Published On: Tue, Sep 20th, 2016

Peran Besar Buzzer untuk Kemajuan Sales

undercover.co.id – Dalam kaitannya dengan promosi di dunia maya memang banyak sekali alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh seorang penjual maupun perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Nah, satu yang telah banyak mendapatkan sorotan yaitu istilah “buzzer”. Istilah tersebut muncul bersamaan dengan media sosial Twitter yang booming sejak kelahirannya 10 tahun silam.

Kemudian banyak orang yang mengistilahkan dengan Twitter buzzer. Di Indoneisa Twitter buzzer menjadi fenomena unik dan bahkan buzzer dapat dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan. Selaras dengan itu akhir-akhir ini seorang buzzer juga menjadi incaran para pebisnis atau perusahaan untuk membantu aktifitas marketing mereka.

Pertanyaanya adalah kenapa harus twitter buzzer? Ingat bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna Twitter paling banyak. Dengan alasan tersebut, Twitter secara sendirinya menjadi ladang yang sangat subur dalam melakukan aktifitas bisnis.

Lantas apa yang dimaksud dengan Twitter buzzer tersebut? Bagaimana peran twitter buzzer dalam rangkaian aktifitas marketing? Seberapa pentingkah peran seorang buzzer dalam menunjang sales dan marketing? Perlukan perusahaan anda menggunakan buzzer sebagai ajang promosi?

Bagaimana cara memilih buzzer? Itulah sederet pertanyaan yang sering diajukan oleh para netizen khususnya mereka yang baru memulai bisnis dengan memanfaatkan media internet. Silahkan simak uraian berikut ini mengenai rahasia Twitter buzzer serta perannya dalam pemasaran online.

Siapa Sebenarnya Twitter Buzzer?

Twitter buzzer adalah seorang pengguna Twitter yang memiliki banyak follower. Perbedaanya dengan pengguna Twitter biasa, seorang buzzer memiliki karisma tersendiri dan opininya  memiliki pengaruh kepada orang lain. Setiap buzzer memiliki karakternya sendiri dan mereka juga berkecimpung dalam kategori topik tertentu saja dalam menggait follower.

Misalnya akun buzzer seputar dunia remaja, maka kebanyakan orang yang mem-follow juga dalam kategori usia, interest dan karakter yang sama.

Biasanya seorang buzzer memiliki follower hingga ribuan bahkan jutaan, akan tetapi juga tidak jarang ditemui akun buzzer yang memiliki follower sedikit akan tetapi mereka sangat loyal. Hal itu bisa terjadi karena kemungkinan besar akun buzzer tersebut memiliki keunikan tersendiri entah dari sisi figur di balik akun tersebut, tema yang diangkat, maupun gaya bahasa yang digunakan.

Buzzer bisa juga diartikan sebagai influencer yang artinya orang  yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi audience atau pembaca.

Dalam hal ini seorang Twitter buzzer diartikan lebih luas lagi. Kalau yang kita kenal Twitter buzzer itu lebih masuk dalam kategori brand ambassador yang memiliki tugas untuk menjalankan campaign suatu produk atau rekomendator atas sebuah produk, maka jika dilihat dari kemampuannya sebagai influencer, seorang Twitter buzzer bisa saja memiliki tugas lebih dari itu. Misalnya adalah untuk kepentingan sebuah organisasi politik dan lain sebagainya.

baca juga: patut-ditiru-6-inspiring-womens-ini-buktikan-setiap-wanita-adalah-pahlawan-dan-bisa-sukses-di-segala-bidang/

Seberapa Manjur Sales & Marketing Melalui Twitter Buzzer?

peran-buzzer-dalam-meningkatkan-omzet

peran-buzzer-dalam-meningkatkan-omzet

Fenomena yang sungguh mengejutkan ketika kita mengetahui harga tweet yang ditulis oleh seorang Twitter buzzer yang bisa mencapai jutaan rupiah per-tweet dengan jumlah kata tidak sampai 200 karakter. Akun buzzer yang membandrol harga sebegitu tinggi pasti memiliki reputasi yang sangat bagus

Mengetahui hal tersebut secara tidak langsung kita bisa memahami bahwa ternyata channel Twitter itu bisa menjadi transportasi sales dan marketing yang sangat ampuh. Mengapa orang berani membayar seorang Twitter buzzer dengan harga yang sangat mahal kalau tidak mempunyai efek yang manjur?

