Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal

Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal

undercover.co.id – Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal , Mengapa Bisnis Lokal Harus Khawatir Tentang Pemasaran Konten Dan Bagaimana Mereka Harus Melakukannya? Konten yang unik, relevan, dan menghibur dapat membedakan bisnis lokal dari kompetitor lokal atau perusahaan besar lainnya.

Pemasaran konten, terutama dalam bentuk digital, telah menjadi semakin populer dalam kotak peralatan pemasar modern.

Sementara banyak organisasi besar dengan cepat merangkul strategi pemasaran konten, bisnis lokal yang lebih kecil sering meremehkan potensinya atau tetap tidak yakin tentang relevansinya dengan operasi mereka.

Hal ini terutama terjadi karena tingkat usaha dan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi konten dalam berbagai bentuk; mulai dari blog dan postingan sosial hingga podcast dan video.

Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal

Pemilik dan manajer bisnis kecil mungkin tidak yakin dengan nilai konten dan keuntungan yang akan diberikannya.

Mereka mungkin mengajukan pertanyaan seperti, “Siapa yang punya waktu atau ingin membaca, menonton, atau mendengarkan konten saya?”

Namun, karena perilaku konsumen dan algoritma mesin pencari terus berkembang, pemasaran konten, jika dilakukan dengan benar dan terarah, dapat menjadi aspek yang sangat diperlukan untuk kesuksesan bisnis lokal secara keseluruhan.

Konten yang unik, relevan, dan menghibur dapat membedakan bisnis lokal dari pesaing lokal atau perusahaan besar lainnya.

Mari kita pelajari alasan mengapa strategi pemasaran konten sangat penting untuk bisnis lokal dan pertimbangkan beberapa tips praktis tentang cara menerapkan strategi pemasaran konten yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun otoritas online, melibatkan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal
Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal


Mengapa Bisnis Lokal Membutuhkan Pemasaran Konten?


Terlepas dari ukuran bisnis, ada beberapa faktor pendorong bisnis yang umum yang dapat dipengaruhi secara positif oleh pemasaran konten bagi mereka yang mau dan mampu menerapkannya.

Membangun Otoritas Lokal


Pemasaran konten menawarkan bisnis lokal kesempatan untuk memposisikan diri mereka sebagai otoritas dalam industri dan komunitas mereka masing-masing.

Dengan membuat konten yang berharga dan informatif, bisnis dapat menunjukkan keahlian mereka, mengatasi masalah umum, dan memberikan solusi untuk masalah yang paling mendesak bagi pelanggan mereka.

Ketika konsumen dapat menemukan dan merujuk pada konten yang bermanfaat dari bisnis lokal, mereka akan lebih cenderung mempercayai dan memilih bisnis tersebut daripada kompetitornya, yang mungkin tidak menyediakan hal yang sama.


Membangun otoritas secara alami akan membutuhkan pembuatan konten berkualitas tinggi secara konsisten yang ingin dibaca, disukai, dan dibagikan oleh pelanggan.

Meskipun membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membangun otoritas, hasilnya akan sangat besar bagi bisnis yang menjadi sumber utama untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Meningkatkan Visibilitas Online

Visibilitas pencarian organik adalah kunci keberhasilan jangka panjang bisnis apa pun. Pemilik bisnis kecil menyadari pentingnya muncul di hasil pencarian saat pelanggan mencari layanan mereka.

Pemasaran konten memainkan peran penting dalam pengoptimalan mesin pencari (SEO), karena Google dan mesin pencari lainnya menghargai E-E-A-T (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan) yang dapat diciptakannya.

Dengan memproduksi konten berkualitas tinggi dan kaya kata kunci yang sesuai dengan target audiens mereka, bisnis lokal dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dan penampilan mereka di hasil Google Maps.


Dapat dikatakan bahwa membuat dan memposting konten ke Profil Bisnis Google (GBP) sama pentingnya, bahkan lebih penting daripada jenis pemasaran konten lainnya yang dapat dilakukan oleh bisnis lokal.

Google memberikan penghargaan kepada bisnis yang aktif dan terlibat dengan audiens mereka melalui GBP.

Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal
Pemasaran Konten Untuk Bisnis Lokal

Mengarahkan Lalu Lintas dan Konversi Organik
Penelusuran organik adalah sumber trafik yang berharga untuk bisnis lokal karena cenderung berkonversi pada tingkat yang lebih tinggi daripada trafik dari saluran lain.

