sistem ini memang terbilang baru, tapi bukan berarti buruk. Meskipun pasar sedang tidak menentu, sistem cryptocurrency masih bertahan sebagai salah satu unggulan teknologi blockchain.

Coba sebutkan dengan jelas di website bahwa Anda menerima cryptocurrency, dan setelah selesai, jalin hubungan dengan setiap orang yang menerbitkan daftar bisnis-bisnis yang menerima cryptocurrency, dan minta untuk dimasukkan ke sana.

Itulah cara sederhana untuk memperoleh keuntungan dari cryptocurrency, yang meskipun tidak memberikan Anda keuntungan secara langsung, tapi akan memberi Anda lind-link yang berkualitas tinggi.

  1. Buat Interactive Data

Karena bentuknya yang memanjakan mata, menarik, dan informatif, interactive data mulai mengalahkan kepopuleran infografik.

Tipe ini sangat berguna untuk membangun link karena sifat efektifnya yang sangat membantu para blogger untuk mengukuhkan posisi mereka dalam suatu perdebatan. Yang harus diingat hanyalah, Anda harus mengemasnya sekreatif mungkin.

Interactive data juga relatif murah dan mudah, dan dari segi teknis, termasuk gampang dibuat.

  1. Posting Konten dengan format “Terbaik” atau “Teratas”

Memang, membuat post dengan fotmat daftar urutan adalah ide yang bagus. Namun jika Anda mengemasnya untuk membahas tipik-topik tertentu, pemasukan inbound link yang akan tuai akan sangat mencengangkan.

Buatlah daftar 10, 20, 100, hal-hal terbaik atau semacamnya, entah tentang tokoh, makanan, tempat, apa pun. Jenis post semacam ini sangat memancing perhatian banyak orang dan paling mungkin dibagikan dalam bentuk link ke mana-mana–apa lagi kalau kita memperhitungkan kinerja para publisis yang memang menyukai postingan-postingan semacam ini. Misalnya saja:

  • Ini Dia 7 Blog SEO terbaik di Tahun 2017!
  • Sudah Pernah ke Tempat-Tempat ini? 10 Tempat Makan Paling Asyik di Jakarta
  • 9 Tips Ampuh Menghilangkan Noda Hitam di Wajah
  • Akun-Akun yang Wajib Follow di Twitter
  • Blog-Blog Terbaik 2017

Dan sejenisnya.

Jangan lupa, pastikan orang-orang atau perusahaan-perusahaan lain melihat konten Anda ini. Mereka tidak akan membagikannya jika tidak tahu, bukan?

baca juga Perhatikan 8 Tips Promosi Bisnis E Commerce Ini

 

  1. Buat “Resource List” Paling Bagus untuk Industri Anda

Resource List adalah semacam post blog yang berisi banyak sekali link yang mengarah ke website-website atau profil orang-orang, perusahaan, atau organisasi yang berpengaruh. Ini penting untuk dijadikan acuan bagi semua pemain SEO baik pemula maupun profesional.

Postingan semacam ini biasanya dibagikan berkali-kali, sehingga ada baiknya Anda membuat resource list paling lengkap agar semua orang membagikan postingan Anda dan bukannya membuat yang baru.

Triknya adalah, buat daftar Anda selengkap-lengkapnya, melingkupi:

  • Lisensi, peraturan, dan perundang-undangan
  • Publikasi-publikasi paling top
  • Perangkat lunak
  • Sumber data
  • Undang-undang yang berkenaan dengan industri Anda
  • Sumber-sumber dari sekolah/institusi pendidikan terkait
  • Podcast-podcast yang paling top
  • Politisi/penegak hukum yang terlibat dalam industri Anda
  • Channel-channel Youtube paling top
  • Para pemimpin industri
  • Para pegawai dan staf yang khusus menangani industri Anda
  • Asosiasi industri dan kelompok dagang
  • Perangkat dan alat-alat
  • Event-event di industri Anda
  • Grup facebook dan LinkedIn
  • Buku-buku terbaik tentang industri Anda

Industri apa pun yang Anda jalani, post semacam ini biasanya bisa mencapai 5000 kata lebih. Hiasi dengan gambar yang bagus dan tata per kategori agar rapih, maka orang akan tertarik untuk membagikannya.

Taktik ini juga tidak sulit mengingat kebanyakan website di jagat maya menggunakan WordPress sebagai basis, sehingga Anda tidak perlu mengabari setiap website yang Anda link di post Anda sebab automasi sudah memberikan notifikasi pada mereka.

Namun, tidak ada salahnya meminta dengan sopan pada mereka untuk memuat link resource list Anda di website mereka.

  1. Jadilah Influencer

Influencer adalah seorang figur yang opininya layak serta sering dimuat di berbagai publikasi besar, media sosial, dan bahkan website mereka sendiri pun banyak diikuti oleh berbagai orang di industri atau target pasar mereka.

Makin banyak orang yang berkumpul di sekitar seseorang, makin banyak pula link yang dia sebar serta bagikan sehingga keeksisannya tidak terbantahkan lagi. Dengan kata lain: profit bagi industri Anda.

Namun demikian, menjadi seorang influencer bukan cuma kerja semalam. Butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk mengasah opini dan kharisma kita. Mulailah dengan pertanyaan, apa yang sebenarnya kita kuasai? Bagaimana kita akan menggunakannya? Selesai dengan itu, setelah kita merasa yakin, kita berpindah ke pertanyaan selanjutnya, bagaimana kita akan memasarkan diri? Kepada siapa saja kita akan memamerkannya?

