SEO AUDIT

SEO AUDIT

undercover.co.idSEO AUDIT , jika Anda adalah seorang pemilik Website Bisnis , sebaiknya Anda melakukan audit terhadap situs SEO tersebut secara berkala. Agar dapat menghindari kemungkinan masalah SEO yang kerap terjadi. Ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan sendiri ketika melihat situs SEO yang sedang dikembangkan sebelum melakukan audit secara penuh.

Pentingnya SEO AUDIT

Bagi sebagian besar profesional SEO , audit SEO mendalam adalah Langkah #1 setelah menandatangani klien baru atau masuk ke perusahaan baru.

Anda harus tahu di mana Anda berada untuk mencapai tempat yang Anda inginkan.

Di situlah SEO AUDIT berperan.

Tempat yang Anda inginkan adalah di mana pun orang mencari Anda – produk Anda, layanan Anda, atau hal-hal yang banyak Anda ketahui.

Itu berarti memaksimalkan visibilitas Anda di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya sangat penting.

Audit SEO adalah peta jalan Anda tentang bagaimana Anda akhirnya akan sampai di sana.

SEO AUDIT akan mengungkapkan masalah dengan SEO situs mana pun sehingga Anda dapat mengatasinya dan mulai memberi peringkat di tempat Anda berada.

Apakah Anda tahu area terpenting dari situs web yang harus Anda nilai?

Apakah Anda melakukan audit SEO selengkap mungkin?

Nah, kami di sini untuk membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, lalu lintas, dan konversi yang Anda inginkan.

Berikut adalah daftar lengkap semua item penting yang harus disertakan dalam audit SEO Anda.

Daftar Periksa SEO AUDIT


Faktor domain: Ini termasuk nama domain, usia, riwayat, dan faktor lain yang perlu Anda ketahui.


Faktor tingkat halaman: Pelajari apa yang penting saat mengaudit EAT, berita utama, kanibalisasi kata kunci, keterlibatan pengguna, dan banyak lagi.


Panjang konten: Audit SEO Anda harus menilai konten, tautan gambar pada halaman tertentu, dan bagaimana konten diatur di seluruh situs.


Masalah konten duplikat: Pelajari cara mengidentifikasi masalah ini dengan cepat sebagai bagian dari audit SEO Anda sehingga Anda dapat memperbaikinya nanti.


Faktor konten situs web: Ini termasuk markup skema, arsitektur situs, rasio klik-tayang (RKT) organik Anda, dan banyak lagi.


Pembaruan situs web: Pelajari mengapa memantau perubahan situs web yang sedang berlangsung sangat penting dan bagaimana mengidentifikasi masalah utama yang dapat terjadi dalam prosesnya.


Audit profil tautan: Pelajari cara mengidentifikasi dan menghentikan tautan bermasalah agar tidak membahayakan Anda –


Faktor SEO teknis di tempat : Pelajari cara menemukan masalah paling umum, termasuk masalah dengan robots.txt, peta situs, dan pengoptimalan gambar.

SEO AUDIT
SEO AUDIT

SEO AUDIT: Faktor Domain

Saat Anda memilih domain untuk SEO , ini akan menjadi moniker Anda di web.

Sama halnya dengan memilih nama perusahaan, sehingga harus dilakukan dengan banyak pertimbangan dan pertimbangan.

Anda tidak hanya ingin memastikan bahwa nama domain Anda sesuai dengan bisnis Anda, tetapi Anda juga ingin memastikannya sesuai dengan tujuan SEO Anda.

Anda juga harus memastikan bahwa itu mudah ditemukan, dan mudah dipromosikan melalui pemasaran internet.

Anda tidak ingin masuk ke direktori di mana direktori tersebut memiliki batasan karakter pada nama domain (percayalah, saya telah melihat ini terjadi).

Ada pertimbangan lain yang terlibat, juga.

  • Apakah Anda ingin domain ini menargetkan kata kunci yang luas, spesifik, atau premium?
  • Apakah Anda akan menggunakan domain ini untuk proyek SEO lokal?
  • Apakah Anda akan menggunakan domain ini untuk proyek bisnis?
  • Atau mungkin Anda menggunakan domain untuk blog?
  • Mungkin Anda menggunakan domain untuk menilai apakah Anda ingin membangun situs mikro atau tidak, dan Anda ingin mengatur domain sedemikian rupa yang mencerminkan situs mikro yang ingin Anda bangun.

Either way, penting untuk membuat domain Anda sedemikian rupa sehingga orang langsung mengaitkannya dengan bisnis Anda. Di situlah pemikiran dan pertimbangan masuk.

  • Permudah Visitor Mengetik Domain Bisnis Anda
  • Jaga agar Nama Domain Anda Singkat
  • Hindari Angka & Tanda hubung
    Buat Nama Domain Anda Menjadi Mengesankan

SEO AUDIT: Faktor Halaman

Apa yang Harus Diperiksa
Anda perlu memeriksa hal-hal berikut untuk memastikan semua elemen ini mutakhir dan diterapkan sesuai dengan strategi SEO Anda.

