Rahasia Sukses Mendirikan Bisnis UKM

3 Taktik Pemasaran Penelusuran untuk Mendorong Penjualan E niaga Menit Menit Terakhir

https://www.undercover.co.id- Pilihan Bisnis UKM  Rahasia Sukses Mendirikan Bisnis UKM , apa yang ingin Anda lakukan? Apakah masih ingin tetap menjadi seorang karyawan? Ataukah masih menjadi seorang job seeker?

Bila Anda memiliki modal dan kemampuan khusus, bagaimana jika Anda membuka bisnis sendiri?

Dengan mendirikan bisnis sendiri, Anda justru membantu mengurangi pengangguran dan juga Anda bisa memiliki usaha kecil yang kelak kemudian hari mampu menghidupi keluarga Anda.

Mendirikan bisnis ukm dibutuhkan keteguhan untuk mencapai sukses, sebab bisnis bukan sesuatu yang bisa dikerjakan secara asal-asalan. UKM tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab keberhasilan dan kegagalan suatu usaha ukm.

Oleh karenanya, bagi Anda yang memang sudah mantab ingin mendirikan bisnis ukm sendiri, harus sudah tahu apa saja resikonya dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghalau resiko tersebut di kemudian hari.

Anda harus mengubah mainset bahwa memulai bisnis harus memiliki modal besar terlebih dahulu.

Anda juga harus menyadari bahwa tidak serta merta peluang usaha UKM yang diambil akan sukses, dan tidak pula usaha dengan modal kecil akan memberikan keuntungan yang kecil atau tidak menjadi bisnis ukm yang menjanjikan.

Kesadaran terkait hal ini penting agar Anda yang sudah memutuskan membuka usaha sendiri tidak menyerah di tengah jalan ketika mendapati kesulitan.

Tips Mendirikan Bisnis UKM

Bagi Anda yang tertarik membuka bisnis ukm 2018, Anda mungkin membutuhkan tips-tips memulai bisnis berikut ini:

  1. Memiliki Rancangan Bisnis yang Jelas

Mendirikan bisnis ukm yang menguntungkan harus dimulai dari merancang bisnis dengan jelas. Kadangkala, pemula yang terburu-buru mengambil peluang bisnis ukm jadi lupa untuk membuat rancangan bisnis terlebih dahulu.

Rancangan bisnis UKM 2018 bisa saja tidak tertulis. Tapi, rancangan bisnis tak tertulis bisa diterapkan hanya jika level bisnis masih kecil, jika sudah besar, Anda akan semakin sulit untuk mengorganisirnya tanpa catatan.

Membuat rancangan bisnis itu memang penting untuk menciptakan UKM sukses. Rancangan bisnis tidak sulit dibuat, cukup dengan membuat visi misi bisnis ukm terbaru Anda akan dibawa kemana.

Dalam visi misi tersebut akan tercantum rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Dalam rancangan bisnis tersebut juga mustinya mengandung metode bisnis, misalnya metode bisnis online ukm atau secara konvensional saja. Mulai dari sanalah, Anda mengerjakan target bisnis usaha ukm 2018 milik Anda.

Dengan rancangan bisnis seperti itu, Anda akan jauh lebih mudah menetapkan langkah-langkah pencapaian target bisnis ukm kreatif Anda.

Terutama masalah distribusi keuangan. Dalam memulai jenis usaha UKM, menulis arus keuangan juga sangat penting. Sebaiknya, Anda tidak mencampur uang untuk ukm bisnis Anda dengan uang pribadi.

Pencampuran uang untuk bisnis dengan uang pribadi bisa mengancam bisnis ukm yg sukses.

1. Memiliki Standard Operating Procedure (SOP)

Sebuah usaha UKM juga membutuhkan Standar Operating Procedure (SOP) karena ini sangat penting untuk perkembangan usaha Anda. SOP menjadi acuan utama Anda dan karyawan Anda untuk menjalankan bisnis ukm sukses.