Menguasai jawaban-jawaban dari pertanyaan itu akan membuat kita menjadi influencer yang andal suatu saat.

  1. Adakan Event-Event

Mengadakan event atas nama usaha yang Anda dirikan adalah salah satu cara hebat untuk membuat media-media lokal dan organisasi di seputar industri Anda membicarakan Anda–dan menyumbangkan link ke website Anda.

Anda bisa mengadakannya di kantor, atau di mana saja yang memungkinkan. Buat event itu layak diberitakan dan menguntungkan tidak hanya bagi Anda, tapi juga bagi semua hadirin yang berasal dari organisasi. Bekerja sama dengan panti sosial setempat juga merupakan langkah yang bagus. Usahakan sebuah press release di akhir event atau pesta yang Anda adakan, untuk mengedepankan kesan.

  1. Lakukan Sesuatu yang Benar-Benar Layak Dibahas

Ya, memberikan press release atau rekap seluruh event yang Anda buat memang gagasan bagus. Namun, buatlah agar hal itu terasa relevan. Tidak semua press release layak dibahas, apalagi diberitakan menjadi sebuah artikel yang pantas dibagikan beribu-ribu kali oleh pengikut Anda.

Tetap sajikan isu-isu atau pembahasan yang tidak akan pernah basi. Anda harus sangat berhati-hati dalam hal ini. Misalkan Anda membuat rilisan pers yang membicarakan tentang gempita malam tahun baru, itu harus dihindari. Sebab, pada kesempatan selain tanggal tahun baru itu, relevansi perkataan Anda pada kehidupan sehari-hari hampir nol.

Cara terbaik untuk membuat rilisan pers yang layak dibahas dan dikenang adalah terus membuat inovasi dan kemajuan dengan bisnis Anda yang membawa manfaat bagi banyak orang, kemudian dokumentasikan dan publikasikanlah hingga publikasi-publikasi lain akan menulis tentangnya dan menautkan konten Anda.

  1. Jaga Hubungan Baik dengan para Editor, Jurnalis, dan Kontributor

Pada dasarnya, taktik yang ini bermula dari sikap terbuka dan mau membina hubungan dengan siapa saja. Para editor, jurnalis, dan kontributor secara khusus akan membawa keuntungan dalam hal link building.

Media adalah jangkauan keahlian mereka, dan mereka tahu cara terbaik untuk mendulang eksistensi bagi perusahaan Anda. Namun, tidak berarti Anda harus memanfaatkan mereka. Jalinlah pertemanan yang sehat, dekati mereka yang tidak hanya memiliki visi yang sama dengan usaha Anda, tetapi juga memiliki kepribadian yang cocok.

Setelah itu, mulailah menjadi sosok yang berharga bagi mereka, antara lain dengan cara:

  • Menautkan link ke konten-konten buatan merka
  • Berinteraksi di media sosial dengan cara membagikan komentar atau membagikan post-post mereka
  • Bantu mereka menyelesaikan masalah ketika Anda bisa

baca juga 6 Taktik Media Sosial Yang Sudah Ketinggalan Zaman

Yakinlah, apa yang dimulai dengan baik akan berbuah baik pula.

  1. Menjadi Kontributor di Wadah-Wadah Publikasi yang Dibaca Para Konsumen Anda

Memang hebat rasanya menulis di media-media besar yang, sekilas, akan dibaca semua orang. Namun dalam bisnis, Anda harus lebih spesifik. Ketahuilah para kustomer Anda dan berpikirlah seperti mereka. Cari tahu publikasi macam apa yang biasa mereka baca, lalu menulislah di sana.

Contohnya, kalau usaha Anda bergerak di bidang konstruksi bangunan, titipkan artikel Anda di buletin atau majalah khusus konstruksi bangunan. Langkah ini akan menaikkan kredibilitas Anda sebagai sosok yang benar-benar mengerti bidang yang Anda geluti, dan tentunya menaikkan popularitas.

 

  1. Tulislah tentang Produk-Produk Penunjang bagi Produk Anda

Link-link yang berkualitas biasa datang dari website-wesite besar, yang bisa jadi adalah kompetitor Anda. Mengetahui iklim persaingan bisnis pada umumnya, para kompetitor biasanya tidak mau memberikan “promosi gratis” bagi saingan mereka.

Ada alternatif lain untuk ini: mengapa kita tidak menulis dan memberi tautan pada website-website yang menyediakan produk komplementer alias penunjang bagi produk kita?

Misalnya saja, usaha Anda bergerak di bidang konveksi. Ini dia daftar produk-produk komplementer yang harus Anda sebutkan di website Anda:

– Website produk-produk kain ramah lingkungan

– Jual beli grosir baju

– Perabotan sehari-hari (seprai, kap lampu, dan sejenisnya)

– Tata busana terkini

– Para model

– Dan sebagainya.

Membuat konten-konten ini hanyalah permulaan. Langkah selanjutnya, Anda harus memastikan orang-orang yang memiliki konten itu tahu keberadaan Anda.

Makin baik lagi jika Anda mengabari mereka sebelum menulis tentang mereka, sebab konten semacam ini bersifat promosi.

  1. Jadilah Bintang Tamu Podcast-Podcast yang Relevan

Podcast, atau siaran info yang bisa didengarkan dari mana saja, sudah menjadi konsumsi sebagian besar orang di masa kini. Banyak basis yang menyediakan podcast, seperti misalnya iTunes, Youtube, atau Spotify.

