Panduan Membuat Facebook Ads

Jasa

Facebook Ads bisa dipercaya sebagai salah satu metode pemasaran produk atau jasa yang efektif. Melalui fitur besutan Facebook ini kamu dapat menggunakan layanan iklan dari Facebook secara cuma-cuma. Berikut ini panduan membuat Facebook Ads terlengkap yang sayang jika dilewatkan.

Apa itu Facebook Ads?

Sebelum mencobaFacebook Ads ada baiknya mengetahui pengertian dari Facebook Ads sendiri. Dapat diartikan sebagai bisnis iklan dirilis oleh Facebook dan disajikan bagi pengguna Facebook. Adapun penggolongan pengguna lebih tertata yang dikategorikan dari :

  • aktivitas pengguna,
  • aktivitas online,
  • informasi demografis,
  • informasi penggunaan perangkat,
  • iklan dan informasi,
  • aktivitas lain ketika offline.

 

Manfaat Facebook Ads

Adapun manfaat dari penggunaan memasang iklan melalui Facebook Ads diantaranya :

Penargetan Lebih Efektif

Facebook menawarkan target dalam jumlah besar yang berasal dari penggunanya sendiri. Disamping itu, terdapat pilihan penargetan ulang sehingga iklan dapat ditayangkan kepada audiens. Audiens yang menjadi target harus ditentukan secara spesifik. Seperti diambil dari lokasi, perilaku, demografi, dan kelompok audiens yang setara.

Facebook disinyalir dapat mempermudah penanganan kampanye iklan pada berbagai platform sosial media. Fitur ads ini cukup mudah karena disediakan panduan persiapan kampanye iklan.  Pemilik bisnis hanya perlu mengikuti langkah-langkah diajarkan dari Facebook.

Anda juga dapat menjalankan banyak iklan di Facebook, Messenger, Audience Network, dan Instagram. Dapat diaplikasikan secara efektif melalui smartphone dan desktop. Kunci utamanya mengatur preferensi disesuaikan pada kepentingan bisnis Anda.

Jangkauan Target Luas

Maksud dari jangkauan target iklan facebook disebut traffic cellular. Jangkauannya lebih luas karena ditujukan pada penggunaan smartphone dengan jaringan data 4G. Terlebih lagi kini perpindahan jaringan dari 4G ke 5G.

Smartphone memang sering digunakan untuk mengakse sosial media. Intensitas penggunanya juga lebih intensif. Bahkan tidak jarang banyak orang menggunakan smartphone saat sedang bekerja.

Adanya Facebook Ads memberikan peluang  agar mendapatkan akses terhadap audience smartphone. Agar pesan iklan yang terpasang dapat sampai ke layar smartphone mereka.

Menyoal Facebook, pengguna aktif tiap bulannya mencapai 2,41 miliar per tanggal 30 Juni 2019. Bahkan diinformasikan lebih dari 2,7 miliar pengguna Facebook mengakses melalui aplikasi atau layanan.

Meningkatkan Brand Awareness

Pengguna Facebook dapat memeriksa news feed setiap saat. Dari sinilah Anda dapat memberi kesempatan supaya target pasarmu berulang kali menerima exposure atau paparan iklan yang telah dipasang.

Buatlah kondisi dimana audien yang tidak mengklik dari awal, tetapi iklan Facebook Ads berpotensi membangun kepercayaan. Caranya cukup gampang dengan membiarkan penayangan iklan dalam jangka waktu lebih lama.

Apabila brand awareness atau kepercayaan pasar terbangun maka Anda dapat membuat penargetan ulang. Jangka waktu penargetan ulang tidak ditentukan, intinya dapat dilakukan tiap saat.

Analisa Lanjutan Penargetan Selanjutnya

Facebook Ads tidak hanya fokus terhadap analitik dan laporan iklan yang dikerjakan. Namun Facebook juga meninjau tinggi conversion rate dan metrik sosial lain. Terutama Anda dapat membuat pengaturan perencanaan iklan sendiri.

Pengelolaan halaman Facebook dapat diakses dengan cepat melalui menu “insight” yang menampilkan metrik diantaranya:

  • tayangan halaman,
  • jangkauan postingan,
  • interaksi,
  • video, dsb.

Metrik ini dapat dicek mulai dari 1-28 hari terakhir. Memungkinkan pula melakukan pengukuran halaman dengan metrik kompetitor.  Tujuannya untuk melihat kecocokkan dari penargetan iklanmu. Dalam hal ini visibilitas data benar-benar membantu menyesuaikan kampanye iklan yang dibutuhkan.

Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Dilaporkan dari Facebook sendiri terkait keakuratan dan kualitas iklan Facebook terus meningkat. Pasalnya Facebook selalu mengupgrade tools periklanan dan bisnis. Alhasil banyak para pemasar online mengungkapkan Facebook konsisten.

