Perusahaan Anda Di Jakarta ? Coba kenali Tipe Pelanggan Ini

Categories: Tips Bisnis Online
jasa seo

undercover.co.id – Bagi anda pengusaha yang bergerak di bidang ritel, pastinya selalu memfokuskan diri pada pelanggan, baik itu yang sudah menjadi pelanggan setia, atau pelanggan yang baru. Masalah tersebut bisa menjadi sangat menyebalkan di kala anda kesusahan dalam menemukan solusinya.

Alhasil, anda pun harus berpikir keras dan mencoba segala cara untuk memecahkannya. Beragam cara pun dilakukan, seperti melakukan promosi melalui sebuah iklan, dan memberikan penawaran harga murah. Kedua cara itu semata-mata diperuntungkan guna menarik perhatian para pelanggan anda.

Lantas, apakah kedua cara itu efektif?

Jawabannya ya, memang efektif. Selama tidak terjadi kerugian yang menyebabkan ketimpangan perlakuan antara pelanggan lama dan pelanggan baru.

Anda sebagai pelaku usaha pasti ingin membuat pelanggan lama menjadi tetap setia, namun di sisi lain pelanggan baru pun harus datang juga kepada anda.  Maka dari itu, dalam rangka memenuhi keinginan anda itu, kami akan membagikan informasi tentang

5 (lima) Tipe Pelanggan Yang Sebaiknya Anda Ketahui

  1. Tipe Pelanggan yang Setia

Bilamana anda telah melakukan usaha sejak lama, pasti anda mempunyai sebuah data pelanggan yang hadir ke tempat usaha anda. Kalau begitu, sekarang saya tanya, kira-kira secara persentase sudah berapakah jumlahnya? Apakah di angka 70%, 30%, atau bahkan setengahnya? Jika memang demikian, maka dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa merekalah orang yang sudah setia pada anda.

Baca Juga Ajarkan 8 Hal Ini – Untuk Anak Calon Pengusaha

Sekarang yang harus anda lakukan adalah menjaga sebaik mungkin hubungan dengan mereka. Bila memang sudah mencapai angka 50% pelanggan setia, maka, jagalah dengan baik-baik. Bisa anda coba dengan memberikan perhatian pada mereka, semisal; komunikasi secara teratur melalui telepon selular, mengikuti mereka di akun sosial media miliknya, atau pun saling bertukar e-mail. Hal tersebut memang sederhana, namun besar sekali manfaatnya.

Perusahaan Anda Di Jakarta Coba kenali Tipe Pelanggan Ini

Perusahaan Anda Di Jakarta Coba kenali Tipe Pelanggan Ini – foto by yea

Selain itu, tipe pelanggan ini pun dapat membantu anda dalam membangun sebuah usaha. Mereka bisa memberikan kritik atau saran terhadap bisnis anda. Dengan begitu, mereka pun menjadi merasa sangat dihargai dan dibutuhkan keberadaannya. Oleh karena itu, jangan heran bila suatu saat mereka dapat merekomendasikan produk anda pada teman-teman mereka, karena betapa setia dan bahagia mereka dengan perlakukan anda.

2. Tipe Pelanggan yang Haus Diskon

Pelanggan yang suka datang ke tempat anda bilamana melihat harga diskon yang anda tawarkan, maka itulah mereka. Dengan tipe mereka yang cenderung lebih menyukai diskon, maka anda pun tentu harus menyediakan diskon di tempat usaha anda.

Perusahaan Anda Di Jakarta ? Coba kenali Tipe Pelanggan Ini  Cara untuk menaklukan mereka adalah dengan cara memberikan penawaran harga yang menarik dan dapat dibeli dengan jumlah yang banyak. Sebab, mereka yang suka diskon ini, akan datang dengan membawa banyak uang. Oleh karena itu, semakin banyak diskon pada banyak barang, akan semakin sering pula mereka membelinya. Hasilnya, penjualan anda akan meningkat dan mereka pun akan semakin terpikat.

3. Tipe Pelanggan yang Mendadak

Pasti anda pernah melihat salah seorang datang ke tempat usaha anda, berkeliling melihat-lihat, lalu tanpa banyak pikir langsung membelinya. Itulah yang dinamakan pelanggan dadakan. Mereka memang datang tanpa persiapan yang matang, semisal daftar belanjaan atau stock kebutuhan. Mereka hanya datang, karena memang itu keinginannya. Dalam membeli pun, mereka hanya melihat, memperhatikan, dan langsung saja membeli tanpa pikir panjang lagi. Memang terasa membingungkan, akan tetapi mereka juga adalah pelanggan yang patut diberi pelayanan yang sepadan. Tak menutup kemungkinan pula bila mereka bisa menjadi pelanggan setia anda.

Baca Juga The Dark Side Of Sales Expertiseness In Our Salesman

4. Tipe Pelanggan Sesuai Kebutuhan

Untuk tipe yang selanjutnya ini adalah mereka yang datang ke tempat usaha anda dengan membawa daftar belanjaan kebutuhan mereka. Pada umumnya, mereka datang ke tempat usaha anda, dan langsung mencari produk yang dibutuhkan sesuai dengan yang tertulis di daftar belanjaan mereka. Pun kalau mereka tidak menemukannya, tanpa pikir panjang mereka akan langsung pergi dari tempat anda, dan mencari di tempat lain. Memang agak jahat, akan tetapi begitulah mereka.

Pelanggan tipe ini adalah yang paling rumit untuk diajak menjadi setia. Perlu pendekatan yang positif dan jangka panjang. Sekali anda tidak mengurusi mereka dengan baik, maka, tak akan segan pula mereka untuk pindah ke lain tempat. Jadi, berhati-hati ya!

5. Tipe Pelanggan yang Bebas

Dari keseluruhan tipe pelanggan di atas, saya menebak bahwa yang satu ini pasti akan sering anda temui. Mereka adalah orang yang datang ke tempat usaha anda, tanpa membawa daftar belanja, hanya melihat-lihat saja, dan hanya memiliki sedikit niat untuk membelinya. Memang agak membingungkan untuk mengatasi tipe yang satu ini, sebab mereka adalah segmen terbesar dalam sebuah pasar. Mereka pun hanya memberikan sedikit kontribusi dalam menaikkan penjualan anda.

Tetapi jangan menyerah dulu, sebab mereka pun memiliki banyak andil di luar sana dalam memberikan ulasan tentang kesan mereka pada toko anda. Meski pada dasarnya mereka hanya datang saja ke tempat usaha anda, tetapi di balik itu mereka sebenarnya mencari sebuah pengalaman dan sensasi. So, perlakukan dengan baik juga ya tipe pelanggan terakhir ini.Begitulah tipe-tipe pelanggan yang datang ke tempat usaha anda. Perusahaan Anda Di Jakarta ? Coba kenali Tipe Pelanggan Ini 

jasa seo

Your Thoughts