Jika tidak, maka Anda telah mengidentifikasi perbaikan yang perlu Anda lakukan setelah audit ini:

  • Kata kunci dalam tag judul.
  • Tag judul dimulai dengan kata kunci.
  • Kata kunci dalam tag deskripsi.
  • Kata kunci muncul di tag H1.
  • Kata kunci adalah frase yang paling sering digunakan dalam dokumen

SEO AUDIT: EAT

Memeriksa EAT– di situs Anda bukanlah proses ilmiah, tetapi lebih merupakan proses kreatif.

Poin-poin ini akan membantu proses audit Anda dalam menemukan masalah EAT di situs web:

Apakah situs Anda memiliki informasi penulis yang dipersonalisasi, dan apakah personalisasi diaktifkan?


Ini berarti: bio penulis, halaman penulis, dan informasi kontak penulis.


Apakah situs Anda memiliki konten yang dipersonalisasi dan otoritatif yang dapat dipercaya?
Ini berarti: artikel yang diperiksa fakta dan berkualitas tinggi. Artikel harus memiliki informasi yang benar secara faktual tentang topik yang mereka diskusikan.


Artikel juga harus dapat dipercaya dalam membahas topik. Jika tulisan Anda berkualitas lebih rendah, dan disusun secara serampangan, Anda tidak akan mendapatkan skor EAT yang baik pada artikel Anda.

JANGAN berhemat pada kualitas artikel.


Apakah situs Anda memiliki pandangan yang unik tentang berbagai hal, dan apakah itu menangani materi pelajaran dengan cara yang memberi Google insentif untuk menempatkannya di halaman pertama hasil mereka?


Anda dapat melakukan SEO dan mengoptimalkan konten Anda untuk teknis sepanjang hari. Anda dapat membangun tautan sepanjang hari. Tetapi jika konten Anda lemah pada materi pelajaran Anda, itu mungkin menjadi faktor dalam bagaimana kinerja situs Anda.


Deskripsi meta dan tag judul Anda semuanya harus berkualitas super tinggi, sementara juga menargetkan kata kunci dan frasa kata kunci yang dibahas topik artikel Anda. Mereka tidak boleh ditulis sebagai pemikiran setelahnya.

baca juga

SEO AUDIT
SEO AUDIT

SEO AUDIT: Tautan Internal dan External

Tautan Keluar dan Tautan Internal , Setiap konten harus menyertakan tautan keluar ke sumber daya eksternal, bersama dengan tautan internal ke konten halaman terkait lainnya.

Ini memberikan pemahaman yang lebih besar tentang topik ketika dilakukan dengan benar dan termasuk sumber daya yang berwenang untuk penulis lain di industri ini.

Saat Anda menautkan, Anda juga meningkatkan peluang penautan Anda melalui penulis lain yang mungkin menggunakan Google Alerts untuk memberi tahu mereka tentang artikel baru yang dipublikasikan tentang topik khusus mereka.

Kanibalisasi Kata Kunci

Kanibalisasi Kata Kunci , Ini bisa menjadi masalah yang lebih besar dari yang Anda kira.

Jika Anda memiliki lebih dari satu laman yang menargetkan kata kunci yang sama, Anda dapat mengalami kanibalisasi kata kunci .

Ini adalah saat dua halaman mencoba memberi peringkat untuk kata kunci yang sama, dan Google dipaksa untuk memilih di antara halaman.

Ini berarti Anda tidak akan mendapatkan banyak, jika ada, nilai SEO dari upaya pengoptimalan Anda jika kata kunci Anda terlalu mirip.

Anda juga dapat memperkenalkan masalah lain dengan kanibalisasi kata kunci.

Tingkat konversi: Mengapa membuang-buang waktu Anda di halaman yang berbeda dengan tujuan yang sama jika salah satunya berkonversi lebih baik?

Anda harus memfokuskan upaya Anda pada salah satu halaman ini daripada menghabiskan energi pada versi konversi yang lebih rendah yang menargetkan lalu lintas yang sama.


Kualitas konten : Jika Anda menargetkan beberapa halaman dengan kata kunci yang sama, halaman tersebut juga harus tentang subjek yang sama.

Apa yang Anda risikokan adalah konten duplikat, konten berkualitas buruk, atau replika dan Anda menurunkan peluang Anda untuk menerima rujukan dan tautan.


Teks jangkar internal: Jika Anda menargetkan halaman yang berbeda dengan subjek yang sama, Anda kehilangan peluang untuk memusatkan nilai teks jangkar internal pada satu halaman.


Tautan eksternal: Tautan eksternal dapat meningkatkan nilai SEO halaman yang menargetkan satu kata kunci.

Tetapi jika Anda memiliki halaman berbeda yang menargetkan kata kunci yang sama, maka tautan eksternal Anda akan dibagi di antara halaman arahan yang berbeda tersebut.

