Panduan untuk Membuat Link melalui Komentar Blog

Siapa sangka bahwa komentar pada blog Anda juga bisa membantu kelancaran bisnis.

Faktanya, banyak pelaku SEO yang salah memandang komentar blog dan menganggap mereka tidak ada gunanya.

Akibatnya, banyak orang mengira komentar blog tidak berpengaruh pada SEO. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa penanganan untuk mengatasi komentar blog agar berguna untuk SEO.

Jangan gunakan bot pada komentar blog agar tidak terlihat spam

Akhir-akhir ini kita sudah banyak sekali mempelajari tugas dan mempraktekan bersama mengenai pembuatan konten, reklamasi link, podcast dan masih banyak lagi.

Seakan-akan komentar blog bukan apa-apa untuk membangun link. Namun, alih-alih mengabaikan komentar blog karena biasanya mengandung spam, mungkin Anda harus menambah sudut pandang bahwa komentar blog juga termasuk berinteraksi dengan komunitas kecil Anda.

Matt Cutt, seorang engineer Google pernah menjelaskan bagaimana perbedaan komentar blog yang spam dengan komentar blog alami. Intinya adalah Anda bisa melihat bahwa komentar yang ditinggalkan relevan atau tidak dengan topik yang dibahas.

Manfaat Memiliki Link Komentar Blog

Komentar blog yang aktif sama pentingnya dengan SEO. Jadi, Anda juga harus aktif dalam berinteraksi ke sesama pengguna blog.

Meninggalkan satu atau dua komentar setiap harinya dapat menghasilkan sesuatu yang positif seperti:

  • Mendapatkan lebih banyak traffic di website Anda. Jika ini adalah tujuan Anda, maka meenginvestasikan waktu dengan melakukan aktivitas ini adalah yang terbaik karena Amdaa bisa mendapatkan banyak traffic pada niche Anda.
  • Bisa membangun reputasi Anda menggunakan komentar blog. Pastikan Anda menggunakan nama asli dan foto profil Anda sendiri jika blog Anda memungkinkan. Jangan menggunakan teks anchor atau nama inisial yang sama sekali tidak berhubungan dengan situs website Anda.
  • Meninggalkan kesan expert. Ciptakan kesan expert dengan cara memberi mereka masukan atau bantuan serta menunjukkan keahlian yang relevan kepada mereka. Pastikan mereka menyetujui terlebih dahulu atas bantuan yang Anda tawarkan. Atau ketika mereka masih kebingungan terhadap sesuatu dan melempar pertanyaan ke audiens, pastikan Anda memberi jawaban yang terbaik.
  • Membangun Inbound Link. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengomentari postingan blog orang lain dengan backlink kembali ke situs web Anda, maka hasil akhirnya akan sekitar 60 backlink per bulan dan 720 per tahun.
  • Petunjuk dan konversi. Jika Anda mampu menarik lebih banyak orang untuk mengunjungi situs web Anda, dan pengunjung tersebut bisa berpotensi menjadi pelanggan atau klien Anda di masa mendatang.

Tips Dalam Mengomentari Top Blog

Untuk menemukan blog yang berkualitas tinggi atau istilahnya Top Blog dan terlibat interaksi dengan orang-orang yang sudah pro, berikut ini beberapa tipsnya.

  • Temukan situs website yang memiliki kualitas tinggi. Bagaimana kita tahu suatu situs memiliki kualitas yang tinggi? Biasanya yang memiliki otoritas domain 60+.
  •  Setelah menemukannya, cobalah meninggalkan komentar yang relevan dengan topik yang sedang mereka ulas.
  • Saat menulis komentar pastikan menyebutkan nama penulis dengan benar dan menambahkan sedikit pujian, menyebutkan informasi berharga yang Anda dapatkan sambil menambahkan data tambahan untuk merapikan artikel.
  • Ingatlah untuk mengakhiri komentar blog Anda dengan manis misalnya dengan mengucapkan terima kasih kepada penulisnya.

Dalam meninggalkan komentar, diharapkan untuk tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

Cukup jaga antara 100 kata saja. Yang paling akhir dan penting adalah bagaimana komentar Anda dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi tempat diskusi.

Tentu saja harus relevan dengan topik yang sedang di ulas karena jika tidak maka persentase komentar Anda akan diabaikan menjadi 100%. Jadilah komentator yang berharga dan jangan jadi tukang spam!

baca juga

undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

Ringkasan

Jangka waktu: setiap bulan terus menerus

Hasil terdeteksi: 4-12 bulan

Tautan rata-rata per bulan: 4

Alat:

  • Komentar manual, jangan spam dan jangan di otomatiskan.

Manfaat:

  • Komentar ke blog lain akan memberi Anda jangkauan lebih luas ke audiens dan target Anda.
  • Komentar ke blog dapat menumbuhkan otoritas dan kepemimpinan serta memberi Anda kesan ahli jika terlihat di situs web yang terkenal.