jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Ramaikan Bisnis Kafe, Kedai Poci Unik Usung Penyajian Kopi Dengan Cara Unik

undercover.co.id – Kafe yang menjamur di mana-mana tak membuat Kedai Poci Unik keder untuk turut meramaikan persaingan. Bagaimana kiatnya menembus pasar?

bisnis kafe kedai poci unik

Kedai Poci Unik berawal dari sebuah kedai tenda kaki lima di seputaran kampus UGM, yang sekarang berubah menjadi kedai dengan konsep kafe. Sedikit kemampuan memasak dan suka kumpul dengan teman-teman menjadi latar belakang yang membuat Yoni Rahardiyanto dan beberapa kawannya memutuskan untuk patungan mendirikan usaha kedai ini.

Kedai Poci Unik mulai beroperasi pada tahun 2006 di mana konsepnya saat itu adalah warung dengan menu ‘bebakaran’ – ayam bakar, tempe bakar, dan sebagainya, dan menu minuman andalan teh poci.

Sesuai dengan namanya, Kedai Poci Unik menampilkan keunikan penyajian kopi dalam poci. “Berawal dari teh disajikan dengan poci, sekarang lebih uniknya kopi juga disajikan dengan poci,” ujar pria yang akrab disapa Yoni.

Baca juga: Ingin Mewaralabakan Bisnis UKM? Jangan Gegabah! Ini 5 Saran yang Perlu Pengusaha Lakukan

“Nah itulah uniknya Kedai Poci Unik, konsep kembali ke nuansa desa di mana zaman sekarang itu sudah hilang. Di situ kita menghadirkan kopi dengan poci dan selalu disajikan dengan bara api. Jadi, jangan takut kopi akan cepat dingin. Rasanya sendiri berbeda dengan kopi yang diolah dengan mesin,” jelasnya lebih lanjut.

Tapi tenang saja, buat mereka yang tidak menyukai kopi tubruk dalam poci, Kedai Poci Unik menyediakan varian minuman lain dan berbahan dasar kopi, misalnya saja kopi yang dipadukan dengan buah. “Satu contoh yang paling di minati di KPU –Kedai Poci Unik – adalah KOREAN STYLE kopi yaitu dengan rasa durian,” sebut Yoni.

Hanya dalam satu tahun – sejak pertama kali beroperasi – bisnis kedainya berkembang dan banyak penggemarnya. Kedai Poci Unik kemudian menempati lokasi baru dengan bangunan yang jauh lebih apik. Kafe yang kemudian menempati bangunan di Jalan Anggajaya III, Condong Catur, Yogyakarta ini pun mengusung konsep baru.

Ngopi sambil nonton film jadul

“Kongkow Sambil Nonton Film” itulah konsep Kedai Poci Unik saat ini. Seperti halnya cara penyajian kopi yang tradisional, film-film yang diputar di kafe ini umumnya film-film lawas. “Kita kembali ke film-film lama, kayak Kamis horor kita putarkan Suzana, Rabu ngakak kami putarkan Warkop DKI,” papar Yoni.

Film jadul menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kafe ini. Diakui oleh Yoni film-film tersebut ditujukan untuk mengobati rasa kangen konsumen akan idola-idola lamanya. Ngopi sambil nonton film jadul bersama kawan-kawan untuk melepas penat, menarik bukan?

Tapi, kafe ini tak melulu memutarkan film lawas. “Untuk ‘Senin romantis’ kami selalu putarkan film-film terbaru. Nggak menutup kemungkinan kami juga menerima request dari customer,” jelas pria alumni Universitas Atmajaya Yogyakarta ini.

Kesuksesan kafenya ini bukanlah tanpa tantangan. Yoni dan kawan-kawannya pernah merasakan pula sepinya pengunjung di masa-masa awal bisnisnya ini beroperasi. “Sulitnya di kala sepi, kita harus selalu sabar dan tetap semangat,” katanya semangat.

Untuk menjaring konsumen, Kedai Poci Unik menggunakan dua strategi pemasaran secara bersamaan, yaitu digital dan konvensional. “Ya agar target kita bisa tercapai, karena tidak semua orang bisa dapat informasi melalui media online. Makanya kita juga menggunakan media tradisional untuk menjangkau semua elemen masyarakat khususnya yang di Jogja,” Jelas Yoni.

Diakui oleh Yoni penggunaan media sosial sebagai sarana berpromosi untuk menjaring pelanggan anak muda cukup menguntungkan mengingat kota Yogyakarta adalah kotanya para pelajar yang di masa kini sangat akrab dengan media sosial.

Selalu tampil berbeda

Berbisnis kafe di kota besar seperti Yogyakarta tentu memiliki tantangan besar mengingat semakin banyak bisnis kuliner yang ‘menyerbu’ kota ini, terutama bisnis kafe. Persaingan ketat tak terelakan.

“Tantangan utama ya pastinya banyak usaha kuliner yang baru, makanya kita terus menampilkan konsep-konsep baru dan unik dari usaha kuliner yang lainnya yang ada di jogja ini,” kata Yoni.

Memperbarui menu minuman adalah inovasi yang akan terus ditawarkan oleh Kedai Poci Unik ke depannya. Selain itu pihak Kedai Poci Unik berencana untuk bekerja sama dengan pihak movie yang nantinya akan mendukung pemutaran film-film terbaru di kafenya.

Baca juga: Ingin Meluncurkan Bisnis Pakaianmu? Minimkan Kegagalan Simak Dulu 6 Cara Ini !

 

 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It