Peci M Iming, Produk Legendaris yang Laris Manis

undercovercoid 47

Bagi Anda kaum laki-laki, terutama warga Kota Bandung, pasti sudah mengenal produk lokal Peci M Iming atau Peci Mas Iming. Peci yang khas dengan bordiran waran kuning dan hitam tersebut adalah produk hand made atau buatan tangan.

Dengan menggunakan bantuan mesin untuk menjahit di beberapa bagian, Peci M Iming bisa diproduksi hingga dua puluh buah oleh seorang pekerja setiap harinya.

 

Awal Mula Brad Peci M Iming

 

Namun, tahukah Anda jika Peci M Iming merupakan peci yang terkenal sejak 1918? Itu artinya, Peci M Iming sudah menjadi produk lokal legendaris yang sudah bertahan dalam kurun waktu seratus tahun.

Peci, yang biasa disebut kopiah atau songkok, adalah penutup kepala khas Melayu. Kaum laki-laki muslim sering menggunakan peci ketika beribadah, menghadiri sebuah acara penting, atau sekadar digunakan sehari-hari.

 

Di beberapa tempat, bahkan sempat mengidentikkan penggunaan peci sebagai pelengkap wajib busana santri laki-laki.

Karena sifat universal tersebut, sebuah peci bisa digunakan oleh siapapun dan di manapun, dari siswa SD hingga pejabat negara.

 

Langganan Peci Walikota Bandung

 

Di Bandung, hampir tidak ada yang tidak mengenal peci legendaris Peci M Iming. Peci yang sudah menjadi langganan turun temurun tersebut tidak pernah sepi pembeli.

Salah satu langganan tetap Peci M Iming  adalah Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Dengan popularitas yang tidak terkalahkan,

Peci M Iming kini tidak hanya terkenal di Bandung saja. Peci buatan Mas Iming tersebut sudah merambah ke luar Jawa bahkan luar negeri.

Mas Iming adalah seorang warga Bandung asal Pekalongan, lahir di tahun 1888 dan meninggal di tahun 1960.

 

 

 

Menikah Dengan Pemilik Hotel di Pasar Baru

 

Ia memulai usahanya dengan menjadi tukang pembuat peci setelah menikah dengan anak pemilik hotel di Pasar Baru, Bandung. Daripada meneruskan usaha mertuanya, ia lebih memilih membuka usaha membuat peci.

Pengalaman dan pengalamannya membuat peci didapat dari kakak iparnya yang juga berjualan di Pasar Baru, Bandung.

Dengan mengandalkan peralatan sederhana dan keahlian tangannya, Mas Iming berhasil membuat peci berkualitas setelah belajar selama beberapa tahun.

Ia mulai menjajakan pecinya di atas meja kayu bekas peti sabun di lahan yang diberi oleh orang tuanya, yaitu di pinggir kawasan Groote Postweg Jalan Raya Timur yang sekarang dikenal dengan Prapatan Lima (Simpang Lima) Bandung pada 1912.

Kemudian, karena usahanya semakin berkembang, pada 1930 Mas Iming membangun sebuah rumah untuk sentra produksi dan penjualan peci buatannya.

Kualitas yang terjamin, membuat peci Mas Iming cepat dikenal luas hingga muncul brand Peci M Iming  yang bertahan hingga sekarang.

 

Rahasia Sukses Brand Peci M Iming

 

Salah satu yang menyebabkan Peci M Iming memiliki kualitas yang sama hingga saat ini, adalah konsep dasar peci  (racekan) yang tidak diubah bahan kain keras dan bahan impor lainnya.

Karena tahan lama dan awetnya, Peci M Iming sudah menjadi langganan pejabat dan tokoh nasional sejak di zaman Ir. Soekarno.

Meski sudah tiada, usaha Peci M Iming tetap bertahan dan semakin berkembang. Usaha tersebut diwariskan ke dua cucu dari anak perempuannya.

Dengan brand lokal yang sudah terkenal, usaha Peci M Iming berhasil dikembangkan. Usaha yang awalnya berskala kecil tersebut kini sudah semakin luas dengan tambahan karyawan.

Peci M Iming memiliki sentra penjualannya sendiri yang kini sudah dikelola oleh generasi keempatnya, yaitu Ella HA Soedja’I, putri bungsu dari cucu pertama Mas Iming, M Hatta Adang Soedja’i.

