Platform Rapat Video Adalah Normal Baru

undercover co id

undercover.co.id – Dalam masa Covid-19 dan menjauhkan diri, banyak cara kita hidup telah berubah, termasuk di tempat kerja. Selama beberapa bulan sekarang, perusahaan mengurangi jumlah karyawan yang secara fisik harus pergi ke kantor setiap hari. Banyak dari kita telah bekerja dari rumah dan satu alat online yang sangat diperlukan adalah platform pertemuan video.


Platform pertemuan video telah ada selama bertahun-tahun, tetapi penggunaannya meningkat tajam saat ini. Ini satu-satunya alternatif untuk bertemu langsung dengan tim Anda. Namun, tampaknya beberapa orang mulai menyadari kenyamanan pertemuan video, bahkan setelah coronavirus berakhir. Apakah mereka akan menjadi normal baru segera? Bisakah rapat online menggantikan yang fisik?
Sebelum kami mempertimbangkan apakah platform pertemuan video suatu hari nanti dapat menggantikan pertemuan fisik, mari kita bahas beberapa tips terbaik yang dapat Anda gunakan untuk pertemuan video berikutnya.


Kiat terbaik untuk rapat video

  1. Berpakaian dengan tepat
    Anda mungkin bertemu dari kenyamanan nyaman di rumah Anda sendiri, tetapi itu tidak berarti Anda bisa berpakaian sembarangan atau datang online dengan piyama. Perusahaan yang berbeda akan memiliki kode berpakaian yang berbeda dan beberapa mungkin lebih kasual daripada yang lain, tetapi Anda setidaknya harus terlihat rapi dan mengenakan kemeja atau blus yang sesuai.
    Anda tidak hanya akan terlihat lebih profesional, berpakaian dengan baik dapat membantu menempatkan Anda dalam ‘mode kerja’ dan karenanya menjadi lebih produktif sepanjang hari.
  2. Uji audio dan video Anda
    Pastikan Anda telah memeriksa audio dan video Anda agar semuanya berfungsi dengan baik sebelum rapat dimulai. Sebagian besar platform pertemuan video memiliki fitur yang dapat menguji audio dan video. Tentu, kecelakaan dan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya mungkin muncul tidak peduli seberapa banyak Anda sudah siap. Tetapi meminimalkan risiko gangguan masalah teknis akan memastikan pertemuan Anda berjalan semulus mungkin.
  3. Tepat waktu
    Sama seperti pertemuan tatap muka tradisional, adalah etiket yang baik untuk datang tepat waktu untuk rapat video. Siapkan banyak waktu untuk terhubung ke pertemuan virtual, jika koneksi Anda lebih lambat dari biasanya. Muncul di tengah rapat dapat mengganggu aliran dan menyebabkan orang yang berbicara kehilangan pemikiran. Selain itu, lebih sulit untuk mengikuti rapat online karena kolega Anda tidak akan dapat menggeser catatan mereka dengan mudah.
  4. Diamkan diri Anda saat tidak berbicara
    Ini adalah tip yang bagus untuk pertemuan video. Cobalah untuk mematikan audio Anda selama rapat dan hanya bersuara ketika Anda akan berbicara. Ini untuk mencegah kebisingan latar belakang di rumah Anda untuk memberi umpan balik melalui rapat dan mempersulit orang lain untuk mendengar apa yang dikatakan.
  5. Perhatikan
    Mungkin tergoda untuk memeriksa email Anda dan membaca artikel selama pertemuan video. Lagipula, tidak ada yang bisa benar-benar melihat apa yang Anda tarik di layar komputer Anda atau di bawah kamera. Meski begitu, Anda harus mencoba fokus pada pertemuan itu sendiri.
    Sebenarnya mungkin bagi orang lain untuk memberi tahu kapan Anda tidak memperhatikan. Tidak hanya itu kasar, tetapi Anda tidak akan dapat memanfaatkan waktu rapat secara maksimal. Tentunya Anda tidak ingin menjadi orang yang mengajukan pertanyaan yang sudah dijawab beberapa menit yang lalu, bukan?
    Manfaat menggunakan platform pertemuan video
  6. Menghemat waktu
    Bagi sebagian orang, dibutuhkan dua jam perjalanan dari rumah ke kantor. Itu banyak waktu terbuang yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya atau untuk perawatan diri. Jika satu-satunya hal yang harus Anda lakukan di kantor hari itu adalah menghadiri rapat, bayangkan berapa banyak waktu yang dapat dihemat dengan melakukannya melalui platform pertemuan video.
  7. Biaya lebih rendah
    Memiliki pertemuan virtual dapat menghemat biaya dengan berbagai cara. Pertama, Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke dan dari tempat pertemuan. Juga tidak perlu membeli minuman seperti kue dan minuman, yang berarti Anda dapat menempatkan anggaran untuk hal-hal lain yang benar-benar dapat mengembangkan bisnis Anda.
  8. Berbagi dokumen dan kolaborasi
    Tidak pernah semudah ini bagi kami untuk berbagi dokumen dan file penting selama pertemuan video. Banyak dari platform ini memiliki alat untuk menampilkan presentasi, grafik, dan data mentah itu sendiri. Orang lain yang menghadiri pertemuan kemudian dapat mengunduh file langsung ke komputer, mengaksesnya secara bersamaan dan mengeditnya. Ini bisa berguna untuk pekerjaan kolaboratif.
    Kerugian menggunakan platform rapat video
  9. Kurang kontak pribadi
    Namun teknologi canggih telah menjadi dan nyaman untuk berbicara dengan rekan kerja Anda secara virtual, itu tidak sama dengan kontak fisik. Banyak jejaring pribadi kami terjadi sebelum rapat dimulai, dan pembangunan hubungan ini tidak dimungkinkan selama pertemuan video.
  10. Komunikasi terbatas
    Berkali-kali, penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 55% pemahaman kita dalam percakapan berasal dari bahasa tubuh. Ketika seluruh tubuh kita tidak sepenuhnya kelihatan, beberapa pesan mungkin tidak datang sepenuhnya dan seefektif mungkin.
  11. Masalah teknis
    Tidak semua orang mengerti teknologi, jadi mungkin perlu melatih beberapa orang untuk menggunakan platform pertemuan video. Jaringan tidak stabil

baca juga

    dan jeda waktu juga bisa menjengkelkan dan menjadi penghalang bagi rapat yang sebenarnya, yang bukan hal yang paling efisien.
    Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang platform pertemuan video dan perannya yang meningkat di dunia bisnis. Jadi, apakah Anda pikir ini akan menjadi metode yang disukai untuk pertemuan bisnis di masa depan?

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh