Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Dunia

undercover.co.id Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Dunia , Website telah menjadi hal yang penting jika melakukan bisnis dengan pemanfaatan jaringan internet atau online. Sebab, jika diibaratkan dunia nyata memiliki toko untuk menjalankan bisnis, maka website adalah toko atau lapak bisnis di dunia digital.

Pembuatan website biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki ilmu dalam bidang pengembangan website, atau pekerja profesional di bidang IT.

Walau begitu, orang awam sekalipun mesti mengetahui bagaimana pembuatan sebuah website. Apalagi jika seorang pemilik bisnis yang ingin merambah ke dunia digital, tetapi tidak paham langkah-langkah pembuatan website.

Hal yang patut diketahui secara dasar dalam pembuatan website yakni perlu mengetahui kalau website itu hadir atas peran dari hosting.

Apa Peran dari Hosting?

Hosting ialah suatu server tempat menyimpan kumpulan data berkaitan dengan suatu website. Kemudian juga dapat menampilkan website atas pengaksesan ke situ.

Sederhananya, tempat menyimpan data-data dalam menampilkan website secara nyata di internet.

Dan peran dari hosting itu sendiri telah dijelaskan pada definisinya, yaitu berperan dalam hal penyimpanan data, dan tujuannya agar website bisa tampil di browser saat mengakses halamannya.

Suatu website tidak akan lahir, jika hosting tidak ada.

Sehingga kalau mau membangun suatu website, seperti untuk lapak toko online atau sebagai portofolio, maka langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu ialah mempersiapkan hosting.

Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Dunia

Namun, bagaimana untuk memiliki suatu hosting?

Tips dalam Pemilihan Hosting

Kepemilikan suatu hosting sangat krusial agar dapat menghadirkan website yang dibutuhkan ke internet. Dan dalam memilih hosting yang tepat tidak bisa sembarangan.

Kalau tidak, maka tidak akan efisien dalam penggunaannya kelak.

Berikut beberapa tips yang bisa berguna dalam menentukan pilihan hosting apa yang akan dipakai dan sesuai untuk website.

1.      Kenali dahulu karakteristik dan kebutuhan website

Untuk memulai pembuatan website , tentu perlu tahu dulu apa yang dibutuhkan, dan bagaimana karakteristik website. Seperti topik website, palet warna, atau jenis konten yang akan diposting.

Dengan begitu, saat pemilihan hosting yang dibutuhkan akan semakin mudah untuk menyeleksinya. Seperti jika website berisi berita, maka perlu memilih hosting dengan SSD yang prosesnya cepat.

Atau website dengan topik fotografi yang memunculkan gambar-gambar, tentu memilih hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar serta cepat dalam pembacaan data website.

Sehingga, pemanfaatan hosting pada website akan semakin efisien dan maksimal.

2.      Lokasi server yang dekat dengan target pengunjung

Setiap hosting mempunyai lokasi server pada suatu tempat. Contoh, penyedia hosting A berasal dari negara Indonesia yang lokasi servernya berada di Singapura.

Kemudian pemilihan hosting yang akan dipakai, pertimbangkan lokasi server dari penyedia hosting tersebut.

Caranya adalah menentukan target audiens yang dituju berada di daerah mana, kemudian pilihlah hosting dengan server berada dekat dengan daerah target tersebut.

Dengan begitu, kecepatan pengaksesan website dari lokasi pengunjung ke server bisa lebih cepat. Alhasil, rentang waktu pengaksesan website bisa lebih cepat daripada server yang terletak jauh dari lokasi pengunjung.

3.      Keamanan data-data yang disimpan di server hosting

Tentu, keamanan data adalah hal yang paling utama jika menyangkut dengan data yang berada di internet.

Sebab, data website yang tersimpan di internet bisa saja salah satunya adalah data yang sangat penting dan tidak boleh diketahui oleh pihak luar.

Jika menyangkut dengan keamanan data, pemilihan penyedia hosting yang tepat sangatlah sulit. Maka pilih penyedia jasa hosting yang memiliki keamanan ekstra dan terjamin keamanan data dari customer-nya.