Seperti yang telah disebutkan di atas, melalui upaya pemasaran konten, bisnis dapat membuat konten yang menargetkan kata kunci yang relevan dan memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga membangun otoritas mereka, meningkatkan visibilitas, dan mengarahkan lalu lintas organik ke situs web dan Profil Bisnis Google.

Meskipun membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membangun otoritas

Membangun Hubungan dengan Pelanggan
Pemasaran konten yang efektif memungkinkan bisnis lokal untuk terlibat dan membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan mereka.

Postingan media sosial, artikel blog, buletin email, dan video dapat digunakan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan mendorong komunikasi dua arah.

Menanggapi komentar, pertanyaan, dan ulasan pelanggan menunjukkan bahwa bisnis peduli dengan pelanggannya, sehingga menumbuhkan loyalitas dan mendorong bisnis yang berkelanjutan.

Testimoni pelanggan dan studi kasus memiliki beberapa efek untuk menyoroti keberhasilan mitra, membangun otoritas, dan membangun kepercayaan.

Tidak ada salahnya untuk membuat pelanggan Anda yang bahagia merasa istimewa dengan menempatkan mereka dalam sorotan.

Memelihara Penjualan
Pemasaran konten memungkinkan bisnis untuk memandu calon pelanggan melalui saluran penjualan.


Dengan menyesuaikan konten ke berbagai tahap perjalanan pembeli, bisnis dapat menarik prospek, membina mereka dengan konten informatif saat dibutuhkan, dan akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar.

Konten edukasi, perbandingan produk, dan kisah sukses pelanggan adalah beberapa contoh konten yang dapat mendekatkan prospek untuk membuat keputusan pembelian dengan mendukung mereka dengan jawaban atas pertanyaan yang mungkin mereka miliki di setiap tahap.

Bagaimana Seharusnya Bisnis Lokal Menerapkan Pemasaran Konten?
Setelah membangun pemahaman tentang “mengapa” pemasaran konten untuk bisnis kecil, pertanyaannya sering kali adalah “bagaimana” bisnis dapat menerapkan strategi pemasaran konten yang efektif di atas jalannya bisnis sehari-hari?

Kenali dan Bangun Audiens Anda

Memahami target audiens adalah langkah pertama dalam strategi pemasaran konten yang sukses.

Pemilik bisnis lokal atau orang-orang yang mereka pekerjakan harus mengidentifikasi pelanggan ideal mereka, preferensi mereka, poin-poin penting, minat, dan keberadaan digital mereka.

Informasi ini akan memandu pembuatan konten agar sesuai dengan audiens yang dituju, sehingga menghasilkan keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi.

Mengetahui di mana pelanggan cenderung “tinggal” atau berkunjung secara online, baik secara sosial maupun tidak, juga akan membantu membangun audiens yang dapat ditargetkan oleh konten.

Konten yang dibagikan ke dalam kekosongan tidak akan dibaca, disukai, atau dibagikan.

Kembangkan Rencana Konten
Konsistensi adalah kunci dalam pemasaran konten.

Bisnis lokal harus membuat rencana konten yang matang, termasuk kalender konten, garis besar jenis konten yang akan diproduksi, platform yang akan dibagikan, dan jadwal penerbitan target.

Merencanakan konten terlebih dahulu membantu memastikan bisnis tetap terorganisir dan konsisten dalam penyampaian pesannya.

Ciptakan Konten Unik “Anda”
Jadi, jika pemasaran konten telah menjadi sangat penting sehingga semua orang mulai melakukannya, bagaimana bisnis lokal membedakan konten mereka dari yang lain?

Ini tentu saja merupakan salah satu bahaya dan tantangan dengan ledakan konten yang kita alami. Namun setiap bisnis harus dan harus fokus, jika memungkinkan, untuk berbagi cerita dan perspektif mereka.

Pakar pemasaran digital terkemuka Mark Schaefer membahas hal ini dalam sebuah artikel terbaru berjudul “Cara mengalahkan ChatGPT dan gelombang baru Content Shock.”

Kunci dari otoritas topik adalah saran, opini, dan pengalaman yang didukung oleh keahlian.


Kami telah menyinggung tentang pentingnya studi kasus dan kisah sukses pelanggan.

Setiap konten harus menyertakan keunikan apa pun yang dapat diberikan oleh bisnis.

Tidak cukup hanya dengan membuat konten. Konten tersebut haruslah konten Anda.

