Panduan Pemasaran Instagram

Panduan Pemasaran Instagram , Instagram adalah saluran media sosial yang kuat dengan potensi pemasaran yang cukup besar untuk menumbuhkan audiens dan menjangkau pelanggan Anda.

Apakah merek Anda hadir di Instagram? Itu harus.

Situs media sosial ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna bulanan .

Itu miliar, dengan “b.” Dan 90% dari orang-orang itu mengikuti setidaknya satu bisnis di aplikasi.

Dengan mengingat hal ini, tidak mengherankan jika Instagram menyebut dirinya sebagai “platform media #1 untuk membangun hubungan dengan merek.”

Instagram adalah saluran media sosial yang kuat dengan potensi pemasaran yang cukup besar untuk menumbuhkan audiens dan menjangkau pelanggan Anda.

Jadi, jika Anda tidak memiliki akun untuk bisnis Anda, buatlah sekarang juga. Kami akan menunggu.

Setelah akun Instagram bisnis Anda siap dan siap digunakan, saatnya untuk mulai menggunakannya untuk meningkatkan merek Anda.

Dalam panduan ini, kita akan melihat cara kerja pemasaran Instagram, mengapa efektif, dan memandu Anda melalui strategi yang dapat membantu Anda mulai menarik pengikut baru dan menghasilkan penjualan – dengan cepat.

Seberapa Efektifkah Instagram Untuk Pemasaran?

Lebih dari sekadar platform untuk berbagi foto dan video dengan lingkaran sosial Anda, format visual Instagram menjadikannya bagian yang berharga dari setiap strategi ecommerce.

Apakah Anda menggunakan konten organik, iklan berbayar, atau strategi hybrid, Instagram adalah cara yang bagus untuk membangun kehadiran visual dan memamerkan penawaran Anda.

Lebih baik lagi, sebagai platform, itu menghasilkan lebih banyak keterlibatan pengguna daripada Facebook dan Twitter.

Faktanya, lebih dari 47% pengguna sosial AS berusia antara 16 dan 34 tahun telah membeli produk atau layanan di Instagram.

Bahkan tanpa kalkulator, mudah untuk mengetahui bahwa jutaan orang membeli barang di satu platform media sosial ini saja. Dan Anda perlu mengklaim bagian Anda.

Itu semua bagus dan bagus, Anda mungkin berkata, tetapi bagaimana saya melakukannya?

Pertama, Anda perlu memahami cara kerja platform milik Meta ini.

Jenis Konten Pemasaran Instagram

Mari kita mulai dengan melihat berbagai jenis konten pemasaran yang dapat Anda gunakan.

Hemat Waktu, Kustomisasi Secara Bebas
Temukan SEO di Wix. Bekerja secara efisien dan fleksibel dengan default siap pakai, alat bawaan, integrasi, dan kemampuan penyesuaian.

Temukan SEO Di Wix

IKLAN

Ada empat jenis utama yang dapat Anda pilih untuk digunakan, baik secara individu atau bersama satu sama lain: pemasaran organik, konten berbayar, pemasaran influencer, dan belanja.

Konten Organik

Ada beberapa jenis konten organik yang dapat Anda gunakan di Instagram: foto atau gambar statis, video, Cerita, dan Gulungan.

Yang pertama mudah dipahami, tapi apa bedanya video, Stories, dan Reels?

Bukankah itu semua konten video? Ya, memang begitu, tetapi semuanya digunakan dengan cara yang berbeda.

Video dibagikan di profil Anda dan muncul di feed orang-orang yang mengikuti Anda. Durasinya bisa mencapai 60 menit untuk beberapa akun.

Cerita adalah klip pendek yang juga ditampilkan di profil Anda. Mereka muncul di umpan pengikut Anda sebagai lingkaran kecil di bagian atas. Klip ini, yang hilang setelah 24 jam, bisa berdurasi hingga 60 detik.

Reels, di sisi lain, adalah jawaban Meta untuk TikTok. Digunakan di Facebook dan Instagram, ini adalah video berdurasi hingga 90 detik yang dapat dengan mudah ditingkatkan dengan musik, teks, dan efek visual.

Selain itu, Anda dapat memilih untuk melakukan siaran langsung dengan Instagram Live yang diberi nama tepat. Untuk pemasaran, ini memungkinkan Anda terhubung secara pribadi dengan audiens, menunjukkan kepribadian Anda, dan menjawab pertanyaan dari pengikut.

Konten Berbayar

Anda juga dapat membayar agar konten Anda ditampilkan kepada pengguna Instagram di umpan mereka, di Cerita mereka, atau di bawah tab Jelajahi.

Konten berbayar mirip dengan postingan biasa, dengan satu pengecualian: memiliki label “sponsor”. Itu juga dapat memiliki fitur seperti tombol, tautan, dan katalog, yang tidak tersedia di konten biasa.

Ada sejumlah format yang dapat Anda pilih, termasuk gambar, video, Gulungan, Koleksi, dan Jelajahi, yang memungkinkan Anda menggunakan jenis terbaik untuk tujuan spesifik Anda.

Anda dapat mempromosikan postingan normal untuk memaparkannya ke audiens yang ditargetkan, untuk durasi tertentu, serta membuat dan menjalankan kampanye lengkap.

Seperti kebanyakan iklan digital berbayar, harga iklan berbayar ini bervariasi tergantung pada penargetan, persaingan, dan penjadwalan.

Pemasaran Influencer

Media sosial telah memunculkan jenis selebritas baru: mereka yang terkenal karena terkenal. Dengan kata lain, influencer.

Dengan ribuan atau bahkan jutaan pengikut setia, orang-orang ini memberikan peluang besar bagi bisnis yang mencari cara untuk memasarkan produk atau layanan mereka secara otentik.

Dikenal sebagai postingan berbayar, pemasaran influencer biasanya melibatkan semacam kompensasi dari merek kepada influencer, sebagai imbalan atas fitur di profil, postingan, Story, atau Reel mereka.

Toko Instagram

Instagram memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan katalog produk Anda dengan profil Anda, memungkinkan Anda untuk langsung menjual ke pelanggan melalui postingan, Reel, dll.

Tab Toko dapat ditemukan di bagian atas profil Anda, di bawah informasi bio, yang setelah diklik, akan mengarahkan pengunjung ke toko Anda di platform.

Anda juga dapat menandai produk Toko Anda di postingan dengan cara yang sama seperti Anda menandai pengguna lain.

Cara Membangun Strategi Pemasaran Instagram

Sebagai pemasar, Anda tahu kesia-siaan mencoba menarik audiens tanpa strategi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran Instagram Anda, Anda harus memiliki rencana yang matang.

Bangun strategi Anda menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan Tujuan Anda

Apa yang ingin Anda capai di platform ini? Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek? Apakah Anda ingin melakukan penjualan? Mungkin Anda ingin memamerkan lini produk Anda? Atau memamerkan konten buatan pengguna (UGC)?

Tidak ada jawaban yang salah dan Anda dapat memiliki banyak sasaran, tetapi apa yang ingin Anda capai akan mengubah cara Anda mengukur kinerja.

2. Identifikasi Audiens Anda

Instagram memungkinkan penargetan demografis, sehingga Anda bisa sangat tepat tentang siapa yang ingin Anda targetkan. Ingatlah hal-hal seperti usia, jenis kelamin, lokasi, pendapatan, dan minat saat memutuskan siapa yang akan ditargetkan.

Jika Anda tidak sepenuhnya yakin siapa yang harus Anda targetkan, lihat siapa yang terlibat dengan pos dan tagar populer yang terkait dengan bidang Anda.

Kemudian, lihat profil mereka untuk mendapatkan wawasan tentang demografi mereka dan hal-hal yang mereka minati.

3. Lihat Kompetisi

Pesaing Anda dapat menjadi salah satu sumber informasi terbaik Anda tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil di Instagram.

Lakukan analisis kompetitif menyeluruh yang meliputi:

  • Mengidentifikasi pesaing atas dan sekunder.
  • Mengumpulkan informasi tentang pengikut mereka dan jenis postingan yang mereka buat.
  • Menganalisis aktivitas mereka untuk menentukan jenis postingan mana yang mendapatkan keterlibatan paling banyak.

4. Buat Kalender Konten

Pada titik ini, Anda harus memiliki ide yang cukup bagus tentang konten Instagram seperti apa yang ingin Anda buat. Dan itu berarti saatnya untuk mengembangkan strategi implementasi.

Bangun kalender editorial Anda menggunakan detail sebanyak mungkin.

