Rahasia Melakukan PR Gratis

Jasa

Rahasia Melakukan PR Gratis yang Harus Anda Ketahui untuk Meningkatkan Skala Bisnis Anda
public relation
Bisakah PR membuat merek Anda terkenal?

Sejarah PR

Hubungan masyarakat dimulai pada awal 1900-an ketika dewan publisitas dibentuk untuk mempengaruhi opini publik dan akhirnya jurnalis.
Siaran pers digunakan untuk berkomunikasi dengan wartawan dalam situasi krisis yang membantu memperbaiki reputasi dan menghasilkan pers positif pada pertengahan 1900-an.
Ketika radio dan TV berkembang sebagai outlet media, PR menjadi bagian komunikasi yang lebih kritis dari sebuah perusahaan.
Jurnalis adalah penjaga gerbang dari apa yang membuat berita utama dan siapa yang digunakan sebagai sumber.

Mengapa PR?

Hubungan masyarakat dianggap sebagai dukungan pihak ketiga terhadap iklan atau konten yang disponsori, yang jelas dibayar.
Tidak seperti iklan, yang berhenti ketika kampanye berbayar berakhir, PR tetap memberikan feedback.
Ini bisa dalam bentuk rujukan lalu lintas, tautan otoritas masuk, pencitraan merek, dan lainnya.
Telah ditunjukkan bahwa media menghasilkan media.
Ketika merek Anda disebutkan satu kali di media, lebih banyak media cenderung berbondong-bondong untuk ikut membahas usaha anda itu bisa menjadi efek domino.
Di era ketika kepercayaan konsumen rendah, hasil public relations yang positif membangun kredibilitas dan kredibilitas membangun kepercayaan.
 
Salesforce melaporkan bahwa 95 persen pelanggan lebih cenderung loyal kepada perusahaan yang mereka percayai.
Sedangkan 92 persen lebih cenderung membeli produk dan layanan tambahan dari bisnis tepercaya.

Cara Lama dan Peluang Siklus Media

Siklus berita hari ini berjalan selama 24 jam sehari selama tujuh hari.
Jurnalis, outlet media, mesin pencari, dan saluran media sosial haus akan konten yang bagus.
Jumlah outlet media sangat besar dan terus bertambah sementara jumlah jurnalis dan kepegawaian menurun karena pemotongan anggaran.
Dalam dekade terakhir, ruang redaksi telah kehilangan lebih dari 20.000 pekerja.
Misalnya, BuzzFeed menerbitkan lebih dari 200 cerita dan video sehari sedangkan The Washington Post menghasilkan lebih dari 500 video dan posting sehari.
Ada lebih dari 600.000 podcast dan 505 juta blog.
Lebih dari 7.000 majalah di AS dan 1400 plus surat kabar.
Lebih dari 1.700 stasiun TV ada di AS.
Wartawan diharapkan melakukan lebih banyak untuk penghasilan yang lebih sedikit.
Ini termasuk dalam menciptakan karya seni dan multimedia.
Jadi apakah Anda seorang pemasar digital, startup, solopreneur, nirlaba, atau organisasi ukuran apa pun – lihat kiat PR ini untuk mengukur hasil PR Anda dengan anggaran sebesar apa pun.

Audiens dan Sudut Pandang

Anda harus mengetahui audiens dan sudut pandang Anda sebelum Anda bisa melemparkan cerita Anda ke media.
Jika Anda memiliki persona audiens di tempat Anda harus tahu publikasi apa yang sebagian besar mereka baca.
Setelah Anda mengetahui publikasi, Anda dapat meneliti siapa yang meliput jenis cerita yang sesuai dengan cerita merek Anda.
Temukan apa yang diminati oleh media yang dapta menjadi prospek besar untuk anda.
Jika sudah menemukannya, maka berikan cerita terbaik kepada wartawan.
Sudut cerita adalah cara anda mengolah produk atau layanan Anda dengan cerita yang semenarik mungkin.
Contoh yang buruk adalah sebagai berikut ini:
Bad Pitch: “Saya ingin Anda menulis cerita tentang aplikasi yang saya luncurkan minggu depan.”
 