Diversifikasi Format Konten
Setiap orang lebih suka mengonsumsi konten dalam berbagai format.

Untuk melayani audiens yang lebih luas, bisnis lokal harus mendiversifikasi jenis konten mereka.

Ini dapat mencakup posting blog, studi kasus, video, podcast, atau format lainnya.

Dengan demikian, bisnis dapat membuat audiens mereka tetap terlibat dan tertarik dengan apa yang mereka tawarkan.

Mendistribusikan Konten Melalui GBP
Kami telah membahas pentingnya GBP untuk bisnis lokal dari perspektif visibilitas. Namun, GBP juga merupakan sarana distribusi konten yang penting.


Konten digital apa pun yang dibuat oleh bisnis lokal harus dibagikan dalam konteks postingan GBP, termasuk ajakan bertindak yang kuat yang menautkan kembali ke konten ini di mana pun konten tersebut disimpan.

Memanfaatkan Media Sosial
Platform media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk distribusi konten dan keterlibatan pelanggan untuk jenis bisnis lokal tertentu yang meluangkan waktu untuk membangun pengikut.

Di tingkat lokal, hal ini harus mencakup mengidentifikasi, mengikuti, dan mendukung bisnis dan organisasi lokal lainnya yang dapat membantu meningkatkan visibilitas Anda.

Bermitra dengan influencer lokal atau bisnis yang saling melengkapi dapat membantu memperluas jangkauan dan kredibilitas bisnis.

Selain itu, kolaborasi dapat memperkenalkan bisnis ke demografi baru, mendorong lebih banyak pengunjung dan interaksi online.

Media sosial secara efektif membangun komunitas; secara lokal, ini hanya menjadi perpanjangan dari komunitas fisik.

Berbagi konten yang berwibawa dan/atau menghibur, berinteraksi dengan pengikut/pelanggan, berbagi konten yang dibuat oleh pengguna, dan menjalankan kontes atau promosi media sosial dapat meningkatkan kesadaran merek dan menumbuhkan basis pelanggan yang loyal.

Memantau dan Menganalisis Kinerja

Langkah terakhir, namun sangat penting dan berkelanjutan, dalam inisiatif pemasaran konten yang efektif adalah pemantauan kinerja untuk memungkinkan peningkatan berkelanjutan dan memahami laba atas investasi (ROI).

Bisnis lokal harus melacak indikator kinerja utama (KPI) seperti trafik situs web (dan terutama organik), tingkat konversi, keterlibatan media sosial, dan umpan balik dari pelanggan.

Data ini dapat memberikan wawasan berharga tentang konten apa yang beresonansi dengan audiens target dan area mana yang perlu ditingkatkan.

Dapatkan Bantuan Sesuai Kebutuhan
Tantangan bagi banyak bisnis lokal yang mempertimbangkan pemasaran konten atau pemasaran digital secara umum adalah waktu, usaha, dan pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan dan melaksanakan jenis strategi ini.

Untungnya, pertumbuhan di area ini telah melihat masuknya alat pemasaran konten yang serupa (termasuk peningkatan baru-baru ini dalam opsi AI generatif seperti ChatGPT yang disebutkan di atas) dan dukungan agensi digital berbasis pengalaman.

Singkatnya, bisnis lokal tidak sendirian. Mereka harus memanfaatkan alat dan orang yang tersedia untuk memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin, dengan mengingat bahwa mereka masih harus menambahkan perspektif unik mereka sendiri kapan pun dan di mana pun.

Kesimpulan
Pemasaran konten adalah strategi penting yang harus diprioritaskan oleh bisnis lokal untuk berkembang di pasar digital yang kompetitif saat ini.

baca juga

Dengan berfokus pada pembuatan konten yang bernilai, relevan, dan menarik, bisnis lokal dapat menjadikan diri mereka sebagai otoritas industri lokal, meningkatkan visibilitas, mendorong lalu lintas organik, membangun hubungan pelanggan yang langgeng, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Menerapkan strategi pemasaran konten yang sukses membutuhkan pemahaman yang jelas tentang target audiens, membuat konten yang unik dan relevan, upaya yang konsisten, dan kemauan untuk beradaptasi dan meningkatkan berdasarkan data kinerja.

Dengan merangkul pemasaran konten dan memanfaatkan potensinya, bisnis lokal dapat secara efektif menavigasi lanskap digital dan mendapatkan pijakan yang kuat di pasar masing-masing relatif terhadap pesaing mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?