Artinya konsistensi Facebook terkait mempelajari penggunaan Facebook Ads dengan tepat. Sekarang peningkatan konstan terhadap penargetan hingga hasil akhir kreatif. Memungkinkan Anda melakukan interaksi secara langsung dengan audiens.

Sementara, audiens dibebaskan untuk kreatif. Anda dapat memilih beberapa iklan yang akan ditampilkan kepada audiens.

Persiapan Ketika Membuat Facebook Ads

#1 Tujuan Bisnis

Sejak awal memang perlu adanya penentuan terkait tujuan bisnis. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan saat menentukan target iklan atau kampanye bisnis. Tujuan bisnis juga memudahkan Anda membuat strategi pemasaran digital melalui  media sosial.

#2 Pahami Target Pasar

Anda harus dapat mendeskripsikan target pasar yang menjadi sasaran pemasaran bisnis.  Biasanya target ini didasarkan referensi :

  • umur,
  • minat,
  • pekerjaan,
  • gender, dan
  • pendapatan.

Artinya Anda tahu bayangan pasar khusus atau niche market saat mengembangkan bisnis. Elemen ini yang mempermudah menentukan target pasar. Apabila tidak didefinisikan referensi tersebut membuat kampanye iklan di Facebook Ads menjadi kacau.

#3 Anggaran Promosi Iklan

Iklan digital atau sosial media ada yang berbayar dan tidak. Tetapi saat memasuki dunia bisnis sebaiknya menggunakan kampanye iklan berbaya. Anda harus menentukan anggaran untuk iklan seperti Facebook Ads.

Petama hitunglah gambaran nominalnya terlebih dahulu. Baru seiring kampanye iklan berjalan dapat mengatur ulang target dan iklan lebih detail. Sebab, telah memiliki pengalaman kampanye yang pernah dijalankan sebelumnya.

#4 Media Konten Iklan

Konten dapat dikatakan sebagai jantung sebuah website. Anggapan ini juga sama dengan iklan Facebook Ads. Pebisnis harus menentukan  media pendukung konten iklan, seperti video, foto, podcast, hingga infografis. Ketentuan setiap jenis konten yang digunakan oleh Facebook Ads berbeda-beda, jadi harus disesuaikan.

Panduan Membuat Facebook Ads

Ingin memasang iklan melalui Facebook, ikuti panduan membuat Facebook berikut ini.

Login ke Facebook Ads

Pertama Anda harus mengunjungi website Facebook Ads lalu pilih “Buat Iklan.” Anda harus memasukkan login akun Facebook terlebih dahulu. Akun tersebut digunakan sebagai pengelolaan halaman iklan.

Setelah itu akan di arahkan ke halaman Facebook Ads Manager. Apabila tidak menampilkan halaman pengaturan untuk Facebook Ads, sebaiknya pilih “Pusat Iklan”. Agar Anda tahu apa permasalahnnya dan dapat mengarah ke langkah selanjutnya.

Mulai Promosikan Iklan

Pada laman pengaturan Facebook Ads, pilih menu “Promosikan” yang terletak sebelah kiri atas. Tujannyan melihat tampilan halaman pop-up. Selain itu, tersedia berbagai tawaran pengembangan bisnis, yakni :

  1. promosi halaman,
  2. promosi bisnis secara lokal,
  3. menambah lalu lintas pengunjung website, dan
  4. prospek lebih banyak.

Persiapkan Materi Iklan

Setelah sampai ke halaman ini, Anda diminta untuk mengisi informasi mengenai website terlebih dahulu. Sebaiknya informasi yang diberikan pada iklan lengkap karena membuka peluang mendatangkan pengunjung lebih besar.

Jangan lupa memilih foto berkualitas terbaik yang merepresentasikan produkmu. Foto ini akan tampil dalam ukuran kecil, jadi jangan gunakan foto dengan format terlalu kecil. Ada pilihan durasi penayangan iklan, Anda dapat menentukan waktunya, misal 30 detik atau 60 detik. Waktu penayangan iklan juga berpengaruh terhadap lalu lintas pengunjung.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Lakukan Pembayaran

Setelah seluruh informasi terkai iklan diisi, pihak Facebook akan membuat invoice jumlah tagihan. Nantinya Anda wajib membayar jumlah tagihan ini, misalnya dalam seminggu dikenakan Rp 400 ribu dengan biaya per hari Rp 60 ribu.

Harga yang ditentukan Facebook juga berbeda-beda, berdasarkan jenis iklan yang ditampilkan pada halaman Facebook. Setelah menentukan informasi dan perkiraan biaya, pilih menu “Promosikan” untuk mengetahui cara pembayaran lebih lanjut. Pembayaran juga memungkinkan melalui kredit card atau debit card.

Jasa
error: Content is protected !!