Published On: Wed, May 6th, 2015

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka | Kenyamanannya membuat kita tak mau beranjak ketika melatakkan anggota tubuh di bentuk kursi yang tak jamak . Karakteristiknya mirip bantal, fleksibel, mengikuti bentuk tubuh ketika diduduki, hanya saja ketika tidak diduduki, bentuknya tidak kembali seperti semula.

Empuknya melebihi sofa, bagian dalam funiture ini diisi butiran stereofroam itulah bean bag. Di indonesia bean bag ini masih terdengar asing, tapi siapa bilang beanbag itu produk asing. Indonesiapun telah menjadi produsen beanbag yang kualitas hasil produksinya terkenal kaya akan material dan bentuk.

Proses Pembuatan Beanbag

Proses pembuatan beanbag pertama-tama melakukan pemilihan material, next step membuat pola , pola dibuat diatas karton terlebih dahulu dengan menggunakan peralatan sederhana yaitu pulpen dan penggaris. pembuatan pola dilakukan setelah memperkirakan ukuran dan bentuk hasil jadi.

Setelah dibuat pola tersebut, digunting menurut alurnya dengan sangat hati-hati selanjutnya adalah tahapan penjahitan , tujuannnya adalah menyatukan berbagai pola yang telah digunting tadi menjadi bentuk sempurna. Setelah material luaran jadi, isilah butiran streofroam kedalamnya. Butiran sterofroam yang berfungsi sebagai bahan pengisi tidak dimasukkan langsung kedalam material ruangan, tapi dimasukkan dulu pada material pembungkus yang terbuat dari semacam kain tipis, langkah ini dilakukan untuk memudahkannya dalam perawatan. Dan konsumen pun dapat mengganti material luaran furniture dengan motif lain yang diinginkan.

Pengisian dilakukan dengan hati-hati agar butiran busa yang sangat ringan ini tidak melayang dan bertebaran disekitar ruangan. Normalnya pengisian membutuhkan 3-5 kantung butiran streofroam, idealnya pengisian stereofroam adalah 60 hingga 70% dari kepadatan material luar untuk menjaga kualitas kelenturan.

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka

Salah satu produsen beanbag yang mempunyai sebuah galeri di kawasan Ragunan Jakarta Selatan adalah Cherie anisa nurani.

Sepak Terjang Bisnis Beanbag dengan Brand Firtu

Cherie anisa nurani Wanita berusia 40 tahun adalah owner dari galeri beanbag dengan brand FirTu. Ia mengatakan bahwa Beanbag itu secara umum merupakan produk yang unik dengan design yang bisa bermacam-macam. Bisa bermain dengan warna, design, dan bisa disesuaikan dengan tema interior yang diinginkan.

Belakangan ini, animo masyarakat sudah mulai meningkat terhadap kehadiran beanbag, hal itu juga bisa dilihat dari banyaknya permintaan untuk produk-produk beanbag pada pasar dalam negeri. Strerofroam dijadikan sebagai pilhan material pengisi karena faktor keringanan dan kelenturan yang dimiliki.

Umumnya segala bahan bisa dijadikan sebagai material luar beanbag, namun faktor kekuatan dalam menopang bobotlah yang harus dijadikan pertimbangan dalam melakukan pemilihan. Terdapat berbagai pilihan mulai dari katun, parasut, oscar, dan bulu. Bahan parasut lebih disukai karena lebih dingin dan lebih cenderung ringan. Katun mudah menyerap air dan berbagai pilihan corak yang sangat menarik dapat menjadi salah satu pertimbangan saat hendak memilikinya.

Pemilihan bahan oscar sangat tepat bagi anda yang tidak ingin repot dalam membersihkannya. Bahan oscar kedap air,untuk membersihkannya dari debu cukup mengelapnya dengan lap setengah basah seminggu sekali. Nah kalau dengan material luar berupa bulu, akan sangat terlihat jelas kualitas premiumnya. Ya bulu walau sintetis, bulu yang dikenakan pada beanbag ini telah melalui proses seleksi sehingga kualitas kehalusan dan kekuatannnya tak perlu diragukan. Untuk perawatan bulu hanya perlu dilakukan dry seminggu sekali, untuk menghilangkan debu-debu menempel di sekitar permukaan beanbag yang lembut.

Dalam menjalankan bisnis beanbag cherie mengakui awalnya tidak terlalu banyak bentuknya tapi seiring berjalannya waktu, akhirnya Ia melakukan riset bentuk- bentuk apa yang bisa dilakukan, Ia mendevelop lebih lanjut dan kebetulan customer-customernya juga banyak memberi input kepadanya.

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka  , Proses produksi beanbag tidaklah membutuhkan waktu yang terlalu lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu bean bag kurang lebih mungkin sekitar dua jam atau satu setengah jam. Namun di tempat produksi beanbag milik Cherie satu orang dalam sehari dapat mengerjakan hingga 15 beanbag . Karena tidak memiliki rangka dan penyanggah seperti furniture lain, beanbag mudah ditempatkan dimana saja ada juga bean bag jenis kiddos yang memang diciptakan khusus untuk anak-anak mulai dari bentuk dan motif yang lucu dan penuh warna.

Dalam satu bulan Cherie dapat menjual 30 hingga 50 unit beanbag dan meraih omset sekitar Rp 100.000.000 hingga Rp 150.000.000. Rata-rata Cherie membandrol harga beanbag mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 5.000.000.

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka

Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka

 Jerih Payah Garry Sangitan Membangun Bisnis BeanBag

Berawal dari ketidakpuasan produk beanbag luar negeri , gerry memulai merintis bisnis Beanbag sejak 2012. Lulusan bisnis administrasi atmajaya jakarta ini memulai bisnis secara perlahan. Seorang pemuda 25 tahun ini sudah sukses mengelola bisns sofa tanpa rangka yang biasa kita sebut dengan beanbag. Dari wirausaha ini, Garry sangitan mampu mendulang untung sampai Rp 30.000.000 per bulan.

Dengan Modal Awal Rp 10.000.000 gerry membuat berbagai model bean bag, bahan utama beanbag milik gerry tidak jauh berbeda dengan Cherie yaitu butiran streofroam, kain pelapis , kain penutup, dan resleting . Bentuknya beragam mulai dari classic , triangle, hittle man hear, autona hingga launcher seats. Harga Beanbag milik Gerry mulai dari Rp 375.000 untuk jenis otomang hingga 3,3 juta untuk big sofa. Awalnya hanya 10 unit beanbag yang laku terjual perbulan, kini setidaknya ada 40 unit beanbag habis dibeli perbulan .

Saat gerry memulai bisnis ini, beanbag belum begitu populer di Indonesia. Ia tak punya kajian pasar maupun gambaran kompetitor, gerry hanya fokus pada pemasaran melalui forum jual beli dan social media. Kini setelah memiliki gerai di jakarta senayan pusat ia tetap memanfaatkan media online seperti website, forum jual beli, dan social media untuk melakukan pemasaran. Selain jakarta, konsumen gerry sudah tersebar ke lombok dan batam. Baik perseorangan maupun perusahaan seperti hotel dan resort

Bagi pengusaha yang juga berprofesi sebagai fotografer ini, variasi, inovasi dan konsep produk menjadi akar penting sebuah bisnis .Tak puas dengan pencapaiannnya , pengusaha inipun berniat melebarkan sayap ke berbagai furniture lainnnya, Peluang Usaha 2015 Inovasi Sofa Tanpa Rangka 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>