PT Willy Permata Air Jasa Sumur Bor Bekasi

PT Willy Permata Air Jasa Sumur Bor Bekasi

Air bersih menjadi komoditas yang sangat penting, mengingat saat ini kian banyak sumber air yang mengalami pencemaran. Salah satu upaya untuk mendapatkan air bersih yang layak dikonsumsi adalah dengan memanfaatkan sumur bor. Berbeda dengan sumur konvensional, jasa sumur bor bekasi dibuat menggunakan teknik ilmiah dipadu peralatan modern yang sudah canggih.

Proses pengeboran air tanha agar hingga menjadi sumur siap pakai tidaklah mudah. Ada langkah-langkah terpadu yang hanya dapat dikerjakan oleh layanan pengeboran air profesional. Tidak boleh ada kesalahan selama proses pengeboran, karena dampaknya tidak hanya pada kerugian material tetapi juga berpotensi merusak lingkungan.

Oleh karena itu, Anda perlu selektif dalam jika hendak menggunakan jasa pengeboran air tanah. Pilihlah perusahaan jasa yang dapat mengaplikasikan teknik fisika seperti geolistrik, well logging, dan sejenisnya. PT Willy Permata Air bisa Anda jadikan referensi. Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini ialah spesialias pengeboran air tanah yang memiliki tenaga ahli.

Eksis selama lebih dari 20 tahun, PT Willy Permata Air turut berkontribusi memberikan layanan pengeboran bagi masyarakat yang membutuhkan supply air bersih berlimpah. Perusahaan ini pun telah mendapatkan feedback positif dari mitra yang bekerja sama. Berikut beberapa layanan pengeboran air tanah yang ditawarkan oleh PT Willy Permata Air.

Pengeboran Sumur Dangkal dan Sumur Dalam

Ada dua jenis pengeboran sumur, yaitu sumur dangkal dan sumur dalam. Sumur dangkal disebut juga shallow well, merupakan pengeboran yang dilakukan pada kedalaman 10—70 meter di bawah permukaan tanah (tergantung kondisi geologis tempat pembangunan). Sumur ini cocok dipakai pada rumah-rumah atau kebutuhan pertokoan yang tidak memerlukan air bervolume besar.

Sementara itu, sumur dalam atau disebut juga deep well mempunyai kedalaman berkisar 100—300 meter. Pengeboran dilakukan degnan jasa bore hole camera hingga mencapai lapisan aquifer, kemudian menekan sumber mata air di dalamnya agar bisa naik ke permukaan. Sumur dalam mampu mensupply air lebih banyak daripada sumur dangkal, serta dapat menghindari kontaminasi air asin atau payau di aquifer.

Survei Geolistrik

Geolistrik adalah metode geofisika yang diterapkan untuk menemukan sifat-sifat kelistrikan pada lapisan batuan di dalam tanah. Caranya adalah dengan menginjeksikan hantaran arus listrik menuju bawah tanah. Proses ini melibatkan geofisika aktif dikarenakan arus listrik yang dipakai berasal dari sistem luar. Tujuan metode ini juga untuk mencari resitivitas batuan serta mendeteksi aquifer.

Dengan survei geolistrik, dapat diketahui ada atau tidaknya potensi air di dalam tanah yang layak konsumsi. Jadi sebelum memutuskan dimana hendak membangun sumur bor, terlebih dahulu harus dilakukan survei geolistrik. Jangan sampai membangun sumur pada tempat yang tidak ada aquifer berlimpah, karena membuang tenaga dan biaya.

Survei geolistrik seringkali dipakai pada penyelidikan lapangan dan studi peta hidrogeologi. Untuk melakukannya, diperlukan langkah-langkah sistematis dan terstruktur dengan melibatkan para ahli di bidangnya. Survei ini juga bisa diterapkan untuk mengumpulkan informasi seputar struktur geologi tanah di suatu area, karena dapat mendeteksi batuan.

Well Logging

Well logging atau disebut juga pengukuran sumur, ialah metode untuk mengukur kedalaman lubang sumur dengan menggunakan instrumen yang disematkan pada wireline di lubang bor. Wireline ini terdiri atas dua bagian, yaitu outer wire rope yang berada di bagian luar, serta inner wire group of wires yang berada di komponen dalam.

Kabel di luar berfungsi untuk memberikan daya sehingga mampu menaikkan dan menurunkan instrumen, sementara kabel dalam berperan sebagai transmisi guna mengatur komponen logging lain serta mentelemetrikan data menuju perangkat logging yang berada di permukaan. Secara umum tujuan proses ini adalah untuk mengidentifikasi ciri batuan yang ada di dalam sumur.

Logging ada yang berupa pengamatan visual, ada juga yang melibatkan pengukuran fisika. Well logging dalam pembuatan sumur bor dilakukan guna mendapatkan informasi seputar litologi, dan mengukur porositas, resistivitas, serta tingkat kejenuhan hidrokarbon. Dengan demikian, bisa diketahui apakah sumur nantinya aman sebagai sumber air bersih atau tidak.

Bore Hole Camera

Bore hole camera dibutuhkan untuk mendapatkan screening kondisi di dalam sumur, sehingga bisa tahu bagaimana keadaannya. Dalam pengalaman melayani pengeboran air, tidak jarang dijumpai kasus yang mengganggu jalannya air. Oleh karena itu, proses ini harus dilakukan sebelum melakukan pengeboran. PT Willy Permata Air memiliki kelebihan dalam hal bore hole camera, yakni:

  • Mempermudah jika ingin menambah kedalaman sumur.
  • Mengetahui kedalaman dan keadaan sumur, termasuk mengetahui jika ada kerusakan pada dinding sumur di dalam tanah.
  • Mengetahui screen sumur yang telah terpasang di dalam tanah.
  • Memberikan pelaporan data hasil identifikasi di lapangan.

Water Jetting

Water Jetting dilakukan untuk mengatasi jika sumur mulai keruh atau airnya mengalami kontaminasi. Selama proses penggunaannya, bukan tidak mungkin ada binatang tanah yang mati kemudian tidak sengaja masuk sumur. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, tentu akan menyebabkan bau tak sedap serta mengubah warna air. Pada kondisi ini, Anda harus melakukan water jetting.

Selain karena faktor biologis, sering juga terjadi air keruh akibat pendangkalan alami di dalam tanah. Mungkin saja kondisi geologis di lingkungan sekitar mengalami perubahan, sehingga tanah pun berubah komposisinya. Akibat hal ini, tanah sekitar mengganggu laju air yang dapat berimbas pada pendangkalan. Karena pendangkalan, air pun menjadi keruh dan kurang baik dikonsumsi.

Water jetting sama halnya dengan pengurasan pada sumur konvensional, hanya saja sudah dilakukan dengan cara-cara yang canggih. Dengan melakukan water jetting dari PT Willy Permata Air, air di sumur bor Anda bisa kembali jernih dan terhindar dari kontaminasi akibat kotoran. Selain itu, air pun bisa terbebas dari lumpur yang masuk alami ke dalam sumur.

Pumping Test

Pumping test ialah metode untuk mengukur debit air pada sumber mata air yang diam (tidak bergerak, menggenang di suatu tempat). Hasil pumping test adalah nilai debit air yang diperoleh melalui pengamatan secara kontinuitas. Ada beberapa tata cara yang biasanya diterapkan pada pumping test di pengeboran sumur, yaitu sebagai berikut.

  • Sediakan pompa air yang telah memiliki spesifikasi output jelas. Sediakan juga beberapa komponen pendukung seperti filter, selang, karet, bahan bakar, serta air yang berguna sebagai starter pompa.
  • Sediakan instrumen yang akan digunakan untuk mengukur kenaikan dan penurunan air. Dapat berupa tongkat yang dilengkapi meteran, atau benda lain yang sesuai kebutuhan.
  • Sediakan alat ukur waktu (stopwatch) beserta lembar untuk mencatat.
  • Lakukan pumping dengan mengatur debit output. Misalnya dengan menyediakan sebuah wadah, kemudian ukur seberapa cepat air mampu mengisi volume wadah itu hingga penuh.
  • Lakukan pencatatan saat air turun setiap 10 menit. Proses pencatatan ini bisa berlangsung selama 2—3 jam.
  • Matikan pompa jika sudah selesai. Data pencatatan kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil pumping test.

PT Willy Permata Air mempunyai visi untuk ‘menjadi perusahaan pengeboran pertama dan terbaik di kelasnya yang mampu menginspirasi dan memenuhi kebutuhan konsumen’. Untuk mewujudkannya, perusahaan ini membekali para teknisinya dengan kompetensi. Anda dapat mengubungi fanpage dan akun instagram PT Willy Permata Air jika ingin menggunakan layanannya.

