Published On: Mon, Jun 20th, 2016

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah | Dengan mendaur ulang Sampah, Pengusaha bekasi asal Jawa Barat Muhammad Baeduwy telah meraup untung ratusan juta rupiah tiap bulannya. Tidak hanya itu, usahanya menyelamatkan lingkungan, juga mendapat apresiasi dari dalam dan luar negeri.

Sampah Menjadi Masalah

Sampah kerap menjadi masalah terutama di kota-kota besar, sampah dituding sebagai biang keladi kerusakan lingkungan dan berbagai sumber penyakit. Rata-rata manusia membuang 1 kilogram sampah setiap hari. Kebanyakan berupa sampah plastik dan streofrom, padahal kedua jenis sampah ini sulit untuk terurai. Plastik misalnya butuh waktu hampir satu abad supaya plastik bisa terurai sempurna oleh alam.

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah

Bisa dibayangkan seperti apa kerusakan yang ditimbulkan bila sampah plastik tidak dikelola dengan baik. Ditangan muhammad baeduwy, sampah bisa diubah jadi rupiah. Tentu bukan dengan bukan sulap atau dengan sihir, namun dengan teknologi daur ulang sampah.

Kenapa Memulai Usaha Sampah?

Muhammad Baeduwy memulai usaha 14 Tahun yang lalu. Ia mengakui ingin jadi pengusaha sejak kecil. Namun, Ia bingung harus memilih usaha apa. Ia ingin memiliki usaha yang murah dan tidak banyak orang yang tertarik. Akhirnya Pilihan Usaha jatuh ke usaha sampah yang ia tekuni sampai sekarang. Ia juga mengatakan bahwa siapa yang mau usaha sampah pada saat modern ini.

Di cv majesty buana group milik bedwey. Berbagai jenis sampah plastik dikumpulkan dan dipilah sampah plastik tersebut ia dapatkan dari lapak, pengepul atau langsung dari pemulung.

Baca Juga UNDERCOVER JAS SEPATU

Proses Produksi Pengolahan Sampah Botol Plastik

Setelah terkumpul, botol plastik dikelompokkan berdasarkan jenis dan warna. Sedangkan untuk gelas plastik, dibersihkan terlebih dahulu dari tutupnya baru kemudian dimasukkan ke mesin pencacah. Didalam mesin, botol dicampur dengan air sabun. Setelah serpihan botol keluar, langkah selanjutnya adalah pencucian yang terdiri dari dua tahap. Pertama pencucian dengan air tawar baru kemudian dengan air hangat. Tujuannnya untuk membersihkan bakteri yang menempel dalam botol. Setelah dicuci, masuklah cacahan botol ini dalam mesin pengering.

Sampah botol plastik jenis pip atau yang biasa disebut dengan plytherly telpep berasal dari bekas botol air mineral biji plastik. Plastik jenis ini, digunakan untuk bahan baku benang plyesther, sedangkan pipi atau plypropilen yang berasal dari gelas minuman plastik transparan biasa digunakan sebagai bahan baku pembuat tali rafia.

Nah untuk jenis botol plastik seperti bekas sampo, oli dan kemasan botol tebal lainnya, bisa dicetak menjadi barang lain seperti lataop atau ujung sapu. Dalam sehari, mesin bedowey mampu mengolah sekitar tiga ton sampah plastik. Setiap satu ton, ia memperoleh keuntungan satu juta rupiah. Maka bisa dihitung keuntungan yang diperoleh badowey dalam satu bulannnya. Keuntungannya hampir ratusan juta rupiah. Yang lebih mengagumkan lagi, semua mesin yang ada di pabrik badowey merupakan design dari inovasinya sendiri.

Inovasi dan Pengembangan Usaha Sampah di Masa Modern

Sarjana akuntansi ini juga memproduksi dan menjual mesin-mesin daur ulang sampah ada tiga ukuran mesin yang ia produksi. 14-16 hingga yang paling besar 20 inci. Mesin-mesin tersebut dibandrol 30 hingga 40 juta rupiah. Harga yang pantas bila disandingkan dengan keuntungan yang dijanjikan.

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah ,Mesin buatan baedewy ini sudah tersebar di pelosok tanah air. Puluhan mitra badewey telah menikmati inovasinya. Selain menjual mesin badewey juga mendampingi mereka agar bisa menjadi pengusaha seperti dirinya. Dan kelebihan saya adalah selain berbagi ilmu saya ajrkan cara daur ulang sampah. Dan hasil poduksinya saya beli jadi cacahan-cacahan hasil produksi bekas botol minuman bekas botol shampo hasil produksinya saya dijamin 100% dibeli dan itu sudah berjalan belasan tahun ini.

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah

Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah

Dengan usahanya ini badewey mampu menyerap tenaga kerja sekitar 30 orang penduduk disekitar pabrik dikerahkan untuk mengolah usaha daur ulang plastik miliknya. Lasmi misalnya ia sudah menjadi karyawan di pabrik baedewey selama lebih dari lima tahun. Lasmi mengatakan bahwa tadinya ia hanyalah ibu rumah tangga biasa, namun karena ada perusahaan pengolahan sampah pak baeduwey dekat lingkungan tempat tinggal mereka, mereka sekalian ikut bekerja untuk menambah-nambah penghasilan.

Baca Lagi Cari Distributor , Agen dan Reseller Baru Undercover

Berkat inovasinya ini, berbagai penghargaan telah baedowey raih, tak hanya dari dalam negeri, bangsa lainpun mengapresiaisi baedowey. Teranyar ia memperoleh country winner malaysia cained chamber of commons chamber of commons green award tahun 2013 di kuala lumpur. Apa yang dicapai baedowey selama ini, tentu tidak diperoleh dengan jalan instan. Semuanya merupakan kristalisasi keringat dan doa yang panjang.

 

Pak bedowey berpesan kepada kita bahwa kita jangan cepat-cepat ingin mengerjakan pekerjaan yang besar , karena pekerjaan besar, proyek besar akan jarang kita temukan, yang sering kita temukan adalah pekerjaan yang kecil-kecil, tapi bagaimana mungkin kita bisa mengerjakan pekerjaaan yang besar , proyek yang gede, kalau yang kecil saja belum terbiasa. Pak baedowey menambahkan bahwa sekecil apapun pekerjaan itu datangnya dari tuhan, maka harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan hati yang suci.

Inovasi yang dilakuakan baedowey tak hanya membuahkan rupiah, tapi juga menyelamatkan lingkungan. Dengan menjaga lingkungan, secara tidak langsung kehidupan anak cucu kita juga terjaga, Peluang Usaha Emas dari Nol, Dengan Daur Ulang Sampah.

 

 

 

 

jasa seo dan internet marketing
Displaying 24 Comments
Have Your Say
  1. Brian says:

    INI LEBIH DAHSYAT!!!

    PELUANG USAHA TERHEBAT TAHUN INI. DIMANA BISNIS USAHA DAUR ULANG PLASTIK YANG DI JALANKAN TANPA MODAL / ( MODAL AKAN KEMBALI ) PASTI!! DAN KAMI JAMIN DENGAN KONTRAK!!

  2. puttra bungsu says:

    keren juga tuh jadi termotopasi untuk saya tuh. makasih infonya

  3. Adiamat says:

    Saya mau bisnis tapi binging bisnis APA

  4. hafidz says:

    bagus sekali usahanya, semoga semakin banyak ukm yang memiliki usaha seperti itu agar Indonesia bersih dari sampah…

  5. Mad buang says:

    Saya tertarik gimana cara untuk memulai minta info

  6. Alvadika says:

    tolong di kirim ke email dong ke email saya saya pelajari alvadika90@gmail.com

  7. Stainly E L W says:

    Saya tertarik dan termotivasi utk bisnis ini. Mohon dpt diemailkan ke iwake2012@gmail.com

  8. aini says:

    Saya jga tertarik utk bekerjasama… prosesnya bgmna… saya diriau, dsni banyak sampah plastik yang dbuang sembarang… di tempat saya ini tidak ada pemulung juga…

  9. rumi says:

    Mohon infonya untuk bekerjasama. Email ke syaeputroe@yahoo.com. tks.

  10. Bagus andre says:

    Saya minta info nya dong gan buat usaha daur ulang plastik. Ini email saya gan bagusandrekurniawan@gmail.com

  11. Ricky says:

    Tolong diemailkan cara kerjanya gan…jadi semangat nich…ini email saya gan:rickyabdilah81@gmail.com

  12. Fuad says:

    Assalamualaikum
    Saya tertarik sekali pak dengan usaha daur ulang plastik.. saya dri lampung pak… tpi benar2 minim sekali modalnya pak.. mohon infonya jika ada kesempatan untk kerja sama pak
    trmkasih
    Email: maulvifuad17@gmail.com

  13. yani says:

    Bagaimana pak utk usaha di banjar baru kalsel

  14. febi says:

    saya mau ikut gabung dong, kirim ke Email saya , febi.bphn@gmail.com, makasih

  15. Agus irmayanto says:

    Pa saya sangat tertarik menjadi pengusaha daur ulang,bagai mana cara bergabung dan syarat nya apa saja?lokasi saya di bandung,mohon infonya trims email. Agusirmayanto@gmail.com

  16. nawawi says:

    ok saya tertarik dengan usaha ini saya sebagai pengepul rongsok saya akan mengembangkan usaha saya, jadi tolong infokan bagai mana caranya untuk membuka usaha daur ulang plastik . soalnya di wilayah wonosobo belum ada . terimakasih .

  17. Koresy says:

    Saya sangat tertarik untk bergabung, mohon informasinya.
    Sy juga ingin sekali bs bekerja diperusahaan bpk ya kira2 3-6 bln. Untk menyerap ilmu2nya.
    Rencana sy mau buka bisnis ini jg,krn sdh lama sy tertarik bisnis ini. Tp secara ilmu pengetahuan msh kurang sekali.
    Mohon no tlp/alamatnya? Atau bs email ke sy Koresy; koresy.winner@gmail.com
    No tlp: 082114053746
    Terimakasih

  18. ahdhi says:

    Bagus bang artikelnya, ijin share yak
    😀

  19. Reezal White says:

    saya sudah lama sekali ingin memulai bisnis ini, karena sangat minim ilmu saya takut untuk memulai nya kira2 butuh dana brp untuk memulai bisnis ini???

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>