SEO = Branding + Web Tech

undercover.co.id – bicara seo adalah bicara perpaduan branding dan technical website / information Technology , saat ini banyak dari kedua belah pihak hanya menguasai satu peran saja. Bisnis + Technology adalah role yang dimainkan oleh google dalam dunia internet ini.

Banyak praktisi technology website yang yakin bahwa dengan technical saja sudah cukup , dengan menguasai IT maka mereka menguasai ranking website di google, hal ini terjadi pada awal awal google mengeluarkan algoritma nya , ditahun 1999

tetapi kini sudah jauh berkembang dan google pun sudah semakin pintar dan berpikir ” bisnis “

mereka menerapkan pendekatan bisnis pada algoritmanya

Search Engine Optimization Era 2021

think different !

SEO di infokan kepada webmaster oleh google agar mereka mematuhi aturan yang berlaku

ini peran google sebagai tech savy di industry teknologi

tetapi sebagai google yang berupa perusahaan dan juga berbicara keuntungan perusahaan , maka sebenarnya

para praktisi SEO adalah ” musuh ” google

Kenapa ?

Dengan SEO para pengusaha bisa menghemat pengeluaran biaya iklan ( ads )
terutama Google Ads


sehingga ketika Peran SEO sudah sangat besar untuk promosi digital perusahaan , ADS nya google otomatis akan sangat jauh berkurang ( namun tidak bisa hilang / tetap dibutuhkan untuk perusahaan besar mengembangkan perusahaannya )

Google SEO VS Google Ads

idealnya peran kedua hal ini adaah selaras, hanya persentase yang mana yang lebih banyak

yang akan menentukan budget perusahaan nantinya

SEO Google adalah rencana jangka panjang untuk perusahaan nasional dan multi national

karena seo berproses dan time consumed , serta harus mengikuti algoritme google

yang bergerak dinamis setiap bulan dan atau tahun

seo pasti menghasilakn pergerakan dan hasil memakan waktu yang tidak cepat

SEO = Branding

branding memakan waktu sangat lama dan hampir mungkin dilakukan sepanjang brand itu masih ada

sisi positifnya adalah SEO dan Brand bertahan hingga jangka waktu yang sangat lama

dan ini menguntungkan dari segi cost promotion

Google Ads , dimana google mengeluarkan iklan untuk para visitor mereka yang mencarai informasi di dunia

digital internet bernama google search

sangat cepat hasilnya namun anda akan terus mengeluarkan uang yang sangat banyak

apalagi ketika kompetitor anda pun berbuat hal yang sama

dengan sistem lelang , maka yang membayar terbanyak akan medapatkan posisi lebih baik dari hasil search nya

Tidak ada yang salah dengan itu , sebagai pebisnis anda pasti sudah menyadari , dengan cost X akan menghasilkan potensi income Y , sehingga anda bisa maju dengan kondisi seperti itu

maka memang dari hal ini yang sisi pebisnis anda harus mainkan

sekali lagi idealnya adalah 2 hal ini , seo google dan google ads yang anda harus mainkan ketika berpromosi secara digital

Praktisi SEO Atau Pebisnis Yang Menggunakan Jasa SEO ?

Manakah yang lebih akan menguntungkan ?

Praktisi SEO yang fokus unuk pekerjaan seo atau pebisnis yang melihat peluang bisnis dan mengembangkannya dengan SEO ?

pandangan subjektif kami adalah 20:80

20% praktisi seo akan berjalan dengan baik , dengan keahlian dan product yang mereka jual sendiri

dan 80 % pebisnis yang paham tentang bisnis yang akan lebih banyak lagi mengambil kentungan dari SEO ini

kenapa ? pebisnis sudah terbukti dalam kehidupan nyata , sukses menjalankan bisnis nya

dengan modal ilmu bisnis , pengalaman bisnis , modal bisnis dan semua faktor pendukung , mereka hanya belum

kenal dengan SEO , dan ketika mereka kenal dan menyadari potensi seo untuk mendukung bisnis mereka

maka mereka dapat dengan cepat menntukan siapa praktisi seo yang akan mereka rekrut 🙂

yup , mereka tidak akan cape cape mempelajari teknik SEO, mereka cukup menghire jasa agency seo di jakarta

dan semua urusan beres. as simple as that.

So your company needs an SEO AGENCY? let’s Discuss!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?