Prediksi Ujian TOEFL

Prediksi Ujian TOEFL

Ujian untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional, TOEFL, memiliki empat section atau bagian. Yaitu reading, listening, speaking, dan writing.

Keempatnya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing yang tergantung pada kemampuan bahasa Inggris kalian. Kalau kalian ingin mendapatkan skor TOEFL yang memuaskan, tentunya harus bisa menguasai dan mengerjakan dengan baik semua section yang ada.

Tips Mengerjakan Semua Section dalam Ujian TOEFL dengan Efektif

Walaupun kalian punya kemampuan lebih di salah satu section, kalau kalian sangat lemah di section yang lain, sama saja tidak ada artinya. Berikut adalah beberapa tips lengkap untuk mengerjakan TOEFL per bagiannya:

Tips mengerjakan TOEFL (section: reading)

Tentukan strategi membaca teks

Bagian reading pada TOEFL terkenal dengan teks bacaan yang panjang dan kompleks. Karena itulah penting untuk sebisa mungkin memahami teks yang diberikan.

Ada beberapa strategi membaca teks yang bisa kalian pilih:

  • Jawab pertanyaan per paragraf
  • Baca cepat keseluruhan teks lalu jawab pertanyaan
  • Baca keseluruhan teks terlebih dulu dengan teliti
  • Baca pertanyaanya terlebih dulu

Strategi yang paling direkomendasikan adalah membaca keseluruhan teks terlebih dulu sebelum menjawab pertanyaan. Usahakan membaca tidak lebih dari lima menit.

Tapi jika kalian merasa sulit memahami teksnya dengan cara ini, kalian bisa mencoba cara yang lain. Kalian bisa mencoba satu per satu strategi di atas dan mencari yang paling cocok dengan kalian.

Pelajari banyak vocabulary

Teks yang disediakan pada bagian reading biasanya membahas topik yang jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari, bisa tentang ilmu pengetahuan atau bahkan psikologi. Inilah sebabnya kalian kemungkinan akan banyak menemukan vocabulary baru saat membacanya.

Untuk menghindari supaya vocabulary ini tidak mengganggu pemahaman kalian terhadap teks, caranya adalah berusaha menghapal sebanyak mungkin vocabulary. Sebelum mengikuti ujian, kalian bisa banyak berlatih membaca teks panjang dan mencari arti dari kata-kata yang tidak kalian ketahui.

Saat mencari arti kata, usahakan jangan gunakan kamus Inggris-Indonesia, tapi gunakanlah kamus Inggris-Inggris. Dengan begini kalian juga jadi bisa mengetahui sinonim dari kata yang kalian cari, yang tentunya bisa berguna untuk menambah perbendaharaan vocabulary kalian.

Tips mengerjakan TOEFL (section: listening)

Buat catatan sambil mendengarkan

Pada bagian listening ini, kalian akan diperdengarkan klip audio berbahasa Inggris yang digunakan untuk menjawab pertanyaan. Tapi yang sulit adalah, kalian hanya akan memiliki kesempatan satu kali untuk mendengarkannya.

Dan tidak seperti pada bagian reading, kalian tidak bisa men-skip pertanyaan atau kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya. Karena itulah penting untuk mencatat selama kalian mendengarkan klip yang diputar.

Dengan menulis catatan, kalian jadi bisa lebih mudah mengingat topik utama dari klip audio dan siapa yang mengatakannya. Kalian akan jadi lebih mudah menjawab pertanyaan yang diberikan, bahkan memungkinkan untuk mengulang kembali jika ada yang belum sempat kalian jawab.

Ingat-ingat siapa yang mengatakan apa

Pada beberapa klip audio, kalian akan mendengarkan lebih dari satu pembicara, biasanya berupa permbicaraan antara dua murid, murid dan professor, dll. Kalian biasanya tidak akan diberitahu nama dari pembicara, tapi penting untuk mengingat-ingat dan mencatat siapa yang mengatakan apa, baik itu opini, pertanyaan, ataupun pernyataan.

Buat catatan berupa speaker A dan B, atau kalian juga bisa menuliskannya sebagai speaker laki-laki dan perempuan. Kalian bisa menuliskan setiap poin utama yang diucapkan setiap speaker selama percakapan berlangsung.

Tips mengerjakan TOEFL (section: speaking)

Buat catatan pada bagian membaca dan mendengarkan klip audio

Bagi bagian speaking, aka nada saat kalian harus membaca dan mendengarkan, ada juga saat kalian hanya harus mendengarkan. Karena kalian hanya diperbolehkan membaca dan mendengarkan satu kali, penting untuk membuat catatan untuk keduanya.

Setiap bacaan yang diberikan tidak akan terlalu panjang, hanya sekitar 100 kata, sehingga akan mudah dibuat catatan. Tapi kalian hanya punya waktu 45 – 50 detik untuk membacanya, jadi kalian cukup mencatat hal-hal yang penting sambil membaca, bukan setelah membaca.

Untuk klip audio panjangnya beragam, tapi biasanya sekitar 1 – 2 menit. Kalian bisa membuat catatan tentang inti dari setiap klip beserta siapa pembicaranya.

Tuliskan 2 – 3 poin yang akan kalian katakan

Pada bagian independent speaking, kalian akan dimintai pendapat tentang suatu topik tertentu, bisa tentang pengalaman pribadi ataupun preferensi. Pada bagian ini kalian hanya akan diberi waktu 15 menit untuk mencatat dan mempersiapkan jawaban.

Dalam jangka waktu yang sedikit ini, fokuslah untuk menuliskan 2 – 3 poin yang akan kalian katakan. Jika waktu masih memungkinkan, kalian juga bisa menuliskan beberapa contoh yang membantu kalian menggambarkan poin-poin tadi.

Tidak perlu membuang-buang waktu dengan perkenalan atau kesimpulan, karena tugas utama kalian adalah menyampaikan alasan yang jelas dari pendapat kalian. Kalian juga ingin terdengar se-natural mungkin saat berbicara, jadi tidak perlu menulis catatan dalam bentuk kalimat lengkap, cukup intinya saja.

Tips mengerjakan TOEFL (section: writing)

Buat catatan tentang klip audio (bukan tentang teks)

Pada bagian writing, salah satunya kalian akan ditugaskan untuk membaca teks akademik dan mendengarkan klip audio berupa penjelasan tentang topik yang sama. Karena teks akademiknya bisa dibaca ulang, kalian tidak perlu membuat catatan khusus.

Kalian hanya perlu membuat catatan saat mendengarkan klip audio, karena hanya akan diperdengarkan satu kali. Pastikan kalian memahami inti dari klip audio dan bagaimana hubungannya dengan teks bacaan.

baca juga

Perhitungkan waktu kalian dengan baik

Sementara sedang menulis esai, pastikan kalian sudah memperhitungkan waktu dengan baik supaya tidak membuang-buang waktu dengan percuma.

Pada bagian integrated essay, kalian akan diberi waktu 20 menit untuk merencanakan dan menulis esai sepanjang kira-kira 150 – 225 kata. Usahakan gunakan hanya sekitar 2 – 3 menit untuk membuat poin-poin inti esai anda sebelum menuliskannya.

Ini karena kalian akan butuh sebagian besar waktu untuk menuliskan esai-nya, apalagi jika kalian menargetkan menuliskan hingga minimal 150 kata.

Pada bagian independent essay, kalian akan diberi waktu 30 menit untuk menulis esai dalam bentuk yang lebih panjang, yaitu minimal 300 kata. Karena waktunya lebih banyak dari bagian sebelumnya, kalian bisa menggunakan sekitar 5 menit untuk membuat catatan awal inti esai. Tapi ingat, kalian juga perlu menulis lebih banyak kata dibandingkan bagian sebelumnya.

Pola tes TOEFL secara umum akan sama, yaitu bagian reading dan listening, break, lalu lanjut dengan bagian speaking dan writing. Tergantung soal yang kalian dapat, kalian juga bisa saja mendapatkan bagian reading atau listening yang lebih panjang.

Yang terpenting, cara terbaik untuk mempersiapkan ujian TOEFL adalah dengan memahami format setiap section beserta tipe pertanyaannya dengan baik. Dengan begitu kalian jadi bisa menentukan pendekatan yang terbaik untuk tiap pertanyaan, membuat catatan dengan lebih efisien, dan akhirnya menemukan jawaban yang tepat.

Leave a Reply

four + 12 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!