Roti Unyil Venus Yang Kecil Dengan Keuntungan Yang Besar

Roti unyil merupakan salah satu kuliner yang sangat melegendaris dan juga merupakan salah satu oleh-oleh kuliner yang berasal dari kota hujan yaitu Bogor, usaha roti unyil ini juga mempunyai kisah yang menarik ketika pertama kali dibuat atau dikenalkan di pasaran.
 
 

Awal Mula Bisnis Roti Unyil Melegenda

 
 
Roti unyil yang diciptakan oleh kakak beradik dari Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja ini sekarang sudah menjadi sangat terkenal di kota Bogor.
Usaha roti unyil ini awal mula dirintis ketika orang tua dari kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja sebagai pencetus utama dari usaha ini meninggal dunia.
Hendra Hawidjaja bersama kakaknya Herliyanti Hawidjaja ini sangat bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Hendra Hawidjaja yang hobi memasak kue dan juga pernah mengikuti kursus membuat roti akhrinya memiliki ide untuk membuat roti dan menjualnya keliling dipasaran.
 
 
 

Keunikan Dari Ukuran Roti Unyil

 
 
Pada awalnya roti yang dibuat Hendra Hawidjaja ini berukuran standart dengan sepuluh farian rasa, dan ketika melihat anak-anak memakan roti dengan ukuran satandart yang dibuatnya itu sedikit kesusahan, maka terfikirlah Hendra Hawidjaja untuk membuat roti dengan ukuran yang lebih kecil atau roti mini, agar anak-anak lebih mudah untuk memakan roti tersebut.
Karena bentuknya yang mini maka keluarga Hawidjaja memberikan merek untuk usahanya ini dengan nama roti unyil venus, sebutan roti unyil ini sebenarnya diberikan oleh para pelanggan yang karena mengingat pada saat itu film unyil yang sedang membooming, karena ukuran roti ini mini maka dari itu para pelanggan menyebutnya dengan roti unyil.
Pada saat ini roti unyil Venus sudah sangat terkenal dan melegenda di kalangan pecinta kuliner khas Bogor, bahkan roti unyil ini sudah menjadi oleh-oleh kuliner khas dari kota Bogor. Bahkan kakak beradik Harliyanti Hawidjaja dan Hendra Hawidjaja ini tak pernah menyangka jika usaha roti unyil buatannya ini akan menjadi terkenal bahkan menjadi oleh-oleh khas dari kota bogor.
Karena melihat perkembangan pelanggan yang cukup memberikan respon yang bagus, akhirnya Hendra Hawidjaja dan Herliyanti Hawidjaja beserta adik-adiknya berpikir untuk membuka sebuah toko agar lebih menarik perhatian pelanggan. Toko pertama yang di buka oleh kakak beradik ini berada di jalan Sukasari Bogor, yang kemudian pindah ke ruko V point jalan Padjajaran pada tahun 2004.
Roti unyil ini memiliki tekstur yang lembut dan juga bentuknya yang mini atau unyil ini memberikan kesan yang unik, dan tentunya memiliki banyak varian rasa untuk Anda cicipi.
 
 
 

Resep Roti Unyil

Sebelum memuat roti unyil ini tentunya Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan:

  1. Bahan yang digunakan:
  2. Anda harus menyiapkan kuning telur sebanyak 2 butir
  3. Ragi instan sebanyak 2 sendok makan
  4. Tepung terigu sebanyak 150 gram, tepung trigu yang pertama tentunya yang memiliki protein tinggi
  5. Selanjutnya tepung terigu yang berprotein sedang sebanyak 100 gram
  6. Cake emulsfier 1 sendok makan TBM/SP
  7. Susu bubuk sebanyak 3 sendok teh atau sendok makan
  8. Margarine atau mentega sebanyak kurang lebih 60 gram
  9. Gula pasir halus sebanyak 100 gram
  10. Garam halus cukup 1 sendok makan
  11. Air es, air dingin, namun ini tidak terlalu wajib, Anda juga bisa menggunakan air biasa.

