Sales Funnel Atau Corong Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

SEO UNDERCOVER CO ID 92

undercover.co.id – Corong pemasaran adalah model yang dipuji dengan baik yang telah membantu orang memahami dan memaksimalkan penjualan bisnis mereka selama bertahun-tahun. Diteorikan pada akhir 1800-an, ini memetakan perjalanan pelanggan dari kesadaran awal mereka tentang bisnis Anda hingga saat setelah mereka melakukan pembelian.

Tetapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan corong pemasaran dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk bisnis Anda? Ini menggambarkan perkembangan hubungan pelanggan dengan bisnis dan membantu perusahaan memahami bagaimana mereka dapat mempengaruhi pelanggan di setiap tahap.

Tahapan Corong Pemasaran

Ada berbagai variasi tahapan untuk corong pemasaran, tetapi semuanya memiliki prinsip dasar yang sama. Setelah Anda memahami tahap-tahap ini, Anda dapat membuat perjalanan pelanggan yang lebih efektif secara keseluruhan, dari meningkatkan kesadaran merek, menciptakan lebih banyak konversi, dan, idealnya, loyalitas.

Berikut adalah tahapan mendasar dari corong pemasaran dan strategi terbaik untuk meningkatkan masing-masing:

1. Kesadaran

Tahap pertama, atau kesadaran, adalah langkah paling penting dalam memasarkan bisnis. Inilah saatnya Anda harus menjangkau sebanyak mungkin pelanggan potensial, karena ini adalah tahap ketika pelanggan pertama kali mendengar tentang merek Anda. Semakin luas target audiens Anda, semakin tinggi kemungkinan pembelian Anda. Banyak bisnis baru akan menyalurkan anggaran pemasaran mereka ke tahap ini karena mereka berusaha untuk menarik perhatian sebanyak mungkin dan meningkatkan kesadaran publik tentang merek mereka.

Tahap ini dapat terjadi melalui banyak cara, termasuk melihat iklan di media sosial, artikel yang menampilkan bisnis Anda, menemukan situs web Anda di mesin pencari atau bahkan mendengar dari seorang teman yang sudah menjadi pelanggan. Yang penting adalah mereka sekarang tahu bahwa bisnis Anda ada.

Saat ini, cara termudah untuk meningkatkan jaring kesadaran Anda adalah melalui pemasaran digital dan konten. Mulailah memfokuskan strategi pemasaran Anda pada membuat dan berbagi konten yang berharga, sampaikan berita kepada sebanyak mungkin pemirsa. Anda bahkan dapat memulai podcast, seperti Michael Ginarto, atau cukup diundang untuk berbicara di satu podcast.

Keberhasilan tahap kesadaran juga berarti bahwa Anda akan memiliki lebih banyak orang yang dapat maju ke tahap berikutnya dari saluran Anda.

2. Interest

Juga disebut ‘pertimbangan’, ini adalah tahap ketika pelanggan mengembangkan minat yang semakin besar pada bisnis Anda dan yang serupa lainnya. Mereka mendengar tentang produk Anda, dan sekarang mereka ingin tahu lebih banyak. Pelanggan kemudian mulai menemukan informasi lebih lanjut tentang fitur, manfaat serta ulasan orang lain.

Jadi, tugas Anda pada tahap ini adalah memberi tahu orang-orang tentang produk Anda dan mengapa itu lebih baik daripada produk lain, membuatnya tampak menarik bagi pelanggan. Anda ingin menyarankan, tanpa terlalu banyak menjual, bahwa produk Anda dapat menyelesaikan masalah mereka.

Anda dapat melakukan ini dengan meningkatkan peringkat Google Anda dan mengoptimalkan SEO situs web atau blog Anda, sehingga merek Anda akan muncul pertama kali ketika pelanggan mencari relung yang relevan. Dalam hal media sosial, ini adalah saat Anda ingin menghubungkan pelanggan Anda dan mengubahnya menjadi pengikut, sehingga Anda dapat terus memperbarui informasi baru.

3. Keinginan

Ini adalah tahap ketika pelanggan Anda benar-benar mulai ingin membeli produk Anda. Sebelumnya, mereka hanya tertarik pada gagasan yang ditawarkan merek Anda. Sekarang, mereka memiliki keinginan aktif untuk menjadi bagian dari gagasan itu dan mengalami manfaat yang telah Anda jual.

Tahap minat dan keinginan sering terjadi dalam waktu atau kadang-kadang secara bersamaan. Tujuan utama Anda adalah membuat pelanggan menginginkan produk Anda lebih dari yang lain dan mengubah niat mereka menjadi tindakan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan tahap ini adalah membangun apa yang telah Anda lakukan pada tahap sebelumnya. Libatkan pelanggan potensial sehingga keinginan mereka akan terus meningkat saat Anda meyakinkan mereka bahwa produk Anda adalah yang tepat untuk mereka

4. Aksi

Berikutnya, adalah tahap aksi atau pembelian. Ini mungkin tahap yang paling penting dari sudut pandang profitabilitas, karena inilah saat pelanggan potensial benar-benar membeli produk Anda dan menjadi pelanggan yang membayar. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang ideal untuk tahap ini adalah untuk menyampaikan rasa urgensi bahwa pelanggan merasa harus mengambil tindakan sekarang.

Untuk situs e-commerce, Anda dapat meningkatkan antarmuka pengguna dan kemudahan pembayaran untuk mendorong pembelian. Anda juga dapat menggunakan promosi dan penjualan, meningkatkan dan menciptakan pengalaman pembelian yang menyenangkan secara keseluruhan.

Ini akan menghasilkan ketepatan tindakan dan mengurangi risiko pelanggan memutuskan bahwa mereka tidak terlalu menginginkan produk Anda.

5. Loyalitas

Bagi sebagian besar, aksi adalah tahap terakhir dari corong. Tetapi ada tahap lain yang sama pentingnya: kesetiaan. Lebih mudah menjual ke pelanggan lama daripada mencoba menemukan yang baru.

Anda dapat mendorong pembelian berulang melalui program hadiah dan memastikan standar layanan dan kualitas tinggi.

baca juga

    Mengapa Anda Harus Menggunakan Corong Pemasaran

    Hal yang hebat tentang corong pemasaran adalah bahwa prinsip-prinsipnya dapat diterapkan pada segala jenis bisnis yang melibatkan pembelian pelanggan. Tidak masalah jika bisnis Anda adalah ritel offline atau situs e-commerce, Anda masih dapat memetakan corong untuk setiap pelanggan Anda.

    Pemasaran Anda bisa lebih efektif ketika Anda menargetkan tahap tertentu dari corong, karena memungkinkan strategi Anda untuk fokus pada apa yang ingin dilakukan pelanggan selanjutnya (pelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda, ubah keinginan mereka menjadi pembelian atau ulangi pesanan mereka).

    Menggunakan corong pemasaran dalam bisnis Anda adalah penting karena Anda dapat mengukur hasil setiap tahap corong dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan berbagai aspek bisnis Anda. Ini juga dapat membantu Anda mengenali mengapa Anda kehilangan pelanggan atau tidak mendapatkan penjualan. Misalnya, jika ada penurunan angka antara tahap pertama dan kedua, itu berarti Anda mungkin perlu memperbaiki kampanye kesadaran merek Anda.

    Kami harap artikel ini menjelaskan apa corong pemasaran dan bagaimana cara kerjanya. Jika Anda belum memilikinya, sekarang saatnya untuk mulai membangun corong untuk bisnis Anda.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh