Puncak Bintang Bandung – Sensasi Senja Malam di tengah Hutan Pinus

Puncak Bintang Bandung – Sensasi Senja Malam di tengah Hutan Pinus

Nama Puncak Bintang disesuaikan dengan filosofinya dimana disini kita seakan bisa meraih bintang. Puncak Bintang awal mulanya adalah kawasan hutan pinus sadapan yang dikembangkan Perhutani. Lambat laun kawasan hutan pinus sadapan inipun dijadikan sebagai destinasi wisata.

Puncak Bintang tergolong baru mengingat peresmiannya baru tanggal 23 September 2014 dan diresmikan oleh Divreg Jabar dan Banten. Puncak Bintang juga kerapkali dipanggil Puncak Bukit Moko atau Puncak Bintang Moko, tak lain karena lokasinya yang cukup dekat dengan Bukit Moko.

Luas tanah untuk kawasan ini mencapai 11 hektar, cukup luas dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Berada pada ketinggian 1442 mdpl, menjadikannya sebagai kawasan wisata yang tepat untuk melihat Bandung dari atas.

Puncak Bintang juga menawarkan indah dan romantisnya sunset yang nampak dari tepian pinus. Bagi para pecinta olahraga bersepeda, jogging, hiking, travelling atau selfie, Puncak Bintang menjadi salah satu destinasi wisata yang recommended abis.

Penasaran bagaimana daya tarik Puncak Bintang?  Berikut detailnya!

Daya Tarik Puncak Bintang Bandung

Banyak panorama atau aktivitas yang bisa Anda kerjakan di Puncak Bintang. Penasaran? Mari kita bahas satu persatu:

  1. Gemerlap Cekungan Bandung
    Melihat gemerlap lampu dari atas seakan kita melihat hamparan kolam bintang di daratan. Setidaknya ini yang akan Anda rasakan ketika menikmati malam di Puncak Bintang. Suguhan pemandangan gemerlap cekungan Bandung yakni kawasan Kota Bandung, Padalarang, Cimahi, Cileunyi, Cibiru sampai ke kawasan Lembang bisa dinikmati dengan mudah dari titik trianggulasi KQ 275.
    Panorama yang romantis menawan ini bisa dirasakan ketika matahari mulai tenggelam. Cahaya kemerahannya lambat laun menghilang digantikan dengan gemerlap lampu dari kejauhan. Ratusan bahkan jutaan lampu mulai menyala memanjakan mata para penikmatnya.
  2. Udara yang segar yang adem
    Puncak Bintang berada di kawasan hutan pinus pada ketinggian 1442 mdpl. Jadi tak heran jika kawasan ini memiliki hawa yang begitu dingin, belum lagi kabut yang tebal. Meski begitu, hawa dingin disini tak menghalangi para wisatawan mendatangi Puncak Bintang.
  3. Hutan pinus
    Ada banyak aktivitas yang bisa Anda kerjakan di Puncak Bintang. Aktivitas menarik pertama yakni jalan-jalan kawasan hutan pinus. Area hutan pinus disini sudah tertata dengan rapi dan asngat bersih. Aroma hutan pinus yang khas dengan hawa yang adem dan pemandangan yang asri pastilah sangat menarik.
    Jika Anda ingin berkunjung dengan tujuan jalan-jalan di hutan pinus, ada baiknya memilih waktu pagi atau sore hari. Kala ini udara sangat segar dan cahaya matahari yang masuk di sela-sela pohon pinus menambah pemandangan kian cantik. Suasana kian eksotis dengan daun-daun pinus yang berguguran.
  4. Patahan Lembang
    Bagi penyuka hiking, Patahan Lembang menjadi area terbaik. Cukup berjalan sekitar 30 menit atau menempuh jarak sekitar 2KM akan menjadi momen petualangan yang sangat menyenangkan.
  5. Sunset di Puncak Bintang
    Lokasi Puncak Bintang yang berada di ketinggian jelas menjadikannya tempat wisata terbaik untuk melihat matahari tenggelam. Sayangnya, disini Anda tidak bisa melihat matahari terbit karena terhalang bukit.
  6. Dermaga Bintang
    Salah satu fasilitas dengan konsep gardu atau view deck didesain khusus untuk memudahkan pengunjungnya dalam mengambil spot berfoto terbaik.
  7. Penanda unik menarik
    Ketika Anda datang di Puncak Bintang, Anda akan disambut dengan lampu bewarna-warni unik berbentuk semacam sign board. Ketika malam, cahaya lampu yang bewarna-warni seperti bintang ini menjadi tempat favorit para wisatawan untuk dijadikan sebagai latar foto, selain pemandangan kota Bandung.

Rute Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang dekat atau satu jalur dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Saung Angklung Udjo, Bukit Moko, dan Caringin Tilu. Bagi Anda yang pernah atau berencana untuk berkunjung tempat-tempat diatas, sempatkan mendatangi Puncak Bintang.

Lokasinya berada di RPH Arcamanik atau kawasan  KPH Bandung Utara yang merupakan kawasan Perhutani, tepatnya di Kecamatan Cimenyan, tepatnya di Kampung Buntis Bongkor.

Jarak antar Puncak Bintang dengan pusat kota Bandung cukup dekat, bisa ditempuh dengan waktu perjalanan hanya 30 menit. Dari Bukit Moko, Puncak Bintang hanya berjarak 200 meter saja, sedangkan jika Anda berasal dari terminal Cicaheum jarak tempuh yang harus dilalui sekitar 8.5km.

Anda bisa juga melewati Padasuka. Rute untuk sampai kesini bisa melewati rute Cimenyan dari Padasuka, kemudian Caringin Tilu, baru kemudian sampai di kawasan Puncak Bintang.

Disarankan jika hendak ke Puncak Bintang untuk membawa kendaraan pribadi. Atau bisa juga dengan menyewa jasa ojek, ojek online atau angkot. Soalnya, tidak ada angkotan umum dengan arah tujuan ke Puncak Bintang.

 

Fasilitas Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang tak sekedar menyajikan pemandangan indah tapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

Banyaknya wisatawan di Puncak Bintang membuat pihak pengelola juga turut mengembangkan beragam fasilitas pendukung. Dimulai dari kawasan parkir. Sekarang ini tempat parkir telah diperluas dan ditata agar lebih teratur. Jalan yang dahulunya batu sekarang juga sudah lebih bagus dan halus.

Selain itu, beberapa fasilitas juga sudah mulai dikelola dengan baik antara lain bumi perkemahan, mushola, toilet, track hiking  serta tempat makan. Fasilitas yang ada disini disediakan khusus untuk memanjakan pengunjung.

 

Puncak Bintang Bandung

Alamat                                 : Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Bandung

Jam operasional              : 07.00 – 20.00 WIB

Harga tiket                         : Rp 15.000

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!