Pengusaha Souvenir Lokal Yang Laris Manis

undercover.co.id – Souvenir, barang unik dan istimewa satu ini biasanya sering dicari orang untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan.
Setiap Anda berkunjung ke suatu tempat yang terkenal dengan objek wisatanya, Anda pasti akan mudah menemukan penjual souvenir yang melambangkan objek wisata tersebut.
Namun, ada pula souvenir yang dibuat dengan tujuan khusus seperti untuk acara pernikahan, ulang tahun, syukuran, dan sejenisnya.
Apapun bentuknya, souvenir atau yang disebut juga cendera mata, memiliki peluang bisnis yang menjanjikan karena sering diburu orang.
Salah satu pengusaha souvenir yang berhasil memanfaatkan peluang tersebut adalah Darwo Wibowo, pria asal Brebes yang berdomisili di Megelang.
 
 

Bisnis Dari Kota Militer

Darwo Wibowo membuka bisnis souvenir bukan tanpa alasan. Bisnisnya bermulai dari Magelang, kota domisilinya saat ini, yang dikenal dengan Kota Militer.
Juga karena sejak awal ia memang suka dengan seni kerajinan seperti souvenir, sehingga ia pun senang ketika merintis bisnis yang termasuk sektor UMKM ini.
Ia pun mulai menekuni bisnis dengan memproduksi souvenir bertema militer pada 2006. Pria yang akrab disapa Bowo ini membuka bisnis souvenir militer di Perumahan Tidar Indah, Magelang Tengah.
 
 
 

Ragam Souvenir Langganan Instansi Militer

Seperti bisnis souvenir pada umumnya, Bowo tidak memproduksi satu jenis souvenir saja. Beragam jenis souvenir ia produksi, mulai dari gantungan kunci berbagai ukuran, patung, medali, miniatur, sapu tangan, hingga plakat.
Selama hampir dua belas tahun, souvenir produksinya ini telah menjadi langganan banyak orang, seperti toko perlengkapan militer dan berbagai instansi militer yang ada di Magelang maupun luar Magelang.
Bahkan ia pernah melayani pesanan dari pasukan khusus Indonesia untuk misi perdamaian PBB.
 
 

Peningkatan Pesanan

Dari waktu ke waktu, produk souvenir Bowo semakin populer. Terbukti dengan membludaknya pesanan souvenir yang ia terima.
Dengan bantuan 15 karyawannya, ia pun masih kesulitan dalam memenuhi pesanan souvenirnya.
Untuk mengatasi hal ini, ia hanya menerima pesanan yang datang secara langsung dan pesanan dari instansi militer di Magelang.
Ia juga membuka kesempatan untuk warga Magelang lainnya yang ingin membuka usaha sejenis dengan memberikan pelatihan pembuatan souvenir, agar banyaknya pengusaha souvenir bisa seimbang dengan banyaknya pesanan.
 
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Peluang Bisnis Minuman Dengan Modal 100 Ribu
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
 
Bisnis Bowo yang dimulai dengan memanfaatkan lokasi usaha ini termasuk usaha sektor UMKM yang berhasil. Dengan harga souvenir mulai dari Rp 5.000,-, ia berhasil meraup untung hingga 30 juta rupiah setiap bulannya.
Meski sudah berhasil, Bowo masih berharap bisnis souvenir militer di Magelang bisa lebih berkembang dan lebih beragam sehingga semakin banyak orang yang datang untuk memesan souvenir militer khas Magelang.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!