Rahasia Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor

https://www.zowhy.com- Sepeda motor sudah bukan lagi barang mewah atau tersier, melainkan sudah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Terbukti dari jumlah permintaan sepeda motor yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Banyaknya produksi pun seiring dengan penjualan sepeda motor yang terus meningkat. Sales sepeda motor juga makin bertambah jumlahnya hingga meningkatkan persaingan penjualan. Berikut rahasia dan cara para sales  yang patut Anda tiru agar berhasil meningkatkan penjualan sepeda motor.

  1. Kuasai Materi

Sebelum mengejar target penjualan, Anda harus menguasai materi tentang sepeda motor yang hendak dijual. Bukan hanya spesifikasinya, namun juga kelebihan dan kekurangan motor tersebut. Ketahui pula perbandingan antar motor baik tipe maupun brandnya. Hal ini sangat berguna jika ada calon pembeli yang bertanya. Anda pun dapat menjelaskan dengan rinci tentang keunggulan motor yang Anda jual.

  1. Percaya Diri

Terdengar teoritis, namun percaya diri memang sangat berpengaruh pada daya jual Anda. Jika dari luar saja Anda tak terlihat percaya diri, konsumen pun akan ragu untuk membeli sepeda motor via Anda. Sebaliknya, jika Anda percaya diri, secara tidak langsung Anda menampilkan bahwa produk yang Anda jual sangat layak untuk dibeli. Karena itulah, bangun dulu rasa percaya diri Anda sebelum membuat target untuk meningkatkan penjualan.

  1. Promo Harga

Promo harga akan menarik minat masyarakat untuk membeli sepeda motor yang Anda jual. Berikan harga spesial dengan menawarkan sebuah diskon yang menggiurkan. Selain itu, Anda juga perlu memberi tahu calon pembeli bahwa sepeda motor yang Anda jual adalah yang terbaik. Dengannya muncullah persepsi pada pembeli bahwa mereka membeli produk terbaik namun dengan harga miring. Strategi ini tentu akan mendatangkan banyak pelanggan dan berdampak pada meningkatnya penjualan sepeda motor Anda.

 

 

  1. Promosi di Pusat Perbelanjaan

Anda pasti sering kali melihat sales sepeda motor melakukan promosi di pusat perbelanjaan. Cara tersebut memang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, pusat perbelanjaan merupakan tempat orang berlalu lalang. Anda bisa melakukan promosi ke banyak orang yang melintas dengan cara menyebarkan brosur. Di antara mereka, pastilah ada yang tertarik dengan sepeda motor yang Anda jual.

 

  1. Promosi di Media Sosial

Media sosial juga menjadi alat marketing yang sangat jitu untuk menawarkan sepeda motor dan meningkatkan penjualan. Iklan promosi dapat dilihat banyak orang tanpa Anda keluar rumah. Namun Anda perlu membuat konten yang menarik agar akun media sosial disukai banyak orang. Jika perlu, bayarlah iklan di media sosial namun dengan target pasar yang sangat rinci dan jelas.

  1. Ikuti Peltihan

Bekerja menjadi seorang sales pun harus terus belajar agar tidak bosan, meningkatkan kemampuan diri dan mengetahui cara agar pendapatan selalu meningkat. Ikutilah pelatihan menjadi sales unggul sehingga kinerja Anda pun bertambah. Apalagi jika Anda mengalami stagnasi dalam melakukan penjualan. Maka wajib bagi Anda mengikuti training untuk menambah bekal melakukan promosi.

  1. Bekerja dalam Tim

Bekerja dalam tim akan sangat meringankan beban Anda, apalagi jika telah terjadi kepenatan selama bekerja seorang diri.  Semakin banyak orang yang bergerak, semakin besar hasilnya. Calon konsumen yang didapat akan semakin banyak dan penjualan sepeda motor pun turut meningkat. Namun Anda harus membuat sebuah tim sebaik mungkin dan sesolid mungkin. Jika tim Anda tak kompak, justru akan menjadi beban baru bagi Anda.

  1. Fokus pada Konsumen

Cara terakhir yang biasa sales lakukan untuk meningkatkan penjualan sepeda motor ialah dengan selalu fokus pada konsumen. Pastikan Anda menampilkan wajah yang ramah dan layanan yang prima. Buatlah konsumen merasa puas dengan pelayanan Anda.

Ketahui kebutuhan mereka dan tawarkan produk yang sesuai. Anda juga sebaiknya tidak memaksa melainkan memberikan informasi sebanyak mungkin kepada konsumen. Tingkat keberhasilan Anda bisa diketahui jika si konsumen menjadi pelanggan setia Anda.

Itulah beberapa rahasia dan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan sepeda motor. Terapkan dan teruslah berusaha agar menuai hasil yang maksimal. Selamat bekerja.