SOP menjadi semacam petunjuk untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan job desk yang dibebankan kepadanya.

SOP ini berlaku tidak hanya kepada karyawan lama, tetapi juga kepada karyawan baru agar dapat bekerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Jika tidak ditetapkan SOP, dikhawatirkan produk ukm Anda akan mengalami banyak kerugian, seperti misalnya tidak sesuai dengan standar konsumen, tidak memenuhi jumlah permintaan, dan kualitasnya juga tidak standar pasar, menyebabkan produksi Anda mengalami kerugian dari berbagai segi.

Di samping produk, tanpa adanya SOP, Anda akan kesulitan untuk mengatur standar pelayanan yang semestinya diberikan oleh pelayan Anda kepada konsumen.

Konsumen akan bersikap kritis bila tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Jika kritik mereka cenderung ke arah yang merugikan, ukm usaha Anda bisa lekas gulung tikar.

2.  Memiliki Rencana Strategis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengisi peluang usaha ukm 2018 juga harus menyiapkan rancangan strategis berbisnis terlebih dahulu.

Rancangan/rencana strategis berbeda dengan rancangan bisnis, rencana strategis memuat hal-hal teknis yang harus dijalankan pebisnis di lapangan.

Sementara rencana bisnis memuat hal-hal umum yang sebaiknya diperoleh oleh perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Anda pasti sudah sering membaca di dalam artikel ukm bahwa rencana strategis berisikan rencana kerja setiap hari dari bisnis yang sedang dijalankan.

Dalam rencana strategis terdapat plan yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh karyawan dalam jangka pendek, bahkan ada yang dalam hitungan jam, untuk mencapai target yang bermanfaat jangka panjang.

Sekalipun pengusaha tersebut hanya seorang pengusaha yang membuka usaha ukm rumahan, rencana strategis tetap penting untuk dibuat.

Mengapa? Karena rencana strategis dapat menjadi alat monitoring sejauh mana perkembangan produk diterima oleh pasar atau pun sejauh mana karyawan telah beroperasi.

3. Membangun Network dan Memanfaatkan Teknologi Informasi

Agar bisnis ukm Anda berjalan lebih lancar, Anda bisa menerapkan teknologi informasi menjadi bagian dari rencana strategis Anda untuk mendapatkan konsumen.

Teknologi informasi kini sudah menjadi bagian penting dalam lini kehidupan masyarakat. Teknologi informasi bisa membantu Anda untuk membangun jaringan atau networking.

Seperti yang sudah bisa Anda tebak, teknologi informasi sudah dimanfaatkan oleh pengusaha yang melihat peluang ukm 2018 sangat menjanjikan.

Banyak pengusaha baru yang menerapkan bisnis ukm online untuk memudahkan mereka menjangkau konsumen.

Beberapa di antara mereka yang sudah memanfaatkannya ialah salah satunya pengusaha yang membuka bisnis ukm makanan. Pengusaha di bidang kuliner memperkenalkan produk mereka melalui website, dan melakukan promosi melalui media sosial.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Melalui teknologi informasi kita juga bisa menemukan supplier dan distributor untuk produk ukm kita.

Bukankah metode ini sangat mengutungkan untuk pengusaha yang membuka bisnis ukm modal kecil?

Dengan metode online, teknologi informasi tersebut sudah membuat Anda memperkecil biaya promosi karena tidak perlu mencetak famlet dan brosur untuk dibagi-bagikan.

Membangun network juga sangat penting, sekalipun itu dengan pesaing bisnis kita. Dengan adanya network, kita bisa jadi lebih mudah untuk mendapatkan info ukm atau pun info bisnis ukm lainnya.

Kompetisi dalam berbisnis itu wajar, namun kita tetap harus berkompetisi secara sehat, terutama dalam hal menciptakan produk yang bersaing tapi tetap bagus.