Dengan demikian Anda berbagi nilai tautan eksternal di antara halaman yang berbeda alih-alih memfokuskannya pada satu halaman.

SEO AUDIT: Konten Duplikat

Konten Duplikat Selama Audit SEO
Mengidentifikasi masalah duplikat konten adalah bagian penting dari audit SEO Anda. Inilah yang perlu Anda periksa dan bagaimana melakukannya.

Periksa URL untuk Konten Duplikat
Mengidentifikasi duplikat konten tidak hanya terbatas pada konten teks pada halaman.

Memeriksa URL yang mengarah ke konten duplikat juga dapat mengungkapkan masalah yang menyebabkan kebingungan besar Google saat mereka merayapi situs Anda.

Periksa dan selidiki hal-hal berikut:

  • Bagaimana pembaruan konten terkini.
  • Besaran pembaruan konten.
  • Tren historis pembaruan halaman.

SEO AUDIT: Arsitektur Situs

Arsitektur Situs
Arsitektur situs web, atau cara situs Anda diatur, dapat membantu Google merayapi dan mengatur konten Anda dengan lebih baik.

Ada berbagai aliran pemikiran tentang topik ini.

Beberapa profesional SEO percaya bahwa memiliki arsitektur situs datar adalah yang terbaik (di mana Anda tidak memiliki lebih dari satu klik untuk sampai di halaman internal dari halaman rumah).

Yang lain percaya bahwa arsitektur tertutup adalah yang terbaik.

Struktur silo adalah tempat konten disimpan dan diatur per topik konten.

Telah diamati oleh beberapa profesional SEO bahwa struktur silo cenderung meningkatkan fokus topik, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman Google tentang arsitektur situs web.

SEO AUDIT; Identifikasi Halaman yang Kurang Dioptimalkan


Ketika halaman kurang dioptimalkan, Anda dapat berakhir dengan halaman yang tidak cukup kuat untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP sama sekali.

Atau lebih buruk lagi, mereka hanya mampu mencapai peringkat halaman ketiga.

Halaman-halaman ini juga biasanya merupakan kandidat untuk kanibalisasi kata kunci karena mereka sudah menargetkan kata kunci yang sedang dioptimalkan untuk di tempat.

Apa yang Harus Diperiksa
Anda ingin memeriksa halaman yang tidak memiliki hal berikut:

  1. Halaman dengan penargetan kata kunci yang hilang (konten yang tidak memiliki target kata kunci yang jelas), pada dasarnya konten default yang terlihat seperti ditulis dan diletakkan di sana, tanpa dioptimalkan.
  2. Halaman dengan header yang hilang seperti H1, H2s, H3s.
  3. Halaman yang tidak memiliki meta tag yang dioptimalkan sama sekali.
  4. Halaman yang tidak memiliki tautan keluar atau tautan internal.
  5. Halaman yang tidak memiliki struktur teks.
  6. Halaman yang tidak memiliki tag nol untuk penekanan.
  7. Halaman yang tidak memiliki tautan masuk eksternal.
  8. Halaman yang memiliki gambar dengan ukuran file 100 kb atau lebih.
  9. Halaman yang memiliki ukuran file halaman 100 kb atau lebih.
  10. Halaman yang tidak memiliki teks alternatif, teks judul, atau lebar dan tinggi gambar.
  11. Bila Anda memiliki halaman yang hanya memiliki beberapa atribut di atas, Anda memiliki masalah pengoptimalan yang serius.

Jika Anda memiliki halaman yang memiliki semua hal di atas tetapi masih berjuang dengan peringkat, maka inilah saatnya untuk melihat panjang/cakupan konten, masalah teknis SEO, dan profil tautan Anda

Semua Halaman Penting yang Memiliki CTR (Click-Through Rates) Rendah


Pertama-tama, apa itu rasio klik-tayang, dan mengapa saya harus mempedulikannya?

Ini adalah metrik terhitung yang akan menjelaskan berapa banyak orang yang mengklik hasil pencarian Anda dari jumlah total orang yang benar-benar melihatnya.

Dalam penelusuran organik, ini berarti jumlah orang yang benar-benar melihat hasil penelusuran Anda, dan jumlah orang yang secara fisik mengeklik ke laman Anda.

Larry Kim di WordStream memiliki beberapa contoh luar biasa tentang cara Anda dapat meningkatkan RKT Anda .

Klaim Pengecekan Fakta yang Dibuat di Konten Anda


Dengan munculnya paradigma berita palsu dan betapa mudahnya narasi palsu menyebar, menjadi penting untuk mengikuti ABC Anda…selalu memeriksa fakta di balik klaim yang dibuat dalam artikel Anda.

Jika Anda belum mengintegrasikan pengecekan fakta dalam proses Anda, sekaranglah saatnya untuk memastikan bahwa Anda melakukannya.

Google tidak hanya membuat pemeriksaan fakta dalam hasil pencarian, mereka juga telah membuat beberapa alat pemeriksaan fakta untuk profesional SEO dan penerbit konten.