Toko pusat penjualan Peci M Iming berlokasi di Simpang Lima Bandung (Jalan Ahmad Yani). Toko tersebut mudah ditemukan karena berarsitektur bangunan lama yang lebih mencolok daripada toko-toko di sekitarnya.

Dengan harga Rp 100.000 – Rp 220.000,-, Peci M Iming bisa memperoleh omzet lima puluh juta per hari setiap bulan Ramadhan.

 

Keunggulan Peci M iming

 

 

Jika disimpulkan, berikut adalah keunggulan Peci M Iming yang sudah melegenda di Kota Kembang:

  1. Produk lokal yang dibuat sejak 1912 oleh warga Bandung
  2. Dibuat dengan keahlian tangan yang ulet dan teliti atau hand made
  3. Kualitas terjamin dengan racekan (desain dasar dalam peci) yang tidak berubah sejak dulu dan berbahan baku kain impor yang bermutu
  4. Harga sesuai dengan kualitas Rp 100.000 – Rp 220.000,- (bisa berubah sewaktu-waktu)
  5. Tersedia dalam berbagai motif yang khas
  6. Dengan kualitas yang terpercaya, sudah menjadi langganan banyak orang hingga pejabat
  7. Sudah merambah hingga ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Usaha Peci M Iming  adalah salah satu bisnis lokal yang mampu bertahan hingga seratus tahun lebih sejak dibuat. Proses dari membangun sebuah usaha lokal memang tidak mudah.

Namun, siapa saja bisa meraih kesuksesan tanpa peduli dari mana dan melalui jalan mana ia memulai.

Seperti Mas Iming, yang berasal dari keluarga bangsawan dan menantu dari pengusaha perhotelan di Bandung.

Meski dari keluarga yang berada dan tidak perlu bersusah payah memulai usaha dari nol, ia tetap memilih jalan usahanya sendiri sesuai dengan minatnya.

Ia tidak berpangku tangan atau malas dalam belajar. Enam tahun belajar membuat peci, mungkin waktu yang berlebihan menurut Anda. Namun, hasil dari usaha yang dilandasi dengan kesungguhan memang tidak pernah menipu.

 

Innovasi Produk Peci M Iming

 

Mas Iming sudah mengajarkan kepada kita melalui Peci M Iming bahwa untuk memulai sebuah usaha, Anda tidak boleh memandang remeh dan harus selalu bersungguh-sungguh.

Tidak perlu menunggu memiliki modal besar atau ketersediaan peluang, namun belajarlah sesuai dengan keinginan dan minat Anda, lalu ciptakan peluang bisnis Anda sendiri. Jika Anda sudah beeniat dan bertekad, maka kesuksesan akan turut mendatangi Anda.

Selain itu, untuk mempertahanan sebuah bisnis hingga seabad lamanya, bukanlah hal mudah. Bercontoh pada Peci M Iming, kuncinya adalah konsistensi dan inovasi.

Sejak pembuatannya hingga saat ini, konsep dasar dan bahan baku Peci M Iming  tidak berubah, sehingga kualitasnya tetap terjamin.

Inovasi produk pun dilakukan untuk menarik minat pembeli, seperti menciptakan ragam motif baru. Karena dua hal tersebut, pelanggan Peci M Iming tidak pernah berpindah tempat dan bahkan semakin bertambah hingga turun temurun.

 

Channel Penjualan Produk M Iming

 

Tertarik membeli Peci M Iming khas Bandung? Sekarang Anda tidak harus jauh-jauh ke Kota Bandung untuk mendapatkan Peci M Iming.

Anda bisa mencari penjual atau penyedia jasa titip (jastip) pembelian Peci M Iming  secara online melalui google dengan kata kunciPeci M Iming” atau di beberapa market place seperti tokopedia, lazada, hingga bukalapak.

Namun, jika Anda ke Bandung, Anda patut mencoba datang langsung ke sentra  produksi dan penjualan Peci M Iming berikut ini.

 

baca juga

Minyak Gosok Cap Tawon

BRAND Jamu Iboe

Perjalanan 185 Brand Nasional Dan Internasional

Butik M Iming

Jalan Reog No. 3C Bandung

Turangga, Bandung

Telp. (022) 96058658/083874553894

 

Perusahaan Peci M Iming

Jalan PH. Hasan Mustapa (Jalan Suci) No. 51, Bandung

Telp. (022) 72005777

 

Toko Peci M Iming

Jalan Pelajar Juang 45 No. 40, Bandung

Telp. 083874553894

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!