Good Pitch: “Kami meluncurkan aplikasi baru untuk wirausahawan yang menghemat satu jam sehari dalam produktivitas, meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja, dan mengurangi stres.”
Anda bisa melihat sudut pandang cerita terbaik berasal dari mengetahui proposisi nilai unik produk Anda.
Bisa juga apa yang membuat merek Anda unik atau inovatif untuk industri Anda.
Pemilihan sudut pandang ini akan membantu membingkai ide cerita Anda ke dalam berbagai macam kategori yang dapat mencakup:

  • Pengumuman: Ini termasuk produk baru atau karyawan baru.
  • Evergreen: Ini adalah ide abadi seperti “bagaimana menulis buku dalam 30 hari.”
  • Musiman: Terikat dengan liburan atau acara tertentu seperti Super Bowl atau pemilihan umum.
  • Acara: Seperti apakah merek Anda adalah bagian dari SXSW atau konferensi industri seperti Pubcon.

Pitch Sempurna & Siaran Pers untuk PR Gratis

Bertentangan dengan kepercayaan umum, siaran pers itu tidak mati, itu sebenarnya sangat hidup dan sehat.
Siaran pers menjawab pertanyaan kritis tentang merek Anda: siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa.
Sejak revolusi era digital, banyak yang percaya bahwa satu-satunya pesan yang penting adalah pesan yang Anda keluarkan secara online.
Namun, massa masih memandang hasil liputan di Forbes, The New York Times, NBC, dan media lokal memberikan velue yang lebih tinggi.
Maka jika dipublikasikan di media massa dapat meningkatkan bisnis anda, maka melakukan siaran pers akan menjadi langkah terbaik untuk meningkatkan penjualan anda.

Pitching Berita

Pitching sebuah berita kepada media tidak memerlukan gelar PR, tetapi membantu menjadi penulis, peneliti, dan penghubung yang baik.
Anda harus dapat menjual apa yang menarik minat wartawan dan media dengan cara yang bermanfaat, relevan, dan tepat waktu.
Pastikan semuanya dapat dipersonalisasi dan disesuaikan dengan minat para jurnalis.
Jaga agar informasi yang anda sampaikan tetap pendek dan to the point tanpa pencitraan yang berlebihan.
Sebelum Anda mulai melenggang, ikuti reporter di Twitter dan mulailah berinteraksi dan membangun hubungan itu.
Ini dapat membantu Anda menemukan seorang jurnalis atau wartawan yang dapat dipercaya untuk memasarkan produk anda.
Membangun hubungan sangat penting secara umum, terutama ketika menyangkut pers.
Ikuti jurnalis yang relevan di media sosial bahkan jika mereka hanya memiliki beberapa ratus pengikut di Instagram.
Bagikan kisah mereka, seperti tweet / foto mereka bahkan jika mereka tidak menyebut klien Anda bulan ini atau kuartal ini.
Ini adalah cara mudah untuk tetap berada di dalam pikiran mereka, terutama saat Anda bersiap untuk melakukan promosi produk baru.

Anatomi Siaran Pers

Siaran pers bukan dokumen pemasaran dan tidak boleh ditulis seperti itu.
Jika Anda menulis seperti jurnalis, Anda akan diperhatikan oleh seorang jurnalis.
Dapatkan liputan siapa, apa, di mana, kapan dan bagaimana, dan buat hingga 400 kata dengan rincian lebih lanjut di situs web Anda.
Di bawah ini adalah bagian-bagian penting dari siaran pers dari awal hingga selesai.