Ketika Anda sudah menyiapkan bahan-bahan untuk roti, selanjutnya Anda harus menyapkan bahan untuk isian roti unyil ini seperti:

  1. Selai coklat
  2. Kacang
  3. Keju

Namun Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya untuk isian roti unyil ini sesuai dengan selera Anda masing-masing. Jangan sampai lupa bahan olesan roti unyil ini harus dipersiapkan. Bahan-bahan olesan untuk roti unyil ii tidak terlalu banyak, Anda hanya perlu mempersiapkan 35 Ml susu cair dan 2 butir kuning telur yang dicampurkan menjadi satu.
Setelah bahan-bahan sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah cara membuat roti unyil ini yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah Anda harus mencampurkan tepung terigu, garam halus, ragi instan dan juga susu bubuk, lalu aduk hingga semua merata.
  2. Tambahkan cake emulsifier dan juga kuning telur kedalam adonan tepung terigu yang sudah di campurkan hingga merata tadi.
  3. Lalu masukkan air sedikit demi sedikit sambilm mengadukkan adonan hingga merata.
  4. Selanjutnya bentuklah adonan tadi dengan bentuk bulat atau melingkar yang sudah di kalis
  5. kemudian diamkan kurang lebih 30 menit di dalam wadah yang sudah tertutup rapat.
  6. Selanjutnya uleni adonan dan bentuklah adonan tadi menjadi bulatan kecil
  7. Lalu isi bagian dalam roti dengan selai yang sudah disiapkan sesuai dengan selera Anda tadi.
  8. Kemudian jangan lupa olesi dengan kuning telur yang sudah di campurkan tadi dan campurkan juga dengan susu dan air.
  9. Panggang roti dengan suhu panas yang sesuai dan jangan sampai terlalu lama agar roti tidak gosong, dan agar warna dari roti masih dapat dilihat kecoklatan dan menarik.
  10. Setelah dimasukkan kedalam pemanggangan roti, lalu tunggu hingga roti unyil ini matang dengan warna sedikit kecoklat-coklatan.
  11. Ketika semua sudah dilakukan, saatnya hidangkan roti unyil dengan hidangan yang cantik dan menarik.

Nah mulai sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke bogor untuk mencicipi roti unyil ini. Karena dengan bahan-bahan dan cara membuat yang sudah di paparkan tadi tentunya mulai sekarang Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya dirumah Anda.
Roti unyil ini sangat banyak varian rasa yang bisa dinikmati dengan bahan-bahan pembuatan yang cukup mudah di dapatkan. Karena banyak varian rasa yang bisa di nikmati atau di buat anatara lain

  1. Roti unyil rasa jagung
  2. Roti unyil rasa pisang keju
  3. Roti unyil rasa keju
  4. Roti unyil rasa sapi asap
  5. Roti unyil rasa sosis

Juga masih banyak varian rasa yang lainnya, namu roti unyil rasa jagung dan pisang coklat adalah salah satu varian rasa yang sudah ada sejak roti unyil ini muncul di dunia kuliner. Roti Unyil Jagung adalah varian di mana bila ditambahkan pada permukaan roti dan kemudian butiran jagung manis menempel di atasnya.
Sedangkan Pisang Keju merupakan varian berisikan pisang manis + keju potongan yang sama panjang dengan ukuran rotinya.
 
Baca juga
Editor’s Choice
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
Selain itu roti unyil yang begitu banyak varian rasa ini ternyata tanpa bahan pengawet, maka dari itu roti unyil ini tidak terlalu bisa bertahan lama. Juga, merupakan makanan yang atau oleh-oleh yang bisa Anda jamin kesehatannya.
Yang membuat usaha roti unyil Hendra Hawidjaja dan juga Herlianyti Hawidjaja ini berthan sampai sekarang ini, kuncinya terdapat pada konsistensi rasa dari roti unyil ini pertama kali dibuat sampai sekarang ini masih tetap dengan rasa yang sama.
Konsistensi inilah yang membuat usaha dari hendra hawidjaja dan herliyanti hawidjaja ini tetap bertahan bahkan semakin besar seperti yang kita liha pada saat ini.
 