Setelah usaha Anda bisa terbilang sukses, buatlah semacam daftar podcast mengenai industri yang Anda geluti. Para penyedia podcast ini biasanya terus mencari bintang tamu untuk mengisi acara mereka. Hubungi mereka dan tawarkan diri Anda, mereka mungkin saja akan menerima Anda seketika. Dan, pastikan mereka menampilkan link back untuk para bintang tamu, termasuk Anda.

  1. Mulailah podcast Anda sendiri

Memulai podcast Anda sendiri juga merupakan langkah yang bagus untuk meraih lebih banyak pemirsa, sekaligus kesempatan untuk membuat link Anda dimuat di artikel-artikel tentang podcast atau episode-episode tunggal.

Untuk mencapai hal itu, Anda harus membuat konten-konten yang bagus dan berbeda dengan yang lainnya agar orang-orang memperoleh alasan untuk menautkan diri mereka pada Anda.

Itu berarti Anda harus menguasai lingkar tertentu, memiliki skill yang unik, atau berasal latar belakang yang menarik, seperti misalnya veteran perang, pemuka agama, atau pensiuann seorang atlet.

  1. Buat para Link Builder lain Membutuhkan Anda

Sudahkah Anda menerima guest post di website Anda?

Sebaiknya Anda menerima hal itu. Guest post atau post konten buatan orang lain yang turut dipajang di website Anda membawa banyak keuntungan. Satu, anda mendapatkan konten yang bagus secara gratis. Dua, itu berarti para link builder merasa membutuhkan sesuatu dari Anda, yang akan membuat Anda punya kesempatan untuk meminta mereka menyelipkan link konten-konten terbaik Anda di website mereka.

Ingatlah hal ini ketika Anda menerima email tawaran dari seseorang yang ingin menulis untuk website Anda. Periksalah website orang itu, dan kalau Anda menemukan post di website mereka yang tampak relevan dengan website Anda, minta mereka menyelipkan link post Anda di blognya.

baca juga Hot News Twitter Ambil Tindakan Terhadap Netizen

Simbiosis mutualisme, bukan?

  1. Pajang Data-Data yang Unik dan Sulit Ditemukan

Kalau Anda adalah seorang pemain di industri yang data-datanya berubah secara rutin dan sulit ditemukan, ada baiknya Anda membuat konten tentang data tersebut yang layak untuk dibagikan.

Kuncinya adalah, jangan sekadar tulis datanya saja, tapi juga paparkan opini atau pandangan Anda mengenai data itu, yang tentunya akan membuat konten Anda terasa unik.

Langkah ini memang sedikit riskan, sebab data biasanya mudah di-copy oleh para pemilik website lain. Karena itu, penting bagi Anda untuk menghadirkan opini ahli dalam postingan tersebut.

Itu tadi adalah 15 cara untuk membangun link. Tidak sulit, bukan? Sukses terus dan baca artikel-artikel kami yang lain.

4 langkah Untuk Menumbuhkan Otoritas Situs

Sebelum melompat kepada materi ‘pondasi’ backlink, akan ditunjukkan bagaimana caranya untuk mendorong otoritas situs. Semakin kuat wewenang situs Anda, maka akan semakin mudah menempati peringkat untuk kata kunci.

  1. Menyempurnakan keursakan link eksternal

Perlu diingat bahwa, setiap eksternal link yang dipasang pada situs akan membocorkan wewenang dari situs Anda. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk melakukan audit pada situs Anda.

Untuk dapat menemukan kerusakan pada link, gunakan salah satu diantara pilihan berikut ini :

  • Siteliner
  • Google Search Console
  • Screaming Frog SEO Spider
  • Ahrefs
  1. Re-klaim link juice

Reklamasi link 404 berada diurutan atas pada daftar karena masalah ini merupakan masalah yang paling mudah. Untuk menemukan seluruh halaman error 404 pada situs, Anda perlu menggunakan Google Search Console ataupun Screaming Frog.

Setelah Anda sudah menemukan seluruh halaman error 404, jalankan link tersebut secara bersamaan dengan menggunakan fitur bulk check pada Ahrefs atau Majestic. Direkomendasikan untuk menjalankan semua link sekaligus karena untuk menghindari jika saja Anda melupakan sebagian halaman 404 error.

Ketika menemukan halaman dengan link ekuitas, maka Anda perlu melakukan ‘301 redirect’ (pengalihan) link tersebut kepada halaman yang relevan di dalam situs atau halaman utama.

  1. Temukan dan sempurnakan redirect chain

Terkadang, solusinya jelas telah nampak didepan mata. Pengalihan rantai link merupakan masalah ringan lain yang dapat mendorong otoritas situs dengan sekali penyelesaian.

Dengan menyelesaikan masalah pengalihan link tersebut, Anda akan mengirimkan wewenang/link ekuitas langsung ke halaman. Langkah ini lebih efektif dibandingkan dengan membuat link ekuitas yang melewati penahan.

Gunakan Screaming Frog untuk menemukan masalah pengalihan rantai link ini.

  1. Mengubah 302 ke 301

‘302 redirect’ akan menghalangi aliran wewenang dan akan mencuri wewenang dari situs Anda. identifikasi seluruh masalah ‘302 redirect’, dan rubah menjadi ‘301’. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan Screaming Frog untuk menemukan masalah ini.

Anda telah mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan site authority tanpa membangun backlink-backlink yang baru. Sekarang saatnya Anda untuk mempelajari langkah untuk membangun pondasi backlink.

