Peluang Usaha Sebagai Manajer Artis Lokal Indonesia

https://www.zowhy.com- Industri hiburan memang meningkat dengan pesat di semua bidang mulai dari tarian, musik, pentas seni, reality show, stand up comedy, sulap, dan sirkus. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya kesibukan dan rutinitas masyarakat sehari-hari. Semakin padat aktifitas kita, maka seiring dengan itu kebutuhan kita akan suatu hiburan juga kian meningkat.

Industri hiburan seringkali didukung oleh sponsor. Sponsor seringkali adalah perusahaan barang atau jasa yang mempunyai kebutuhan untuk mempromosikan produknya. Tools marketing dan branding produk atau jasa menghiasi seluruh acara hiburan tertentu dengan harapan penonton yang menyaksikan acara tersebut ikut membeli produknya.

Penonton datang melihat hiburan secara gratis, artis dan seniman dipanggil oleh pihak penyelenggara untuk menghibur penonton yang datang, Pihak sponsor membayar pada penyelenggara agar tools marketing produk atau jasanya dipasang dan dipajang selama acara berlangsung, dan Pihak penyelenggara membayar seniman dan artis yang menghibur penonton. Itulah siklus yang terus terjadi di Industri Hiburan selama bertahun-tahun.

Terlihat pada siklus itu tidak ada satupun pihak yang dirugikan karena semuanya merasa telah mendapatkan keuntungan masing-masing dari usaha dan biaya yang telah dikeluarkan. Namun ada sosok yang terlupakan disini. Manager artis telah berperan besar dan mengatur seluruh kru artisnya untuk menyiapkan penampilan.

Peluang Menjadi Manajer Artis

mengatur jadwal pertunjukan artis setiap hari. Mereka mengatur kontrak artis mereka dengan pihak penyelenggara untuk menghadirkan artis yang telah dipilih hadir di tempat. Jika artis mengalami kegagalan memenuhi kontrak atau datang terlambat pada suatu acara, maka yang ditegur keras oleh pihak penyelenggara adalah manager.

Ketika artis juga terikat untuk mengisi iklan suatu produk di tv atau media lain tentu saja manajer artislah yang juga mengatur seluruh kontraknya. Manajer artis mengatur seluruh keperluan artis yang berkaitan dengan kontrak pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Jika artis banyak job dan penghasilan artis meningkat maka penghasilan manajer artis juga meningkat.

Peluang Usaha sebagai Manajer Artis Lokal  , Dalam artikel ini kita akan membahas bisnis manajemen artis lokal. Sebenarnya manajemen artis lokal dan manajemen artis ibu kota tidak terlalu berbeda, bedanya hanyalah lingkupnya jauh lebih mudah karena kota-kota yang dihampiri artis dalam job pangung juga terbatas.

Manajemen artis lokal juga mempunyai artis yang lebih beragam, musik-musik tradisional dan pertunjukan pada daerah setempat menjadi hiburan tersendiri. Penikmat musik daerah juga tidak segan-segan untuk membayar mahal artis lokal ini, karena hiburan yang mereka tawarkan tidak tersedia pada artis ibu kota.

Untuk anda yang ingin mengetahui cara dan kiat-kiat untuk memulai dan menjalankan manajemen artis lokal, berikut liputannya

 Peluang Usaha sebagai Manajer Artis Lokal

Erna Manajemen Artis Surabaya

Berbekal pengalaman sebagai brand activation di salah satu perusahaan event organizer ternama, Erna Wanita berusia 30 tahun ini sukses besar sebagai manager artist lokal di Jawa Timur. Sampai saat ini Erna tidak menggunakan brand resmi untuk menajemen artis yang dikelolanya karena menurutnya, ia tidak memiliki perusahaan manajemen artist. Ia hanya menjadi manajer dari banyak artist lokal yang ada di surabaya,semua orang customer yang menyewa jasa artist Erna lah yang menganggap bahwa erna mempunyai perusahaan manajemen artist

Karena Profesionalitas Erna sebagai manajer banyak artis lokal di Surabaya, secara tidak langsung Erna telah berhasil menanamkan ke benak konsumen bahwa seolah-olah Ia mempunyai manajemen artist yang terkelola dengan baik. Saat ini Hiburan Artist lokal yang dikeloa Erna antara, lain hiburan sirkus, badut, band, gamelan, akustik band, jaran kepang, dan pertunjukan drama musikal seriosa. Erna memulai awal karirnya pada tahun 2000.

Kebanyakan Artis yang sekarang dinaungi Erna saat ini, menawarkan dirinya secara langsung pada erna, untuk menjadi artis yang siap diorbitkan. Namun berbeda dengan dulu ketika Erna masih memulai awal karirnya.

Dulu Erna harus sering-sering hadir ke pentas kesenian yang ada di kampung-kampung untuk mencari bakat terpendam. Erna harus meyakinkan kedua orang tua calon artis agar anaknya mau bekerjasama . Erna harus membuat orangtua si calon artist percaya, bahwa anaknya yang akan diajak bergabung oleh erna, tidak akan terpengaruh ke pergaulan bebas dan kelewat batas.

Baca Juga

  1. TERBAWA ARUS, 8 ARTIS INI MULAI MENGARUNGI BISNIS DI DUNIA KULINER
  2. 5 ARTIS IDOLA INI SUDAH MULAI BERBISNIS, ANDA KAPAN?
  3. FENOMENA BISNIS ARTIS MEMBUAT PARFUM SENDIRI

Penghasilan yang didapat Erna dalam memanage artist lokal cukup menggiurkan apalagi jika ada event-event tertentu. Erna dapat mencapai penghasilan bersih hingga Rp 15.000.000 dalam waktu satu bulan. Range rata-rata harga dari artist yang dimanage oleh Erna sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 10.000.000 persekali manggung. Jika tahun baru range harga meningkat yaitu sekitar Rp 5.000.000- Rp 15.000.000.

Erna juga menyisihkan sebagian hasil dari artis-artisnya untuk dana pelatihan dan kursus secara rutin, untuk mengasah talenta dan konsistensi performa mereka di dunia hiburan. Erna juga menyediakan dana khusus untuk mendukung penampilan seperti baju dan peraatan tubuh bagi para artisnya. Erna berpesan pada pebisnis yang ingin terjun di manajemen artis agar terus mengembangkan diri dan bergaul dengan semua kalangan

Leave a Reply

five × 3 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!