Dengan begitu, data-data website bisa aman dari peretasan atau pencurian data penting website oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4.      Kapasitas memori penyimpanan

Memori penyimpanan sangat mempengaruhi efektivitas dari website. Hosting yang digunakan memiliki memori penyimpanan yang kecil, tetapi website mengandung banyak file yang memakan banyak kapasitas, maka akan terjadi ketimpangan.

Maka, perlu diperhatikan dan direncanakan terlebih dahulu terkait dengan kapasitas memori penyimpanan yang akan dipakai.

Jika website yang dibangun adalah website yang ringan dan data-data tidak memakan banyak ruang, maka pilih kapasitas memori yang cukup dan tidak terlalu besar. Pertimbangkan dengan biaya yang akan dikeluarkan jika tidak bisa mengefisienkan memori penyimpanan yang telah dibayarkan.

Sebaliknya, jika website diyakini memakan banyak ruang penyimpanan karena mengandung data-data yang besar seperti foto dengan resolusi tinggi, maka pilih kapasitas memori yang besar. Atau bahkan dengan kapasitas unlimited akan lebih baik.

5.      Loading speed menampilkan website

Bagi yang telah memahami SEO walaupun sedikit, tentu akan mengerti mengapa hosting yang loading speed dalam menampilkan halaman website dengan cepat adalah hal utama.

Karena salah satu dari sekian banyak faktor pemeringkatan adalah website yang dapat menampilkan halaman website dengan cepat.

Sehingga, perlu memilih penyedia hosting yang memori penyimpanannya dapat membaca dan pengaksesan data dengan cepat. Alhasil, loading speed website juga akan singkat.

6.      Layanan pelanggan yang tersedia

Setiap penyedia hosting pasti mempunyai sistem pelayanan kepada pelanggan masing-masing.

Ada yang memberikan fitur tambahan dalam rentang harga tertentu, atau bahkan support team yang sangat membantu dan solutif jika sedang ada masalah.

Namun, dalam perihal memilih hosting yang terbaik, maka perlu memilih penyedia hosting yang customer support-nya solutif dan dapat melayani masalah customer yang dihadapi dengan sangat baik.

Jika tidak, tentu sebagai pelanggan tidak akan merasa puas terhadap pelayanan jika terjadi masalah tertentu pada hosting yang telah dipesan dan dibayarkan.

Selain itu juga, perlu memilih hosting yang metode pembayarannya sesuai dengan pembayaran yang bisa dilakukan. Dengan begitu, proses transaksi akan lancar dan tidak akan terjadi biaya tambahan karena perbedaan sistem pembayaran.

7.      Lakukan perbandingan

Banyak penyedia hosting yang beredar di internet. Dan masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga perlu dilakukan perbandingan antar yang satu dengan yang lainnya.

Pilih penyedia hosting web yang sesuai dengan kebutuhan dari hal-hal yang akan diterima, serta yang sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

Intinya, lakukan cocok-cocokan antara kebutuhan hosting website dengan tujuan dari sistem website itu sendiri saat akan menjalankannya.

8.      Terakhir, harga dan budget yang tersedia

Terakhir, namun sangat krusial, yaitu harga dan budget.

Penyedia hosting pasti mempunyai jenis-jenis produk hosting yang mereka jual, dan juga tentu terdapat paket-paket pembelian yang sangat menggiurkan.

Namun, untuk bisa memilih hosting yang terbaik untuk website, maka sesuaikan budget yang telah ada dengan harga paket mana yang sesuai.

Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hosting yang mahal namun tidak memiliki budget yang cukup. Apalagi jika memaksakan diri membelinya, tetapi tidak bisa memaksimalkan fitur yang diterima. Tentu uang yang telah dikeluarkan menjadi sia-sia.

baca juga

Pemilihan hosting untuk website memang harus teliti dan sejeli mungkin. Sebab tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk bisa membeli hosting yang sesuai dengan kondisi website.

Dengan begitu, fitur yang diterima bisa dimanfaatkan dengan maksimal, dan uang yang telah dikeluarkan tidak akan sia-sia. Alhasil, tujuan dari dihadirkannya website tersebut dapat tercapai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!