SEO Untuk Bisnis Sepatu

https://undercover.co.id – Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu , Bisnis sepatu merupakan salah satu bisnis yang memiliki niche yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, saat anda memiliki keinginan membangun bisnis sepatu maka anda harus memtuskan niche yang akam anda jual. Contoh bisnis sepatu ini seperti alas kaki anak, toko sepatu olahraga atau atletik, alas kaki formal, atau sepatu kasual.

SEO Untuk Bisnis Sepatu

Bagaimana Cara Melakukan SEO Untuk Bisnis Sepatu

Ada atau tidak ada krisis ekonomi, semua orang membeli dan akan membeli sepatu. Industri alas kaki adalah salah satu sektor terbesar dan paling cepat berkembang di pasar e-commerce. Perkembangannya dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan online karena semakin banyak orang yang mencari toko, produk, dan menggunakan mesin pembanding harga. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak toko ritel sepatu yang menggunakan jasa SEO.

Pemasaran untuk Industri Alas Kaki

  1. Pemasaran Influencer
    Bagian penting dari pasar alas kaki yang bekerja sama dengan influencer (pemimpin opini). Menurut Adweek, hampir 50% pengguna online lebih mempercayai konten yang dibuat oleh pengguna lain. Sebaliknya, jauh lebih sedikit orang yang mengikuti media tradisional. Seorang influencer dengan para pengikutnya dapat membentuk sekelompok orang yang memiliki minat, ketertarikan, dan gaya hidup yang sama. Influencer jauh lebih otentik karena mereka menghadapi masalah yang sama dalam kehidupan sehari-hari dan penerima lebih mudah mengidentifikasi diri mereka dengan mereka. Komunitas sangat terhubung dengan influencer, itulah mengapa mereka memperlakukan produk yang telah diberikan opini positif oleh influencer dengan lebih baik. Pemasaran influencer juga memiliki dampak yang kuat pada SEO, karena dengan strategi ini Anda bisa mendapatkan banyak backlink alami.
  2. Media Sosial
    Popularitas platform jejaring sosial berkembang pesat dan itulah mengapa mereka menjadi sangat berpengaruh dalam industri e-commerce. Semua jaringan ini telah mengembangkan alat dan bentuk periklanan khusus mereka sendiri. Pada tahun 2020, lebih dari 3,6 miliar orang di seluruh dunia telah menggunakan berbagai platform media sosial. Platform yang paling populer, tentu saja, adalah Facebook dengan 2,74 miliar pengguna pada Q3 2020. Menjalankan media sosial terutama tentang membangun kepercayaan pelanggan dan kesadaran merek. Dengan bantuannya, Anda dapat menciptakan komunitas pelanggan di mana mereka dapat mengekspresikan pendapat mereka dan mendiskusikan layanan atau produk Anda. Platform media sosial juga memberi Anda kemungkinan untuk dengan mudah memeriksa apa yang menjadi permintaan dan kebutuhan pelanggan saat ini. Selain itu, di sana Anda juga dapat menjawab semua pertanyaan tentang merek atau layanan pelanggan Anda. Media sosial juga merupakan cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
    Musim Industri Sepatu
    Menurut Google Trends, pelanggan biasanya mencari sepatu pada bulan November dan Desember. Periode populer lainnya adalah awal musim semi, yaitu bulan Maret. Ingatlah bahwa orang mencari sepatu sepanjang tahun, jadi Anda harus terus memperkenalkan kampanye pemasaran baru dan menyesuaikan koleksi Anda dengan musim. Tren frasa “sepatu” selama 12 bulan terakhir di seluruh dunia Tetaplah menjadi yang terdepan di antara para pesaing Anda dan tawarkan jenis-jenis sepatu tersebut kepada calon pelanggan Anda sebelum tren pencarian dimulai. Perhatikan bahwa, misalnya, sepatu kets dan sepatu balet adalah yang paling sering dicari di seluruh dunia pada akhir Februari, jadi perkenalkan mereka ke dalam jajaran produk Anda sedikit lebih awal, yaitu pada bulan Januari. Hal yang sama berlaku untuk sepatu bot – seperti yang ditunjukkan oleh Google Trends, orang-orang sudah mencarinya di bulan September, jadi mengapa tidak menawarkannya tepat setelah liburan musim panas? Tren frasa “sepatu kets” selama 12 bulan terakhir di seluruh dunia Tren dari frasa “sepatu balet” selama 12 bulan terakhir di seluruh dunia Tren frasa “sepatu bot” selama 12 bulan terakhir di seluruh dunia
    Bagaimana Cara Melakukan SEO Toko Sepatu?
  3. Penelitian Kata Kunci
    Memilih kata kunci yang tepat sangat penting – kata kunci memungkinkan Anda untuk mengontrol strategi pemasaran Anda dengan lebih baik dan meluncurkan kampanye yang lebih efektif. Anda harus mengingat kata kunci setiap kali Anda membuat perubahan atau menambahkan konten baru. Berkat kata kunci tersebut, lebih banyak pengguna akan mengunjungi situs web Anda dari hasil pencarian organik. Anda juga perlu fokus pada kata kunci yang lebih rinci, yang disebut frasa berekor panjang. Frasa ini akan memudahkan pengguna menemukan situs web Anda saat mencari produk tertentu. Selain nama produk asli (seperti “sepatu pria”), Anda bisa menambahkan nama merek, model, warna, dan bahkan bahan.
  4. Konten yang unik
    Setiap situs web harus berisi konten yang menarik dan, yang terpenting, unik. Dengan cara ini, pengguna akan memiliki akses ke postingan blog berkualitas tinggi. Semakin banyak orang yang menyadari manfaat dari konten unik karena hal ini juga berkontribusi pada kegunaan situs web Anda. Jika situs web Anda memiliki tingkat duplikasi internal yang terlalu tinggi, maka Google dapat menghukumnya, yang akibatnya akan mengurangi visibilitas dalam hasil pencarian organik dan lalu lintas web. Anda juga perlu memeriksa apakah situs Anda memiliki duplikasi eksternal. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih sepotong konten pendek (satu atau dua kalimat), menyalinnya, dan memasukkannya ke dalam mesin pencari dalam tanda kutip. Jika hanya situs web Anda yang muncul di hasil pencarian, itu berarti Anda tidak memiliki duplikasi eksternal, masalah lainnya adalah duplikasi internal, yang terdiri dari menyalin konten di dalam situs web Anda. Dalam kasus seperti ini, Google hanya dapat mengindeks salah satu halaman dengan konten yang diduplikasi dan mengecualikan yang lain dari hasil pencarian.
  5. Pengoptimalan Situs Web
    Jika Anda ingin Google mengenali situs web Anda, konten berkualitas tinggi saja tidak cukup. Anda juga harus ingat untuk mengoptimalkan aspek teknis dan memperkenalkan ch