Hal terbaik tentang alat ini adalah dapat memudahkan Anda untuk menyaring beberapa klaim yang dibuat dalam artikel Anda, dan memastikan bahwa sebagian besar benar.

Bukan tidak mungkin bahwa mereka menyertakan pengecekan fakta dalam pembaruan algoritme terbaru mereka.

Bagian dari keahliannya adalah memeriksa fakta dan informasi terkait klaim yang dibuat dalam artikel Anda dan memastikan kebenarannya.

Anda tidak ingin membuat artikel dan mengetahui bahwa ada rasio “fakta” yang salah atau benar-benar salah di dalamnya. Masukkan alat Cek Fakta dari Google.

SEO AUDIT: Dioptimalkan untuk Seluler


Google telah beralih ke pengindeksan seluler pertama secara default untuk situs web baru. Jadi, penting sekarang lebih dari sebelumnya untuk memastikan situs Anda dioptimalkan untuk seluler.

Penggunaan Google Analytics & Google Search Console


Saat menggunakan Google Analytics, ada ID analitik khusus (UI-#####…) yang muncul saat dipasang.

Selain itu, Google Search Console memiliki pengkodean tanda tangan sendiri.

Audit Teknis SEO

SEO teknis sangat penting. Anda membutuhkan dasar teknis yang kuat untuk menjadi sukses.

Ini adalah kebutuhan dan bukan opsional .

Baik itu pengetahuan tentang pemrograman, arsitektur server, arsitektur situs web, JavaScript, CSS, atau apa pun itu, memiliki pengetahuan ini akan menempatkan Anda selangkah di atas yang lainnya.

SEO teknis akan membantu Anda mengoptimalkan situs Anda sendiri, dan mengidentifikasi masalah di situs web yang tidak dapat ditangkap oleh SEO non-teknis.

Bahkan, dalam beberapa kasus, penting untuk melakukan SEO teknis sebelum menyentuh pembuatan tautan.

Mari kita periksa beberapa masalah SEO teknis yang lebih umum dan lakukan pemeriksaan dan keseimbangan sehingga kami dapat memperbaikinya.

Peta Situs


Kehadiran file peta situs di situs Anda akan membantu mesin pencari:

Lebih memahami strukturnya.
Di mana halaman berada.
Lebih penting lagi, berikan akses ke situs Anda (dengan asumsi itu diatur dengan benar).
Peta situs XML bisa sederhana, dengan satu baris situs per baris. Mereka tidak harus cantik.

Peta situs HTML dapat mengambil manfaat dari menjadi “lebih cantik” dengan sedikit lebih banyak organisasi untuk di-boot.

Cara Memeriksa
Ini adalah pemeriksaan yang cukup sederhana. Karena peta situs diinstal di direktori root, Anda dapat memeriksanya di browser dengan menambahkan sitemap.xml atau sitemap.html.

Juga, pastikan untuk memeriksa bagian peta situs di Google Search Console .

Ini akan memberi tahu Anda jika peta situs sebelumnya telah dikirimkan, berapa banyak URL yang berhasil diindeks, apakah ada masalah, dan masalah lainnya.

Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus membuatnya.

Robots.txt


Mengidentifikasi apakah robots.txt ada di situs adalah cara yang baik untuk memeriksa kesehatan situs Anda. File robots.txt dapat meningkatkan atau merusak kinerja situs web dalam hasil pencarian.

Misalnya, jika Anda menyetel robots.txt ke “disallow: /”, Anda memberi tahu Google untuk tidak pernah mengindeks situs karena “/” adalah root!

Sangat penting untuk menetapkan ini sebagai salah satu pemeriksaan pertama dalam SEO karena begitu banyak pemilik situs yang salah.

Itu selalu seharusnya disetel pada “larang: ” tanpa garis miring. Ini akan memungkinkan semua agen pengguna merayapi situs

Kesalahan Perayapan


Bagian Kesalahan Perayapan di GSC akan membantu Anda mengidentifikasi apakah kesalahan perayapan saat ini ada di lokasi.

Menemukan kesalahan perayapan, dan memperbaikinya, adalah bagian penting dari setiap audit situs web karena semakin banyak kesalahan perayapan yang dimiliki situs, semakin banyak masalah yang dihadapi Google dalam menemukan halaman dan mengindeksnya.

Pemeliharaan SEO teknis yang berkelanjutan dari item-item ini sangat penting untuk memiliki situs yang sehat.

Apakah Situs Memiliki Sertifikat SSL (Khususnya di E-niaga)?


Idealnya, implementasi situs e-niaga akan memiliki sertifikat SSL.

Namun dengan langkah Google baru-baru ini untuk lebih memilih situs yang memiliki sertifikat SSL untuk alasan keamanan, ada baiknya untuk menentukan apakah situs memiliki sertifikat aman yang terpasang.