Langkah Untuk Membuat ‘Pondasi’ Backlink

‘Pondasi’ backlink akan meningkatkan peringkat kepercayaan situs Anda. semakin dapat dipercaya situs Anda, maka akan semakin baik pula performa situs dimesin pencari.

Pondasi-pondasi backlink ini akan membangun lapisan kepercayaan disekitar situs Anda. Ini dikarenakan Anda akan tidak menggunakan apapun melainkan link yang tidak dioptimasi, dan backlink terpercaya diatas otoritas situs.

Anda seharusnya hanya menggunakan link yang sebenarnya atau anchor text yang sudah dicap untuk pondasi backlink.

Sosial Media

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamankan seluruh sosial media yang dimiliki. Minimal Anda memiliki beberapa akun sosial media bisnis, seperti:

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • Google+ (pribadi dan bisnis)
  • LinkedIn (pribadi dan bisnis)

Anda dapat memilih sosial media mana yang bekerja paling baik untuk bisnis. Setidaknya, Anda harus menjalankan akun-akun sosial media tersebut dan berbagi konten yang ada disitus Anda.

Daftar bisnis dan penghargaan bisnis

Google sangat menghargai daftar bisnis seperti itu merupakan bagian dari algoritma pencarian lokal. Ini lebih dari cukup untuk Anda dapat menggunakannya bagi setiap kampanye SEO.

Bagian paling penting dari daftar ini adalah, sekitar 50% dari daftar tersebut akan memberikan Anda link yang tidak dioptimasi.

Tanda penghargaan bisnis merupakan langkah paling sempurna untuk membangun pondasi kepercayaan situs Anda. Daftar bisnis dan profil sosial media merupaakn bagian penting. Google sangat mempercayai platform tersebut.

Direktori target niche

Banyak sekali direktori yang tidak layak, namun beberapa diantarannya sangat berharga. Direktori target niche menawarkan relevansi dan link DoFollow.

Seperti yang Anda ketahui, backlink yang memiliki kedua karakter tersebut sangat sulit untuk didapatkan. Gunakan string pencarian di Google untuk menemukan direktori niche :

NICHE + Direktori

NICHE direktori

NICHE + “submit site”

Direktori target geografis

Direktori target geografis merupakan sumber link yang paling harus dimiliki untuk pemilik bisnis lokal. Berikut ini adalah string pencarian yang bisa Anda gunakan untuk menemukannya :

Kota + direktori

Direktori + kota

Submit kota + kota

Niche + kota + direktori

Relevansi niche dengan komentar blog

Terdapat banyak sekali situs SEO yang mengabaikan relevansi niche dengan komentar blog. Banyak dari mereka yang menyia-nyiakannya karena rasa takut terhadap tag “NoFollow”.

Sebaiknya Anda jangan menyia-nyiakan hal ini. Beberapa agensi menggunakan niche yang relevan dengan komentar blog untuk :

  1. Membuat lapisan relevansi disekitar situs klien
  2. Meningkatkan rasio dari backlink DoFollow dan NoFollow
  3. Membuat variasi anchor
  4. Terkadang mendapatkan sedikit jumlah referral traffic
  5. Membangun hubungan dengan sesama blogger yang mungkin akan memberikan backlink di kemudian hari.

Poin keempat merupakan poin terpenting yang mana banyak sekali diabaikan pemilik SEO. Jika Anda mengunjungi sebuah blog besar, sebaiknya jangan menulis komentar yang umum atau komentar yang tidak berarti. Ini sama sekali tidak akan membangun hubungan. Anda harus memberikan kontribusi kepada konten tersebut melalui komentar yang sangat berarti.

Dan yang terpenting adalah, Anda harus menghargai konten tersebut tanpa perlu menuliskan komentar yang sangat panjang.

Relevansi niche di forum Backlink

ikut berpartisipasi kedalam sebuah forum merupakan langkah yang tepat untuk membangun pengakuan brand. Dan jika melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan beberapa referral traffic yang relevan dengan situs Anda.

Anda dapat menempatkan backlink seperti kerjasama. Apa yang situs Anda miliki untuk layak mendapatkan kerjasama yang besar?

Kerjasama kecil juga bagus dan akan berlipat ganda dengan seiringnya waktu. Namun, mendapatkan kerjasama dengan situs terkenal disekitar industri bisnis Anda akan lebih menguntungkan.

Satu-satunya langkah terbaik untuk mendapatkan backlink adalah, Anda perlu memberikan penilaian yang hebat bagi para pengguna.

undercover.co.id – Pernahkah Anda memperhatikan bahwa beberapa halaman di situs web Anda cenderung secara alami menarik tautan lebih baik daripada yang lain?

Apakah Anda pernah mencoba untuk mencari tahu mengapa ini terjadi, sehingga Anda dapat menghasilkan lebih banyak  link dari “magnet tautan” ini?

Di dunia SEO, kami menyebut halaman ini sebagai “tautanbait”.

Dalam artikel ini, saya akan membahas:

  1. Apa itu ‘tautanbait’ sebenarnya;

  1. Apa yang membuat karya ‘linkbait’ sukses (petunjuk: ada lima prinsip utama);
  1. Cara menemukan contoh hebat ‘tautanbait’ (dan cara mudah mendapatkan ide Anda sendiri);

Mari mulai dengan mengatasi definisi itu.

Apa itu “tautanbait”?

“Linkbait” adalah konten yang secara khusus diformulasikan untuk menarik tautan. Ini adalah sesuatu yang sangat keren, berharga, dan unik yang (diberikan kesempatan) setiap blogger / pemberi pengaruh industri akan kesulitan untuk tidak menautkannya. Tautan ini kemudian membantu meningkatkan peringkat situs di mesin telusur.