  • Judul, pastikan Anda menempakan kata kunci penting di depan
  • Sub-Judul, opsional jika diperlukan
  • Tambahkan kesan Visual seperti sertakan logo, gambar minimal dan video jika memungkinkan.
  • Lokasi dan Tanggal Rilis.
  • Ringkasan, tambahkan tautan dengan URL lengkap ke perusahaan.
  • Sampaikan Masalah
  • Deskripsikan sebab dan akibat
  • Sampaikan dengan Data dan Fakta Pasar.
  • Tambahkan Kutipan Anda, bisa juga statemen dari influencer, pelanggan, atau mitra.
  • Penutupan dan ajakan untuk bertindak.
  • Info kontak media

Menurut penelitian yang dilakukan oleh TEK Group, info kontak media adalah informasi yang paling dicari ketika mengunjungi situs web.
Apakah Anda memiliki kontak media yang terdaftar di situs web Anda?

Visual

Wartawan mengatakan mereka “selalu” atau “sering” menggunakan elemen multimedia 70,5 persen dari waktu ke waktu.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa siaran pers yang didistribusikan dengan gambar dan video mendapatkan lebih banyak visibilitas dalam pencarian dan rujukan lalu lintas.
Maka, yang harus anda lakukan untuk menarik semakin banyak perhatian massa adalah sebagai berikut:

  • Manfaatkan Fotografi

Berinvestasilah dalam berbagai fotografi dan menjadi kreatif di luar headshots.
Semakin baik hasil fotografi Anda, semakin mudah Anda menjadikan kehidupan seorang jurnalis yang akan memuat produk Anda.
Ambil bidikan aksi baik secara horizontal maupun vertikal.

  • Infografis

Tambahkan atau mengubah data menjadi visual juga memikat hati dan perhatian media termasuk media sosial, pencarian, dan media tradisional.

  • Video

Kamera iPhone Anda adalah videografer yang dapat anda manfaatkan untuk membuat konten video yang baik.
Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pengeditan untuk menyempurnakan video yang anda buat.
Jangan takut berkreasi dengan video, tidak perlu anggaran.

Optimasi

Mengoptimalkan siaran pers Anda tidak berarti menjadikannya spam dengan kata kunci yang overdosis.
Jika Anda melakukan versi di media sosial pastikan Anda memiliki tag yang relevan termasuk:

  • Kata kunci

Pastikan Anda mengingat bagaimana audiens Anda mencari dan menulis dengan frase kata kunci tersebut.

  • Nama file gambar

Ingatlah kekuatan dan pengaruh pencarian gambar Google sangat berpengaruh pada peningkatan indeks website anda di google.

  • Tautan untuk merujuk lalu lintas

Pastikan Anda mengikuti praktik terbaik Google, yang mana tautan internal juga memberi pengaruh yang baik untuk meningkatkan penjualan.

  • Sertakan tools Share

Berikan fasilitas yang membuat audiens anda dapa membagikan berita anda ke berbagai media sosial.
Cek  Apakah visualnya shareworthy dan apakah itu menceritakan sebuah cerita dengan baik atau tidak?
 
 
 

 
 
 

Distribusi

Anda harus yakin bahwa distribusi anda sudah sesuai dengan target yang anda inginkan.
Jika perlu maksimalkan hal-hal berikut.

  • PR Newswire atau kawat Bisnis.
  • Gunakan Email, biarkan pelanggan email Anda tahu apa yang terjadi dalam versi sederhana yang menautkan ke cerita lengkap di situs web Anda
  • Google Bisnisku

Dedikasikan posting GMB Anda untuk melaporkan berita dan dapatkan visibilitas terkontrol di halaman pertama Google.
Anda bahkan dapat menambahkan video atau gambar – membuatnya semakin menonjol di internet.

  • Tamabhkan Versi khusus untuk ruang berita daring situs web Anda, Linkedin, Medium.
  • Panjang artikel minimal 160 karakter dalam 1 paragraf.
  • Buat versi unik untuk media sosial

Buat versi unik dari siaran pers Anda untuk setiap jaringan.
Jika audiens Anda ada di Instagram, pastikan Anda menyampaikan berita terlebih dahulu di saluran yang paling penting bagi audiens Anda.
Setelah Instagram, kejar audiens Twitter anda juga, begitu pula dengan facebook.