Memperkecil File CSS & JavaScript


Mengidentifikasi kode CSS yang membengkak, bersama dengan JavaScript yang membengkak, akan membantu mengurangi waktu buka situs Anda.

Banyak tema WordPress bersalah atas CSS dan JavaScript yang membengkak, yang jika diperlukan waktu untuk mengecilkannya dengan benar, situs-situs ini dapat mengalami waktu muat 2-3 detik atau kurang.

Idealnya, sebagian besar implementasi situs web harus menampilkan satu file CSS dan satu file JavaScript.

Ketika dikodekan dengan benar, kurangnya file-file ini meminimalkan panggilan ke server, potensi kemacetan, dan masalah lainnya.

Pengoptimalan Gambar


Mengidentifikasi gambar yang berat pada ukuran file dan menyebabkan peningkatan waktu buka halaman adalah faktor pengoptimalan penting untuk mendapatkan yang benar.

Ini bukanlah faktor pengoptimalan yang menyeluruh, tetapi dapat memberikan penurunan kecepatan situs yang cukup besar jika dikelola dengan benar.

Kesalahan HTML / Validasi W3C


Mengoreksi kesalahan HTML dan validasi W3C sendiri tidak meningkatkan peringkat, dan memiliki situs yang sepenuhnya valid W3C tidak membantu peringkat Anda, menurut John Mueller dari Google .

Karena itu, mengoreksi jenis kesalahan ini dapat membantu menghasilkan rendering yang lebih baik di berbagai browser.

Jika kesalahannya cukup buruk, koreksi ini dapat membantu menghasilkan kecepatan halaman yang lebih baik.

Tapi itu adalah atas dasar kasus per kasus. Hanya melakukan ini sendiri tidak akan secara otomatis menghasilkan peringkat yang lebih baik untuk setiap situs.

Faktanya, sebagian besar merupakan faktor pendukung, artinya dapat membantu meningkatkan faktor utama – kecepatan situs.

Misalnya, satu area yang dapat membantu termasuk menambahkan lebar + tinggi ke gambar.

Per W3.org , jika tinggi dan lebar diatur, “ruang yang diperlukan untuk gambar dicadangkan saat halaman dimuat”.

Ini berarti bahwa browser tidak perlu membuang waktu untuk menebak ukuran gambar, dan hanya dapat memuat gambar saat itu juga

Satu Domain


Meskipun banyak rekomendasi online, saya masih menemukan banyak situs web yang memiliki masalah besar ini.

Dan ini adalah masalah pemuatan banyak URL, menciptakan masalah besar dengan konten duplikat.

Inilah situasinya. Saat memasukkan alamat di browser web, Anda dapat menguji variasi URL:

Masalah ini berlipat ganda secara eksponensial ketika proses penautan internal Anda menjadi tidak terkendali, dan Anda tidak menggunakan penautan yang benar di seluruh situs Anda.

Jika Anda tidak mengontrol bagaimana Anda menautkan ke halaman, dan halaman dimuat seperti ini, Anda memberi Google kesempatan untuk mengindeks nama-halaman1.html, nama-halaman1.htm, pAgE-nAmE1.html, dan pAgE-nAmE1.htm .

Semua URL ini akan tetap memiliki konten yang sama. Ini membingungkan bot Google secara eksponensial, jadi jangan membuat kesalahan ini.

Faktor Tautan Balik


Sekarang, lebih dari sebelumnya, telah menjadi keharusan untuk membuat profil tautan alami yang sehat dan bebas dari tautan buruk.

Sayangnya, tautan buruk tidak dapat dihindari dalam ekonomi internet saat ini. Kuncinya adalah memastikan bahwa mereka tidak menjadi bagian utama dari profil tautan Anda.

Hal-hal menjadi lebih bermasalah ketika pesaing memutuskan mereka ingin memukul Anda dengan serangan tautan buruk SEO brute force negatif dalam upaya menyebabkan Penguin mendevaluasi situs Anda secara algoritmik.

Penguin telah menjadi bagian penting dari algoritme Google, jadi penting untuk memiliki pemeriksaan tautan dan jadwal pemangkasan yang berkelanjutan.

Ini membantu mengidentifikasi tautan potensial yang akan membahayakan Anda sebelum menimbulkan masalah dan sebelum masalah signifikan muncul karena tautannya ke situs Anda.

Faktor-faktor yang dapat Anda periksa menggunakan audit profil tautan meliputi:

  • menautkan domain root.
  • tautan dari IP kelas-C yang terpisah.
  • halaman yang menautkan.
  • Teks alternatif (untuk Tautan Gambar).
  • Tautan dari domain .EDU atau .GOV.
  • Otoritas penautan domain.
  • Tautan dari pesaing.
  • Tautan dari lingkungan yang buruk.
  • Keanekaragaman jenis tautan.
  • Teks jangkar tautan balik.
  • Tautan tidak mengikuti.
  • 301 pengalihan berlebihan ke halaman.
  • Tautkan lokasi dalam konten.
  • Tautkan lokasi di halaman.
  • Menghubungkan relevansi domain.

