Review yang Tepat untuk Bisnis Anda

Jasa

Jaman sekarang, ulasan online memainkan peran besar dalam perjalanan suatu usaha bisnis modern. Menghasilkan ulasan adalah bagian penting dari strategi pemasaran modern.

Tentu kita bisa melihat bahwa orang-orang lebih tertarik dengan bisnis yang memiliki banyak ulasan.

Tetapi di mana Anda harus memulai jika Anda ingin memanfaatkan suara konsumen dengan sebaik-baiknya? Pertama-tama, mari kita bicara tentang platform ulasan teratas , dan cara terbaik untuk memanfaatkannya.

Google My Business

Google My Businesa (GMB) adalah layanan Google terbaru dari apa yang sebelumnya disebut Google Places dan Google Local. Google Bisnisku adalah titik awal untuk setiap tinjauan strategi pemasaran online. Peringkat di Google Bisnisku ini menentukan peringkat bintang Anda di hasil Google Maps, serta di Google Local Pack ketika pengguna melakukan pencarian lokal.

Ulasan adalah faktor paling penting dalam menentukan di mana bisnis lokal muncul di hasil pencarian Google , dan Google Bisnisku adalah sumber yang paling dipercaya oleh perusahaan untuk ulasan ini. Apakah Anda tidak percaya? jika Anda pikir ini tidak memengaruhi Anda karena bisnis Anda online, bukan lokal atau offline, maka Anda salah besar.

Dalam satu studi yang melibatkan 30.000 situs, berinvestasi dalam ulasan meningkatkan lalu lintas alami dari 5.500 menjadi 8.000 dalam sembilan bulan. Tetapi ulasan itu datang bukan tanpa sebab.

Seharusnya tidak perlu dikatakan bahwa produk yang sangat baik dan layanan pelanggan yang luar biasa adalah suatu keharusan di sini, sehingga ulasan-ulasan yang baik akan datang.

Penekanan yang kuat pada layanan pelanggan harus diulangi, karena layanan pelanggan yang buruk lebih cenderung mengarah pada ulasan negatif daripada layanan pelanggan yang positif.

Selain memeriksa pelayanan kepada pelanggan Anda secara menyeluruh dan mengembangkan produk terbaik yang Anda bisa, ada langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Bisnisku. Berikut langkah-langkahnya.

Anda harus menyiapkan profil Google Bisnisku, caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka https: //www.google.com/business/.
  • Pilih atau buat akun Google yang ingin Anda kaitkan dengan bisnis Anda.
  • Masukkan nama dan alamat Anda untuk mencari bisnis Anda.
  • Pilih alamat dengan klik pada lokasi yang sesuai.
  • Klik “Kirimi saya Kode saya.” Google perlu memverifikasi kepemilikan Anda atas lokasi fisik bisnis Anda.
  • Ini adalah cara paling sederhana untuk melakukannya.
  • Tambahkan foto berkualitas tinggi ke profil Anda, dengan penekanan pada apa aspek bisnis dan produk Anda yang dapat ditunjukkan dan dikomunikasikan paling efektif melalui media visual.
  • Perbarui semua bidang dan deskripsi dan rangkai profil Anda dengan kata-kata yang sama yang akan Anda terapkan ke situs web Anda sendiri.


Sekarang tugas Anda adalah mendorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan pada website Anda. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan memberi mereka tautan langsung ke tempat mereka dapat meninjau bisnis Anda. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Alat Pencarian PlaceID.
  • Masukkan nama bisnis Anda di bidang “Masukkan lokasi”.
  • Klik nama bisnis Anda.
  • Jika Anda memiliki masalah, masukkan lagi lokasi Anda.
  • Di peta, di bawah nama bisnis Anda dan di atas lokasi Anda, adalah ID Tempat Anda.
  • Salin ID Tempat Anda dan rekatkan di “<Id_tempat>” di URL ini : https: //search.google.com/local/writereview? Placeid = <id_tempat>.
  • Kunjungi link tersebut dan itu akan membawa Anda ke halaman tempat formulir ulasan Google akan muncul. Ini adalah tautan yang harus Anda bagikan ke pelanggan untuk mendorong mereka meninggalkan ulasan, terutama ketika Anda berinteraksi dengan mereka dan Anda memiliki alasan untuk meyakini bahwa mereka puas dengan Anda.

