Pemasaran dari Mulut ke Mulut

https://undercover.co.id Pemasaran dari Mulut ke Mulut , – Anda tidak dapat mengontrolnya, dan hasilnya bergantung pada strategi dan pelaksanaan pemasaran Anda secara keseluruhan.

Jika dilakukan dengan benar, ini bisa menjadi salah satu saluran pemasaran Anda yang paling kuat.


Izinkan saya memperkenalkan Anda pada saluran pemasaran yang sering diabaikan ini yang memiliki dampak besar pada bisnis kami: pemasaran dari mulut ke mulut.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari hal berikut:

  • Apa itu pemasaran dari mulut ke mulut?
  • Mengapa pemasaran dari mulut ke mulut itu penting?
  • Prinsip roda gila di balik pemasaran dari mulut ke mulut
  • Lima kiat yang telah dicoba dan diuji untuk pemasaran dari mulut ke mulut
  • Jadi ikuti dan tiru kesuksesan kami.

Apa itu pemasaran dari mulut ke mulut?


Istilah “dari mulut ke mulut” dan “pemasaran dari mulut ke mulut” terkadang digunakan secara bergantian. Tapi itu bukan hal yang sama, dan kita perlu mendefinisikan yang pertama untuk memahami yang kedua.

Word of mouth (WoM) adalah tindakan memberi tahu orang-orang tentang suatu produk atau merek. Untuk tujuan artikel ini, kami hanya akan berbicara tentang WoM positif.

Pemasaran dari mulut ke mulut (WoMM) adalah proses mempengaruhi dan mendorong diskusi alami tentang produk, layanan, atau perusahaan. Ini mengacu pada insentif WoM.

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Mengapa pemasaran dari mulut ke mulut itu penting?


Penelitian dari Nielsen menunjukkan bahwa 83% orang memercayai rekomendasi dari teman dan keluarga mereka. Ini hanyalah saluran pemasaran paling tepercaya dan otentik yang tidak dapat Anda kalahkan tidak peduli seberapa hebat komunikasi pemasaran Anda.

Fakta bahwa 14.000 pelanggan baru pada tahun 2020 memberi tahu kami bahwa mereka dirujuk ke Ahrefs oleh teman-teman mereka adalah bukti terbaik tentang pentingnya WoMM.

Orang mengatakan dalam formulir pendaftaran mereka belajar tentang Ahrefs melalui teman

Jasa

Namun bukan hanya orang yang Anda kenal secara pribadi yang dapat memberikan dampak seperti itu pada pilihan produk Anda.

Pihak berwenang dan pemberi pengaruh dapat memainkan peran yang sama. Misalnya, otoritas SEO terkenal, Matthew Woodward , memberi kami lebih dari 500 pelanggan baru pada tahun 2020:

Dan angka-angka ini mengecilkan dampak WoM. Itu karena semua ini adalah atribusi yang diingat. Banyak orang tidak ingat bagaimana mereka mengetahui tentang Ahrefs, atau mereka tidak memberi tahu kami.

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Prinsip roda gila di balik pemasaran dari mulut ke mulut


WoMM tidak menjadi bagian penting dari bauran pemasaran Anda saat Anda mulai memfokuskan perhatian dan sumber daya Anda padanya. Dibutuhkan waktu, banyak waktu, dan roda gila dapat menjelaskan alasannya.

Jasa

WoMM dapat disebut sebagai saluran pemasaran yang memperkuat diri. Pada awalnya, Anda tidak akan melihat efek yang besar. Namun seiring berjalannya waktu, semakin mudah untuk mendapatkan hasilnya. Efeknya bahkan bisa mulai bertambah.

Anda pada dasarnya dapat menggunakan roda gila sebagai analogi di sini. Rand Fishkin mempopulerkan istilah “roda gila pemasaran”. Anda dapat melihat salah satu roda gila yang mengandung WoM di sini:

Siklus roda gila: Pikat penggemar, optimalkan corong & hadiahi penggemar setia, luncurkan kampanye media, bangun hubungan pers dan dapatkan liputan, tingkatkan liputan


Sungguh, pendorong pemasaran utama di balik pertumbuhan Ahrefs adalah efek gabungan jangka panjang dari WoMM yang dikombinasikan dengan SEO dan pemasaran konten.