Audit Profil Tautan: 28 Hal yang Perlu Diperiksa


Inilah cara menjaga profil tautan yang sehat dan memastikan tautan balik yang buruk tidak cukup buruk untuk menggigit Anda dengan audit profil tautan berkala.

Melakukan audit profil tautan adalah bagian penting dari upaya SEO apa pun.

Audit profil tautan reguler dapat membantu Anda mengidentifikasi upaya serangan tautan SEO negatif, menilai hukuman, dan menghapus tautan buruk sebelum berdampak pada peringkat situs Anda.

Tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada tindakan reaktif.

Seolah itu tidak cukup, pembaruan terbaru dari Google menunjukkan bahwa mereka memberikan hukuman bahkan pada situs yang tidak membuat tautan selama lima tahun terakhir (setidaknya).

Audit profil tautan yang berkelanjutan sangat penting untuk membantu situs Anda terus memiliki profil tautan yang sehat, dan memastikan tautan buruk tidak menjadi cukup buruk untuk menyebabkan masalah bagi Anda nanti.

Beberapa di industri menyebutnya sebagai link remediasi .

Anggap saja mitigasi risiko, atau lebih tepatnya, hubungkan manajemen risiko.

Omong-omong, apa itu SEO negatif ?

SEO Negatif adalah upaya pesaing untuk membangun kembali tautan buruk ke situs web Anda untuk meningkatkan profil tautannya secara artifisial.

Hasil akhir yang diinginkan adalah bahwa Google akan mengira Anda sedang membangun tautan tersebut, dan sebagai hasilnya menurunkan situs Anda secara algoritme.

Saya telah melihat beberapa serangan tautan SEO negatif yang berhasil dan saya tidak ragu bahwa itu ada.

Segala sesuatu di situs web ini berjalan dengan sangat baik sampai mereka diserang oleh peningkatan yang nyata dalam tautan masuk yang berisi spam.

Inilah sebabnya mengapa audit profil tautan berkala sangat penting untuk menjaga profil tautan yang sehat dan memastikan bahwa tautan balik buruk Anda tidak cukup buruk untuk menggigit Anda.

baca juga

Apa yang Harus Diperiksa Dalam SEO Profile Backlink

  1. Kecepatan Tautan Positif
    Ini mengacu pada seberapa banyak profil tautan Anda berkembang dan seberapa cepat itu berkembang.

Profil tautan yang berkembang terlalu cepat dapat memicu tanda bahaya ke Google, karena ini dapat dilihat sebagai taktik manipulasi tautan.

  1. Kecepatan Tautan Negatif
    Terlalu banyak tautan yang dihapus sekaligus.
  2. Tautan Kontekstual
    Tautan yang ditempatkan secara strategis dalam konten yang memiliki konteks pada halaman sebenarnya.

Poin bonus jika konten itu alami, tidak terdengar seperti spam, dan mengandung beberapa daging yang signifikan.

Tautan kontekstual memang bagus, tetapi sekali lagi, ini juga bisa dimanipulasi – dan Anda harus waspada terhadap tautan kontekstual yang berlebihan.

  1. ‘Tautan Sponsor’ atau Kata Lain di Sekitar Tautan
    Tautan yang jelas-jelas berbayar, atau bersponsor.
  2. Tautan dari Halaman ‘Hub’
    Tautan yang berasal dari sumber daya teratas tentang topik tersebut.
  3. Tautan dari Situs Otoritas
    Ini adalah tautan dari situs otoritas yang biasanya besar di satu ceruk mana pun.

Memiliki banyak tautan dari situs otoritas yang hebat adalah hal yang baik, dan merupakan sesuatu yang seharusnya tidak merugikan Anda.

  1. Profil Tautan Alami
    Profil tautan alami memiliki sebagian besar teknik tautan yang dijaga agar tetap minimum dan distribusi teks jangkar tautan yang lebih alami yang tidak condong dengan cara apa pun ke jumlah yang signifikan dari satu jenis teks jangkar apa pun.

Dengan kata lain, sepertinya banyak orang dari banyak ceruk berbeda (atau dalam ceruk yang sama) menautkan ke situs, bukan satu orang yang menautkan berulang-ulang.

  1. Tautan Timbal Balik
    Pada dasarnya “tautkan ke saya dan saya akan menautkan ke Anda” demi cross-linking, yang merupakan jenis skema penautan yang dilarang oleh Google dalam Pedoman Webmaster Google mereka .
  2. Tautan Konten Buatan Pengguna
    Ini pada dasarnya adalah tautan yang muncul di bagian komentar blog.
  3. Komentar Blog yang Berlebihan
    Komentar blog mudah dimanipulasi, sehingga komentar blog yang berlebihan dapat diartikan berasal dari program topi hitam seperti Scrape Box, yang dikenal dengan kemampuan berkomentar blognya.
  4. Tautan dari 301 Redirect
    Pengalihan 301 sendiri tidak masalah dan tautan dari pengalihan 301 seharusnya tidak merusak situs Anda .

