jasa seo dan internet marketing
Published On: Wed, Mar 11th, 2015

Profil Jakob Oetama dan Perkembangan Kompas Gramedia

jasa seo dan internet marketing

Profil Jakob Oetama dan Perkembangan Kompas Gramedia | Siapa tak kenal Kompas Gramedia? Salah satu perusahaan media besar di Indonesia. Mulai dari koran, televisi, hingga media online. Mulai dari menyediakan berita-berita hingga acara hiburan. Dibalik kesuksesan Kompas Gramedia, Ada Jakob Oetama yang menjadi salah satu founder KG, singkatan Kompas Gramedia. Artikel ini akan membahas tentang siapa Jakob Oetama, bagaimanakah kisah perjalanan karir Jakob Oetama dan juga bagaiamana perkembangan Kompas Gramedia hingga saat ini.

Siapa Jakob Oetama

Bersama dengan rekannya, Jakob Oetama memulai kesuksesan KG dari penerbitan majalah. Siapa Jakob Oetama? Jakob Oetama lahir di Borobudur, Kabupaten Magelang pada hari minggu, 27 September 1931. Jakob yang beragama katolik ini tinggal dan besar di Yogjakarta. Ayahnya merupakan seorang guru di Sleman, Yogyakarta. Jakob menempuh pendidikan sekolah menengahnya di SMA Seminari Yogyakarta. Setelah lulus dari sana, mengikuti jejak ayahnya Jakob menjadi staff pengajar di SMP Mardiyuwana (Cipanas, Jawa Barat) selama setahun pada 1952 hingga 1953, setelahnya menjadi Guru Sekolah Guru Bantu (SGB) di Bogor selama setahun pula dan terakhir menjadi guru di SMP Van Lith Jakarta selama dua tahun setelahnya.

Jakob yang memiliki 4 orang anak itu sempat bekerja sebagai redaktur Mingguan Penabur Jakarta selama tujuh tahun. Disela-sela pekerjaannya itu, Jacob melanjutkan studi di bidang jurnalisme dengan menempuh pendidikan di Perguruan Publisistik Jakarta dan Jurusan Publisistik di universitas Gajah Mada Yogyakarta (tahun 1961).

Profil Jakob Oetama dan Perkembangan Kompas Gramedia ,  juga pernah menerima gelar doctor honoris causa ke-18 Universitas Gajah Mada pada April 2003. Menurut Prof Dr Moeljarto Tjokrowinoto, sebagai promotor, dalam penilaiannya menyatakan bahwa jasa dan karya Jakob Oetama dalam bidang jurnalisme sangat merefleksikan jasa dan karyanya yang luar biasa dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan. Pengaruh pada kehidupan pers di Indonesia dinilai sangat nyata.

Profil Jakob Oetama dan Perkembangan Kompas Gramedia

Profil Jakob Oetama dan Perkembangan Kompas Gramedia

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>