Penilai Berkualitas dari Google

undercover.co.id – 13 Hal yang Diperhatikan oleh 10.000+ Penilai Berkualitas dari Google , Tanyakan pada kebanyakan orang dan mereka akan mengatakan bahwa Google menggunakan algoritme, bukan manusia, untuk membantu “memberi peringkat” situs web.

Meskipun mereka benar tentang Google yang menggunakan algoritme, ribuan karyawan Google melatih algoritme tersebut. Pada akhirnya, orang-orang ini memiliki dampak besar pada hasil yang kita lihat ketika kita mencari di Google.

Sebelum kita membahas 13 hal terpenting yang harus Anda ketahui tentang pedoman penilai kualitas penelusuran Google, mari kita lihat alasan mendasar mengapa Google membutuhkan lebih dari sepuluh ribu karyawan penuh waktu untuk melihat situs web seperti situs web Anda.

Tujuan dari Penilai Kualitas Penelusuran Google


Tujuan di balik pedoman ini adalah untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil berkualitas tinggi untuk setiap penelusuran. Untuk melakukan hal ini, Google telah mempekerjakan sejumlah kecil pasukan untuk menilai kualitas hasil pencarian secara manual.

Karena lanskap pemasaran digital terus berkembang dan perangkat seluler menjadi lebih populer, penilai kualitas penelusuran mulai semakin menekankan penelusuran seluler, dibandingkan dengan fokus sebelumnya pada pembuat konten dan reputasi situs.

Google telah mengembangkan proses yang ketat untuk membantu memastikan para penilai melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang seefisien mungkin. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ingat saat membangun situs Anda.

Apa yang Dilakukan Penilai Kualitas Halaman Google?


Penilai kualitas halaman memiliki tugas penting untuk memastikan bahwa hasil pencarian teratas memberikan apa yang sebenarnya ingin ditemukan oleh pencari. Namun, apa saja yang dilakukan oleh mereka, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan pengetahuan tentang apa yang mereka cari untuk keuntungan merek Anda?

image size-full">Penilai Berkualitas dari Google

Penilai Kualitas Penelusuran Google mengikuti proses enam langkah yang membantu mereka meninjau dan menilai hasil penelusuran:

  1. Mereka Mengajukan Pertanyaan
    Pada tahap ini, penilai mengajukan pertanyaan awal tentang halaman arahan yang ditugaskan untuk mereka lihat. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk memungkinkan penilai menilai kualitas dan kegunaan halaman dengan lebih baik.
  2. Mereka Mencatat Pengamatan Mereka
    Selanjutnya, penilai akan mencatat pengamatan mereka tentang kualitas dan karakteristik halaman arahan. Informasi yang terdokumentasi ini adalah kunci untuk memperbarui algoritma.
  3. Mereka Memeriksa Situs di Pencarian Seluler
    Ingat, para penilai ini semakin fokus pada penelusuran seluler. Karena itu, langkah ketiga dalam proses mereka adalah menjalankan pencarian yang sama di perangkat seluler dan menilai kualitas di sana juga.
  4. Mereka Mempertimbangkan Situs Web dan Pembuatnya E-A-T (Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan)
    Langkah keempat dalam proses ini adalah langkah yang sangat penting. Di sinilah para penilai akan menentukan reputasi situs web dan pembuatnya dengan mengevaluasi Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan mereka.
  5. Mereka Memberi Peringkat pada Halaman
    Sekarang, penilai secara resmi mencatat peringkat kualitas halaman secara keseluruhan pada sidebar penilaian.
  6. Mereka Menjelaskan Peringkat Mereka
    Terakhir, pemberi peringkat meninggalkan komentar yang menjelaskan peringkat mereka kepada orang lain, sehingga mereka dapat mencapai konsensus. Hal ini memungkinkan penyesuaian yang akurat pada algoritme Google.

Dengan mengingat hal ini, mari kita lihat lebih dekat 13 hal yang harus Anda ketahui tentang Pedoman Penilai Penelusuran Google.

baca juga

image size-full">undercovercoid 154

13 Hal yang Digunakan Penilai Kualitas Penelusuran Google untuk Memberi Peringkat Situs Web


13 item berikut ini memberikan gambaran singkat tentang item terpenting yang harus Anda pahami tentang prosesnya. Ke-13 item tersebut diringkas dari dokumen komprehensif Google setebal 164 halaman yang berjudul “Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran”.