Tetapi memiliki pengalihan yang berlebihan dapat:

  • Menyebabkan masalah bandwidth (mungkin tidak menjadi masalah jika Anda mampu membayar sejumlah besar lalu lintas yang mencapai pengalihan 301 Anda).
  • Menyebabkan masalah tambahan dengan perayapan jika tidak dikelola dengan benar.
  • Mereka bisa menjadi sangat berlebihan sehingga pengelolaannya bisa menjadi tantangan.
  1. Teks Jangkar Tautan Internal
    Setiap penggunaan yang berlebihan dari salah satu jenis teks jangkar tautan internal dianggap sebagai spam, dan sesuatu yang harus dihindari.

Cobalah untuk mendiversifikasikannya sehingga tampak alami daripada manipulatif.

  1. Usia Tautan Balik
    Beberapa ahli SEO berpendapat bahwa usia backlink adalah faktor peringkat berdasarkan paten Google.
  2. Jumlah Tautan Keluar di Halaman
    Beberapa profesional SEO percaya bahwa halaman dengan banyak tautan keluar berkinerja jauh lebih rendah daripada halaman dengan jumlah tautan keluar yang sehat. Namun, ini tidak lagi benar.

Mantan Googler Matt Cutts telah menyatakan bahwa mereka menghapus pedoman 100 tautan per halaman , tetapi mereka dapat mengambil tindakan jika tautannya terlalu berisi spam.

  1. Tautan Seluruh Situs
    Cutts membicarakan hal ini dalam videonya, Bagaimana Google Mempertimbangkan Tautan Balik Seluruh Situs .

Dia mengkonfirmasi bahwa mereka memampatkan tautan menjadi satu tautan tetapi mereka dapat mempertimbangkan tindakan yang berbeda dari perspektif analis webspam manual jika terlalu berisi spam.

  1. Fokus Teks Anchor Tautan Berlebihan pada Kata Kunci Apa Pun
    Secara umum diterima untuk memiliki profil tautan di mana tidak lebih dari 20% tautan Anda berasal dari satu jenis situs, satu jenis spam, atau terfokus pada satu kata kunci tunggal.

Semakin banyak variasi, semakin baik.

  1. Kecepatan Tautan Terlalu Banyak, Kecepatan Tautan Terlalu Sedikit
    Jika terlalu banyak tautan diperoleh dalam waktu yang terlalu singkat, ini dapat berdampak negatif pada kinerja situs Anda di SERP.

Ini terutama benar jika itu menjadi bagian penting dari profil tautan Anda (mendekati 50 persen atau lebih).

Kecepatan tautan yang terlalu kecil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Kecepatan tautan menjadi perhatian jika dari satu sumber datang terlalu banyak, terlalu cepat, dan menghancurkan profil tautan Anda terlalu cepat untuk teknik lain yang benar-benar membantu.

  1. Terlalu Banyak Tautan yang Berasal Dari Satu Domain Terlalu Cepat (Bagian dari Kecepatan Tautan, Tapi Faktor Investigasi)
    Ini dapat mengirimkan sinyal ke Google bahwa domain ini sebenarnya membantu memanipulasi faktor penautan di situs target.

Idenya di sini adalah bahwa terlalu banyak hal adalah hal yang buruk, dan sebagian besar teknik penautan harus mengikuti penautan secukupnya – jika dilakukan terlalu banyak dan terlalu cepat, itu dapat dianggap sebagai spam.

  1. Tautan Profil Forum Berlebihan
    Jenis tautan ini dapat mengarah ke program seperti XRumer atau Scrape Box yang digunakan di sisi topi hitam untuk memanipulasi tautan.

Profil forum dapat dengan mudah dimanipulasi dan dibuat dengan program ini.

  1. Tautan Dari Situs Asli vs. Splog
    Splog, atau blog spam, cukup cepat dikenali akhir-akhir ini.

Jika blog dibuat sebagai bagian dari jaringan utama, mereka mungkin memiliki template yang sama, mereka mungkin memiliki konten yang serupa, dan semua konten mungkin terlihat seperti omong kosong.

Jika jaringan splog cukup maju, mereka bahkan dapat menangani pembuatan konten berkualitas tinggi.

Tetapi sebagian besar faktor antara jaringan splog ini akan serupa, dan mereka akan mudah diidentifikasi.

  1. Postingan Tamu
    Posting tamu mendapatkan reputasi buruk akhir-akhir ini karena mudah dimanipulasi dan dapat menjadi pemasaran artikel jika tidak dijalankan dengan benar.

Tetapi jika dijalankan dengan benar, mereka bisa menjadi manfaat yang baik, terutama jika mereka menambahkan konten unik dengan nilai yang sangat tinggi.

Postingan tamu bisa menjadi buruk ketika itu satu-satunya hal yang Anda lakukan untuk membangun profil tautan Anda.

