Saung Angklung UDJO, Budaya Sunda

Saung Angklung UDJO, Budaya Sunda

Semua daerah di belahan Nusantara ini mulai dari Sabang dan Merauke memiliki keunikan budaya masing-masing. Kebudayaan itu mencakup mulai dari bahasa, adat istiadat, pakaian, rumah, dan juga seni budayanya (alat musik, tarian, lagu daerah, dll).

 

Keunikan budaya ini juga pastinya akan kita temui di daerah Jawa Barat yang dikenal dengan suku Sundanya. Kali ini saya akan bercerita tentang tujuan wisata budaya yang terletak di kota Bandung, namanya adalah Saung Angklung Udjo. Disini kita akan berkenalan dengan kebudayaan Sunda khususnya di bidang seni budayanya.

 

Saung Angklung Udjo ini akan membawa kita untuk mengenal alat musik tradisional Sunda yaitu angklung dan alat musik tradisional lainnya, tarian sunda, wayang golek, dan belajar tentang kebudayaan Sunda lainnya.

 

Saung Angklung Udjo ini didirikan oleh Udjo Ngalagena atau yang biasa dipanggil Mang Udjo dan istrinya Uum Sumiati sekitar tahun 1966. Karena kecintaannya pada kesenian khususnya kesenian Sunda, Mang Udjo pun mendirikan Saung Udjo ini.

 

Saat ini Saung Angklung Udjo ini dikelola oleh anak-anak Mang Udjo sepeninggal Mang Udjo di tahun 2001.

 

Lokasi Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, ke arah Timur Bandung. Saung ini beralamat di Jalan Padasuka No. 118, Kelurahan Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

 

Jika naik angkutan umum ambil angkot yang ke arah terminal Caheum seperti angkot Caheum-Ledeng, nanti turun di jalan Padasuka. Dari tempat turun angkotnya, ntar bisa naik ojeg dari simpang menuju saung angklung, jaraknya tidak begitu jauh, 10 menit jalan kaki juga udah nyampe hehe.

 

Harga tiket masuk

Adapun harga tiket untuk bisa menikmati keindahan budaya Sunda di saung ini cukup beragam, karena adanya pembedaan harga tiket untuk WNA dan WNI. Berikut adalah harga tiket untuk masuk ke Saung Angklung Udjo ini:

 

KeteranganHarga
Anak – anak di bawah 3 tahunGratis
Pelajar (Warga Negara Indonesia)Rp 40.000
Pelajar (Warga Negara Asing)Rp 60.000
Dewasa (Warga Negara Indonesia)Rp 60.000
Dewasa (Warga Negara Asing)Rp 100.000

 

 

Aktivitas di Saung Angklung Udjo

·         Melihat berbagai performance budaya dari Saung Angklung Udjo

Berikut adalah jadwal-jadwal untuk menikmati berbagai pertunjukan di Saung Angklung Udjo:

WaktuJam
Pagi10.00 – 11.30
Siang13.00 – 14.30
Sore/Reguler15.30 – 17.00
Malam18.30 – 20.00

 

Pertunjukan yang bisa kita saksikan di Saung Angklung Udjo ini adalah:

 

1.       Helaran

Helaran merupakan upacara khitanan pada saat upacara panen padi. Helaran ini memainkan angklung dengan nada pentatonis. Nada-nada yang dimainkan adalah nada-nada riang gembira, sesuai dengan acaranya yang merupakan ucapan syukur kepada Tuhan atas panen yang masyarakat peroleh.

2.       Wayang Golek

Wayang golek yang menjadi khas dari Sunda ini memainkan boneka kayu yang menyerupai boneka kayu yang memakai pakaian ataupun kostum.

 

Dalam penampilan wayang ini ditunjukkan bagaiamana para wayang berbicara, berkelahi, dan menari dan biasanya disuguhi dengan humor- humor yang mengundang gelak tawa.

Di setiap penampilan wayang golek ini selalu memberikan pesan moral di setiap penampilannya.

3.       Permainan Angklung Orchestra

Seperti namanya Saung Angklung Orchestra, pastinya ada yang kurang kalau kita tidak menyaksikan permainan angklung. Nah disini kita akan menyaksikan permainan angklung yang digabung dengan permainan gitar dan alat musik lainnya.

 

Kita akan menyaksikan penampilan angklung dan kombinasi dengan alat musik lainnya yang membawakan lagu-lagu daerah yang ada di Nusantara.

Setiap pemain akan memainkan bukan hanya satu nada tapi memainkan semua nada.

 

Selain menyaksikan penampilan para pemain angklung, kita juga akan diajak untuk memainkan angklung bersama. Setiap pengunjung akan diberikan satu nada angklung. Para pengunjung akan diajarin bagaimana cara memainkan angklung dan diajak memainkannya bersama.

 

Lagu yang dimainkan seperti terjana, kakatua, dan lagu-lagu pop seperti munajat cinta, dan lain-lain.

 

4.       Menari bersama

Di akhir dari pertunjukan acara ini, para penonton akan diajak ke pentas untuk menari bersama mengikuti irama musik dan tarian para penari.

 

·         Berburu Souvenir Khas Budaya Sunda

Aneka souvenir yang mayoritas terbuat dari bambu dapat kita temui di tempat ini. Aneka souvenir tersebut seperti gantungan kunci, tas, topi, dan yang pasti adalah alat musik tradisional Sunda yaitu Angklung. Untuk harga gantungan kunci berbentuk angklung dimulai dari Rp 10.000,-/ pcs.

 

·         Menikmati berbagai makanan Sunda

Ingin menikmati kuliner Bandung? Disini kita akan menemui Resto yang menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Sunda seperti batagor, siomay, dan makanan khas Sunda lainnya.

 

Saung Angklung Udjo ini sudah menjadi pusat kebudayaan Sunda di kota Bandung. Tempat ini sering dikunjungi sekelompok anak-anak dari sekolah atau komunitas untuk mendukung pelajaran di sekolah dan juga memperkenalkan kebudayaan Sunda secara utuh dan nyata.

 

Yukk….ajak keluarga dan teman-teman kita untuk berkenalan dengan budaya Sunda melalui tempat ini, Saung Angklung Udjo.

 

Untuk informasi selengkapnya tentang Saung Angklung Udjo ini bisa menghubungi ataupun melihat informasinya pada website di bawah ini:

 

Telepon : (022) 227271714/ (022) 7101736

Fax : (022) 227201587

Email : Info@angklung-udjo.co.id

Website : www.angklung-udjo.co.id

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!