Di era digital seperti sekarang ini, bisnis online menjadi alternatif yang dinilai lebih efektif dibandingkan berbisnis secara offline. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang memilih menyerah dengan bisnis offline-nya dan beralih sepenuhnya ke bisnis online.
Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online, mulai dari marketplace, sosial media, hingga website. Website banyak menjadi pilihan terakhir para pebisnis karena dianggap mahal, sulit untuk dibuat, dan ribet untuk perawatannya.
Walaupun memang agak sulit untuk diatur, website sebenarnya memiliki berbagai keuntungan yang sangat menjanjikan bagi para pemilik bisnis.
Karena itulah hampir semua bisnis-bisnis besar memiliki website yang mengisi daftar pencarian di mesin pencari. Jika website dimiliki oleh pebisnis kecil, bayangkan saja banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengusaha bisnis online memerlukan website dan apa yang harus dilakukan setelahnya:
Manfaat Website Untuk Pengusaha UKM
Lebih efektif dan efisien
Memiliki website jelas akan sangat membantu berjalannya bisnis anda. Semua tahapan pembelian konsumen mulai dari, pemesanan, pembayaran, hingga pengantaran barang bisa berjalan secara otomatis melalui website.
Hal ini tentunya dapat memudahkan baik konsumen dan juga pemilik bisnis. Konsumen bisa menghemat waktunya dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih efisien. Jika anda mengelola website anda dengan baik, hal ini tentunya dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan kepercayaan konsumen.
Meningkatkan citra bisnis
Website masih mendapatkan citra yang baik di mata konsumen, hal ini karena kesan website yang meyakinkan Semua bisnis yang memiliki website yang tertata dengan baik akan langsung dianggap sebagai bisnis yang terpercaya dan memiliki banyak konsumen. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi bisnis online anda.
Meningkatkan hubungan dengan konsumen
Melalui website anda akan lebih mudah mengenal dan me-monitor konsumen-konsumen anda. Anda bisa melihat dan memetakan karakter konsumen melalui berbagai parameter seperti, traffic penjualan, produk yang paling diminati, dan tanggapan para konsumen.
Jika data-data tersebut bisa anda olah dan manfaatkan dengan baik, ini bisa sangat membantu anda dalam mengatur strategi bisnis anda ke depannya. Anda juga bisa lebih mudah menentukan berbagai waktu dan penerapan strategi promosi yang tepat.
Memperluas target pasar
Dengan memiliki website, bisnis anda akan lebih dikenal oleh konsumen. Apalagi jika anda mampu menempatkan website anda di daftar pencarian teratas, anda akan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor anda yang lain.
Dengan luasnya internet jaman sekarang, website bisa membuat target pasar bisnis anda semakin luas, bahkan bisa menjangkau luar negeri.
Website juga mudah untuk diakses kapan saja dan di mana saja melalui berbagai media, seperti handphone dan tablet, sehingga akan semakin memudahkan konsumen untuk menemukan bisnis anda.
Apalagi sekarang bisnis online juga lebih banyak dicari dibanding toko offline sehingga ada semakin banyak potential consumer yang akan mengunjungi website anda.
Setelah selesai membuat website bukan berarti usaha digital marketing anda akan berakhir di situ. Website masih harus diperbaiki supaya dapat menarik minat konsumen secara maksimal. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimization.
Penerapan SEO yang baik bisa meningkatkan kunjungan website anda dan akhirnya menempatkan website anda pada peringkat atas di halaman pencarian. Anda bisa memilih untuk mempelajari teknik SEO secara otodidak atau menggunakan jasa SEO yang banyak menawarkan berbagai pilihan pemanfaatan SEO dengan harga yang terjangkau.
baca juga