  1. Kualitas Halaman
    Pada intinya, peringkat kualitas halaman akan menentukan seberapa baik halaman Anda memenuhi tujuannya. Selama Anda memenuhi standar ini dan halaman Anda memenuhi tujuan yang Anda katakan, halaman Anda tidak akan diberi peringkat negatif dengan satu pengecualian.
    Penilai penelusuran Google memberikan peringkat kualitas halaman terendah untuk situs yang dibuat untuk membahayakan atau menipu pengguna dengan cara apa pun.
  2. Halaman Uang Anda atau Hidup Anda (YMYL)
    Mayoritas situs web dipisahkan menjadi dua kategori berbeda oleh penilai Google: “Uang Anda” atau “Hidup Anda”, yang juga dikenal sebagai YMYL.
    Pembedaan ini penting: halaman-halaman ini diteliti lebih ketat daripada yang lain karena berpotensi memengaruhi kehidupan pengguna. Contoh dari halaman-halaman ini termasuk yang berhubungan dengan:
  • Belanja atau keuangan (Uang Anda).
  • Informasi keuangan (Uang Anda).
  • Informasi hukum (Uang Anda).
  • Informasi medis (Your Life).
  • Halaman yang didedikasikan untuk keamanan pengguna (Your Life).
  • Berita atau informasi publik/resmi (Perhatikan bahwa semua artikel berita adalah YM atau YL).

Jika situs Anda ditujukan untuk salah satu area di atas, sangat penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk mengoptimalkannya sesuai dengan Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran Google. Dengan demikian, peringkat halaman Anda tidak akan terkena penalti karena peningkatan pengawasan.

  1. Jenis dan Tujuan Halaman
    Selain halaman YMYL, ada beberapa jenis halaman. Halaman-halaman ini adalah halaman yang:
  • Membagikan informasi tentang topik tertentu (misalnya blog).
  • Membagikan informasi pribadi atau sosial (misalnya Facebook).
  • Membagikan gambar, video, atau media lainnya (misalnya YouTube).
  • Menghibur (misalnya Netflix).
  • Memungkinkan pengguna untuk memposting dan menjawab pertanyaan (misalnya Yahoo! Answers).
  • Memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengunduh file dan perangkat lunak (misalnya CNET).
  • Memahami kategori halaman web Anda dapat membantu Anda menyesuaikan konten untuk mencapai peringkat pencarian yang lebih baik.
  1. E-A-T (Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan)
    Jika Anda ingin situs web Anda mendapatkan skor yang baik pada skor Kualitas Halaman, Anda harus mempertimbangkan E-A-T.

E-A-T mengacu pada keahlian, otoritatif, dan dapat dipercaya dari halaman web, konten utama, dan pembuat halaman web.

Individu dan situs yang mendapat skor tinggi pada ketiganya akan menikmati peringkat Page Quality yang tinggi.

Mari kita lihat beberapa contoh E-A-T yang bagus untuk melihat bagaimana hal ini dapat digunakan untuk menentukan peringkat akhir:

Jurnalisme yang Diproduksi Secara Profesional: Berita berkualitas tinggi menikmati peringkat Kualitas Halaman yang lebih tinggi. Halaman-halaman ini memiliki integritas jurnalistik dan dapat secara akurat menginformasikan informasi penting kepada pembaca.


Saran Medis dari Profesional Medis: Jika Anda membuat halaman yang menawarkan saran medis, pastikan bahwa Anda adalah seorang profesional medis. Penilai pencarian Google akan memberikan nilai rendah pada situs dan halaman yang menawarkan saran medis dari individu yang tidak memiliki pelatihan medis.


Nasihat Hukum dan Keuangan dari Para Ahli: Demikian juga, jika Anda memberikan nasihat hukum atau keuangan, pastikan bahwa Anda juga memenuhi syarat untuk melakukannya. Karena topik-topik ini dianggap sebagai YMYL, maka topik-topik ini akan berada di bawah pengawasan yang sangat ketat, seperti halnya nasihat medis.


Hobi: Jika Anda mengajari pengguna cara mengendarai skateboard, pastikan Anda tahu cara melakukannya sendiri.


Singkatnya, pastikan Anda memiliki kredensial yang sesuai untuk memposting konten Anda dengan Keahlian, Kewibawaan, dan Kepercayaan.

  1. Kualitas Konten
    Selain konten halaman web, penting untuk memahami bagian-bagian yang berbeda pada halaman web.
    Bagian-bagian tersebut adalah:

Konten Utama (MC): Alasan Anda membuat halaman web di tempat pertama, yang merupakan salah satu penentu terpenting dari peringkat Kualitas Halaman akhir.


Konten Tambahan (SC): Konten yang menambah atau mengurangi MC halaman (mis. tab navigasi situs).
Agar konten mendapat nilai tinggi, konten tersebut harus relevan dan segar bagi pengguna. Hal ini akan membantu memposisikannya dengan lebih baik di peringkat akhir.

