PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Bersama Negara Perkuat Infrastruktur Bangsa

undercovercoid 64

https://www.undercover.co.id – Dalam setiap pembangunan, kontraktor pasti membutuhkan pasokan bahan-bahan konstruksi yang memiliki kualitas terpercaya. Kontruksi yang tidak memanfaatkan bahan-bahan kuat hanya akan menyia-nyiakan modal pembangunan saja, karenanya kontraktor yang bertanggung jawab akan memilih perusahaan penyedia bahan kontruksi atau infrastruktur yang terjamin kualitasnya.

Di Indonesia, banyak sekali perusahana yang bergerak di bidang penyedia jasa produk kontruksi bangunan. Masing-masing perusahaan akan menawarkan kelebihannya dan akan membanderol harga murah untuk setiap bahan bangunan yang ditawarkan.

Bagi Anda yang sedang mencari kemitraan untuk membangun infrastruktur, disarankan untuk bekerjasama dengan perusahaan yang terpercaya sejak puluhan tahun. Perusahaan yang berdiri dalam jangka waktu lama, sudah pasti memiliki kualitas manajemen yang baik dan sesuai dengan komitmennya untuk menyediakan bahan-bahan berkualitas, sehingga pelanggan setia pun tidak pernah meninggalkannya.

Krakatau Steel Jawaban untuk Semua Masalah Kontruksi

Krakatau Steel merupakan salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan besi dan baja bangunan. Oleh karenanya, bemitra dengan Krakatau Steel akan membuat masalah kontruksi Anda segera teratasi, apalagi wilayah marketing Krakatau Steel sudah meramba dunia internasional dengan produk-produknya yang berkualitas.

Perusahaan penyedia bahan bangunan milik negara tersebut, sejauh ini beroperasi dalam lima segmen pasar, antara lain produk baja, perumahan dan apartemen atau real estate, hotel, kontruksi dan teknik infrastruktur, dan penyedia jasa port. Segmen produk baja dari Krakatau Steel memfokuskan diri pada penjualan produk baja di antara besi spons, lembaran, billet, gulungan canai panas, gulungan dingin, pipa baja, batang kawat, bar penguat, dan kawat baja.

Segmen baja juga menyediakan layanan lain yang berkaitan dengan baja, termasuk diantaranya ialah pelaposan dan layanan berdentang. Sedangkan Segmen Real Estat dan Hotel berkaitan dengan pengembangan dan penjualan kawasan tempat menginap dan hunian.

Layanan Jasa Krakatau Steel dalam Berbagai Bidang

Dalam segmen kontruksi dan teknik infrastruktur jelas bahwa Krakatau Steel membuka pengembangan dan penjualan di lingkungan industri dan hotel. Krakatau steel juga memfasilitasi pembangunan fasilitas olahraga.

Pengembangan segmen kontruksi bergerak juga sampai ke segmen rekayasa pembangunan di mana Krakatau Steel menjalin kemitraan untuk terlibat dalam teknik industri, perencanaan pembangunan, dan kontrak dengan berbagai jenis bangunan. Tak segan-segan Krakatau Steel juga memegang sejumlah proyek ekpor dan impor barang, sebagai penyedia layanan perangkat lunak berkaitan dengan kontruksi dan infrastruktur.

Segmen terakhir dan masih terus dikembangkan ialah segmen penyedia jasa port yang menawarkan layanan memuat dan membongkar barang serta container di area dermaga. Krakatau Steel secara khusus membuka manajemen untuk mendukung arus barang dan jasa di pelabuhan laut, pergudangan, dan juga dalam bidang transportasi.

Krakatau Steel merambah layanan bidang konsumtif

Selain bidang layanan yang berkait erat dengan pembanguna, seperti kontruksi bangunan atau perbaikan infrastruktur, menyediakan bahan untuk pembangunan area industri, hotel, perumahan dan lain sebagainya, Krakatau Steel mulai merambah layanan di bidang konsumtif. Peningkatan target marketing ini sudah dipikirkan sejak Krakatau Steel berdiri, tahun 1970 dan berkantor pertama kali di Cilegon Indonesia.

Selain menyediakan seperangkat baja, Krakatau Steel juga menyediakan berbagai layanan di bidang teknologi informasi, listrik, medis, dan ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan industri dan juga kebutuhan perseorangan di hunian mereka.

Perkembangan Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Krakatau Steel menggandeng Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation ketika membentuk perusahan gabungan bernama PT KRAKATAU NIPPON STEEL SUMIKIN untuk meningkatkan penjualan di wilayah Asia. Perusahaan ini didedikasikan secara khusus untuk membuat dan menjual produk baja datar dalam lingkup zona kebutuhan otomotif.

Dikarenakan segmen yang disasar merupakan zona otomotif, Krakatau Steel menjalin kerjasama dengan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation, perusahan Jepang yang sangat erat dengan kemajuan tekonologi otomotifnya.