Ini dapat berupa jenis konten apa pun, tetapi biasanya salah satu dari yang berikut:

  1. Infografis;
  2. Panduan / sumber daya yang komprehensif;
  3. Konten interaktif ;
  4. Gambar / gif / video;

Seluruh proyek sampingan khusus (lebih lanjut tentang ini nanti!).

Tautan tidak hanya membantu meningkatkan otoritas situs web Anda secara keseluruhan — sehingga membantu situs secara keseluruhan untuk menarik lebih banyak lalu lintas dari penelusuran organik

Dan tautan ini juga membantu meningkatkan situs secara keseluruhan, yang sekarang menempati urutan ratusan ribu kata kunci di beberapa halaman.

Tapi mengapa halaman ini memiliki banyak tautan, dan mengapa begitu sukses?

Apa yang membuat potongan “tautanbait” yang bagus?

  1. konsep “pemicu berbagi” (yaitu prinsip-prinsip psikologis yang menuntun orang untuk berbagi konten). Prinsip-prinsip yang sama ini juga mengarahkan orang-orang untuk terhubung ke konten.

orang cenderung berbagi / tautan ke hal-hal yang:

  1. Bantu mereka terlihat bagus (atau bantu membuat titik / narasinya sendiri);
  2. Buat mereka merasakan semacam emosi (misalnya kemarahan, kekaguman, kebahagiaan / tawa, dll.);
  3. Lekatkan diri mereka dengan cerita “top of mind” dan kejadian terkini (ini adalah bagaimana “newsjacking” bekerja);
  4. Tawarkan nilai / utilitas praktis (misalnya sesuatu yang benar-benar bermanfaat, sesuatu yang berfungsi sebagai referensi yang baik pada topik tertentu, seperti penelitian);

Karena “tautanbait” yang sukses biasanya menarik bagi satu atau lebih dari prinsip-prinsip ini, Anda akan menemukan bahwa pada minimal, “tautanbait” akan menjadi panduan yang sangat rinci dengan ilustrasi / citra khusus, pemformatan yang indah, dan sudut yang unik (seperti contoh di atas).

Namun, paling banter, itu bisa menjadi keseluruhan “proyek sampingan”, di mana Anda secara efektif membuat produk kecil untuk menarik tautan.

Apa pun “tautanbait” Anda terjadi, Anda harus mempertimbangkan untuk membangun di beberapa “pemicu” berikut, untuk memastikan bahwa ia mematuhi (setidaknya beberapa) prinsip di atas:

2 Pastikan itu menawarkan nilai yang benar

Kebanyakan orang mendapatkan konsep nilai sepenuhnya salah; mereka melihat atribut yang terlalu teknis (misalnya panjang / kedalaman konten, jumlah kata, dll.) sebagai ukuran nilai.

Hal-hal ini penting, tetapi penting untuk diingat bahwa nilainya relatif. Sesuatu yang berharga bagi satu orang mungkin tidak berharga bagi orang lain.

Dalam dunia SEO / pemasaran, orang pada umumnya melihat banyak nilai dalam studi kasus dan konten yang sangat mendalam lainnya.

“Linkbait” adalah semua tentang membuat konten yang menarik bagi nilai-nilai audiens target Anda; orang lain tidak relevan.

Konten Anda  Perlu dibawa ke tingkat yang baru agar menjadi berharga.

Ini tidak berarti Anda harus membuatnya lebih panjang atau lebih mendalam; ada juga nilai dalam menangani suatu topik dari sudut yang unik dan menambahkan sesuatu yang unik ke dalam artikel anda

  1. Pastikan itu mengandung emosi didalam artikel nya

Jika saya memberi tahu Anda lelucon paling lucu, maukah Anda menyimpan lelucon itu untuk diri sendiri selamanya atau akankah Anda menceritakan semua teman Anda?

Mungkin yang terakhir, kan?

Orang-orang terikat untuk berbagi hal-hal yang menurut mereka lucu.

Di dunia nyata, ini dilakukan secara lisan (misalnya menceritakan lelucon besar kepada teman-teman ) tetapi online, orang-orang berbagi humor di Twitter, Facebook, Tumblr, situs web mereka sendiri, dll.

Membuat sesuatu yang bersifat topikal dan lucu hampir selalu merupakan cara yang pasti untuk mendapatkan banyak tautan.

Jika Anda tidak nyaman menggunakan humor dalam konten Anda (atau hanya tidak suka), cobalah untuk menarik emosi lain, seperti:

  1. Perasaan kagum;
  2. Mengherankan;
  3. Kegembiraan;
  4. Marah;

Dan lain-lain

  1. Jadikan sangat visual

Penting untuk diingat bahwa – agar seseorang benar-benar menautkan ke suatu konten – proses empat langkah ini harus terjadi:

“Lihat” – penghubung potensial tersandung pada “tautanbait” Anda untuk pertama kalinya;

“konsumsi ” – mereka mengklik dan mengkonsumsi konten;

“Nikmati” – mereka benar-benar menikmati konten dan itu membuat kesan abadi dalam pikiran mereka;

“Tautan” – mereka mengambil umpan dan tautan ke konten.

Jika “tautanbait” Anda tidak terlalu visual, proses ini terputus di suatu tempat antara “mengkonsumsi” dan “nikmati” (yaitu mereka tidak pernah sampai ke tahap di mana mereka cenderung menautkan).