Jenis-Jenis Sumur untuk Beragam Kebutuhan

Manusia tidak dapat melangsungkan kehidupannya tanpa air, karena air digunakan untuk berbagai kegunaan mulai dari konsumsi, mencuci, hingga mandi. Hampir sebagian besar kehidupan manusia bertumpu pada air bersih agar aktivitas kesehariannya dapat berjalan normal. Oleh karena itu, ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan yang sangat penting keberadaannya.

Di kawasan pemukiman dan rumah-rumah, air bersih biasanya disupport oleh PDAM. Selain itu ada juga yang lebih memilih menggunakan sumur, dengan pertimbangan air dari sumur lebih segar, lebih melimpah supplynya, serta lebih hemat biaya bulanan. Sumur penghasil air untuk rumah-rumah ada beragam jenisnya. Setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis-Jenis Sumur

Pada hakikatnya, fungsi utama sumur ialah sebagai sumber air serta tempat penampungan air. Sumur mampu menyimpan air dengan volume besar, karena berada di dalam tanah. Seiring berjalannya waktu, fungsi sumur ini bergeser menjadi lebih luas. Sumur tidak hanya digunakan menampung air, ada juga yang berperan sebagai daerah resapan, untuk artesis, dan sebagainya. Berikut beberapa jenis sumur yang paling lazim dijumpai.

Sumur Galian

Sumur galian merupakan jenis sumur konvensional yang telah menjadi ‘teman’ masyarakat Indonesia sejak dulu. Saat ini keberadaan sumur ini paling mudah didapati di pedesaan atau kawasan pegunungan. Di kota-kota besar sedikit sekali yang masih menggunakan sumur galian karena faktor keterbatasan lahan untuk digali dan dirasa kurang praktis.

Sesuai namanya, sumur galian dibangun melalui proses penggalian dengan menggunakan tenaga manusia secara manual. Kedalaman sumur ini bisa mencapai 10 meter. Sedangkan pada daerah yang mata airnya jauh di dalam tanah, kedalamannya bisa sampai 20 meter. Di sekeliling sumur galian biasanya diberi dinding dari semen atau batu guna mencegah tanah sekitarnya merembes akibat terkena air.

Sumur Pompa

Sumur pompa juga tergolong sumur konvensional, tetapi sudah lebih maju dari sumur galian karena memanfaatkan teknologi tuas. Cara membuat sumur ini melalui proses pengeboran lapisan tanah sampai menjangkau lapisan aquifer yang menjadi pusat air dalam tanah. Oleh karena itu, kedalaman sumur ini bergantung pada keberadaan aquifer di lokasi pembangunan.

Agar air bisa naik ke permukaan, sumur ini memanfaatkan pipa hisap yang sudah disambungkan pompa air pada bagian atasnya. Ketika Anda mengayuh tuas pompa, air akan terhisap sehingga bisa naik ke atas. Jadi Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengayuh tuas jika ingin mendapatkan air bervolume banyak. Kelebihannya adalah sumur pompa tidak memakan terlalu banyak ruang..

Sumur Artesis

Sumur artesis adalah sumur modern yang telah menggunakan teknologi canggih untuk menaikkan air dari dalam tanah menuju permukaan. Proses pembangunannya membutuhkan mesin yang mampu menembus lapisan tanah dan batu agar mencapai aquifer. Mata bor ditancapkan vertikal ketika sudah menemukan lapisan aquifer.

Berbeda dengan sumur konvensional, kedalaman sumur artesis bisa sampai 250 meter. Sumur ini lazim dijumpai pada kawasan perumahan dan menjadi sumber air bersih utama, karena mampu menghasilkan air dengan volume berlimpah. Namun untuk pembuatannya, Anda harus menggunakan jasa profesional. Proses pembangunannya cukup berbahaya dan beresiko terjadi kebocoran apabila ada kesalahan teknis.

Sumur Resapan

Sumur resapan tidak berperan sebagai sumber air, tetapi untuk menampung air. Dibangun pada area yang bercurah hujan tinggi agar air lebih maksimal meresap ke dalam tanah. Dengan demikian, air pun tidak akan menggenang di permukaan tanah yang dapat memicu terjadinya banjir dan kontaminasi air kotor pada air bersih.

Pembuatan sumur ini cukup sederhana, yaitu dengan cara menggali sebagaimana membuat sumur konvensional. Kedalamannya pun tidak sejauh sumur mata air, karena justru menghindari lapisan aquifer. Karena memiliki banyak manfaat, pembangunan sumur resapan saat ini banyak digalakkan terutama di kawasan rawan banjir.

baca juga

https://bengkellasbekasi.my.id/
https://www.sumurbor-murah.com/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://www.sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://www.sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Sumur Bor

Sumur bor banyak dijumpai di wilayah metropolitan. Tidak hanya diaplikasikan pada perumahan, sumur bor juga dipakai di gedung perkantoran, sekolah, hote, rumah makan, dan bangunan besar lainnya. Sumur bor mampu menjangkau kedalaman sampai 200 meter, dengan mempertimbangkan kondisi geologis serta kapasitas air di kawasan tersebut.

Sumur bor dibangun dengan teknologi canggih yang setiap tahapannya membutuhkan penanganan profesional agar tidak terjadi kebocoran. Sumur ini pun tidak memakan banyak tempat, sehingga efektif bagi lingkungan perkotaan yang relatif sempit lahan kosongnya. Apabila kapasitas air yang dibutuhkan semakin besar, maka pembangunan sumur bor pun bisa semakin dalam dengan skala lebih masif.

Kelebihan Sumur Bor

Sumur bor bisa dikatakan upgrade paling canggih di antara jenis sumur lain. Jika dilihat perbandingannya dengan sumur konvensional, sangat jauh bedanya. Dari aspek ruang, sumur bor jauh lebih unggul karena tidak memakan banyak tempat. Sumur ini pun bisa dibangun di hampir setiap kawasan sehingga tingkat fleksibilitasnya tinggi.

Menggunakan sumur bor juga lebih hemat dari segi pembiayaan. Anda tak perlu lagi mengeluarkan budget tambahan untuk tagihan air karena supply melimpah dari sumur bor sangat cukup memenuhi kebutuhan. Dari segi kesehatan, sumur bor lebih tahan dari kontaminasi lingkungan sekitar. Kehigenisan air pun lebih terjaga. Air dari sumur bor tidak mempunyai warna dan tidak menimbulkan bau, sehingga lebih aman dikonsumsi.

Kekurangan Sumur Bor

Di samping memiliki beragam kelebihan, sumur bor juga punya kekurangan. Sumur ini bekerja dengan memanfaatkan energi listrik untuk mengaktifkan komponennya. Oleh karena itu, jika terjadi pemadaman listrik maka sumur bor tidak akan bisa digunakan sama sekali. Kekurangan lainnya yaitu proses pembangunan sumur bor membutuhkan biaya tidak sedikit, karena harus menggunakan jasa ahli dengan peralatan khusus.

baca juga

Membangun Sumur Bor dengan Layanan PT Willy Permata Air

Sumur bor menjadi alternatif andalan bagi masyarakat yang membutuhkan supply air melimpah. Bagi perusahaan, perkantoran, atau instansi besar lainnya sumur ini berperan penting terhadap ketersediaan air. Jadi setiap proses pembangunan sumur bor harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi kerusakan yang berpotensi merusak lingkungan.

PT Willy Permata Air merupakan perusahaan yang memulai eksistensi sejak 1998 untuk bergerak dalam bidang pengeboran air tanah. Perusahaan ini memberikan kontribusi bagi masyarakat yang membutuhkan sumur mata air. Dikerjakan secara profesional oleh para ahli yang berpengalaman, PT Willy Permata menggunakan peralatan canggih inovasi terbaru.

Ada beberapa layanan yang diberikan oleh PT Willy Permata Air. Pertama, survei geolistrik, yaitu teknik untuk mengetahui sifat kelistrikan pada lapisan batu di bawah permukaan tanah dengan menggunakan metode geofisika aktif. Kedua, well logging, yakni pengukuran kedalaman lubang sumur dengan menggunakan instrumen berupa wireline yang terdiri atas inner wire group of wires dan outer wire rope. Selain itu perusahaan ini juga melayani pumping tes, bore hole camera, dan lain-lain.

Seiring kemajuan zaman, teknologi di berbagai sendi kehidupan manusia pun berkembang. Termasuk teknologi dalam bidang pengeboran air tanah, sudah semakin banyak inovasi mesin terkini untuk mempermudah proses pengeboran. PT Willy Permata Air senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan tak lupa menghadirkan peralatan terkini untuk proses pengeboran lebih maksimal.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!