Beberapa konten, misalnya, mungkin mengharuskan informasi yang terbaru. Jika halaman Anda tidak mutakhir di bidang ini, halaman tersebut tidak akan diberikan peringkat “Memenuhi Kebutuhan”.

Halaman web lain mungkin tidak memiliki maksud “baru” atau segar di belakangnya. Dalam hal ini, mereka mungkin lebih ditargetkan untuk mereka yang mencari konten yang “abadi”.

image size-full">Penilai Berkualitas dari Google

Terakhir, jika Anda berhenti memperbarui halaman web Anda atau memiliki informasi yang tidak akurat di dalamnya, bersiaplah untuk mendapatkan peringkat E-A-T yang rendah.

  1. Menemukan Informasi Situs Web
    Informasi situs web seharusnya tidak sulit didapat.

Halaman-halaman yang berbeda di situs Anda harus jelas. Jika Anda memiliki dua beranda, penilai hanya akan menilai halaman yang memiliki informasi paling relevan, jadi perhatikan hal ini saat Anda mengembangkan situs Anda. Selain itu, para penilai harus dengan cepat dapat mengetahui siapa yang membuat situs web dan siapa yang membuat konten halaman.

  1. Meninjau Reputasi Situs Web
    Hampir tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat Kualitas Halaman yang tinggi jika Anda tidak membangun reputasi yang baik. Untuk alasan ini, penting untuk memahami kriteria yang menentukan bagaimana reputasi Anda dihitung.

Reputasi Anda akan bergantung pada pengalaman pengguna, serta pendapat profesional dari mereka yang memiliki pengetahuan ahli tentang topik Anda. Semakin akurat, semakin baik.

Penilai juga akan mencari informasi dari luar tentang situs web. Ini mungkin termasuk referensi, ulasan, dan rekomendasi ahli mengenai situs Anda.

  1. Pedoman Kualitas Halaman untuk Seluler
    Penting bagi pengguna seluler untuk mendapatkan akses yang cepat dan nyaman ke konten mereka. Jika halaman Anda tidak menyediakan hal ini, maka peringkat kualitasnya akan menurun.

Pastikan halaman Anda memenuhi standar berikut ini:

  • Mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar ponsel.
  • Versi seluler mudah digunakan di ponsel.
  • Pengguna dengan koneksi internet yang lambat tidak terbebani oleh halaman web Anda.
  • Data, seperti informasi login atau kartu, mudah dimasukkan.
  1. Mengklasifikasikan dan Memahami Pertanyaan

Penting juga untuk mengetahui bahwa pengguna melakukan pencarian dengan maksud tertentu, dan Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi jika halaman Anda secara langsung menjawab salah satu dari kueri ini.

Ini termasuk:

  • Lakukan Kueri: Pengguna ingin ponsel mereka melakukan suatu tindakan.
  • Know Query: Pengguna berusaha mencari informasi mengenai topik tertentu.
  • Kueri Situs Web: Pengguna mencoba menemukan situs web tertentu.
  • Kueri Kunjungan Langsung: Pengguna mencari bisnis atau lokasi di daerah mereka.
  • Selain itu, banyak pengguna yang menikmati proses window shopping virtual.

Untuk mendapatkan peringkat Kebutuhan Terpenuhi yang tinggi, situs harus menyalurkan pengguna melalui penelitian dan penelusuran yang tepat pada perjalanan pelanggan-pengguna mereka. Informasi yang lebih tinggi ini harus berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik, terutama untuk produk yang dapat secara dramatis memengaruhi kualitas hidup seseorang, seperti renovasi rumah.

  1. Kueri Penelusuran Lokal
    Penelusuran seluler telah mempengaruhi cara pengguna membuat kueri penelusuran. Menentukan lokasi sangat penting untuk membuat interpretasi yang lebih tepat dari kueri pengguna. Pencarian di ponsel pintar telah meningkatkan jumlah “lakukan kueri” dan pentingnya memahami lokasi pengguna.

Sebagai contoh, pengguna yang tinggal di Inggris mungkin akan mendapatkan hasil yang berbeda untuk istilah “sepak bola” dibandingkan dengan pengguna yang tinggal di Amerika Serikat. Atau, jika seseorang menggunakan perintah suara “Kedai kopi di dekat saya”, Google perlu menampilkan kedai kopi terdekat dari ponsel tersebut.

  1. Menetapkan Interpretasi Kueri yang Benar
    Biasanya sebuah kueri memiliki arti yang berbeda dengan apa yang muncul di halaman pencarian Google. Google mengkategorikannya sebagai Interpretasi Dominan, Umum, atau Kecil.