Jasa

Dan ini membawa kita ke tips.

Lima kiat yang telah dicoba dan diuji untuk pemasaran dari mulut ke mulut
Semua yang tercantum di sini adalah yang berhasil bagi kami.

Biasanya Anda akan melakukannya dengan cukup baik jika menerapkan praktik ini pada pemasaran Anda, tetapi ini bukan daftar taktik yang lengkap. Saya akan merujuk tip penting lainnya di bagian “pemikiran terakhir”.

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Tip 1. Miliki penawaran produk yang luar biasa


Saya akan segera membaginya kepada Anda. Anda membutuhkan produk hebat untuk memberi insentif pada WoM. Semua tip dan taktik lainnya tidak akan menggantikannya jika Anda tidak melakukannya.

Positioning produk Anda , yaitu, bagaimana Anda menggambarkan produk Anda kepada calon pelanggan, juga berperan di sini. Kuncinya adalah riset pasar yang tepat yang harus memandu baik peta jalan produk maupun posisi Anda.

Jasa

Last but not least, jika Anda berada di industri SEO seperti kami, ini juga membantu untuk menawarkan uji coba dan/atau versi freemium dari produk Anda.


Tip 2. Kelola merek Anda dengan benar


WoM terdiri dari bagaimana orang mengalami produk Anda dan bagaimana mereka memandang merek Anda. Intinya di sini adalah bahwa orang tidak mungkin merekomendasikan produk yang bagus jika mereka tidak menyukai perusahaan yang menjualnya.

Saya bahkan tidak dapat memasukkan panduan manajemen merek dari jarak jauh di sini, jadi saya hanya ingin ini menjadi pengingat bahwa Anda harus selalu memikirkan gambaran yang lebih besar dan merencanakan untuk jangka panjang.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan akan mencapai efektivitas pemasaran terbesar jika mereka menginvestasikan sekitar 60% ke dalam pembangunan merek dan 40% ke dalam kampanye peningkatan penjualan:

Grafik garis yang menunjukkan pembangunan merek jangka panjang lebih efektif daripada peningkatan penjualan jangka pendek


Inilah yang tampak seperti branding yang tepat di tangan kita:


Anda sudah mengetahuinya, dan banyak pemasar lain juga mengetahuinya Dan kami tidak menghindar untuk menekankan hal ini dengan cara yang agak unik.

Ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi lakukan yang terbaik untuk menjadi merek yang disukai.

Investasikan dalam manajemen reputasi online Anda . Semakin baik Anda dalam hal ini, semakin banyak WoM yang akan Anda dapatkan dari audiens target Anda. Grup itu selalu jauh lebih besar dari basis pelanggan Anda.

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Tip 3. Fokus pada pemasaran konten yang dipimpin produk


Pemasaran konten adalah proses membuat dan mendistribusikan konten untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Konten kami adalah aset pemasaran terpenting yang kami miliki karena menghasilkan sekitar 300.000 kunjungan setiap bulan dari penelusuran organik saja:


Apa yang mungkin tidak begitu jelas adalah bahwa itu juga merupakan driver utama WoMM kami. Mari saya tunjukkan apa yang saya maksud.

Kami menjadi otoritas industri SEO dan sumber belajar masuk sebenarnya terkait dengan pertumbuhan bisnis kami yang cepat. Itu karena konten yang kami hasilkan adalah product-led.

Karena https://undercover.co.id dapat membantu Anda memecahkan segala macam masalah SEO dan pemasaran, mudah dan alami bagi kami untuk memasang produk di konten kami.

Ingat prinsip roda gila? Dalam kasus kami, semakin banyak lalu lintas yang didapat konten kami, semakin banyak orang yang mengetahui bagaimana undercovercoid dapat membantu mereka, dan semakin mereka mulai merekomendasikan produk dan sumber belajar kami. Itu mengarah ke lebih banyak sebutan, lebih banyak tautan, dan lebih banyak lalu lintas.

Kemudian lingkaran dimulai lagi.

Ini adalah empat langkah untuk berhasil meniru taktik ini:

Langkah 1. Lakukan riset kata kunci


Saya yakin Anda dapat menemukan banyak masalah yang dapat dipecahkan atau dibantu oleh produk Anda. Beberapa lebih umum daripada yang lain, dan penelitian kata kunci akan membantu Anda mengidentifikasinya.