  • Daftar media

Pastikan daftar media Anda disesuaikan dan dipersiapkan untuk setiap pitch.
Anda tidak harus menjadi BFF dengan jurnalis untuk menyampaikan cerita, Anda hanya perlu membuat hidup mereka lebih mudah.

Siap untuk Memulai?

Siap memulai atau meluncurkan kembali perjalanan merek Anda untuk mendapatkan publisitas gratis, tautan yang baik, dan membangun kredibilitas?
Raih penjualan Anda dan saksikan ketenarannya tumbuh, ingatlah bahwa proses ini dibangun dengan momentum.
Tidak ada tombol “pause campaign”.
Hubungan masyarakat adalah proses yang “selalu berjalan”, maka lakukan secara konsisten tanpa ragu.
Intinya pastikan konten anda baik terlebih dahulu sebelum anda menghubungi media massa untuk mempublikasikan produk anda.

Sudahkah Perusahaan Anda Menyadari Arti Pentingnya PR ?

undercover.co.id – Setiap perusahaan pasti ingin membuat sebuah citra positif di mata masyarakat. Hal tersebut merupakan sebuah cara yang mereka lakukan, untuk membangun hubungan yang baik dengan para calon konsumennya. Lantas, mereka pun mendelegasikan orang khusus untuk melaksanakan tugas dan fungsi tersebut. Orang-orang itulah yang dikenal dengan istilah PR (Public Relation).

Sebagian orang bisa jadi sudah mengerti akan fungsi dan peran dari posisi ini, namun ada pula sebagian yang belum. Sejatinya, posisi PR adalah krusial bagi setiap perusahaan. Maka dari itu, agar kalian, para pembaca tahu peran dan fungsi mereka, maka kami pun akan memaparkannya secara sederhana dalam artikel keren ini. Kami pun telah mengolahnya dari berbagai sumber di dunia maya, agar kelak anda sebagi pembaca semakin enak untuk menyimaknya. Let’s read!

APAKAH ANDA SIAP MENGEMBAN TUGAS MULIA INI?

Public Relation dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “Hubungan Masyarakat”. Maka dari itu, mereka bertugas secara langsung di masyarakat, dengan tujuan menciptakan citra positif dari perusahaan tempat mereka bekerja. Adapun beberapa fungsinya, ialah;

  1. Sebagai Peneliti

Mereka-mereka ini adalah orang yang tentunya akan langsung bersentuhan dengan masyarakat. Di sanalah mereka akan mengetahui kondisi pasar dan konsumennya. Maka dari itu, menjadi seorang peneliti pun menjadi fungsi dari seorang Public Relation.

Tatkala ia datang ke masyarakat, mereka dituntut untuk mencari data-data primer, dengan mengetahui sendiri kondisi sosial, selara pasar, dan kondisi ekonomi juga loh. Oleh karena itu, tak heran bila nantinya seorang Public Relation harus menghabiskan banyak waktunya di lapangan. Sebab merekalah representasi perusahaan di khalayak umum. Jadi, apakah anda siap menjadi seorang Public Relation? Kalau siap, kita lanjut ke nomor selanjutnya ya!

  1. Menjadi Media Penghubung

Menjadi seorang penghubung perusahaan dan masyarakat pun tak akan pernah jauh dari posisi ini. Bagaimanapun, setiap perusahaan ingin membangun sebuah citra yang baik di mata masyarakat. Maka mereka para Public Relation pun menjadi ujung tombak dalam urusan penting ini.

Melalui beragam cara, ia diharuskan untuk berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat, serta menjadi bagian yang akan mewakili perusahaan dalam membangun kerjasama dengan pihak-pihak yang berada di luar perusahaan. Hal tersebut mereka lakukan semata-mata untuk kepentingan perusahaan. Begitu mulia tugas mereka, bukan?