Interpretasi Dominan adalah apa yang dimaksud oleh sebagian besar pengguna saat mengetik kueri. Interpretasi Umum adalah apa yang diharapkan oleh banyak pengguna untuk ditemukan dari kueri, sementara Interpretasi Minor dicari oleh pengguna yang relatif lebih sedikit.

Sebagai contoh, Interpretasi Dominan dari kueri [apple] adalah perusahaan, Apple. Interpretasi Umum adalah buah, apel, dan Interpretasi Minor adalah nama tempat di AS: Apple, Oklahoma.

  1. Pedoman Penilaian Peringkat Terpenuhi Kebutuhan
    Peringkat Terpenuhi Kebutuhan sebuah halaman secara langsung dipengaruhi oleh kemampuannya untuk membantu pengguna seluler.

Pertimbangkan pedoman berikut ini untuk peringkat Terpenuhi Kebutuhan:

  • Memenuhi Sepenuhnya (Fully Meets) – Sebagian besar, jika tidak semua, pengguna langsung puas dengan halaman Anda. Ini berarti mereka tidak perlu mencari yang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.
  • Sangat Memenuhi (HM)-Pengguna yang mengunjungi situs ini telah terbantu, tetapi mereka mungkin ingin melihat hasil tambahan dari sumber lain.
  • Cukup Memenuhi (MM)-Ini mungkin berguna untuk beberapa pengguna seluler, atau banyak pengguna secara umum, tetapi ada banyak yang ingin melihat hasil tambahan juga.
  • Sedikit Memenuhi (SM)-Halaman yang memenuhi standar ini sangat membantu, tetapi tidak secara langsung terkait dengan kueri yang dimaksud. Karena itu, sebagian besar pengguna kemungkinan besar ingin melihat hasil tambahan.
  • Gagal Memenuhi (FailsM)-Kebutuhan pengguna tidak terpenuhi, dan mereka akan mencari sumber lain untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  1. Peringkat Kualitas Halaman Secara Keseluruhan
    Setelah faktor-faktor penting di atas dihitung, halaman akan menerima peringkat akhir.

Peringkat akhir diuraikan di bawah ini:

Halaman Kualitas Tertinggi
Halaman dengan kualitas tertinggi memberikan manfaat yang pasti. Halaman mereka jelas dengan jumlah MC yang cukup banyak yang sepenuhnya mendukung tujuan halaman. Semua informasi yang diperlukan transparan dan mudah ditemukan. Selain itu, reputasi halaman tersebut membangun Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan yang sangat tinggi.

Halaman Berkualitas Tinggi
Halaman memiliki tujuan yang jelas yang diuraikan secara efektif kepada pengguna. Informasi memuaskan pengguna dan mereka tidak terdorong untuk mencari situs lain. Reputasi yang baik dan E-A-T yang tinggi terbentuk.

Halaman Kualitas Sedang
Halaman-halaman ini memuaskan sebagian besar pengguna dan memenuhi tujuannya dengan cukup baik. E-A-T dan reputasinya tidak setinggi yang lain, tetapi mereka masih memberikan informasi akurat yang dapat dipercaya oleh pembaca. Halaman-halaman ini mungkin kurang dalam hal MC jika dibandingkan dengan halaman lain yang berkualitas lebih tinggi.

Halaman Berkualitas Rendah
Halaman Kualitas Rendah gagal memenuhi tujuannya. Halaman-halaman ini memiliki maksud yang baik tetapi reputasi yang buruk dan E-A-T yang rendah. Konten utama kurang, dan informasi situs mungkin sulit ditemukan.

Halaman Kualitas Terendah
Halaman-halaman ini dimaksudkan untuk merugikan orang lain. Halaman yang mempromosikan kekerasan, pencurian, atau penipuan dalam bentuk apa pun termasuk dalam kategori ini. E-A-T dan reputasi mereka sangat rendah.

Oke, jadi sekarang Anda sudah menjadi ahli. Apa selanjutnya?

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor di atas saat membangun halaman web Anda. Untuk memastikan peringkat halaman yang tinggi, Anda harus memastikan bahwa Anda memilikinya:

  • Tujuan halaman yang jelas yang disampaikan.
  • Tag judul dan deskripsi Meta yang dengan jelas menguraikan halaman arahan.
  • Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan (E-A-T) dalam topik Anda.
  • Konten Utama berkualitas tinggi dalam jumlah yang cukup.
  • Informasi tentang situs dan pembuat MC di lokasi yang mudah ditemukan.
  • Reputasi penulis yang kuat, serta reputasi situs web yang tinggi.

Leave a Comment

error: Content is protected !!