  1. Masuknya Tautan yang Tidak Wajar
    Sudah dibahas dan disebutkan di tempat lain dalam dokumen ini di bagian kecepatan tautan.
  2. Google Penalti
    Menggunakan alat Panguin Barracuda dapat membantu Anda mengidentifikasi tidak hanya jika Anda mendapat penalti, tetapi juga penalti apa yang Anda miliki.

Ini mencakup program yang melapisi data Google Analytics Anda dengan tanggal dan informasi tentang hukuman tertentu – bukan hanya Penguin tetapi Panda dan banyak tindakan algoritmik dan manual lainnya yang telah dikenakan oleh Google.

Ini dapat membantu Anda mendiagnosis masalah Anda dengan lebih mudah.

Jika Anda telah mengidentifikasi dengan tepat kapan Anda terkena penalti, ada baiknya Anda masuk ke Google Search Console dan Google Analytics untuk menemukan data pendukung sebelum mengambil tindakan.

Jika Anda tidak memiliki data pendukung yang terjadi tepat pada saat penalti, kemungkinan beberapa perubahan besar lainnya telah memengaruhi situs Anda.

  1. Profil Tautan dengan Persentase Tautan Berkualitas Rendah Tinggi
    Banyak tautan dari situs berkualitas rendah – seperti yang sering digunakan oleh spammer – dikenal sebagai berikut:
  • Berjudi
  • porno
  • Viagra
  • Tautan komentar blog yang berlebihan
  • Situs dengan duplikat konten curian yang berlebihan
  • Jaringan Blog
  • Situs Pemasaran Artikel


Berikut ini semua secara khusus disebut dalam Pedoman Webmaster Google sebagai spam:

  • Tautan dengan teks jangkar yang dioptimalkan dalam artikel.
  • Siaran pers yang didistribusikan di situs lain dilakukan semata-mata untuk tautan.
  • Direktori berkualitas rendah atau tautan situs bookmark sosial berkualitas rendah.
  • Tautan iklan PPC apa pun yang meneruskan PageRank ke pembeli iklan.
  1. Menghubungkan Relevansi Domain
    Tautan yang relevan dari situs di ceruk yang sama/serupa semuanya dikenal lebih kuat daripada tautan dari situs yang tidak terkait.

Selama pemeriksaan profil tautan Anda, periksa apakah domain itu sendiri relevan dan tidak menyebabkan masalah spam besar.

Jika itu spam dan tidak ada cara untuk menghubungi webmaster agar mereka menghapus tautan, pertimbangkan untuk menambahkannya ke file penolakan Anda.

  1. Teks Jangkar ‘Racun’
    Memiliki sejumlah besar teks jangkar semacam ini (pada dasarnya apa pun dari ceruk spam terkenal seperti perjudian atau viagra) dapat berdampak negatif pada situs Anda dan dapat dianggap sebagai spam.

Ini adalah teknik SEO negatif yang populer, di mana pesaing akan mengarahkan banyak tautan dengan teks jangkar berisi spam ke pesaing lain, yang secara efektif menurunkan peringkat mereka.

Meskipun Google terus mempertahankan bahwa berpartisipasi dalam SEO negatif jarang akan merugikan .

Identifikasi setiap contoh utama dari sejumlah besar teks jangkar racun yang terjadi.

Jika Anda menangkapnya dan menolak tautannya, kemungkinan besar tautan tersebut tidak akan menyebabkan masalah signifikan untuk situs Anda.

Jika Anda tidak melakukannya dan ternyata Anda adalah korbannya, sebaiknya hubungi anggota tim Google Webspam (misalnya, John Mueller atau Gary Illyes) dan minta mereka menyelidikinya.

Saatnya Mengkompilasi File Penolakan


Setelah Anda menelusuri seluruh profil tautan dan mengidentifikasi semua tautan buruk yang ingin Anda tolak, saatnya untuk mengkompilasi file penolakan Anda dan mengunggahnya menggunakan Alat Penolakan Google untuk situs Anda.

Apa yang Harus Diperiksa

  1. File Penolakan Anda
    Pastikan file penolakan Anda bebas dari kesalahan. www yang berlebihan dan beberapa masalah pemformatan mungkin terjadi sebelum Anda mengunggah file Anda.

Agar aman, salin/tempel file penolakan Anda ke notepad, simpan sebagai file txt, dan unggah.

  1. Mikroformat Schema.org
    Schema.org telah menjadi semacam fenomena kultus.

Ini tidak begitu populer di kalangan profesional SEO seperti teknik lainnya karena sulit untuk membuktikan keefektifannya, tetapi beberapa percaya bahwa halaman yang mendukung mikroformat ini dapat peringkat di atas halaman tanpa itu.

Tetapi tidak ada keraguan bahwa itu menambahkan dukungan untuk cuplikan unggulan Google, yang dapat membantu peringkat ketika datang ke hasil cuplikan unggulan dan Google Carousel untuk ceruk yang berbeda.

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation