Panduan Menaikkan Kecepatan Website

undercover.co.id Panduan Menaikkan Kecepatan Website dalam 5 Langkah , Website memang menjadi salah satu hal essential di dunia perinternetan. Terutama jika menyangkut dengan branding atau bisnis, seperti toko online, blog, atau portofolio.

Tidak hanya itu, hampir seluruh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari juga memanfaatkan website di internet. Ambil contoh sederhana saja, portal berita harian.

Berita harian oleh media jurnalisme pada masa sekarang ini tidak hanya menyampaikan kabar berita melalui media cetak atau televisi. Melainkan juga melalui media website portal berita di internet.

Kesimpulannya, semua hal sudah beralih ke website di internet. Sehingga, website tersebut mesti mampu menyajikan apa yang dibutuhkan oleh pengunjungnya, dan meningkatkan pengalaman pengunjung.

Salah satu penyajian serta memberikan pengalaman yang baik ke pengunjung adalah dengan meningkatkan loading speed menampilkan halaman website.

Mengapa Mesti Menaikkan Kecepatan Website?

Pengguna internet yang sedang surfing di internet tentu memiliki berbagai macam tujuan.

Tetapi, ada satu hal yang pasti, yaitu pengguna internet ingin mendapatkan informasi yang dicari dengan sangat cepat dan instan. Sebab mereka tidak mau menghabiskan waktu hanya untuk menyelesaikan satu masalah saja.

Jika suatu website yang menampilkan halamannya dengan lambat, tentu bisa membuat pengunjung meninggalkan website pada saat itu juga.

Bahkan, bisa saja tidak akan mengunjungi lagi di kemudian hari walau website muncul di halaman hasil pencarian.

Inilah hal yang mesti dihindari dengan menaikkan kecepatan menampilkan website.

Selain itu juga terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa menaikkan kecepatan penampilan website itu penting dilakukan.

Panduan Menaikkan Kecepatan Website

Mengurangi angka persentase bounce rate

Telah kita ketahui bersama kalau bounce rate merupakan suatu kondisi dimana website telah dikunjungi oleh pengunjung, namun langsung keluar dari website dan menuju website selanjutnya di hasil pencarian.

Jika hal tersebut terjadi pada suatu website, hasilnya website tersebut akan mempunyai angka persentase bounce rate yang tinggi.

Dan hal tersebut tentu saja tidak akan berefek baik terhadap website. Sebab, bounce rate yang rendah menjadi salah satu faktor pemeringkatan oleh robot mesin pencarian.

Mendapatkan posisi yang menguntungkan di mesin pencarian

Selain bounce rate yang menjadi faktor pemeringkatan, suatu hal lain juga menjadi faktor untuk bisa mendapatkan posisi yang menguntungkan di hasil pencarian. Yaitu, kecepatan menampilkan halaman web.

Faktor ini salah satu hal yang sangat krusial dalam pemeringkatan. Sehingga perlu merancang dan menyiapkan website tersebut dapat menampilkan halaman website dengan cepat.

5 Langkah untuk Menaikkan Kecepatan Website

Dari penjelasan sebelumnya bisa dipahami kalau loading speed atau kecepatan menampilkan website adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh website.

Untuk itu, perlu dilakukan lima hal yang bisa mendukung kecepatan penampilan website meningkat.

1.      Pilih dan berlangganan pada hosting dengan pengaksesan yang cepat

Hosting sangat berperan banyak hal bagi website. Menggunakan layanan hosting yang sangat bagus, diharapkan akan mendatangkan banyak keuntungan.

Jika berbicara tentang kecepatan loading menampilkan website, tidak semua layanan hosting memberikan keuntungan tersebut, terutama secara maksimal.

Pemilihan layanan hosting yang tepat tidak hanya berdasarkan kepada seberapa kapasitas penyimpanan data dan biaya yang mesti dikeluarkan. Melainkan juga berdasarkan fitur layanan yang diterima jika berlangganan dengan penyedia hosting tersebut.

Dan dalam hal ini adalah loading speed menampilkan website dengan sangat cepat.

Maka, pilih hosting yang dapat mengakses data website dengan cepat, sehingga kecepatan penampilan website dapat berjalan dengan singkat.

2.      Mengoptimalkan elemen website demi user experience

Website terdiri dari beberapa komponen serta elemen yang saling menyokong satu sama lain. Alhasil, website dapat tampil di layar monitor dengan sangat apik sesuai dengan yang didesain sedemikian rupa.

Namun begitu, desain atas komponen serta elemen yang ada bisa saja memberikan website efek yang tidak bagus, yakni lambatnya proses menampilkan website saat dikunjungi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama kalau website mengandung beberapa elemen, seperti gambar, video, teks, dan sejenisnya.

Gambar atau video yang besaran file-nya yang sangat besar, tentu bisa menghambat proses loading website. Sebagai contoh adalah gambar yang terlalu besar, dan proses menampilkan gambarnya tidak sempurna, bahkan tidak ada sama sekali.

Alhasil, user experience yang dirasakan oleh pengunjung tidak menyenangkan dan membuat website ditinggalkannya.

3.      Pasang cache plugin di website

Pemasangan plugin yang berkaitan dengan cache bisa membantu proses menampilkan website menjadi lebih cepat.

Karena cache merupakan penyimpanan data website sementara di browser. Tujuannya adalah supaya pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama seperti mengunjungi website untuk pertama kalinya.

Beberapa plugin yang bisa dipakai adalah seperti WP Rocket atau WP Super Cache, dan banyak lagi lainnya.

Tujuannya adalah sama, yakni untuk mempercepat loading speed menampilkan website pada kunjungan-kunjungan selanjutnya.

4.      Gunakan tema website ringan, responsive, dan mobile-friendly

Penggunaan tema responsive tidak pernah menjadi suatu kesalahan dalam pengembangan suatu website. Karena banyak efek bagus yang diterima bagi yang menerapkannya di website.

Dan biasanya, tema yang responsive sudah menjadi website yang mobile-friendly. Sebab

tema responsive merupakan tema yang bisa secara otomatis menyesuaikan tampilan website dengan perangkat dan lebar layar dari pengunjungnya.

Hal yang paling penting lagi adalah tema yang ringan dan tidak terdapat banyak elemen yang tidak penting. Sebab, walau tema sudah responsive dan mobile friendly tapi besaran data desain webnya besar, maka tetap saja loading speed menampilkan websitenya lambat.

Catatan tambahan untuk website yang menampilkan iklan, perlu mengatur posisi dan besaran iklan yang disematkan Jika tidak, hal tersebut menjadi penyebab loading speed website lambat juga.

5.      Pertimbangkan untuk menggunakan CDN

Traffic website yang tinggi adalah idaman seluruh pemilik website.

Karena hal tersebut merupakan sebuah bukti kalau strategi SEO website berhasil dan berjalan sebagaimana mestinya, dan hasilnya adalah website ramai pengunjung. Terutama pengunjung yang merupakan target audiens.

Namun, bagaimana jika ingin memperluas target audiens di suatu negara tertentu? Tentu saja bisa diperoleh, tapi pengaksesan website tidak secepat target audiens awal. Mengapa?

Hal itu disebabkan karena server hosting yang digunakan adalah server yang terdekat dari target audiens. Sehingga pengaksesan website menjadi cepat.

Jika orang yang jauh dari server tersebut, tentu pengaksesan website menjadi lambat.

Dan untuk masalah tersebut, bisa ditangani dengan CDN yang berfungsi sebagai pengantar data-data website ke pengunjung yang berjarak dekat dengan server cabangnya.

Alhasil, target audiens yang jauh dari server utama tetap bisa mengakses website dengan cepat.

Baca juga

Pada kesimpulannya, kecepatan menampilkan website menjadi hal yang sangat penting. Terutama untuk website yang menargetkan posisi yang bagus di hasil pencarian.

Dengan menerapkan lima langkah yang telah dijelaskan di atas, tentu bisa mendukung loading speed website bisa meningkat. Alhasil, tujuan dalam menghadirkan website di internet akan dapat diraih dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!