Cara Memulai Bisnis Sepatu

Setelah anda memutuskan bisnis sepatu yang anda jalankan terdapat beberapa cara untuk memulai bisnis sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tuliskan Rencana Bisnis

Hal pertama yang harus anda lakukan adala menuliskan spealisasi bisnis sepatu yang akan anda jalankan dan aoa yang ingin anda capai di tahun mendatang dengan bisnis anda. Buatlah rencana dengan jelas, hal ini akan membantu anda untuk mengetahui tujuan dan melakukan perbaikan apabila diperlukan.

  • Tentukan Pasar Demografis Anda

Kemudia tentukan pasar demografis anda. Sebuah bisnis sepatu dapat menjual sepatu, sendal, boots, heels dan apapun yang digunakan untuk kaki. Misalnya, jika anda ingin menjual sepatu atletik wanita, maka dapat membertimbangkan untuk menjual sepatu atletik pria dan sepatu atletik anak. Sehingga, anda dapat meningkatkan basis pelanggan anda secara eksponensial.

  • Lokasi dan Tata Letak Toko

Memilih lokasi yang tepat dapat membantu memperkenalkan serta mengembangkan bisnis yang anda jalankan, sehingga nama merek anda lebih dikenal secara cepat. Selain itu, jika tata letak toko yang anda bangun terlihat nyaman dan terlihat besar oleh sebagian besar pelanggan. maka bisnis sepatu anda juga memiliki peluang pertumbuhan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pastikan toko sepatu yang anda bangun memiliki desain dan tata letak yang menarik agar terasa ramah dan memuaskan bagi pelanggan anda. Misalnya dengan menambahkan ruang duduk, lampu dan cermin yang cukupagar pelanggan dapat mencoba sepatu dengan mudah.

  • Pendanaan Bisnis Sepatu

Perkirakan biaya awal untuk bisnis sepatu yang akan anda jalankan. Biaya ini tidak hanya terbatas pada sewa lokasi, namun juga pembangunan jika ada, inventaris, perlengkapan seperti rak dan meja pajangan, sistem keamanan serta perlengkapan dan peralatan kantor. Oleh karena itu, setelah membuat rencana bisnis pastikan budget dan kebutuhan bisnis anda cukup.

  • Temukan Pemasok Untuk Bisnis Sepatu

Anda perlu menemukan grosir dan distributor sepatu yang dapat memberi anda barang-barang terbaik. Sebaiknya anda harus membeli dari produsen, bukan dari grosir. Namun, hal ini mungkin tergantung pada skala operasi bisnis yang anda jalankan.

  • Lisensi Bisnis Sepatu Apabila Diperlukan

Cari tahu apakah negara bagian atau kotamadya anda memerlukan lisensi bisnis. Jika memang diperlukan, maka dapatkan semua izin dan lisensi yang diperlukan sebelum memulai bisnis.

Hal ini dikarenakan, jika diwajibkan memiliki lisensi dan anda tidak membuatnya maka dapat mengakibatkan denda berat dan juga dapat mengakibatkan penutupan bisnis.

