Published On: Mon, Mar 30th, 2015

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel | Berjualan aneka furniture atau mebel untuk perlengkapan rumah merupakan salah satu bidang usaha yang menguntungkan, disebut begitu karena pertumbuhan penduduk semakin hari semakin meningkat, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin tinggi, yang otomatis berdampak kepada meningkatnya permintaan peralatan mebel ini.

Langkah Awal Membuka Toko Mebel

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki pengalaman sema sekali di bidang ini tentunya akan sedikit kebingungan untuk memulai usaha ini, berbeda jika kita memiliki sedikit pengalaman atau ada kolega kita yang menjalankan usaha serupa. Untuk itu disini akan sedikit dibahas mengenai garis besarnya untuk langkah awal menjalankan usaha.

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel

Lokasi Usaha

Sebetulnya tidak lah terlalu sulit untuk memulai berjualan toko mebel ini, paling awal yang harus kita perhatikan adalah lokasi yang akan di jadikan toko untuk berjualan. Menyiapkan toko bisa dengan cara menyewa ruang usaha, tetapi untuk dapat di pergunakan, ruang toko harus berukuran cukup luas, mengingat barang-barang yang akan di jajakan juga berukuran besar.

Lokasi berjualan harus dipastikan di daerah yang ramai lalu lalang penduduk, dan juga akan lebih baik jika di wilayah tersebut banyak terdapat perumahan-perumahan yang baru dibangun, karena target pemasaran kita adalah rumah-rumah tersebut.

Jika lokasi dengan kriteria di atas sulit didapat, kita juga bisa mencari sentra-sentra wilayah yang khusus berjualan furniture. Lokasi seperti ini banyak terdapat di kota-kota besar, atau bahkan sekarang ini membuka toko mebel bisa di dalam mall-mall terkenal.

Bekerja Sama Dengan Supplier Furniture

Setelah lokasi usaha didapat, maka langkah selanjutnya adalah mengisi ruang usaha anda dengan barang furniture yang akan di jual. Caranya dengan menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang memproduksi mebel atau supplier. Terdapat banyak merk-merk furniture yang bisa kita pilih, kita harus dapat menyediakan berbagai macam kebutuhan konsumen dari mulai aneka macam lemari,sofa, hingga tempat tidur.

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel , Sebagian merk terkenal di dunia furniture yang bisa kita pilih seperti contohnya merk Oliympic yang produknya sangat lengkap, contoh lainnya merk SOLID yang masih satu perusahaan dengan olyimpic, hanya terget kalangan konsumennya yang berbeda. Selain itu masih banyak lagi pengusaha-pengusaha yang memproduksi produk mebel di kota-kota besar, kita bisa saja mencari info kepada toko-toko furniture lainnya.

Jika toko sudah terisi produk meski pun belum banyak, maka supplier-supplier sendiri lah yang akan mendatangi toko anda untuk menawarkan produknya, jika sudah begitu kita tinggal mudah saja mengisi ruang usaha kita dengan produk-produk yang berkualitas. Dan juga kita bisa melakukan negosiasi mengenai cara pembayaran, terkadang ada supplier yang memberikan kemudahan dengan menerapkan tempo pembayaran, umumnya berkisar antara 2 minggu sampai 1 bulan, Ini membuat kebutuhan untuk modal usaha dapat di kurangi.

Langkah Mempromosikan Usaha

Untuk dapat lebih berkembang maka usaha kita haruslah di promosikan, dengan menjalankan promosi secara gencar maka toko kita akan lebih dikenal, langkah ini ditempuh agar toko kita memiliki banyak pelanggan yang rutin berbelanja produk furniture ke toko kita, jika sudah begitu maka usaha kita pun akan bisa memberikan keuntungan hingga jangka panjang. Cara promosi yang bisa kita jalankan antara lain :

Ikuti Berbagai Even Pameran

Banyak sekali event pameran yang bisa anda ikuti, dari mulai even skala kecil sampai even besar sekalipun. Kita bisa mencari informasi di media massa terkemuka di kota anda atau bahkan memanfaatkan media internet. Jika sedang tidak tersedia event untuk di ikuti, kita bisa sekali-sekali menyewa lokasi di mall terkemuka, umumnya di sebagian mall menyediakan space berupa Land untuk produk furniture ini, terutama di hari ramai pengunjung seperti saat week end dan hari-hari libur.

Pajangkan produk-produk terbaru toko anda yang diperkirakan akan menarik minat konsumen, atau bisa juga sesuaikan dengan musim tertentu, misalnya saat musim penerimaan murid baru di sekolahan, maka kita bisa memajangkan berbagi furniture seperti meja dan kursi belajar,meja komputer dan lain-lain.

Promosikan Kepada Perusahaan

Perlu di ingat target konsumen toko furniture kita tidak hanya dari kalangan perorangan saja, tetapi perusahaan-perusahaan pun banyak yang membutuhkan produk ini. Contohnya saja perkantoran yang akan membutuhkan meja tulis untuk karyawannya, Hotel yang pastinya membutuhkan berbagai perlengkapan kamar tidur, atau bisa juga para Developer perumahan yang terkadang memberikan bonus beberapa furniture kepada konsumennya.

Klien seperti ini yang biasanya dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar, akan tetapi biasanya mereka tidak memakai produk mebel yang umum ada dipasaran, akan tetapi biasanya merupakan produk pesanan sesuai dengan desain yang diinginkan. Meski begitu tidak akan menjadi masalah, karena seperti yang sudah di bahas diatas tadi, kita akan banyak berhubungan dengan para pengusaha yang memproduksi mebel, maka kita bisa melakukan order kepada mereka.

Jalankan Usaha Dengan Serius

Sebagi penutup, sebuah usaha yang dibangun dengan segala jerih payah hingga dapat berjalan dengan baik, hendaknya kita pelihara agar dapat berlangsung selamanya. Salah satu cara nya adalah dengan berusaha menjaring sebanyak-banyaknya pelanggan, karena dengan begitu toko furniture kita akan bisa bertahan. Pelanggan yang puas dengan layanan toko kita akan dapat menarik calon-calon konsumen yang lainnya. Sebaliknya, jika pelayanan toko kita tidak baik, itu bisa membuat calon konsumen semakin menjauh dan lebih memilih toko mebel yang lain, Peluang Usaha Yang Menjanjikan dari Mebel.

 

jasa seo dan internet marketing
Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. mukhlis says:

    terimakasih informasinya …
    sangat membantu sekali artikelnya … 🙂

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>