Ini karena visual membantu orang untuk mengonsumsi konten lebih cepat dan mudah, yang meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang akan menikmati konten itu dan dengan demikian, akhirnya akan membagikan / menautkannya.

Jadi, jika Anda menemukan potongan konten non-visual (atau bahkan artikel standar) yang mendapatkan banyak tautan, kemungkinan itu mungkin akan membuat sepotong besar “tautanbait” dengan sedikit perubahan.

  1. Jadikan itu “layak diberitakan”

Jika Anda ingin tautan dari situs web berita besar, konten Anda perlu memasukkan beberapa elemen yang layak diberitakan.

Saya tidak akan membahas secara terperinci apa ini (ini daftar yang bagus, jika Anda tertarik), tetapi saya akan menyebutkan satu “strategi” yang dapat Anda gunakan untuk membuat hampir semua hal yang layak diberitakan: newsjacking.

Newsjacking adalah tempat Anda memanfaatkan tren berita untuk meningkatkan pesan merek Anda.

Dengan kata lain, ini adalah proses yang dengan mulus menggabungkan kisah / topik yang sudah tren dengan apa pun yang dilakukan merek Anda.

undercover.co.id – Rahasia Terbaru Mendapatkan Backlink SEO Berkualitas, Menilik  hasil analisis 1 juta hasil pencarian untuk menjawab krusilitas sinyal ranking Google,  ‘baclink’ masih menjadi top faktor yang paling krusial dalam menentukan ranking di Google.

Berdasarkan analisis jumlah domain yang terhubung ke halaman memiliki pengaruh lebih besar daripada faktor lainnya.

(Baca hasil analisisnya: http://undercover.co.id/menilik-krusialitas-tiap-tiap-sinyal-ranking-google-analisis-1-juta-hasil-pencarian-google/)

Hal tersebut berarti bahwa banyak backlink = kemungkinan ranking tinggi.

Memang, dengan banyaknya buzz sinyal peringkat baru membuat orang-orang berasumsi bahwa backlink sudah tidak penting lagi.

Tapi berdasarkan studi menggunakan API Ahref ditemukan bahwa halaman dengan banyak backlink cenderung menempati peringkat terbaik di Google.

Untuk itu, mengoptimalkan backlink dalam SEO masih harus dilakukan, dan berikut adalah daftar sumber backlink yang mungkin belum pernah dimanfaatkan.

1. Beri Testimoni

Perusahaan besar maupun  kecil suka memamerkan testimonial pelanggan mereka. Mengapa? Karena testimoni adalah jalan untuk memperoleh kepercayaan bagi pelanggan mereka.

Jika anda menyukai produk atau jasa mereka, maka berikan mereka testimoni.  Ketika anda melakukan itu, pastikan mereka bisa menambahkan testimoni itu pada homepage atau halaman testimoni mereka.

Untuk menunjukkan bahwa anda adalah orang sungguhan (bukan robot), mereka biasanya memasang tautan ke situs anda, tanpa anda harus bertanya. Dengan teknik ini, anda bisa mendapat beberapa backlink baler (inilah satu di situs DA89):

Dan ini contoh lain dari halaman testimonial situs DA86:

2. Review dari Blogger

Jika Anda memiliki produk perangkat lunak, produk informasi, layanan konsultasi atau  apapun itu, anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi beberapa backlink berkualitas. Bagaimana caranya? Dengan menawarkannya kepada blogger secara gratis.

Begini caranya:

  1. Temukan blogger di niche anda yang mungkin tertarik dengan apa yang anda jual. Jika anda menjual produk informasi (contoh mengajarkan cara membuat sabun sendiri di rumah).  Anda akan menyukai konten seperti “pembuatan sabun”, “membuat sabun di rumah”, dll.
  2. Hasil anda akan jadi mixed bag  blogger mommy, blogger hippie, dan situs seperti ehow. Boleh saja, menyaring situs otoritas atau situs berita utama manapun. Tapi mungkin anda akan ditinggalkan oleh blogger pada daftar solid  yang mungkin tertarik dengan tawaran Anda, seperti ini:

# 3. Jangkau mereka dengan skrip email

Hei [Pemilik Nama Situs],

Saya sedang mencari [Beberapa Resep Sabun Homemade] dan saya menemukan situs anda [Website].  Bagus sekali.

Sebenarnya, saya baru saja meluncurkan panduan tentang [Mengajar Orang Cara Membuat Sabun di Rumah]. Saya biasanya menarik biaya [$ X], tapi dengan senang hati saya akan mengirimkan gratis kepada anda. Tapi yang saya inginkan adalah  mohon pertimbangkan untuk menyebutnya dalam artikel anda, atau membuat ulasannya. Terimakasih

Regards,

[Nama pertama Anda]

Note: Berhati-hatilah dengan bahasa yang anda gunakan untuk strategi ini. Jangan sampai malah melanggar  Pedoman Master Web Google. Sebagai antisipasinya, kirimi mereka produk dan biarkan mereka memutuskan apakah itu layak disebutkan di blog mereka atau tidak.

3. Link Reclamation

Link Reclamation sangat sederhana. Pertama, temukan mention untuk perusahaan atau produk anda yang tidak tertaut dengan Anda. Gambar berikut contohnya,

Lihat bagaimana penulis artikel menyebutkan backlinko.com,  tapi tidak link ke sana? Di sinilah link reclamation mulai dimainkan. K Kirim email  kepada orang tersebut untuk menambahkan link anda. Teknik ini sederana, tapi kuat.

Daripadadiam dan beraharap mereka  akan  menautkan page anda, lebih baik secara proaktif jangkau dan minta mereka untuk menautkan. Anda lihat, ketika orang menyebutkan Anda dalam sebuah artikel, mereka (biasanya) menyukai Anda. (Itu benar bahkan jika mereka tidak menambahkan backlink ke situs Anda). Inilah proses step demi stepnya:

Step #1. Temukan Unlinked Mention

Gunakan tool seperti BuzzSumo dan Mention.net untuk menemukan mention brand anda. Bila Anda melakukannya, anda akan mendapatkan head up setiap kali seseorang menulis tentang anda secara online.

Step #2. Lihat apakah orang yang memention Anda terhubung ke situs Anda

Jika mereka terhubung ke situs Anda, Anda sudah siap. Jika tidak, pindah ke langkah # 3

Step #3.  Jangkau dan dapatkan link anda

Kirim mereka skrip berikut:

Hei [Nama],

Saya hanya ingin mengulurkan tangan dan mengucapkan “terima kasih” karena telah menyebutkan [brandAnda] di artikel Anda kemarin. Kami sungguh sangat menghargainya. Saya mengulurkan tangan hari ini untuk menanyakan apakah Anda bisa menambahkan backlink ke situs kami. Dengan begitu, orang dapat dengan mudah menemukan kita saat membaca artikel Anda.

Either way, terima kasih untuk semuanya.

Regards,

[Nama pertama Anda]

4. Buat (dan Promosikan) Scholarship

Semua orang tahu bahwa link .edu  sangat bombastis.  Tapi tidakkah mungkin untuk SEO Average Joe ? Tidak. Jika anda membuat sesuatu yang membuat unviersitas ingin tertaut dengan anda, anda beruntung.

Dan disitulah scholarship berperan…..

Pada faktanya, Chris Dreyer baru saja menggunakkan scholarship untuk  membangun 90 .edu links (!) untuk klien websitenya:

Sekarang yang anda lihat bagaimana ini dapat bekerja dengan baik. Perhatikan step-by-step prosesnya.

Step #1: buat halaman Scholarship

Step pertama anda adalah membuat halaman pada situs ana yang mendeskripsikan scholarship, ceritakan pada orang bagaimana mereka dapat memakainya, dll. Ini adalah contoh dari kampanye Chris:

Step #2: temukan halaman Universitas yang tertaut  ke Scholarship

Proses ini lebih cepat dengan menggunakan string pencarian pada Google: inurl:.edu “scholarships”

Step #3: beritahu Universitas tentang Scholarship anda

Ketika anda menemukan halaman scholarship pada sebuah situs .edu yang terlihat sangat cocok, kirim mereka skrip email ini.

Halo [Nama],

Saya senang memberi tahu Anda tentang peluang beasiswa baru bagi siswa [Sekolah]. Beasiswa kami disebut “[Nama]”, dan ini dirancang untuk membantu [Uraian Singkat]. Berikut adalah daftar singkat persyaratan kami: [Daftar Persyaratan] Kami akan merasa terhormat jika Anda cukup berbaik hati untuk menambahkan penghargaan kami ke halaman beasiswa Anda [Halaman Pencarian Beasiswa].

Tentu saja, kami di sini untuk menjawab setiap pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Terima kasih,

[Namamu]

baca juga

  1. Jasa SEO Google

5. HARO

HARO adalah jalan terbaik untuk mendapat backlink mematikan dari situs berita otoritatif. Ini adalah bagaimana HARO bekerja:

  1. Sign Up ke HARO
  2. Anda akan dapat 3 email/ hari dari reporter pencari sumber, seperti ini:
  3. Respons dengan kredentialitas anda dan beberapa tips yang dapat membantu.

Mudah kan? anda memberi reporter tanggapan yang sesuai dan mereka akan menghubungkan anda dengan sebuah tautan. Sameep Shah (Pembaca Backlinko.com)  mendapat link ke bisnis desain webnya dari Inc.com (DA92) menggunakan HARO.

6. Edu Resource Backlinks

Sudah ditetapkan bahwa backlink daridomain .edu dapat membuat ranking anda naik signifikan. Disamping  scholarships, ada strategi lain yang dapat anda gunakan untuk mendapat tautan situs .edu.  Begini cara ia bekerja:

Banyak Universitas memiliki resource page yang tertaut ke situs yang dapat membantu mahasiwa dan fakultasnya.

Katakanlah anda punya situs desain web.  Dapat akan mendapat link dari contoh di atas dengan mengirim email kepada mereka dan tunjukkan web desain anda- resource yang berhubungan.

Gunakan string ini untuk menemukan mereka:

  • site:.edu “your keyword”
  • site:.edu “your keyword” + “resources”
  • site:.edu: “your keyword” + inurl:links
  • site:.edu: “your keyword” + “other sites”

hanya 5-10% dari mereka yang akan mengepost tautan anda. tetapi percayalah bahwa link-link iyu dapat membuat perubahan besar pada rnking anda di SERP.

7. Submit Situs Anda ke  Situs Feedback

Ada banyak situs yang didesain untuk membantu anda mendapat  feedback pada layout situs dan konversi yang potential. Dan beberapa dari mereka memberikan backlink pada situs anda. Ini adalah contohnya:

Seperti yang anda lihat, ada link dofollow pada halamannya.

Yang harus anda lakukan adalah mensubmit situs anda dengan sedikit deskripsi.

8. Submit Situs Anda ke Blog Aggregators

Blog aggregators adalah blog berkualitas pada industri yang berbeda. Ini adalah contoh  (Alltop):

Anda bisa mendapat link  dofollow pada banyak aggregators gratis dengan 3 langkah mudah.