Misalnya, kata kunci “pemasaran dari mulut ke mulut” dicari sekitar 11 ribu kali sebulan secara global:


Karena saya dapat membuat konten yang berharga dengan informasi unik (pengalaman kami sendiri dengan WoMM) dan secara alami pada saat yang sama, ini adalah topik yang bagus untuk ditargetkan.

Langkah 2. Fokus pada topik dengan potensi bisnis yang tinggi


Riset kata kunci Anda akan mengungkapkan banyak ide konten. Anda harus memprioritaskannya, jadi inilah kriteria untuk menilai:

  • Potensi bisnis yang tinggi sehingga Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk Anda
  • Potensi lalu lintas tinggi sehingga Anda akan mendapatkan banyak lalu lintas organik jika peringkat Anda bagus
  • Skor Kesulitan Kata Kunci (KD) rendah sehingga relatif mudah untuk mendapatkan peringkat yang baik


Mari kita menjadi nyata, meskipun. Anda hampir tidak akan pernah menemukan topik yang memenuhi ketiga kriteria ini.

Namun dari ketiganya, umumnya kami mengutamakan potensi bisnis yang tinggi. Karena jika konten Anda tidak berorientasi pada produk, WoM Anda kemungkinan akan berakhir dengan merekomendasikan konten Anda, bukan produk Anda.

Langkah 3. Gandakan distribusi konten yang tepat


Membuat konten yang bagus membutuhkan banyak waktu dan usaha. Namun, mengklik tombol “Terbitkan” hanyalah setengah dari pertempuran.

Anda harus memiliki strategi distribusi konten yang tepat yang memanfaatkan beberapa saluran pemasaran untuk mendapatkan daya tarik pada konten Anda bahkan sebelum konten tersebut berhasil mendapat peringkat di SERP.

Inilah yang biasanya kami lakukan dengan konten kami:

  • Bagikan di akun media sosial perusahaan dan pribadi kami
  • Sertakan dalam buletin kami
  • Ubah menjadi pos dan/atau video media sosial yang berdiri sendiri
  • Promosikan dengan iklan

Saya juga menyoroti peluncuran kampanye penjangkauan di sini. Kami jarang melakukannya akhir-akhir ini.

Tetapi penjangkauan bisa menjadi penting untuk kesuksesan Anda, terutama ketika Anda belum begitu terkenal di industri ini.

Menampilkan konten Anda di depan media dan otoritas industri dapat memberi Anda tautan balik dan pengakuan yang luar biasa jika dilakukan dengan benar.

Langkah 4. Optimalkan, dan ulangi


Tentu saja, membuat konten berbasis produk yang luar biasa bukanlah obat mujarab untuk SEO dan WoMM Anda.

Anda akan membutuhkan banyak kesabaran. Selain itu, Anda harus menerapkan praktik SEO terbaik di seluruh situs web Anda dan juga mengikuti tips WoMM lainnya di sini.

Tip 4. Buat atau pekerjakan duta merek


Saya percaya bahwa memiliki duta merek adalah pendekatan terbaik untuk pemasaran influencer , yang pada gilirannya dapat menjadi dorongan besar bagi WoMM Anda.

Seorang duta merek adalah siapa saja yang secara teratur menjadi sorotan mewakili sebuah perusahaan.

Ini sering kali merupakan karyawan dengan kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat.

Tetapi Anda dapat membentuk kemitraan jangka panjang ini dengan siapa pun. Saya yakin Anda mengikuti beberapa influencer yang telah mempromosikan produk tertentu selama bertahun-tahun.

Dalam hal kampanye berbayar, sponsor terbaik dan rekomendasi jujur ​​produk kami berasal dari pelanggan jangka panjang kami:

Email tentang permintaan sponsor podcast


Sekarang, perlu diingat bahwa Anda tidak akan mendapatkan manfaat WoM jika Anda menjalankan kampanye satu kali atau jangka pendek. Dapatkan influencer dan duta merek untuk mempromosikan produk Anda secara teratur.

Anda memiliki peluang terbaik dengan menjangkau orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda. Sekali lagi, jika Anda memiliki produk yang luar biasa, mereka mungkin sudah menyebarkan berita secara gratis.

