Proxies Untuk SEO

Jasa

Undecover.co.id Saat kita tengah melakukan aktivitas browsing, seringkali akses kita dibatasi oleh peringatan tertentu.

Biasanya hal itu terjadi ketika kita mengakses situssitus yang dianggap berbahaya atau tidak diperkenankan oleh jaringan yang kita gunakan untuk akses internet. Untuk menembus batas tersebut maka dipakailah proxy, akan tetapi apa sebenarnya proxy itu dan apa saja manfaatnya, berikut ulasannya.

Pengertian Proxy

Proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet.

Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan IP Adress yang kita gunakan, sehingga sistem akan membaca IP Adress server dari server proxy yang kita gunakan, karena itulah akhirnya jaringan memperbolehkan untuk mengakses situssitus yang tadinya diblokir untuk IP kita.

Pun sama halnya dengan konsep sebaliknya, penggunaan proxy juga digunakan sebagai pemblokir situs-situs khusus yang nantinya akan membatasi akses pengguna pada jaringan tertentu.

Proxy Sebagai Penembus Batas Blokir

Biasanya, jaringan-jaringan yang menggunakan pemblokiran adalah jaringan yang disediakan oleh lembaga atau lingkungan tertentu, seperti kantor, sekolah, atau instansi pemerintahan.

Hal tersebut di aplikasikan agar mengurangi penyalah gunaan dan pecah konsentrasi bekerja atau belajar akibat mengakses situs lain yang tidak diperbolehkan. Misalnya, situs yang paling lazim mengalami pemblokiran adalah jejaring sosial.

Dengan metode yang menggunakan proxy, kita bisa mengakses situs jejaring sosial tersebut dengan konsep, saat kita mengakses situs jejaring sosial tersebut maka yang akan terlihat pada server kantor atau sekolah adalah kita mengakses server proxy.

Secara umum, topolgi yang digunakan pada saat seseorang mengakses sebuah situs melalui proxy adalah sebagai berikut :

Permintaan :
Komputer => Router Kantor/Sekolah => Proxy => Server yang dituju
Tanggapam :
Server yang dituju => Proxy -> Router Kantor/sekolah => Komputer

Dengan demikian posisi proxy adalah sebagai jembatan akses antara anda dengan server yang dituju, sehingga proxy bisa mengelabui atau menyamarkan identitas IP anda sehingga tidak diketahui baik oleh Router, maka hal ini adalah keuntungan penggunaan proxy secara internal.

Keuntungan lainnya adalah, jika IP anda secara khusus mengalami pemblokiran oleh situs tertentu, sehingga anda tidak bisa mengakses situs tersebut, padahal banyak informasi berharga disana, maka dengan proxy anda bisa mengakses situs tersebut tanpa diketahui oleh situs tersebut. Hal ini adalah keuntungan eksternal dalam hal penggunaan proxy.
Selain fungsinya sebagai cara untuk menembus batasan yang dibangun oleh server jaringan atau ISP tertentu, Proxy juga bisa berfungsi untuk mempercepat koneksi yang kita gunakan.

Dalam penggunaan akses internet kita menggunakan ISP yang disediakan oleh berbagai provider Broadband, dan dalam penggunaannya seringkali kita berebutan dengan pengguna lain atau bandwith yang dibatasi. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan proxy sebagai pengganti IP yang kita gunakan. Proxy disini akanb berfungsi sebagai IP bayangan, sehingga IP kita tidak akan terdeteksi dan terbatasi oleh pembatasan bandwith dari ISP yang kita gunakan.

Jenis-jenis proxy

Sementara itu, proxy sendiri memiliki terdiri dari beberapa jenis yaitu,
1. Transparan Proxy
Jenis proxy yang satu ini mengidentifikasikan dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli yang tersedia melalui http header. Artinya proxy tersebut dengan serta merta memperkenalkan dirinya sebagai server proxy dan dalam penggunaannya akan memperlihatkan IP asli anda, karena jenis proxy ini tidak memberikan anonimitas apapun secara efektif. Hal ini cukup riskan jika aktivitas anda memiliki tingkat resiko yang tinggi, karena IP anda diketahui oleh publik.

2. Anonymous Proxy
Jenis Proxy selanjutnya adalah anonymous Proxy, yaitu jenis proxy yang mengidentifikasikan dirinya sebagai server proxy, tetapi tidak menunjukan IP penggunanya. Artinya dengan proxy jenis ini ketika anda mengaksesnya, IP anda akan disembunyikan, dan yang tampil adalah IP proxy tersebut, yang mengakui dirinya sendiri adalah IP proxy.

3. Distoring Proxy
Jenis yang satu ini, akan mengidentifikasikan dirinya sebagai server proxy, dan akan menunjukan sebuah alamat IP pengguna didalam header, akan tetapi IP yang digunakan pada header adalah IP palsu.

4. High Anonymous Proxy
Dan yang terakhhir adalah High Anonymous Proxy ,dimana proxy yang satu ini tidak akan mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy, dan tidak menyediakan alamat IP asli.

Membangun Sistem Blokir pada Proxy

Selain itu fungsi lain dari proxy juga berlaku sebaliknya, dengan konsep yang hampir sama kita bisa memblokir situs-situs yang kita anggap tidak relevan dengan kebutuhan jaringan kita.

Hal ini bisa di aplikasikan pada jaringan yang dikelola oleh satu server, seperti jaringan komputer kantor, sekolah, atau warnet, sehingga bisa mengurangi penyalah gunaan pemakaian selama mengakses internet pada jaringan tersebut.

baca juga

Jasa Pembuatan Website Profesional

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Pasang Iklan

Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Email Marketing

26 Panduan Email Marketing Lengkap

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Hal tersebut bisa dilakukan dengan meregister alamat IP atau situs yang akan kita blokir pada sistem proxy yang kita gunakan, sehingga siapa pun yang akan mengakses situs tersebut melalui jaringan kita akan terblokir dan terbelok halaman yang telah dirancang oleh sistem proxy yang kita gunakan. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang lazim digunakan untuk membuat pemblokiran akses proxy diantaranya adalah mikrotik

Jasa
error: Content is protected !!