Peluang Waralaba dari Roti Unyil

Karena roti unyil ini hanya ada di Kota Bogor saja, tentunya peluang untuk meraup keuntungan sangat besar dengan usaha roti unyil ini, dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan dan juga dengan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit, maka dari itu untuk membuat usaha ini cukup menjanjikan.
Anda juga bisa mengenalkan usaha roti unyil ini di rumah Anda, berkeliling, bahkan Anda juga bia langsung membuka toko untuk usaha roti unyil ini. Peluang untuk mengambil keuntungan yang besar dari usaha roti unyil ini cukup menjanjikan.
Nah, bagaimana jika tidak mempunyai banyak modal? Untuk mengawali bisnis Anda tentunya Anda memerlukan modal untuk membeli bahan-bahan, alat-alat masak untuk roti unyil, menyewa ruko dan ditambah lagi dengan banner, spanduk dan lain-lain sebagai alat untuk promo.
Tentunya dengan perhitungan seperti ini membuat Anda bingung karena tidak memiliki modal yang besar untuk membuka usaha roti unyil.
 
 

Sukses nya Brand Roti Unyil Venus

Namun sekarang sudah ada brand roti unyil yang cukup sukses yaitu roti unyil venus yang berada di kota hujan atau bogor dan juga terkenal dan sekarang sudah menjadi oleh-oleh kuliner dari Kota Bogor, dengan modal yang tidak begitu banyak Anda sudah bisa membuka usaha roti unyil ini, dengan berbagai varian rasa dan ukuran roti sesuai dengan bahan dan selera Anda.
 
Selain rasa keju, dan selai-selai roti unyil venus juga menyediakan varian rasa lainnya seperti:  Abon, Asap ayam, Asap sapi, dan rasa Baso.
Untuk varian rasa coklat, ada Coklat bulat, Coklat lilit, Coklat keju,dan Kacang keju coklat. Ada pula rasa jagung dan aneka kejua, mulai dari Keju bulat, Keju manis, hingga Keju panjang. Rasa lain yang bisa anda nikmati ialah Kelapa, Kismis, Nanas, Pisang, Pisang keju, Pisang coklat, Pisang keju coklat, Sosis, Sosis keju, Srikaya, Donat coklat dan Donat keju.
Dengan ukuran yang lebih kecil sekitar 5 cm. Dan dengan harga yang ditawarkan cukup murah meriah dan tentunya dengan pembuatan yang tidak memakai bahan pengawet. Inilah yang membuat roti unyil venus banyak diminati oleh pengunjung sebagai pilihan untuk oleh-oleh kuliner dari bogor atau hanya sekedar untuk dinikmati dirumah atau dimanapun.
 
 
 
Karena saingan di pasaran sedikit bahkan roti unyil ini hanya terdapat di Kota Bogor saja, maka peluang Anda untuk meraup keuntungan lebih besar.
Terutama jika Anda membuka usaha roti unyil ini di luar Kota Bogor. Tentunya dengan kualitas masakan yang Anda buat dan juga inovasi varian rasa yang unik tentunya akan membuat usaha roti unyil Anda akan banyak diminati oleh para konsumen.
Dari sumber data yang di ambil dari situs resmi roti unyil venus, analisa usaha roti unyil ini adalah: Asumsi

  • Masa penggunaan untuk etalase/gerobak selama 4.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk wadah selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk panci selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk baskom selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk oven pemanggang selama 4.5 tahun
  • Masa penggunaan untuk mixer selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk kompor dan tabung gas selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk loyang selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk piring selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk sendok selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk garpu selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk meja selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk kursi selama 4 tahun
  • Masa penggunaan untuk tempat sampah selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk pencubit roti selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk nampan selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk serbet selama 3 tahun
  • Masa penggunaan untuk peralatan tambahan lain selama 2.5 tahun

Investasi
Peralatan                                             Harga
Etalase/gerobak                       Rp.  1,232,000
Wadah                                       Rp.  92,000
Panci                                          Rp.  100,000
Baskom                                     Rp.  110,500
Oven pemanggang                   Rp.  345,000
Mixer                                         Rp.  200,000
Kompor dan tabung gas          Rp.  231,500
Loyang                                      Rp.  68,000
Piring                                         Rp.  110,000
Sendok                                      Rp.  88,000
Garpu                                        Rp.  72,500
Meja                                           Rp.  102,000
Kursi                                          Rp.  81,500
Tempat sampah                       Rp.  70,000
Pencubit kue                             Rp.  40,000
Nampan                                     Rp.  55,000
Serbet                                        Rp.  32,000
Peralatan tambahan lain         Rp.  72,000
Jumlah Investasi                        Rp.  3,102,000
 
Biaya Operasional per Bulan                 
Biaya Tetap                                        Nilai
Penyusutan etalase/gerobak 1/54 x Rp. 1,232,000        Rp.      22,815
Penyusutan wadah 1/48 x Rp. 92,000      Rp.      1,917
Penyusutan panci 1/48 x Rp. 100,000      Rp.      2,083
Penyusutan baskom 1/48 x Rp. 110,500  Rp.      2,302
Penyusutan oven pemanggang 1/54 x Rp. 345,000        Rp.      6,389
Penyusutan mixer 1/48 x Rp. 200,000     Rp.      4,167
Penyusutan kompor dan tabung gas 1/48 x Rp. 231,500          Rp.      4,823
Penyusutan loyang 1/36 x Rp. 68,000      Rp.      1,889
Penyusutan piring 1/36 x Rp. 110,000     Rp.      3,056
Penyusutan sendok 1/36 x Rp. 88,000     Rp.      2,444
Penyusutan garpu 1/36 x Rp. 72,500       Rp.      2,014
Penyusutan meja 1/48 x Rp. 102,000       Rp.      2,125
Penyusutan kursi 1/48 x Rp. 81,500         Rp.      1,698
Penyusutan tempat sampah 1/36 x Rp. 70,000   Rp.      1,944
Penyusutan pencubit kue 1/36 x Rp. 40,000       Rp.      1,111
Penyusutan nampan 1/42 x Rp. 51,000    Rp.      1,214
Penyusutan serbet 1/36 x Rp. 31,500       Rp.      875
Penyusutan peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 71,000            Rp.      1,972
Gaji karyawan                           Rp.  800,000
Total Biaya Tetap                      Rp.  864,838
 
Biaya Variabel                                                                                            
Tepung terigu                           Rp.  30,000            X         30        =         Rp.      900,000
Kuning telur                              Rp.  8,000  X         30        =         Rp.      240,000
Gula pasir                                  Rp.  16,000            X         30        =         Rp.      480,000
Cake emulsifier                         Rp.  10,000            X         30        =         Rp.      300,000
Ragi instan                                Rp.  6,000  X         30       =         Rp.      180,000
Susu bubuk                               Rp.  14,000            X         30        =         Rp.      420,000
Garam halus                             Rp.  1,500  X         30        =         Rp.      45,000
Margarine                                 Rp.  8,000  X         30        =         Rp.      240,000
Air es                                         Rp.  4,500  X         30        =         Rp.      135,000
Selai coklat                                Rp.  6,500  X         30        =         Rp.      195,000
Selain kacang                            Rp.  7,000  X         30        =         Rp.      210,000
Susu cair                                   Rp.  10,000            X         30        =         Rp.      300,000
Biaya sewa tempat                   Rp.  15,000            X         30        =         Rp.      450,000
Biaya air dan listrik Rp. 14,500 X 30  =  Rp. 435,000
Total Biaya Variabel :  Rp. 4,530,000
 
Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.  5,330,000
 
Pendapatan per Bulan
130 Buah x Rp. 2,500 = Rp. 325,000
325,000 x 30 Hari = Rp. 9,750,000
 
Keuntungan per Bulan                                                    
Laba    =  Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp. 9,750,000 – 5,330,000 = Rp. 4,420,000
Lama Balik Modal                                                                                     
Total Investasi / Keuntungan  =      Rp.      3,102,000       :          4,420,000       =         1          Bln
 
Nah, dapat dilihat dari data yang di ambil dari situs resmi roti unyil Venus ini ternyata dapat di ambil kesimpulan bahwa dari keutungan usaha roti unyil ini modal Anda akan berbalik hanya dalam waktu 1-3 bulan saja. Bagaimana apakah sekarang Anda sudah tertarik untuk membuat usaha roti unyil ini.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!