undercover.co.id – bicara seo adalah bicara perpaduan branding dan technical website / information Technology , saat ini banyak dari kedua belah pihak hanya menguasai satu peran saja. Bisnis + Technology adalah role yang dimainkan oleh google dalam dunia internet ini.
Banyak praktisi technology website yang yakin bahwa dengan technical saja sudah cukup , dengan menguasai IT maka mereka menguasai ranking website di google, hal ini terjadi pada awal awal google mengeluarkan algoritma nya , ditahun 1999
tetapi kini sudah jauh berkembang dan google pun sudah semakin pintar dan berpikir ” bisnis “
mereka menerapkan pendekatan bisnis pada algoritmanya
Search Engine Optimization Era 2021
think different !
SEO di infokan kepada webmaster oleh google agar mereka mematuhi aturan yang berlaku
ini peran google sebagai tech savy di industry teknologi
tetapi sebagai google yang berupa perusahaan dan juga berbicara keuntungan perusahaan , maka sebenarnya
para praktisi SEO adalah ” musuh ” google
Kenapa ?
Dengan SEO para pengusaha bisa menghemat pengeluaran biaya iklan ( ads )
terutama Google Ads
sehingga ketika Peran SEO sudah sangat besar untuk promosi digital perusahaan , ADS nya google otomatis akan sangat jauh berkurang ( namun tidak bisa hilang / tetap dibutuhkan untuk perusahaan besar mengembangkan perusahaannya )
Google SEO VS Google Ads
idealnya peran kedua hal ini adaah selaras, hanya persentase yang mana yang lebih banyak
yang akan menentukan budget perusahaan nantinya
SEO Google adalah rencana jangka panjang untuk perusahaan nasional dan multi national
karena seo berproses dan time consumed , serta harus mengikuti algoritme google
yang bergerak dinamis setiap bulan dan atau tahun
seo pasti menghasilakn pergerakan dan hasil memakan waktu yang tidak cepat
SEO = Branding
branding memakan waktu sangat lama dan hampir mungkin dilakukan sepanjang brand itu masih ada
sisi positifnya adalah SEO dan Brand bertahan hingga jangka waktu yang sangat lama
dan ini menguntungkan dari segi cost promotion
Google Ads , dimana google mengeluarkan iklan untuk para visitor mereka yang mencarai informasi di dunia
digital internet bernama google search
sangat cepat hasilnya namun anda akan terus mengeluarkan uang yang sangat banyak
apalagi ketika kompetitor anda pun berbuat hal yang sama
dengan sistem lelang , maka yang membayar terbanyak akan medapatkan posisi lebih baik dari hasil search nya
Tidak ada yang salah dengan itu , sebagai pebisnis anda pasti sudah menyadari , dengan cost X akan menghasilkan potensi income Y , sehingga anda bisa maju dengan kondisi seperti itu
maka memang dari hal ini yang sisi pebisnis anda harus mainkan
sekali lagi idealnya adalah 2 hal ini , seo google dan google ads yang anda harus mainkan ketika berpromosi secara digital
Praktisi SEO Atau Pebisnis Yang Menggunakan Jasa SEO ?
Manakah yang lebih akan menguntungkan ?
Praktisi SEO yang fokus unuk pekerjaan seo atau pebisnis yang melihat peluang bisnis dan mengembangkannya dengan SEO ?
pandangan subjektif kami adalah 20:80
20% praktisi seo akan berjalan dengan baik , dengan keahlian dan product yang mereka jual sendiri
dan 80 % pebisnis yang paham tentang bisnis yang akan lebih banyak lagi mengambil kentungan dari SEO ini
kenapa ? pebisnis sudah terbukti dalam kehidupan nyata , sukses menjalankan bisnis nya
dengan modal ilmu bisnis , pengalaman bisnis , modal bisnis dan semua faktor pendukung , mereka hanya belum
kenal dengan SEO , dan ketika mereka kenal dan menyadari potensi seo untuk mendukung bisnis mereka
maka mereka dapat dengan cepat menntukan siapa praktisi seo yang akan mereka rekrut 🙂
yup , mereka tidak akan cape cape mempelajari teknik SEO, mereka cukup menghire jasa agency seo di jakarta
dan semua urusan beres. as simple as that.
So your company needs an SEO AGENCY? let’s Discuss!