Salah satu cara membangun network ialah dengan memanfaatkan internet.

Anda bisa bergabung dengan aplikasi-aplikasi tertentu, atau grub-grub di media sosial, di sana Anda bisa menjalin komunikasi atau dengan kata lain jejaring sosial untuk berbagi apapun yang berkaitan dengan bisnis ukm, misalnya saja tentang cara meraih modal ukm.

baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Bisnis Rumahan Minyak Goreng Home Industri

Bisnis Yang Profitable Untuk UKM

Setelah membahas tentang rencana strategis dalam membangun ukm. Anda mungkin mulai bertanya-tanya sebetulnya bisnis ukm apa si yang dapat memberikan keuntungan besar?

Ukm yang menjanjikan masa depan cerah bisa Anda dapat informasinya melalui internet atau pun majalah-majalah bisnis.

Anda akan mendapatkan daftar ukm yang memberikan keuntungan besar pada pemiliknya, seperti berikut ini:

1. Bisnis UKM Kuliner

Bisnis ukm kuliner sudah sangat populer, banyak orang tergiur untuk membuka café, restoran, atau warung di lokasi-lokasi wisata atau pun di lokasi strategis lainnya karena makanan memang kebutuhan dasar manusia.

Di mana saja, mereka pasti membutuhkan makanan, maka bisnis ukm kuliner merupakan ukm menjanjikan masa depan cerah bagi siapa saja yang terjun ke dalamnya, dengan syarat memiliki ketekunan untuk mengelolanya.

Nah, bagi Anda yang tidak memiliki modal besar, tidak perlu berfikir untuk membuka restoran besar saat ini juga. Anda bisa mulai dari bentuk ukm usaha kecil menengah terlebih dahulu, perlahan-lahan, saat keuntungan sudah semakin meningkat, Anda bisa mengembangkan bisnis restoran Anda menjadi lebih besar.

Bidik konsumen yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sediakan menu-menu yang seusai dengan standar mereka dan jual dengan harga yang juga sesuai untuk konsumen.

Silahkan eksplorasi kreatifitas Anda dalam hal menyajikan menu. Ciptakan aneka rasa, berbagai pilihan rasa atau variasi menu akan meningkatkan minat konsumen pada usaha kuliner yang Anda bangun.

2. Bisnis UKM di Bidang Fashion

Dewasa ini banyak orang membuka bisnis di bidang fashion.

Peningkatan minat mereka terhadap bisnis fashion tentu saja karena fashion juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Di samping itu, fashion juga membantu mereka nampak all out di setiap kesempatan.

Bisnis fashion diminati banyak kalangan, karena bisa mengantarkan mereka ke pintu kesuksesan. Buat Anda yang tertarik untuk membuka bisnis fashion, silahkan pilih target pasar Anda dan jenis pakaian apa yang akan Anda tawarkan pada konsumen.

Memilih target pasar untuk setiap kali mendirikan bisnis sangat penting, karena akan menentukan besar kecilnya modal, proses, dan output dari produk Anda.

Sebab, Anda tidak bisa menjual barang branded, seharga Rp 5 juta kepada pasar yang berpenghasilan menengah ke bawah. Karenanya, pertama-tama tentukan jualan fashion Anda menyasar target pasar yang seperti apa, dan akan dijual dengan cara apa juga perlu dipikirkan, apakah itu offline dan online, atau salah satunya saja.

Satu hal yang pasti bahwa bisnis fashion amat dinamis. Selera pasar sering berubah-ubah, Anda harus cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

3. Bisnis UKM di Bidang Pertanian

Salah satu bisnis yang bisa dibilang masuk ke dalam kategori bisnis modal besar ialah bisnis ukm pertanian karena bisnis ini akan berhubungan erat dengan pupuk, produk pertanian, dan lain-lain yang memiliki tujuan untuk mengembangkan sektor pertanian.

Guna melengkapi produk yang Anda jual, maka Anda membutuhkan modal yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar, di mana harga pupuk juga tak semurah harga sayur di pasaran.

Namun bisnis ukm bidang pertanian ini ternyata juga bisa masuk ke dalam kategori bisnis ukm modal kecil, dalam artian Anda tidak menjual produk-produk bahan pertanian melainkan hasil pertanian.

baca juga Melihat Peluang Usaha Kuliner Jajanan Khas Pasar Rakyat

Yang perlu Anda lakukan adalah membangun jaringan dengan petani, kemudian menjualkan hasil produk mereka ke pasar. Terkait dengan keuntungan, Anda bisa bicarakan sistem bagi hasil dengan petani yang jadi pemasok produk jualan Anda.

4. Bisnis UKM di Bidang Properti

Bisnis ukm bidang lain yang cukup menjanjikan keuntungan besar ialah bisnis ukm di bidang properti , seperti rumah.

Kenapa bidang ini bisa memberikan keuntungan besar? Karena seperti yang Anda ketahui, kebutuhan pokok manusia ialah sandang, pangan, dan papan. Itulah kenapa bisnis kuliner dan fashion menjamur di tengah masyarakat kita.

Kini, bisnis properti pun juga akan memberikan keuntungan besar untuk Anda. Hal ini terkait erat dengan jumlah populasi penduduk yang terus meningkat yang artinya masing-masing individu pasti membutuhkan tempat tinggal. Jadi, bisnis properti bisa menjadi salah satu investasi yang menghasilkan keuntungan besar.

Bila Anda tak punya modal besar, Anda bisa mulai dari menjual barang-barang yang berhubungan dengan desain interior rumah, seperti wallpaper dinding, perabotan rumah, dan lain sebagainya.

Anda bisa menjalankan bisnis properti dengan sistem pre order terlebih dahulu, atau pun membuat sistem uang panjar seperti yang dilakukan pebisnis pada umumnya untuk mengikat kontrak jual beli yang sah.

baca juga

1. Simak 3 Bisnis UKM Nyaris Tanpa Modal Ini

5. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan

Apakah Anda asing dengan jenis bisnis ukm di bidang pendidikan? Ini bukan hal baru, bisnis ukm di bidang pendidikan contohnya adalah membuka tempat bimbingan belajar. Lalu kenapa bisnis seperti ini menguntungkan untuk pebisnisnya?

Tentu saja menguntungkan karena setiap siswa dan orang tua pasti ingin agar anaknya menjadi cerdas dan kelak bisa mengubah nasibnya sendiri dengan kecerdasannya bukan?

Apalagi di saat yang sama, orang tua di jaman modern ini tidak bisa mendidik anaknya sendiri karena berbagai sebab.

Ada yang karena sibuk bekerja, tidak menguasai materi yang sudah berubah kurikulumnya, dan masih banyak lagi alasan-alasan lainnya. Oleh karenanya, banyak dari mereka yang membutuhkan bimbingan belajar di luar kelas dan juga di luar rumah.

Anda bisa membuka bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA. Banderol dengan harga yang sesuai dengan kelas yang Anda bimbing, jangan terlalu mahal dan juga jangan terlalu rendah.

Bisnis ini sudah terbukti memiliki banyak peminat, jika tidak bagaimana mungkin lembaga bimbingan belajar yang berdiri masih bertahan? Tentu mereka masih bertahan karena masih banyak yang membutuhkannya.

Selain membuka bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA, Anda pun bisa membuka bimbingan belajar untuk mahasiswa yang membutuhkan TOEFL dan IELT untuk persiapan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

7. Bisnis UKM di Bidang Industri Kreatif

Bisnis ukm di bidang industri kreatif ada banyak bentuknya, seperti menulis, fotografi, desain, dan lain sebagainya, termasuk juga menjual aksesori dan lain-lain. UKM bidang kreatif nampak berkembang pesat di tahun 2016, Anda pun bisa memulainya di tahun 2018.