  1. Submit situs anda
  2. Tambakan kode spesial HTML ke situs anda untuk mengonfirmasi bahwa anda adalah ownernya
  3. Tunggu seseorang dari  aggregator untuk berhenti dan melihat situs anda

Ketika mereka menerimanya, anda akan memiliki halaman anda sendiri pada Aggregator dengan sebuah link dofollow link ke situs anda. Mudah sekali.

9. Temukan Guest Posting Gigs pada Twitter

Butuh waktu berjam-jam hanya untuk menemukan beberapa situs yang tidak memiliki daftar pedoman blogger tamu. Tapi ada jalan paling mudah. Anda dapat mengklik pada underutilized power pencarian Twitter untuk menemukan situs yang memposting guest posts pada reg.

Perlu anda ketahui bahwa situs yang telah menge-tweet posting tamu mereka di minggu terakhir harus diposkan secara reguler.  Ini adalah beberapa  string pencarian yang digunakan di  pencarian Twitter:

  • “your niche” + guest post
  • “your niche” + guest author
  • “your niche” + write for us
  • “your niche” + guest article

10. Scoop It

Scoop it adalah tempat favorite untuk membangun buzz dan backlink (nofollow) hanya dengan beberapa menit.  Scoop It adalah sebuah situs dimana orang –orang mengumpulkan konten favorite mereka sekitar web dalam format majalah.

Ini adalah contoh halaman Scop it:

Banyak orang-orang secara personal memiliki halaman Scop It dengan ratusan followers. Yang juga berarti bahwa konten anda akan dilihat  oleh ratusan anda.  More eyeballs=more links.

Agar orang mengeposkan barang Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan Scoop. Ini ada dalam fitur saran. Carilah halaman PR Scoop It tertinggi,  dan  klik “suggest”. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Kirimi seseorang pesan singkat, dan beri tahu mereka tentang konten anda. berdasarkan pengalaman backlinko.com, 50% akan diterima- ini juga berarti bahwa lusinan backlink dari situs otoritatif hanya dalam waktu 15 menit.

11. Broken Link Building

Strategi ini mirip dengan metode Moving Man. Perbedaannya pada ‘broken link building’, anda hanya mencari halaman yang ada. Bisnis yang bergerak dan perusahaan yang mengubah namanya tidak bisa dilakukan dengan pendekatan ini.

Disisi lain, ini sepadan dengan waktu dan usaha karena  link inbound bisa  anda dapatkan  dari strategi ini.

Apa yang harus anda lakukan adalah menemukan resource page di niche anda. Jadi, jika anda sudah berada pada niche yang sesuai,  cari di  Google dengan string penelusuran ini:

  • “fitness” + “resource page”
  • “kebugaran” + “resource”
  • “fitness” + “recommended sites”
  • “kebugaran” + “link”

Dan cari halaman seperti ini:

Sekarang email mereka dan mintalah linknya. Berikut skrip yang bisa anda gunakan:

Hai [Nama Pemilik Situs],

Saya baru saja melihat-lihat  page resource anda hari ini. Dan di antara daftar resource, ada beberapa tautan yang rusak. Berikut beberapa di antaranya:

[URL 1]

[URL 2]

[URL 3]

Oh, dan saya punya situs web [Situs Web Anda], yang juga secara teratur mengepos konten berkualitas terkait dengan apa pun. Jika Anda berpikir begitu juga, jangan ragu untuk memasang link ke resource page Anda.

Either way, Terimakasih untuk semuanya!

Regards,

[Namamu]

Tapi perlu anda ketahui bahwa ‘mengemis’ link bukan langkah yang efektif. Sebagai gantinya, beritahu pemilik situs tentang broken link pada situs mereka. Untuk menemukan broken link dengan mudah pada halaman manapun cukup gunakan ekstensi chrome  seperti ‘Check My Link’.

Check My Link’ akan menemukan adanya broken link pada halaman dengan cepat. Ini juga memberikan highlight  warna merah pada broken link agar mudah ditemukan:

12. Infografik

Hampir semua orang di SEO tahu tentang infografis, tapi karena banyak yang beranggapan bahwa infografik itu mahal dan sulit dibuat maka sangat sedikit yang memanfaatkan strategi ini untuk membangun link.  Dan ada juga yang mengasumsikan bahwa supaya teknik ini berhasil, maka infografik harus viral. Sayangnya semua asumsi itu salah besar.

Anda bisa mendapat infografik setengah jadi yang di buat oleh seseorang di Odesk atau Elance dengan harga kuang dari  $20. Tapi yang paling penting bukan desain dari infografik, melainkan ide yang tertuang di dalamnya.

Jadilah kreatif, buat sesuatu yang unik, dan kemudian mintalah desainer grafis untuk membuatnya (dengan biaya yang murah) atau jika anda ingin melakukannya sendiri, anda bisa membuatnya menggunakan tool seperti Piktochart.

Setelah siap, saatnya untuk menunjukkannya. Langkah pertama, bagikan ke situs khusus untuk berbagi infografis seperti berikut:

  • visual.ly
  • DailyInfoGraphic. com
  • AmazingInfographic. com

Kemudian sampaikan kepada blogger di niche anda dan tawarkan mereka infografis sebagai guest post. Untuk mempermanis kesepakatan itu, beritahu mereka bahwa Anda akan menulis deskripsi yang unik untuk situs mereka.

Jasa
error: Content is protected !!