Seluk Beluk Desain Web Responsif Yang Harus Anda Ketahui

Seluk Beluk Desain Web Responsif Yang Harus Anda Ketahui

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata “tanggung jawab”. Sesuatu yang termasuk dalam bidang tugas Anda? Atau, Tugas yang perlu Anda selesaikan? Nah, Anda mungkin salah berpikir di sini. Jika Anda melanggar kata Tanggung Jawab – Anda akan mendapatkan dua kata. Respon dan Kemampuan. Jadi, tanggung jawab tidak lain adalah kemampuan Anda untuk merespons. Hari ini, untuk perubahan, kita akan berbicara tentang daya tanggap dari konsep mati. Dan itu adalah – respon situs web.

Apa itu Desain Web Responsif dan Mengapa Itu Penting?

Sederhananya, desain situs web Responsif memungkinkan situs web Anda beradaptasi dengan berbagai perangkat dan ukuran layarnya. Ini dapat mencakup semua perangkat yang kami gunakan untuk menjelajah internet termasuk ponsel, laptop, desktop, tablet, dan lainnya. Namun, sebagian besar perusahaan TI yang menyediakan layanan desain web responsif tidak hanya menggunakan pendekatan responsif. Sebaliknya, mereka telah mengadaptasi “pendekatan yang mengutamakan seluler”.

Alasannya sederhana. Saat ini, hampir 2,6 miliar orang menggunakan ponsel cerdas dan pada tahun 2020, angka ini akan mencapai lebih dari 6 miliar. Jika Anda ingin orang mendapatkan akses ke situs web Anda di ujung jari mereka dan ingin berinteraksi dengan mereka secara pribadi, Anda harus menyediakan situs web yang responsif kepada mereka. Jadi, sebelum Anda mendekati perusahaan untuk memberi Anda layanan pengembangan situs web responsif seluler, Anda harus mencari tahu hal-hal tertentu.

  • Cari tahu perangkat apa yang digunakan audiens Anda untuk mengakses situs Anda
  • Cari tahu jumlah lalu lintas di desktop vs tablet vs ponsel

Selain itu, Anda harus tahu bahwa setiap browser situs web memiliki versi selulernya sendiri dan menampilkan situs web secara berbeda. Dan karena Anda perlu membuat situs web yang responsif di semua browser, Anda perlu membuatnya dirancang sesuai.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuat Desain Situs Web yang Responsif

Sebelum Anda menjadi responsif dengan situs web Anda, Anda perlu memikirkan tentang aspek-aspek tertentu dan mencatatnya. Jika Anda bukan orang teknis, Anda mungkin tidak mengetahuinya. Jadi, inilah beberapa penjelasan singkatnya.

a) Dimensi Situs Web

Sangat penting bagi pembuat situs web yang responsif untuk memahami bahwa tidak ada yang lebih baik daripada ukuran situs web standar. Dan karena ada ribuan perangkat yang tersedia di pasaran, resolusi dan ukuran layar sering berubah. Tujuan menjelajahi situs web tergantung pada situasinya. Misalnya, jika pengguna mencari tutorial, mereka mungkin menggunakan desktop. Dan jika seseorang menelusuri berita, mereka mungkin lebih suka melakukannya di perangkat seluler.

Anda dapat menjelajahi Google Analytics untuk mengetahui ukuran halaman web mana yang sesuai dengan situs web Anda dan mengambil keputusan setelahnya. Profesional yang menawarkan layanan desain web responsif mungkin juga dapat membantu.

b) Dapatkan Setidaknya 3 Tata Letak Dirancang

Sangat penting bagi pembuat situs web yang responsif untuk memahami bahwa tidak ada yang lebih baik daripada ukuran situs web standar. Dan karena ada ribuan perangkat yang tersedia di pasaran, resolusi dan ukuran layar sering berubah. Tujuan menjelajahi situs web tergantung pada situasinya. Misalnya, jika pengguna mencari tutorial, mereka mungkin menggunakan desktop. Dan jika seseorang menelusuri berita, mereka mungkin lebih suka melakukannya di perangkat seluler.

Agar desain situs web responsif apa pun berfungsi dengan baik, penting untuk memiliki 3 tata letak yang memiliki lebar browser berbeda. Lihat beberapa ukuran ideal:

  • Kecil: Di bawah 600 piksel – Cara konten dapat dilihat di ponsel cerdas
  • Medium: 600px hingga 900px – Tampilan konten di tablet, komputer netbook, dan tablet.
  • Besar: Lebih dari 900px – Tampilan konten di PC.

Tata letak ini harus memiliki fitur grafik dan teks yang serupa. Namun, ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga konten dapat ditampilkan dengan sebaik-baiknya di perangkat. Selalu disarankan untuk memperkecil halaman agar sesuai dengan ukuran kecil.

Manfaat Desain Web Responsif

Desain situs web yang responsif memberikan keuntungan bagi bisnis, desainer, pengembang, serta pengguna dengan cara yang diberikan di bawah ini:

Pengembangan cepat sebagai tarif hemat biaya

Dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk membuat desain web yang responsif dibandingkan dengan membuat aplikasi seluler. Dan seperti yang kita ketahui, waktu adalah uang. Hubungi perusahaan yang menyediakan layanan pengembangan situs web responsif seluler dengan harga bersaing. Bahkan jika Anda harus menghabiskan lebih dari apa yang Anda lakukan untuk membuat dua situs web, itu akan menghemat uang Anda yang dihabiskan untuk konfigurasi, pemeliharaan, dan peningkatan lainnya.

Tingkat Konversi Lebih Baik

Membuat situs web Anda responsif bukan hanya tentang mengurangi jumlah rasio pentalan. Ini tentang merender pengalaman pengguna yang stabil dan interaktif di semua perangkat. Dan setelah Anda melakukannya, mereka pasti akan terus kembali dan menghadirkan pengguna lain. Jika Anda memiliki situs web yang terlihat profesional di berbagai platform, pengguna Anda tidak akan pernah merasa frustrasi atau pergi ke pesaing Anda.

Membungkus

Kami berkembang pesat di dunia internet of things dan realitas virtual. Jadi, semakin banyak variasi perangkat, semakin banyak pula kebutuhan untuk membuat desain web responsif yang kompleks. Jika Anda ingin memenuhi permintaan pelanggan yang semakin cepat, inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menyewa pembuat situs web yang responsif untuk situs web Anda.

Leave a Reply

four × two =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!