Published On: Tue, Sep 13th, 2016

Pemasaran yang Smart dan Efektif Menggunakan Mobile Marketing

 Undercover.co.id-Era smartphone telah mengubah landscape bisnis dari model pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital. Banyak pihak membuktikan bahwa cara yang efektif untuk melakukan pemasaran dan kampanye produk adalah dengan pemasaran seperti ini. Melihat gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih dekat dengan mobile, membuat bisnis owner mulai banya melirik dan memilih pemasaran digital sebagai sarana promosi yang efektif. Media sosial, website, yang dikombinasikan dengan grup chatting seperti grup BBM, Watts App hingga Line telah menggeser fungsi pemasaran konvensional menuju arah digital.

Kini, lokasi usaha bukan hal utama lagi, hingga saat ini barangkali sering anda lihat bahwa ruku-ruko yang harganya kian mahal banyak yang tidak laku dijual atau disewakan. Era kini, banyak orang buka usaha tanpa perlu memiliki tempat usaha. Itulah era digital yang lebih jauh bisa disimak dalam uraian berikut ini:

Based on Research, 4% dari budget penjualan, bisa mendongkrak pendapatan sebanyak 8%

Tren  pemasaran digital di beberapa perusahaan dunia, termasuk di Indonesia diyakini akan terus berkembang dalam beberapa dekade kedepan.Praktis dan ekonomis dimana  digital marketing dapat mencakup semua kalangan masyarakat di manapun mereka berada merupakan alasan aplikasi bisnis ini berjalan pesat. Mobile marketing  yang mengandalkan koneksi Internet  bisa dijalankan dengan mudah melalui smartphone, kini mewabah tidak hanya di Amerika dan Eropa, Mobile marketing juga menjadi sesuatu yang berhasil untuk dilakukan di kawasan Asia.

Berawal dari Amerika, merambah Eropa, kemudian masuk ke Asia, mulai dari China dan India dan kemudian Indonesia membuktikan bahwa perkembangan model pemasaran ini sangatlah cepat. Bahkan Coca Cola di China menerapkan mobile marketing dengan menggunakan sekitar 4% dari budget penjualan mereka, dan sukses menghasilkan sekitar dua kali lipat pendapatan yakni sebanyak 8%.

Sayangnya di Indonesia sendiri belum sedahsyat di luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan banyak perusahaan besar di Indonesia yang yang hanya mengalokasikan budget mereka di mobile marketing hanya kurang dari 5 persen.

Ingin tahu penerapan model mobile marketing tersebut di Indonesia? Lihat ulasannya berikut ini:

artikel lain: tiru-jutaan-dollar-dari-bisnis-sepatu-sneakerdon-com

SMARTIES Indonesia Awards, Ajang Penghargaan perusahaan pioner dalam Mobile Marketing di Indonesia

Organisasi marketing Mobile Marketing Association (MMA) Asia-Pasifik, membuat ajang SMARTIES Indonesia Awards, Ajang Penghargaan perusahaan pioner dalam Mobile Marketing di Indonesia dengan tujuan untuk memberi apresiasi serta mendorong perusahaan di Indonesia agar semakin agresif dalam menerapkan mobile marketing ini. Walaupun belum seperti diluar negeri, mobile marketing di Indonesia menunjukkan tren positif dengan adanya kenaikan jumlah pengguna internet, mobile minutes, dan tampilan halaman page views website perusahaan yang menggunakan pemasaran digital dan diikuti dengan pertumbuhan handset dan pasar smartphone.