Ini akan menghemat banyak waktu Anda jika Anda dengan jelas menguraikan tanggal dan waktu Anda ingin merilis konten, jenis posting (gambar statis, Reel, Live, dll.), tagar yang akan Anda gunakan, dan keterangan yang akan menyertainya.

Ini juga merupakan tempat yang baik untuk merekam liburan dan acara penting di industri Anda, atau menyoroti penjualan atau rilis produk baru.

5. Buat Konten Anda

Oke, Anda telah menetapkan tujuan, mengidentifikasi audiens, memeriksa strategi Instagram pesaing Anda, dan membuat strategi konten yang menyeluruh.

Hanya ada satu hal yang harus dilakukan sebelum Anda mulai memposting: Buat konten.

Ingatlah bahwa semua yang Anda posting di Instagram, atau situs media sosial apa pun, merupakan cerminan dari bisnis Anda. Karena itu, Anda perlu memastikannya sepenuhnya sejalan dengan kepribadian merek Anda.

Pastikan untuk mempertimbangkan skema warna, jenis bahasa yang Anda gunakan, dan kebutuhan spesifik audiens Anda.

Pastikan setiap postingan memiliki tujuan yang ingin dicapai dan sertakan ajakan bertindak (CTA) jika memungkinkan.

baca juga

Jenis Posting Instagram

Tidak yakin postingan seperti apa yang harus Anda buat?

Keindahan Instagram adalah memungkinkan Anda untuk menjadi sekreatif yang Anda suka.

Untuk menginspirasi Anda, berikut adalah beberapa hal yang lebih umum diposting oleh bisnis:

  • Gambar dan video produk dan layanan.
  • Topik yang sedang tren (alias newsjacking) untuk membantu membangun relevansi merek.
  • Konten buatan pengguna (posting ulang, ulasan, dll.).
  • Bidikan di balik layar berbagi hal-hal yang biasanya tidak dilihat publik.
  • Posting inspirasional untuk meningkatkan reputasi dan keterlibatan merek.
  • Informasi pendidikan (resep, cara-cara, dll.).
  • Kontes untuk menghasilkan kegembiraan, berbagi, dan data.

Praktik Terbaik Pemasaran Instagram

Mudah-mudahan, Anda sekarang memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang bagaimana Anda dapat menggunakan pemasaran Instagram untuk mempromosikan merek Anda.

Menawarkan fleksibilitas luar biasa, platform media sosial ini memungkinkan Anda bereksperimen dengan pendekatan dan ide baru untuk menemukan apa yang sesuai dengan situasi khusus Anda.

Yang mengatakan, berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan dampak Anda:

  • Optimalkan profil Anda – Temukan gambar yang bagus untuk foto profil Anda, luangkan waktu untuk menulis biografi Anda, dan pastikan untuk menyertakan CTA.
  • Ceritakan kisah visual – Orang menyukai narasi, bahkan dalam satu kiriman. Pastikan konten Anda menawan dan menceritakan kisah merek Anda.
  • Posting saat audiens Anda aktif – Ini mungkin memerlukan beberapa percobaan, tetapi biasanya ada waktu terbaik untuk memposting untuk setiap bidang.
  • Gunakan hashtag yang tepat – Posting Anda harus selalu menyertakan hashtag yang relevan agar lebih mudah ditemukan. Gunakan tagar niche atau industri alih-alih yang umum jika memungkinkan.
  • Terlibat dengan pengikut Anda – Jangan pelit dengan suka komentar, dan cari peluang untuk menanggapi pengikut Anda.
  • Patuhi jadwal Anda – Seperti kampanye pemasaran lainnya, kampanye Instagram Anda harus memiliki alur yang konsisten. Posting mendadak bisa menyenangkan, tetapi itu harus menjadi pengecualian dalam strategi Anda.

Jadikan Instagram Bekerja Untuk Anda

Instagram adalah platform hebat untuk membangun hubungan baik dengan target Anda, mengedukasi pelanggan tentang merek Anda, dan memperluas audiens Anda.

Dan karena memberikan metrik yang jelas, Anda dapat dengan cepat mengetahui apa yang berhasil dan tidak.

Apa yang berhasil untuk satu perusahaan tidak dijamin berhasil untuk perusahaan lain, terutama karena Instagram terus berkembang. Tapi itulah keindahannya.

Jangan takut untuk bereksperimen.

Pastikan Anda selalu mengingat target dan sasaran Anda dan Anda akan menjadi superstar Instagram dalam waktu singkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation