Sensasi Melihat Metamorfosis Kupu-Kupu Langsung di Tamannya

Sensasi Melihat Metamorfosis Kupu-Kupu Langsung di Tamannya

Taruhan, berapa sih kemungkinan kita melihat kupu-kupu keluar dari kepompongnya waktu kecil? Pasti kecil sekali. Bahkan kalaupun kita berhasil menaruh kepompong di dalam botol atau kotak kaca, ada saja kejadian yang membuat kita melewatkannya.

 

Nah, pengalaman serupa tidak akan terjadi pada adik-adik kecil atau anak kita berkat kehadiran taman ini! Bagi kamu yang kepingin tahu juga bisa datang kemari sendiri—atau bersama pasangan. Siapa tahu ingin membalas penasaran di masa kecil dulu hehe…

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

taman kupu kupu Berlokasi di Jl. Raya Cihanjuang 58m Cibaligo, Km 3,3 Banung Barat, tempat ini adalah tempat khusus wisata mengenal kupu-kupu yang dikemas secara menarik; membuatnya sempurna sebagai tempat wisata keluarga.

Gerbangnya megah sekaligus klasik, seolah mengusung gaya Bali kontemporer. Apalagi ada pot lotus dan bebatuan di bagian depan. Membuat siapa pun yang lewat merasa ingin berhenti sebentar untuk mengintip, ada apa ya di dalam?

 

Usai membayar tiket masuk—yang harganya murah sekali, cuma Rp 10.000,00 pengunjung pun diperbolehkan menjelajah ke dalam. Taman ini dibuat dengan konsep tempat multifungsi.

Ada taman bunga super cantik yang akan mengingatkan kita pada suasana di film-film Lord of the Rings. Hamparan rumput hijau yang berbukit-bukit disela oleh tanaman semak berwarna-warni seperti daffodil dan lili memberikan kesan kebun yang sejuk, tapi juga imut. Kadang-kadang ada kupu-kupu yang dibiarkan bebas beterbangan, karena ini memang rumah alami mereka.

Di sinilah kita bisa foto-foto dan mengamati tumbuhan di sekitar karena di sini memang disediakan sarana untuk itu, dan juga papan informasi di setiap spesies tanaman yang ada. Anak-anak yang penasaran pada dunia herba, bisa langsung belajar.

Oh iya, di sini juga ada sarana serbaguna yang seringkali dipesan untuk acara-acara khusus seperti rapat, gathering, atau perkumpulan. Bagi Anda yang menyukai kupu-kupu dan ingin menyelenggarakan acara bertema Madame Butterfly, di sini tempat yang sempurna nih. Tinggal hubungi contact person di bawah, ya!

 

 

Rumah Kepompong

 

Puas melihat-lihat taman, saatnya masuk ke rumah kepompong, nih. Tempat ini didesain dengan model gubuk yang ketika masuk membut kita merasakan bau jerami kering dan sebagainya—lingkungan hangat yang pas untuk tumbuh kembang kupu-kupu. Di dalamnya, ada lusinan kandang kawat yang sepertinya ditempeli… banyak sekali daun kering.

Rupanya, itu bukan daun kering melainkan kepompong. Beberapa kepompongnya besar-besar sekali, menandakan kalau kupu-kupu yang keluar dari sana nanti pasti bukan kupu-kupu biasa. Tak heran, karena di sini ada lebih dari 30 spesies kupu-kupu—sebagiannya impor. Ada monarch, blue danube, velvet white, pokoknya jenis-jenis yang tadinya cuma pernah kita lihat di film, deh!

Insektarium

Setelah melihat proses—dan menunggu—kupu-kupu keluar dari cangkang, boleh juga nih melihat hasil jadinya mereka. Di sini, kupu-kupu yang mati tidak dibuang, melainkan diawetkan dengan larutan formaldehyde dan dipigura begini supaya tetap cantik.

Banyak sekali orang yang mampir di sini karena latarnya yang menyatu dengan dinding batu sempurna banget buat selfie spot, atau sekadar foto biasa untuk wallpaper ponsel kita.

 

Tidak jauh dari sini, ada juga toko souvenir untuk membeli pernak-pernik bertema kupu-kupu buat dibawa pulang. Banyak lho barang yang menarik seperti gantungan kunci, pelindung ponsel, handbag, jepit rambut, dan lain-lain. Anak-anak utamanya senang sekali berkeliaran di sini sambil menggandeng orangtua mereka supaya dibelikan sesuatu hehe.

Terus, Nongkrong

Puas belanja, puas jalan-jalan, dan puas belajar mengenai kupu-kupu, lapar dong? Nah di sini ada kafe yang cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan kita. Meski tempat ini bertema kupu-kupu, santai, hidangannya tidak terbuat dari kupu-kupu kok!

Ada menu-menu standar seperti kue panekuk buah, es capuccino, dan lain sebagainya. Tempat ini juga populer karena lansekapnya yang cantik berpadu dengan pilihan perabitan vintage classicnya yang imut banget! Duduk-duduk di sini bakal bikin siapa pun jadi merasa seperti puteri Inggris tahun 1980an.

Secara umum, taman kupu-kupu adalah sempurna bagi kita yang ingin lebih jauh mengenal kupu-kupu dan juga membuat anak-anak—atau adik—kita lebih dekat dengan alam tanpa terkesan jorok. Dan ini penting, lho. Dewasa ini, banyak spesies kupu-kupu mulai terancam punah karena limbah industri dan pemanasan global.

Menikmati keindahan kupu-kupu, belajar, dan juga sambil nongkrong cantik? Kenapa enggak?

 

TAMAN KUPU-KUPU CIHANJUANG

  • Alamat: Jalan Cihanjuang No. 58, Cibaligo, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Harga Tiket: Rp 10.000, 00
  • Jam Buka: Pukul 08.00 – 17:00 WIB
  • Nomor Kontak: 022 – 9295 – 2008
  • Website: http://tamankupukupucihanjuang.blogspot.com

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!