 

5 Cara Jitu Meningkatkan penjualan Sepeda Motor Honda

 

Brand Honda memiliki keunggulan karena sudah dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Karena itulah menjual sepeda motor Honda berbeda strateginya dibanding menjual merk lain. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memaksimalkan apa yang sudah ada dan membuat target untuk meningkatkan penjualan sepeda motor Honda yang Anda jual. Ikuti cara berikut sebagai strategi marketing yang paling jitu.

  1. Promosi Maksimal

Promosi sudah dilakukan Honda secara masif melalui berbagai media, menjadi sponsor, memberikan hadiah hingga menghelat acara akbar. Manfaat ketenaran sepeda motor Honda tersebut untuk meningkatkan penjualan Anda. Caranya, Anda perlu melakukan promosi yang lebih giat dan maksimal.

Karena konsumen sudah mengenal brand Honda, Anda hanya perlu memberitahu mereka bahwa Anda menjual sepeda motor Honda yang mereka cari. Sebarlah brosur atau selebaran bersama kartu nama Anda, ikuti acara pameran dan jaringlah banyak calon pembeli, dan pasang spanduk besar yang membuat orang yang melintas melirik.

  1. Tawaran Khusus

Penjual sepeda motor Honda tentu sangatlah banyak. Salesnya bertebaran ada di mana-mana. Anda perlu unggul dalam persaingan ketat tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan tawaran khusus. Dengannya Anda memiliki keunikan dan kelebihan dibanding sales lain.

Tawaran khusus tersebut bisa berupa pemberian potongan harga, kemudahan angsuran, kredit ringan dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut akan sangat menarik minat pembeli hingga mampu menjadi cara efektif untuk meningkatan penjualan. Yakin sepeda motor Honda yang Anda jual akan laku keras.

  1. Tonjolkan Keunggulan Honda

Sepeda motor Honda terkenal berkualitas hingga disukai banyak orang. Tak sedikit yang enggan membeli motor kecuali merk Honda. Manfaatkan keunggulan kualitas Honda ini sebagai bahan marketing Anda. Tonjolkan kelebihan-kelebihan sepeda motor Honda yang Anda jual. Tampilkan bahwa sepeda motor yang Anda jual adalah yang terbaik di kelasnya.

Jika perlu, buka kesempatan uji coba motor kepada calon pembeli. Test Drive dapat membuktikan kualitas produk. Kenyamanan berkendara pun bisa langsung dirasakan pembeli. Cobalah lakukan strategi ini untuk meraih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan sepeda motor Honda.

  1. Bantu Konsumen

Ramah sudah menjadi keharusan bagi seorang sales. Berbeda dengan mendengarkan dan menolong konsumen. Tak semua sales bersedia melakukannya. Jadilah sales yang disukai pelanggan dengan sikap yang selalu siap menolong konsumen.

Menolong konsumen bisa berupa memberikan informasi dengan jujur, memberikan rekomendasi sepeda motor sesuai kebutuhan dan budget konsumen, membantu konsumen memproses syarat kredit, mempermudah proses angsuran dan lain sebagainya. Konsumen akan merasa nyaman dan merekomendasikan Anda kepada kerabat dan teman mereka. Dengannya Anda dipastikan dapat dengan mudah meningkatkan penjualan sepeda motor Honda.

 

  1. Selalu Evaluasi

Evaluasi harus selalu dilakukan seorang sales. Setelah melakukan setiap strategi marketing sepeda motor Honda di atas, Anda perlu mengetahui cara mana yang paling efektif meningkatkan penjualan. Itulah fungsinya evaluasi. Dengannya Anda bisa memaksimalkan cara yang paling efektif dan memastikan semua cara sudah dilakukan dengan benar.

 

baca juga

100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

80 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

Selain itu, evaluasi pula bagaimana tanggapan konsumen pada penjualan Anda. Berapa banyak konsumen yang membeli produk setelah mendapat penjelasan dan penawaran lengkap dari Anda. Jika jumlahnya masih minim, artinya ada kesalahan dalam teknik pemasaran Anda. Lakukan selalu evaluasi secara rutin untuk memotivasi diri agar selalu bersemangat mengejar target.

 

Keterampilan menjual atau selling skill memang bisa dipelajari. Namun pengalaman adalah guru terbaik. Semakin banyak pengalaman Anda di lapangan,semakin meningkat kemampuan Anda dalam menjual. Dengannya Anda pun makin terbiasa dan sangat mudah meningkatkan penjualan. Pada saatnya, sepeda motor Honda yang Anda tawarkan akan mudah terjual dan anda pun memiliki banyak pelanggan. Jika saat ini Anda masih mengalami kesulitan, artinya Anda perlu lebih keras bekerja dan lebih konsisten dan bersabar. Semoga sukses.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!