Anda yang menguasai bidang desain interior misalnya pasti dibutuhkan oleh banyak orang yang ingin mendekorasi interior rumahnya dengan gaya yang unik. Desain interior amat berjasa dalam hal ini.

Di pihak lain, banyak orang juga membutuhkan jasa penulis untuk mengisi artikel di blog, website, dan ada juga yang membutuhkan gost writer untuk menuliskan buku. Anda yang memiliki kemampuan khusus seperti ini sebaiknya manfaatkan kelebihan Anda untuk membuka usaha di bidang industri kreatif.

Pun hal yang sama bisa terjadi ketika Anda terjun ke dunia fotografi. Di dunia yang dipenuhi dengan kamera ini, Anda bisa menjual hasil foto yang indah ke berbagai majalah. Selain itu, Anda bisa membuka sendiri studio foto yang akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

baca juga Ragam Investasi Dan Pilihan Investasi Untuk Pemula Dengan Modal Minim

8. Bisnis UKM di Bidang Otomotif

Satu lagi, bisnis ukm yang cocok bagi orang yang memiliki kemampuan khusus. Bagi Anda yang memiliki kemampuan khusus di bidang otomotif, kenapa tidak membuka bisnis di bidang otomotif ?

Anda bisa membuka bengkel, tempat cuci mobil atau motor, dan juga menjual onderdil kendaraan. Bahkan, untuk Anda yang memiliki modal besar bisa membuka dealer mobil, penyewaan kendaraan, dan lain-lain yang berhubungan denagn otomotif.

Seperti yang Anda ketahui, gairah pasar untuk memiliki kendaraan sangat besar di Indonesia. Maka, bisnis otomotif masih menjadi bisnis yang memberi banyak keuntungan bagi pebisnisnya.

baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Peluang Bisnis Minuman Dengan Modal 100 Ribu

Daftar Inspirasi 700 Peluang Usaha Sampingan Dari Rumah Dengan Modal Kecil

9. Bisnis UKM di Bidang startup

Bisnis yang sepenuhnya mengandalkan internet seperti start-up juga layak untuk dicoba. Bisnis start-up sudah bermunculan sejak tahun 2015. Kini, di tahun 2017, kemunculan UKM dengan modal bisnis start-up semakin banyak.

Kenapa orang-orang berani membuka bisnis start-up ? Karena pengguna internet di Indonesia sangat besar dan diperkirakan di masa depan, segala sesuatu di dunia ini akan dikendalikan melalui internet.

Orang-orang hampir selama dua puluh empat jam menghabiskan hidupnya untuk berinteraksi melalui internet.

Tidak hanya berkomunikasi dengan teman, tetapi juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis, berbelanja, dan juga untuk mendapatkan informasi berita atau apapun. Semua orang sudah mengandalkan internet untuk meringkas waktu dan perjalanan mereka.

Oleh karenanya, merintis usaha start-up sejak sekarang adalah keputusan yang paling baik bagi Anda yang percaya diri dengan rencana bisnis yang Anda inginkan selama ini.

Membangunnya memang sulit, namun dengan rencana bisnis yang sudah matang, mendirikan bisnis start-up hingga sukses bukanlah omong kosong.

baca juga Daftar 100 Bisnis UKM Sukses Dengan Modal Kecil

Bagaimana? Kini Anda sudah siap untuk membuka bisnis Anda sendiri? Tidak perlu ragu jika sudah memiliki rencana yang sudah matang. Anda hanya harus konsisten dan tekun menjalankan bisnis Anda. Lelah itu wajar dalam setiap upaya, namun lelah akan terbayar dengan keuntungan yang baik di masa depan nantinya jika sejak sekarang Anda tidak pernah lepaskan ketekunan Anda selama membangun bisnis. Selamat berkarya!

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!