Kerjasama yang dibangun untuk kepentingan komersial ini telah mulai beroperasi sejak 24 juli 2017. Kerjasama ini dibangun berdasarkan atmosfer positif dalam zona pertumbuhan pasar otomotif Indonesia.

Sejarah Singkat Krakatau Steel Indonesia

PT Krakatau Steel berbasis di Cilegon, Banten. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan sebagai pelaksana proyek baja Trikora yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno.

Peusahaan milik BUMN ini kemudian pada perkembangannya untuk melaksanakan proyek malah justru mampu menyediakan baja yang berkualitas dan diakui mampu mendukung perkembangan industri nasional. Dianggap bisa memberikan kemandirian dan nilai tambah pada ekonomi nasional, maka perusahaan ini diresmikan sebagai perusahaan milik negara yang bergerak di bidang menyediakan dan berdagang baja.

Dulu Krakatau Steel Bernama Cilegon Steel Mill

Dulu perusahaan ini bernama Cilegon Steel Mill sesuai dengan nama lokasi penempatan pendirian pabriknya. Pada tahun 1962, perusahaan ini menjalin kemitraan dengan perusahaan baja asal Uni Soviet bernama Tjazpromexport.

Akan tetapi, kerjasama itu terputus karena terjadi gejolak politi dan ekonomi yang amat parah. Krisis ekonomi membuat pembangunan pabrik terheti, dan berlanjut kembali di awal tahun 1970-an dengan nama baru Krakatau Steel dan disahkan dengan Akte Notaris Tan Thong Kie Nomor 34, pada tanggal 23 Oktober 1971 di Jakarta.

Pada tahun 1970-an, ketika pemerintahan sudah jatuh ke tangan Soeharto inilah pembangunan unit pabrik dilakukan secara masif. Di masa-masa awal berdiri, Krakatau Steel juga berhasil melakukan pembangunan kawasan operasi terpadu kawasan pusat pengolahan air, pelabuhan cigading, dan PLTU Cilegon 400 MW.

Produk utama Krakatau Steel

Krakatau Steel memiliki beberapa produk utama yang menunjang layanan utamanya untuk mendorong kontruksi dan infrastruktur pembangunan di Indonesia. Produk-produk berikut ini masih beredar di pasaran hingga sekarang sejak Krakatau Steel berhasil menciptakan produk baja berkualitasnya sendiri.

  1. Hot Rolled Coil Steel

Umumnya produk ini disebut sebagai ‘baja hitam’ untuk membedakannya dengan produk baja lembaran dingin yang umumnya disebut ‘baja putih’. Ketebalannya berkisar antara 0,18 hingga 25 mm, dengan lebar di kisaran 600 hingga 2060 mm.

Produk Hot Rolled Coil Steel umumnya dapat berupa lembaran panas yang diberikan dalam bentuk coil dan pelat. Kondisinya bisa berupa gulungan yang melalui proses pickling dan oiling (hot rolled coil-pickled oiled atau HRC-PO).

Krakatau Steel menjanjikan produk ini sebagai produk berkualitas tinggi khususnya untuk menjalankan kontrol thermomekanik dan desulfurisasi.

  1. Cold Rolled Coil Steel

Kebalikan dari Hot Rolled Coil Steel, produk baja Cold Rolled Coil merupakan baja lembaran dingin yang umumnya disebut ‘baja putih’. Dari namanya sudah dapat dipahami bahwa baja ini dibuat dari proses pengerolan dingin.

Cold Rolled Coil bertipikal perukaan lebih tipis dengan ukuran yang lebih presisi bila dibandingan dengan Hot Rolled Coil Steel. Baja ini pun bersifat mekanis dan formability yang baik, dengan ketebalannya berkisar antara 0,20 hingga 3,00 mm.

Krakatau Steel menggunakan fasilitas batch annealing furnace khusus dengan atmosfer hydrogen murni guna menciptakan kebutuhan lebaran baja dingin yang berkualitas tinggi.

baca juga

  1. Wire Rod

Terakhir adalah produk berjenis batang kawat karbon rendang dengan kandungan karbon kurang dari 0,25 persen. Produk dengan nama Wire Rod ini berupa batang kawat yang terbuat dari baja billet.

Produk ini dikategorikan ke dalam produk batangan untuk membedakannya dari jenis produk ‘baja hitam’ dan ‘baja putih’. Produksi batang kawat dikelompokkan berdasarkan kandungan karbonnya, dari sedang hingga tinggi.

Batang kawat karbon rendah umumnya digunakan kawat, paku, wire mesh, dan sebagai bahan baku kisi-kisi jendela atau pintu, pagar, dan jeruji. Sedangkan batang kawat karbon tinggi digunakan sebagai pendukung spring bed, jari-jari roda sepeda atau motor, rangka payung, dan lain sebagainya.



Leave a Reply

5 × one =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!