SMARTIES Indonesia Awards dibuka untuk 12 kategori dengan pemenang sebagai berikut:

  • Kategori Brand Awareness : Unilever Indonesia/Cornetto and Mindshare Indonesia
    • Cornetto Red Velvet Love Song
  • Kategori Product /Service Launch : Unilever Indonesia, Pepsodent and Mindshare Indonesia
    • Mobile Karaoke Competition Bringing Dull Dental to Life
  • Kategori Promotion: Dunkin’ Donuts Indonesia and PT Telekomunikasi Selular, Tbk (TELKOMSEL)
    • Donuts Wonderland
  • Kategori Relationship Building / CRM: Jokowimania (Jo-Man) and Berakar Komunikasi
    • The Story of Jokowi’s Impromptu Walkabout
  • Kategori Lead Generation / Direct Response / Conversion: Berniaga.com and Opera Mediaworks (Indonesia)
    • Berniaga Gratis
  • Kategori Cross Media / Cross Mobile Integration: Jokowimania (Jo-Man) and Berakar Komunikasi
    • The Story of Jokowi’s Impromptu Walkabout
  • Kategori Mobile App: Unilever Indonesia / Bango and Mindshare Indonesia
    • Bango App – Serving Street Food to the Masses
  • Kategori Marketing within a Mobile Gaming Environment: Danone and VML Qais Indonesia
    • Mizone Spirit Generator
  • Kategori Innovation: Unilever Indonesia and Mindshare Indonesia & Vserv Digital Services
    • Magnum Pink & Black Launch Campaign
  • Enabling Technology Company of the Year in Mobile
    • Gojek
  • Agency of the Year in Mobile : Mindshare
  • Marketer of the Year in Mobile : Unilever

baca juga brand-bisnis-indonesia-yang-unik-dan-sukses

Strategi dan Bentuk Mobile Marketing yang Berkembang di Indonesia

Sejak berkembang di era tahnu 2000 an, pemasaran digital kian banyak digunakan menggeser sistem konvensioanl. Sebenarnya ada banyak komponen pemasaran digital  mulai dari kampanye umum melalui website sampai dengan pesan singkat melalui smratphone. Berikut ini yang biasa digunakan:

  • Pemasaran tanpa internet melalui SMS

Pemasaran ini dimulai sejak tahun 2000-an di beberapa Negara seperti Eropa, Amerika Utara, dan Asia sampai akhirnya mulai marak digunakan di tahun 2005 di Indonesia

  • Iklan banner: Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog atau situs kliennya.
  • Pemasaran online yang menggunakan saluran digital, perangkat atau platform misalnya; billboard, DTV, ponsel / tablet, podcast, radio dll
  • Search Engine Marketing – Baik itu melalui strategi konten dan SEO atau melalui pencarian iklan berbayar (Adwords).
  • Promosi Sosial media – bayar iklan di Facebook, promosi di Twitter, Pinterest dan Google+.
  • Promosi Moblie Marketing – Buatlah aplikasi asli dan diajukan ke Google Play juga Apple Store.
  • Email Marketing – Promosi produk atau jasa melalui kampanye pemasaran email.
Digital marketing merupakan bagian dari smart strategi dalam meraih pelanggan baru

Digital marketing merupakan bagian dari smart strategi dalam meraih pelanggan baru

Mobile Marketing memberikan kesempatan bagi kita untuk mencari pelanggan baru dan mempromosikan produk-produk kita

Hal terpenting dalam meningkatkan omzet penjualan adalah strategi pemasaran yang tepat. Pahai dengan baik beberapa perbedaan antara teori pemasaran konvensioanl dan pemasaran digital agar Anda dapat memilih alat yang paling tepat untuk digunakan dalam sebuah kampanye.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat, pemasaran digital bakal menjadi pemasaran masa depan dan secara bertahap akan memperoleh lebih banyak kesempatan di dunia online dan offline. Selain itu, banyaknya media sosial juga bakal mengubah gaya hidup dan komunikasi orang masa kini dan menjadi cara baru untuk berhubungan dengan orang lain.

Pemasar yag kreatif harus mengerti perubahan tren tersebut dan ikut andil dalam meningkatkan penggunaan pemasaran digital di perusahaan yang dia kelola. Cepat atau lambat mobile markeitng akan memberikan kesempatan bagi kita untuk mencari pelanggan baru dan mempromosikan produk-produk kita.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>