Tips Lain untuk Mendapatkan Ulasan Google My Business

  • Integrasikan tautan ulasan Google Bisnisku ke dalam kampanye pemasaran email Anda. Gunakan tanda tangan email Anda untuk meminta pelanggan meninggalkan ulasan.
  • Minta ulasan dari audiens Anda yang kemungkinan besar adalah pelanggan jangka panjang.
  • Jadikan itu bagian dari pelatihan Anda untuk mengajar semua karyawan yang menghadapi pelanggan untuk meminta ulasan dari pelanggan, terutama di mana saat pelanggan tampak puas.
    Jika tautan langsung tidak memungkinkan, ajari pelanggan cara meninggalkan ulasan dengan materi yang sudah jadi.
  • Mintalah email pribadi ke pelanggan yang memita ulasan. Meminta email pribadi bisa memperjelas bahwa email tersebut tidak diproduksi massal.

Situs Ulasan Khusus Industri

Situs ulasan khusus industri memang tidak secara langsung memengaruhi peringkat bintang Anda di Google Maps dan hasil pencarian lokal Google, namun mereka memengaruhi peringkat Anda dalam hasil pencarian. Biasanya Peringkat bintang dalam hasil pencarian non-lokal sering terlihat sebelum mengklik. Selain itu, kenyataanya bahwa 97 persen pelanggan mengatakan kalau keputusan mereka dipengaruhi oleh ulasan pelanggan.

Jika seperti itu, maka semakin banyak ulasan yang tersedia, semakin baik, itulah sebabnya Anda harus mendapatkan ulasan sebanyak mungkin di banyak tempat. Itu bisa tercapai asalkan produk dan layanan Anda terhadap pelanggan memenuhi harapan pelanggan. Sebaliknya, pelanggan yang marah atau jengkel adalah pengulas yang paling mungkin dan dapat merusak reputasi merek Anda.

Jadi, penting untuk melakukan upaya agar pelangga Anda mau meninggalkan ulasan positif. Situs ulasan khusus industri adalah situs yang dibuat untuk umum yang digunakan dalam industri tertentu, seperti Yelp untuk restoran dan TripAdvisor untuk hotel. Namun sekarang, TripAdvisor juga biasa menjadi tempat ulasan restoran juga.

Anda dapat menggunakan kiat yang dibahas di atas untuk dapat menghasilkan ulasan Google Bisnisku dan menerapkannya pada platform lain. Anda dapat menemukan daftar situs ulasan khusus industri dengan melakukan pencarian Google Anda bisa melakukan pencarian dengan cara berikut ini:

  • ulasan/peringkat

[nama industri Anda]

  • ulasan/peringkat

[nama pesaing Anda]

Penting untuk fokus dalam memutuskan situs ulasan mana yang akan dikirimi pelanggan. Jika Anda merasa bahwa penting untuk meminta pelanggan ke berbagai situs ulasan untuk menghindari bintang rendah atau skor yang buruk di beberapa situs, ini paling baik dilakukan dengan memutar tautan ulasan Anda daripada membebani pelanggan dengan terlalu banyak pilihan.

  • Situs Tinjauan Produk

Situs ulasan produk merupakan situs pihak ketiga yang dirancang untuk membantu perusahaan mendapatkan ulasan sambil memeriksa keakuratannya. Hal ini karena pelanggan lebih cenderung untuk meninggalkan ulasan ketika mereka tahu itu akan diperiksa dan diterbitkan oleh pihak ketiga. Pelanggan juga lebih cenderung mempercayai ulasan ini daripada yang dipilih dan mungkin dimanipulasi oleh perusahaan itu sendiri.

Ulasan di situs ini lebih cenderung mengarah ke percakapan dan rasa positif dari ulasan di situs Anda sendiri menggunakan sistem asli Anda sendiri. Dalam hal ini, Trustpilot (semacam situs ulasan produk Yelp) dapat dikatakan sebagai titik awal yang masuk sebagian besar karena Google cukup mempercayai mereka untuk memasukkan peringkat produk dalam iklan Google Shopping. Platform ini “terbuka,” yang berarti bahwa ulasan tersebut tidak dimodifikasi atau dimoderasi untuk memberikan nilai positif bias pada merek.

Mereka cenderung memengaruhi persepsi merek dan peringkat mesin pencari secara positif dalam jangka panjang. Salah satu fitur yang paling bermanfaat dar  tinjauan platform pihak ketiga ini adalah kemampuan untuk menggabungkan ulasan langsung di situs Anda (inilah cara melakukannya dengan TrustPilot). Situs ulasan produk yang baik juga akan menyertakan markup Skema yang diperlukan untuk mendapatkan peringkat bintang Anda tercantum dalam hasil pencarian Google.

Mengambil keuntungan dari situs ulasan produk memungkinkan Anda untuk melihat cerita seputar merek Anda dan menjadi bagian dari percakapan di antara pelanggan. Jika Anda khawatir tentang fakta bahwa ulasan otentik pasti akan menunjukkan gambar yang tidak sempurna, pertimbangkan statistik berikut dari Bazaarvoice:

  • Pengunjung halaman produk yang membaca dan berinteraksi dengan ulasan online memiliki tingkat konversi 58 persen lebih tinggi.
  • Ketika sebuah situs berubah dari nol ulasan menjadi 30, ini dapat menghasilkan peningkatan pesanan sebesar 25 persen. 100 ulasan dapat menghasilkan peningkatan 37 persen.

Seperti yang kita bahas di atas, banyaknya volume ulasan memiliki dampak positif yang lebih kuat pada penjualan daripada skor ulasan. Dengan skor dalam kisaran 4,2 hingga 4,5 biasanya berkinerja lebih baik daripada skor yang lebih tinggi (yang umumnya memiliki ulasan lebih menyeluruh). Menambahkan ulasan pengguna biasanya akan menghasilkan peningkatan 15 hingga 25 persen dalam lalu lintas pencarian organik.

  • Media Sosial Pengenalan Facebook

Sebuah usaha perlu mempertimbangkan media sosial tidak hanya sebagai outlet pemasaran tetapi sebagai tempat di mana pelanggan meninjau bisnis. Semua yang kami diskusikan di atas berlaku untuk media sosial seperti halnya Google Bisnisku, situs ulasan industri khusus, dan situs ulasan produk. Namun ada beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan:


Bagikan Ulasan Pelanggan

Media sosial bukan hanya tempat di mana ulasan diperoleh. Di sosial media juga merupakan tempat ulasan dapat dibagikan. Kuncinya adalah melakukannya dengan bijaksana. Saat Anda membagikan postingan ulasan, me-retweet, memposting, dan menyematkan ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan Anda, penting untuk melakukannya lebih banyak pada ulasan pelanggan individu dan lebih sedikit tentang merek. Media sosial adalah tempat di mana orang-orang mengikuti teman-teman mereka dan orang-orang yang mereka cintai, jadi penting untuk menggunakannya secara tepat.

Tanggapi Ulasan Online di Semua Platform Anda

Hal ini juga memainkan peran penting bagaimana pelanggan Anda merasa diperlakukan. Kata “sosial” ada karena suatu alasan. Pelanggan mengharapkan Anda menjadi bagian dari percakapan. Penting untuk proaktif dalam menanggapi pers negatif, namun juga jangan terlalu defensif. Selain itu, penting untuk mengetahui bahwa media sosial merespons tindakan, cerita, dan acara dengan lebih baik daripada kata-kata. Selesaikan Masalah Pelanggan secara Publik di Media Sosial Anda.

Anda pasti pernah melihat jika ada suatu produk yang meminta pelanggan untuk menghubungi mereka dan membuat percakapan offline ketika pelanggan tersebut memberi ulasan negatif. Anda akan bertanya-tanya apa yang produk tersebut coba sembunyikan. Ternyata jawabannya adalag karena ada garis yang jelas yang tidak boleh dilanggar, seperti mengungkapkan informasi pribadi, tetapi tetap secara terbuka mengakui kebutuhan pelanggan dan memperlakukannya dengan hormat adalah tindakan penting. Meskipun Anda seharusnya tidak pernah menyerah pada tuntutan pelanggan yang kadang tidak masuk akal, Anda tetap harus menunjukkan bagaimana sikap yang solutif.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Kesimpulan

Ulasan pengguna memainkan peran penting dalam bisnis modern. Tidak ada strategi pemasaran yang dapat dianggap berhasil tanpa adanya ulasan dari pelanggan.

Sementara suatu merek tidak dapat mengontrol konten dan sentimen ulasan, mereka dapat mendorong dialog yang lebih representatif dan bermanfaat dengan bekerjasama dengan pelanggan mereka untuk meningkatkan jumlah ulasan dan keragaman pendapat.

Semua tindakan di atas telah dilakukan berulang kali untuk meningkatkan penjualan. Jangan mengabaikan apa yang telah Anda pelajari di sini jika Anda berharap untuk menguasai seni branding di masa mendatang.

Jasa
error: Content is protected !!