Tip 5. Bangun komunitas yang terlibat


Memiliki pengikut media sosial yang besar tidak menyiratkan dampak WoM yang signifikan. Untuk membuat ini berhasil, dorong anggota audiens Anda untuk terlibat satu sama lain, bicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan dan produk, dan secara umum buat mereka merasa lebih dekat dengan Anda.

Selama bertahun-tahun, kami telah membentuk komunitas ini menjadi komunitas yang terlibat, dengan anggota yang ingin berbagi pengetahuan, menjawab pertanyaan, dan memberikan masukan tentang perangkat kami.

Anda dapat membuat argumen bahwa semakin besar grup, semakin baik untuk WoM. Namun kami hanya membiarkan pelanggan kami masuk. Mengapa? Nah, ada manfaat besar yang membantu menyebarkan WoM lebih baik lagi.

begitu grup memberikan nilai kepada anggotanya, itu dapat menciptakan efek FOMO bagi mereka yang belum menjadi anggota atau pelanggan.

Tetap perbarui audiens Anda dengan pengembangan produk Anda


Punya fitur baru? Apakah ini generasi baru dari produk Anda? Atau adakah sesuatu yang berubah berdasarkan umpan balik dari komunitas Anda? Gunakan setiap saluran distribusi yang tersedia untuk memberi tahu mereka.

Eksposur hampir tidak pernah cukup, jadi pastikan Anda menggunakan semua profil media sosial, pembaruan blog, video, buletin, dan, tentu saja, grup Anda sendiri.


Yakinlah, informasi ini kemudian dibagikan di semua saluran distribusi lain yang disebutkan sebelumnya.

Mulai percakapan di komunitas Anda


Skenario kasus terbaik untuk komunitas Anda dan pertumbuhan WoM adalah ketika orang-orang terlibat satu sama lain secara organik. Ini terjadi baik di dalam maupun di luar grup FB kami. Tetapi menemukan topik umum dan memulai percakapan itu memperkuat WoM lebih jauh.

Misalnya, kami sering bertanya kepada anggota kami tentang pendapat mereka tentang fitur produk tertentu atau topik SEO dan pemasaran. Selain itu, kami menjalankan “kencan cepat SEO” setiap bulan:

  • Posting FB mendorong anggota untuk berinteraksi dan mencari pekerjaan & peluang terkait SEO lainnya
  • Bersikaplah terbuka, reseptif, dan renungkan umpan balik mereka
  • Buat pelanggan dan penggemar Anda merasa seperti mereka didengar (sebagaimana seharusnya), dan Anda akan lebih dekat dengan mereka sebagai sebuah perusahaan. Ini dapat dilakukan melalui karyawan dan duta merek, membuat interaksi terasa lebih pribadi.


Tak perlu dikatakan, kami terkadang mendapatkan pesan dan umpan balik negatif. Itu benar-benar diharapkan dan alami. Apa yang mungkin tidak begitu umum adalah ketika kami mengatakan bahwa kami akan menjalankan umpan balik dan saran

Benar-benar terlibat dengan audiens Anda adalah sesuatu yang hanya memiliki sisi positif. Ini bahkan bisa dalam bentuk video yang menanggapi FAQ:

Bagikan barang dagangan berkualitas tinggi dan bermanfaat


Mari menjadi nyata. Kemungkinan sebagian besar barang curian bermerek yang Anda dapatkan berakhir di suatu tempat di laci. Tetapi bagaimana jika Anda menghasilkan barang yang ingin digunakan orang dan bahkan bersedia membayarnya?

Menjual barang dagangan Anda dapat dianggap berlebihan. Tetapi menciptakan beberapa kelangkaan pasti menaikkan permintaan jika itu sepadan. Jika hanya beberapa orang dalam acara komunitas yang memiliki barang dagangan yang keren, itu pasti dapat memicu percakapan.

baca juga

Kesimpulan


Anda dapat berhasil di WoMM seperti yang kami lakukan terlepas dari bisnis Anda, terutama jika Anda sudah memiliki produk terbaik.

Jika kami melihat lebih jauh dari taktik yang disebutkan di sini, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menilai dan meningkatkan Skor Promotor Bersih (NPS) Anda , mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan di seluruh platform penting, atau merencanakan kampanye pemberian hadiah tanpa pamrih .

Semua taktik ini digabungkan lebih dari cukup untuk mencapai kesuksesan dengan WoMM.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!