Tentunya hal tersebut juga tidak bisa digeneralisasi untuk semua jenis promosi dan harus ada case atau faktor tertentu yang bisa dijadikan ukuran.

Karena memang tidak semua produk bisa go online. Kalau produk yang dipasarkan mengharuskan adanya promosi online maka peran media social seperti Twitter memang sudah harus dipikirkan. Dan jika sudah merambah ke dunia online maka akun Twitter buzzer bisa kita jadikan alternatif promosi yang cukup efektif.

Jika kita sudah benar-benar memahami ceruk pasar yang akan kita selami, maka dengan memilih akun Twitter buzzer yang qualified berdasarkan kategori yang tepat pada dasarnya juga bisa dijadikan strategi dalam menekan biaya promosi. Karena kalau dilihat dari segi efektifitasnya promosi melalui buzzer akan sangat jauh lebih murah dibanding beriklan di koran maupun televisi.

Cara Memilih Twitter Buzzer

Tentunya ada tips dan trik tersendiri dalam memilih Twitter buzzer yang benar-benar qualified dan bisa membawa sebuah brand lebih dikenal oleh pengguna Twitter secara khusus maupun netizen secara umum. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda pelajari:

  1. ID buzzer

ID buzzer sama dengan ID Twitter yang didahului oleh simbol at sign (@), misalnya @KucingLucu. Dengan melihat ID tersebut kita bisa berasumsi bahwa topik yang dibicarakan dalam akun tersebut adalah hal-hal seputar kucing entah itu cara perawatan, koleksi dan lain sebagainya. Pemilihan ID sangat penting untuk diperhatikan. Dan jangan sampai anda memilih ID tersebut untuk beriklan obat kuat, karena pasti tidak akan mendapatkan perhatian dari para followernya.

Diantara banyak pilihan buzzer, pasti yang menjadi prioritas anda adalah yang memiliki follower yang banyak. Akan tetapi anda jangan berhenti disini karena meskipun kuantitas followernya mumpuni belum tentu kualitasnya bagus. Maka dari itu perlu pertimbangan lainnya.

  1. Mempelajari tipe follower

Goal atau tujuan dari mempelajari tipe follower pada sebuah akun buzzer adalah pemetaan pasar. Tentunya anda juga harus tahu bahwa follower pada ID tersebut akan memiliki interest terhadap produk yang anda tawarkan.

Banyak sekali yang harus dipelajari dari setiap follower termasuk wilayah geografis, hobi, topik yang diminati, umur, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui profile follower maka akan sangat mudah menilai apakah ID buzzer tersebut memang cocok atau tidak terhadap produk yang akan kita pasarkan.

  1. Biaya tweet

Soal mahal dan tidak itu relatif, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah prioritas dan alokasi budget yang telah anda siapkan.

  1. Kualitas konten

Poin ini agaknya yang cukup sulit untuk diterapkan, karena tidak semua buzzer dapat mengarang kalimat-kalimat yang hypnotic alias kalimat yang benar-benar cetar. Untuk mempelajari kualitas konten anda bisa mempelajarinya melalui timeline yang sudah mereka buat. Biasanya kualitas konten yang bagus memiliki tingkat engagement tinggi yang ditandai dengan adanya re-tweet dan Favorite yang banyak.

artike lain: bisnis-jasa-kontraktor-bangun-dan-renovasi-rumah-kantor/

Ketahui Bahwa Anda Juga Bisa Menjadi Seorang Buzzer

Selain menyewa jasa buzzer anda juga bisa menjadi buzzer sendiri dengan  syarat anda adalah orang populer alias dikenal banyak orang entah di media online maupun offline atau jika anda adalah orang yang super kreatif.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>