Tanyakan dokumen apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis sepatu. Selain itu, anda juga perlu memutuskan jenis organisasi yang ingin anda atur. Misalnya, Perusahaan Terbatas Swasta, Perusahaan Satu Orang Kemitraan, atau Kepemilikan Tunggal.

Cara Mengembangkan Bisnis Sepatu

Dengan memulai bisnis yang baik, maka secara tidak langsung anda juga sedang mengembangkan bisnis tersebut. Namun, ada beberapa hal yang juga diperhatikan dalam mengembangkan bisnis sepatu yang akan anda jalankan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Karyawan yang Mumpuni

Perlu diingat, karyawan adalah orang pertama yang akan diajak bicara oleh pelanggan Anda. Sehingga karyawan anda merupakan duta merek dari bisnis yang anda jalankan.

Oleh karena itu, pastikan merekrut karyawan yang mumpuni. Karena dampak apa yang karyawan buat pada pelanggan, akan menjadi faktor dalam keputusan pembelian pelanggan. Patikan karyawan harus dapat memberikan saran yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan pelanggan.

  • Bersosialisasi Dengan Digital Marketing

Sebagai bagian dari promosi , buatlah situs web atau halaman sosial untuk memasarkan bisnis sepatu anda secara online. Ini juga dapat membantu anda membangun bisnis sepatu E-niaga anda.

Situs web adalah cara yang bagus untuk mengiklankan dan menjual sepatu. Selain itu, ini membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari dan membantu mereka berbelanja secara online.

Selain website sebagai toko online bisnis yang dijalankan, anda juga dapat menggunakan sosial media Instagram untuk memasarkan bahwa menjual sepatu anda.

Manfaat dan Tips Berjualan Via Instagram Untuk Bisnis Sepatu

Instagram telah menjadi tempat tujuan bagi pengguna seluler untuk berbelanja gaya baru dari label favorit mereka.

Sifatnya yang visual membuat Instagram menjadi platform sempurna bagi merek fashion seperti sepatu untuk memamerkan produk terbaru dan memudahkan pelanggan untuk membeli dengan sekali klik. Terdapat beberap tips berjualan via Instagram untuk bisnis sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Foto dan Video yang Sempurna

Instagram dapat menampilkan foto-foto dan juga video yang indah. Sehingga anda harus menampilkan foto dan video yang sempurna secara visual dengan menggunakan resolusi tinggi agar memiliki kualitas yang tidak rendah dan menghindari foto atau video yang buram.

Dengan menampilkan pada Instagram anda, maka tampilannya lebih menarik untuk dilihat sehingga pelanggan bisa melihat produk sepatu anda ketika digunakan.  Jika anda ingin merek sepatu anda memiliki tampilan yang sempurna maka gunakan kamera yang tepat.

Selain itu, tampilan foto dan video juga harus menceritakan sebuah cerita. Misalnya jika anda hanya menampilkan sepatu yang sederhana maka hal ini tidak membuat tertarik karena tidak akan mengatakan apapun kepada siapapun.

Namun, apabila foto yang anda tampilkan adalah seseorang perempuan yang memakai sepatu dan mengikat talinya, maka ini menjadi sedikit cerita. Hal ini karena lebih relatable dengan kita semua karena juga mengikat tali sepatu kita. Seluruh feed juga harus terlihat bagus.

Maksimalkan Fitur Instagram

Terdapat beberapa fitur Instagram yang dapat anda maksimalkan untuk bisnis anda, yaitu sebagai berikut.

  • Penandaan Produk

Jika anda ingin melakukan penandaan produk, maka silahkan buka halaman profil anda kemudian klik bagian opsi. Setelah itu, klik produk dan tekan lanjutkan. Kemudian pilih katalog produk untuk dihubungkan ke profil anda dan pilih selesai.

Sehingga, setelah itu anda akan memiliki opsi untuk menautkan produk dari katalog anda dengan mudah saat anda memposting gambar. Hal ini akan membawa pelanggan ke halaman penjualan yang ditentukan, dimana pelanggan dapat membeli produk pakaian tersebut.

  • Hashtag Instagram

Hashtag atau tagar merupakan alat penemuan utama yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi, anda dapat mencari key words saat mengoptimalkan konten untuk SEO. Sehingga dapat meningkatkan traffic untuk bisnis anda.

baca juga

  • Sorotan Cerita

Agar postingan story Instagram anda dapat dibaca kapanpun oleh pengguna baru dan pengguna lama, maka manfaatkan sorotan cerita. Dengan fitur ini memungkinkan anda untuk mengelompokkan cerita serupa dan menyimpan cerita selama lebih dari 24 jam.

  • Stories Instagram

Stories dan Swipe Up merupakan perpaduan yang baik saat anda akan menjual produk dan mengarahkan pelanggan ke situs web untuk melakukan pemesanan. Hal ini juga dapat meningkatkan konversi langsung dari profil Instagram anda.

0 thoughts on “SEO Untuk Bisnis Sepatu”

  1. Pingback: Pemasaran B2B

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?