Sudahkah Perusahaan Anda Menyadari Arti Pentingnya PR –  (foto kontentsampleskeyline.files.wordpress.com)

  1. Penghubung Karyawan

Selain harus bekerja di ranah eksternal, pekerjaan ini pun ternyata harus selalu siap sedia untuk dinas di internal. Apa yang mereka lakukan di dalam perusahaan? Ya, Public Relation bertugas untuk membangun relasi yang baik juga dengan para karyawan di dalam perusahaan.

Baca Juga Leisure Leagues: Peluang Waralaba Pecinta Olah Raga Sepakbola

Tak jarang, mereka harus menyampaiakan informasi seputar perusahaan pada meraka, dan juga memotivasi kinerja mereka agar menghasilkan dampak positif bagi perusahaan. Ibaratnya seorang informer yang siap memberikan informasi tentang situasi internal dan eksternal perusahaan. Selain itu mereka pun harus selalu siap dan responsif dalam menghadapi permasalahan di perusahaan. Bagiamana menyenangkan bukan tugas mereka ini?

  1. Manajemen Isu

Sekarang kita kembali lagi ke ranah eksternal perusahaan. Sebagai seorang yang bertugas langsung di lapangan, tentunya mereka akan menemukan banyak tanggapan negatif, dan isu-isu yang kurang enak didengar oleh masyarakat tentang perusahaannya. Maka dari itu, para Public Relation ini hadir untuk memanajemen masalah tersebut.

Ia meluruskan isu isu miring yang mengganggu terciptanya citra perusahaan yang positif. Setelah itu, mereka akan melakukan identifikasi masalah, dan evaluasi masalah untuk kemudian mengeluarkan solusi taktis yang tentunya akan berguna bagi perusahaan ke depannya. Memang terdengar agak sulit dan rumit, namuan apapun keadaannya mereka ini pasti dibutuhkan keberadaaannya, baik oleh perusahaan yang memeperkerjakannya atau oleh masyarakat yang membutuhkannya.

  1. Membuat Kegiatan

Nah, fungsi yang selanjutnya ini pasti akan anda sukai dalam melakukan pekerjaan ini. Setelah mereka mengetahui keadaaan pasarnya yang seperti apa, lalu permasalahan yang timbul di sana bagaiamana, kemudian sejauh mana publik mengetahui perusahaan tempat mereka bekerja, maka, klimaksnya mereka akan membuat sebuah kegiatan kongkrit berdasarkan data-data hasil dari analisa di lapangan atau pangsa pasar mereka.

Event atau kegiatan ini pun bukan mereka gunakan sebagai sarana hiburan semata, akan tetapi meliputi upaya-upaya untuk mencuri perhatian orang-orang, meningkatkan awareness masyarakat terhadap perusahaan, mempromosikan produk perusahaan, dan mencapai serta menyentuh target market-nya

  1. Hubungan Multikultural

Sebagai fungsi penutup, tentu setiap perusahaan tidak melulu berorientasi pada profit atau pun komersial. Perusahaan di hari ini selalu dibebani dengan yang namanya CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk menunjukkan tanggung jawab sebuah perusahaan terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya.

Public Relation pun hadir sebagai wakil perusahaan dalam  mengurusi hal ini. mereka akan turun langsung ke masyarakat, dan membangun komunikasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, dan tokoh pemuda. Agar upaya membangun citra perusahaan tetap bisa berjalan tanpa terhalang oleh berbagai gangguan dari luar yang mengancam. Wah, makin keren aja akan tugas mereka-mereka ini?

Okay! Segitu dulu fungsi-fungsi dari Public Relation yang kami sampaikan dalam artikel ini. Tentunya masih banyak fungsi lainnya yang bisa kalian cari sendiri, tapi kami berharap inti tulisan di atas bisa menjawab rasa penasaran kalian. Semoga semakin bermanfaat.

Baca Lagi Mau Tau Franchise Yang Lagi Hits Di Inggris ?

Merger, Menguntungkan atau Merugikan bagi Perekonomian?

Beberapa tahun terakhir, tercatat ada beberapa aktivitas merger dan akuisisi (M & A) dengan berbagai tingkatannya. Selain itu, muncul pula kekhawatiran yang meningkat tentang konsentrasi industri dan efek negatifnya. Belakangan ini, banyak yang telah menulis analisis atau spekulasi tentang apakah merger meningkatkan atau merugikan kesejahteraan ekonomi dan terdapat beberapa bukti empiris yang mendukung kedua sisi argument tersebut.

Dalam penelitian terbaru, peneliti memberikan bukti baru bahwa selain merger dapat meningkatkan keuntungan, namun banyak juga yang gagal melakukan efisiensi, yang seharusnya dapat meningkatkan keuntungan secara keseluruhan.

Perusahaan melakukan merger karena mereka melihat peluang yang menguntungkan. Jika keuntungan naik karena biaya yang lebih rendah –melalui produktivitas yang lebih tinggi atau skala ekonomi, misalnya – maka hasilnya bisa berupa harga yang lebih rendah bagi konsumen dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan

. Namun, jika peningkatan keuntungan berasal dari konsentrasi yang lebih besar dari kekuatan pasar yang dimilki oleh perusahaan dan jika perusahaan menggunakan kekuatan itu untuk menaikkan harga, maka hanyaakan menghasilkan efek akhir yang negative bagi kesejahteraan secara umum.

Sementara itu, konsep penelitian ini bisa dikatakan relatif intuitif, yaitu hanya mengukur apa yang terjadi setelah merger berlangsung, menampilkan hambatan yang membatasi studi sistematis tentang efek merger pada efisiensi dan kekuatan pasar.

Dalam makalah yang terbit baru-baru ini, peneliti langsung menganalisa tantangan tersebut dan memberikan bukti baru untuk efek merger pada efisiensi dan kekuatan pasar di suatu industri yang relatif luas dalam perekonomian. Studi ini meneliti semua pabrik di AS dari tahun 1997 sampai 2007, yang merupakan sektor penting dan menampilkan keberagaman dari ekonomi AS di mana kita bisa mendapatkan data rinci tentang operasional pabrik dan yang terlibat untuk sekitar seperempat dari semua penawaran M & A di AS.

Penelitian terbaru ini mampu mengatasi kesulitan menguraikan efek efisiensi dari efek kekuatan pasar dengan menggunakan teknik empiris baru yang membantu analisis statistik lebih akurat.

Secara rata-rata, ditemukan fakta bahwa merger tidak memiliki efek signifikan pada produktivitas dan efisiensi. Secara spesifik, tidak ditemukan pula bukti perubahan produktivitas di pabrik, selain itu juga, tidak ada bukti untuk konsolidasi kegiatan administrasi yang sering disebut sebagai cara di mana merger menghasilkan biaya yang lebih rendah secara skala ekonomi.

Peneliti juga tidak menemukan bukti bahwa perusahaan yang melakukan merger lebih mungkin untuk menutup pabriknya yang kurang efisien. Sebaliknya, peneliti menemukan kenaikan rata-rata yang cukup besar perusahaan pada harga untuk menutupi biaya setelah merger, mulai dari 15% sampai lebih dari 50%, tergantung pada kelompok kontrol yang digunakan.

Oleh karena terdapat keterbatasan dalam sejauh mana peneliti bisa menguji perbedaan di seluruh sampel, karena datanya yang bersifat rahasia, penelitian ini dapat menguji perbedaan efek merger antara merger horisontal (melibatkan perusahaan-perusahaan dalam industri yang sama) dan jenis merger lainnya.

Teori menyatakan bahwa efek merger kekuatan pasar cenderung yang terbesar untuk merger horisontal. Sejalan dengan ini, ditemukan terjadinya peningkatan kenaikan harga yang lebih tinggi dalam merger horisontal. Sebaliknya, ketika melihat merger nonhorizontal, ditemukan sedikit bukti kenaikan harga dan bahkan menemukan beberapa efek positif pada produktivitas di pabrik.

Seperti biasa, studi lebih lanjut diperlukan. Tapi penelitian ini menimbulkan keraguan tentang kemampuan merger untuk mendorong produktivitas, terutama ketika dua perusahaan dalam industri yang sama bergabung. Dalam kasus tersebut, perusahaan mungkin akan mendapatkan keuntungan, tetapi tidak berdampak langsung pada meningkatkan perekonomian secara keseluruhan.

Mengoptimalkan Hubungan Masyarakat Untuk Bisnis Anda

undercover.co.id – Apakah Anda ingin memperkenalkan merek Anda kepada orang-orang yang belum pernah mendengarnya? Apakah Anda ingin bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih luas? Berita baiknya adalah Anda dapat mencapai semua itu melalui hubungan masyarakat.

Banyak dari kita telah mendengar tentang hubungan masyarakat, tetapi mari selami lebih dalam untuk memahami bagaimana Anda dapat mengoptimalkannya dalam bisnis Anda.

Hubungan Masyarakat ( PR ) Bukan Periklanan

Anda mungkin berpikir: tetapi bukankah hubungan masyarakat dan iklan pada dasarnya adalah hal yang sama? Yah, mereka tidak bisa lebih berbeda. Iklan adalah media berbayar, sedangkan hubungan masyarakat gratis. Iklan sangat bagus untuk pemaparan, tetapi hubungan masyarakat yang baik adalah yang menghasilkan kepercayaan pelanggan.

Tidak seperti iklan tempat Anda membayar situs web, TV, dan majalah untuk mempromosikan bisnis Anda di bagian berbayar, hubungan masyarakat diperoleh. Ini berarti Anda harus meyakinkan media pihak ketiga untuk menceritakan kisah Anda, dan Anda tidak memiliki kontrol bagaimana tampilan fitur yang akan muncul. Namun, ini juga berarti bahwa orang yang melihatnya akan lebih percaya dan percaya pada bisnis Anda.

Mengapa Hubungan Masyarakat Penting?

Pelanggan menyukai produk yang dibicarakan oleh media dan influencer favorit mereka. Inilah sebabnya mengapa memiliki strategi hubungan masyarakat yang baik dapat membantu meningkatkan kesadaran dan kredibilitas merek. Saat Anda sering tampil di majalah, berita, dan situs web, Anda dapat bersaing dan bahkan menonjol dari merek pesaing lainnya. Pelanggan akan melihat produk Anda di banyak tempat dan menjadi lebih akrab dengannya, sehingga perlahan-lahan mempercayai kredibilitasnya.

Dengan cakupan yang cukup, Anda juga akan menarik pelanggan baru dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Selain itu, hubungan masyarakat juga penting untuk pertumbuhan perusahaan Anda. Anda dapat menggunakannya untuk membangun dan meningkatkan reputasi. Bisnis tidak selalu mulus, begitu juga beberapa peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya mengancam reputasi perusahaan Anda, hubungan masyarakat sering kali menjadi solusinya. Undang situs media untuk membagikan cerita Anda, atau atur siaran pers untuk meyakinkan publik tentang pesan Anda.

Tips & Strategi Hubungan Masyarakat Terbaik

1. Kenali audiens Anda

Seperti bentuk pemasaran lainnya di dunia bisnis, hubungan masyarakat menjadi lebih efektif ketika Anda dapat mengidentifikasi siapa target audiens Anda. Dimana lokasinya? Berapa kisaran usia pelanggan target Anda? Seperti apa gaya hidup mereka? Apa penghasilan mereka?

Ini adalah aspek penting dalam mengelola strategi hubungan masyarakat Anda karena mengetahui demografi target Anda akan memungkinkan Anda untuk membuat rencana yang sesuai yang dirancang untuk kelompok audiens spesifik Anda.

Misalnya, Anda dapat menentukan jenis media apa yang ingin Anda liput sesuai dengan rentang usia. Anda mungkin ingin menjangkau publikasi online untuk pembeli yang lebih muda, dan mencetak koran jika audiens Anda termasuk dalam kelompok usia yang lebih tua.

2. Identifikasi sasaran dan sasaran

Kiat kedua adalah memastikan bahwa Anda memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Ini akan membuat Anda mengetahui ruang lingkup strategi PR Anda, serta membuatnya lebih mudah diukur sehingga Anda dapat melacak seberapa efektif itu.

Buat daftar tujuan yang ingin bisnis Anda capai melalui rencana publisitas Anda. Pikirkan tentang … Jadilah sejelas dan sespesifik mungkin. Jangan lupa untuk memprioritaskan tujuan dan menetapkan tenggat waktu juga. Mengetahui apa hasil yang Anda inginkan akan membantu Anda menyusun rencana yang lebih dapat ditindaklanjuti dan memutuskan taktik mana yang paling berhasil.

3. Kontribusi masyarakat

Selanjutnya, kita akan membahas beberapa strategi publikasi yang paling efektif. Yang pertama adalah melalui berbagai bentuk kontribusi komunitas, di mana bisnis Anda akan membangun hubungan dengan komunitas lokal.

Ini bisa dalam bentuk sumbangan, kegiatan amal, penggalangan dana untuk tujuan tertentu, diskon khusus atau apa pun yang dapat memperkuat hubungan Anda dengan masyarakat. Tidak hanya ini kesempatan yang sempurna untuk memberikan kembali kepada komunitas Anda, ini juga bisa mendapatkan empati pelanggan dan kesetiaan mereka.

4. Hubungan media

Hubungan media adalah strategi lain yang telah teruji dalam hubungan masyarakat. Ini melibatkan membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan media seperti reporter, jurnalis, outlet media, dan publikasi berita.

Anda dapat mencapai hal ini dengan menulis dan mengatur siaran pers reguler kapan pun perusahaan Anda mengalami tonggak sejarah atau peristiwa besar lainnya. Ini dapat diikuti dengan membuka jadwal wawancara dengan media. Tidak hanya ini akan meningkatkan eksposur merek Anda, media sering kali bersedia menampilkan bisnis secara gratis.

5. Hadiri acara bisnis

Penting bagi perusahaan Anda untuk terlibat dalam acara bisnis. Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan paparan sambil mempromosikan produk dan layanan Anda. Anda dapat menyelenggarakan acara bisnis atau menghadiri acara yang diadakan oleh orang lain – dengan cara apa pun menawarkan peluang penjualan yang besar. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk bertemu pelanggan potensial dan membangun jaringan dengan bisnis lain yang mungkin dapat Anda tangani di masa depan.

Meskipun hanya menghadiri acara-acara ini sudah meningkatkan publisitas Anda sendiri, akan lebih baik jika Anda terlibat aktif dan berbicara selama acara berlangsung. Ini memungkinkan bisnis Anda menampilkan informasi yang bermakna tentang kepemimpinan dan budaya perusahaan, sekaligus meningkatkan kesadaran merek.

baca juga

6. Gunakan media sosial

Terakhir, pastikan Anda mengoptimalkan strategi media sosial Anda karena saat ini salah satu metode PR yang paling efektif. Meskipun ini merupakan saluran iklan yang hebat, media sosial juga merupakan cara yang ampuh untuk terhubung dengan audiens Anda, menarik pengikut baru, berbagi konten, dan informasi terkait merek lainnya.

Penting untuk memposting secara teratur dan memiliki kehadiran media sosial yang aktif, karena dapat memastikan keterlibatan dengan audiens Anda dan bahwa kesadaran merek selalu tumbuh.

Secara umum, PR adalah bagian penting dari bisnis dan dapat membawa banyak manfaat ketika dikelola dengan baik. Kami harap Anda dapat menggunakan kiat yang disebutkan di sini sebagai titik awal untuk membawa bisnis Anda ke tingkat selanjutnya.

Ingat, jika Anda lebih suka pendapat profesional dan panduan untuk membantu Anda, Anda dapat memesan janji konsultasi dengan kami . Undercover.co.id memiliki pengalaman bertahun-tahun memulai dan mengembangkan bisnis di berbagai industri.

Jasa
error: Content is protected !!