SEO = Branding + Web Tech

undercover.co.id – SEO = Branding, bicara seo adalah bicara perpaduan branding dan technical website / information Technology , saat ini banyak dari kedua belah pihak hanya menguasai satu peran saja. Bisnis + Technology adalah role yang dimainkan oleh google dalam dunia internet ini.

Banyak praktisi technology website yang yakin bahwa dengan technical saja sudah cukup , dengan menguasai IT maka mereka menguasai ranking website di google, hal ini terjadi pada awal awal google mengeluarkan algoritma nya , ditahun 1999

tetapi kini sudah jauh berkembang dan google pun sudah semakin pintar dan berpikir ” bisnis “

mereka menerapkan pendekatan bisnis pada algoritmanya

Search Engine Optimization Era

think different !

SEO di infokan kepada webmaster oleh google agar mereka mematuhi aturan yang berlaku

ini peran google sebagai tech savy di industry teknologi

tetapi sebagai google yang berupa perusahaan dan juga berbicara keuntungan perusahaan , maka sebenarnya

para praktisi SEO adalah ” musuh ” google

Kenapa ?

Dengan SEO para pengusaha bisa menghemat pengeluaran biaya iklan ( ads )
terutama Google Ads


sehingga ketika Peran SEO sudah sangat besar untuk promosi digital perusahaan , ADS nya google otomatis akan sangat jauh berkurang ( namun tidak bisa hilang / tetap dibutuhkan untuk perusahaan besar mengembangkan perusahaannya )

SEO = Branding
SEO = Branding

Google SEO VS Google Ads

idealnya peran kedua hal ini adaah selaras, hanya persentase yang mana yang lebih banyak

yang akan menentukan budget perusahaan nantinya

SEO Google adalah rencana jangka panjang untuk perusahaan nasional dan multi national

karena seo berproses dan time consumed , serta harus mengikuti algoritme google

yang bergerak dinamis setiap bulan dan atau tahun

seo pasti menghasilakn pergerakan dan hasil memakan waktu yang tidak cepat

SEO = Branding

branding memakan waktu sangat lama dan hampir mungkin dilakukan sepanjang brand itu masih ada

sisi positifnya adalah SEO dan Brand bertahan hingga jangka waktu yang sangat lama

dan ini menguntungkan dari segi cost promotion

Google Ads , dimana google mengeluarkan iklan untuk para visitor mereka yang mencarai informasi di dunia

digital internet bernama google search

sangat cepat hasilnya namun anda akan terus mengeluarkan uang yang sangat banyak

apalagi ketika kompetitor anda pun berbuat hal yang sama

dengan sistem lelang , maka yang membayar terbanyak akan medapatkan posisi lebih baik dari hasil search nya

Tidak ada yang salah dengan itu , sebagai pebisnis anda pasti sudah menyadari , dengan cost X akan menghasilkan potensi income Y , sehingga anda bisa maju dengan kondisi seperti itu

maka memang dari hal ini yang sisi pebisnis anda harus mainkan

sekali lagi idealnya adalah 2 hal ini , seo google dan google ads yang anda harus mainkan ketika berpromosi secara digital

SEO = Branding
SEO = Branding

Praktisi SEO Atau Pebisnis Yang Menggunakan Jasa SEO ?

Manakah yang lebih akan menguntungkan ?

Praktisi SEO yang fokus unuk pekerjaan seo atau pebisnis yang melihat peluang bisnis dan mengembangkannya dengan SEO ?

pandangan subjektif kami adalah 20:80

20% praktisi seo akan berjalan dengan baik , dengan keahlian dan product yang mereka jual sendiri

dan 80 % pebisnis yang paham tentang bisnis yang akan lebih banyak lagi mengambil kentungan dari SEO ini

kenapa ? pebisnis sudah terbukti dalam kehidupan nyata , sukses menjalankan bisnis nya

dengan modal ilmu bisnis , pengalaman bisnis , modal bisnis dan semua faktor pendukung , mereka hanya belum

kenal dengan SEO , dan ketika mereka kenal dan menyadari potensi seo untuk mendukung bisnis mereka

maka mereka dapat dengan cepat menntukan siapa praktisi seo yang akan mereka rekrut 🙂

yup , mereka tidak akan cape cape mempelajari teknik SEO, mereka cukup menghire jasa agency seo di jakarta

dan semua urusan beres. as simple as that.

So your company needs an SEO AGENCY? let’s Discuss!

SEO Sebagai Investasi Bisnis ( Menguntungkan )

undercover.co.id – anda pasti tahu tentang investasi , apalagi investasi yang menguntungkan , apakah SEO ( search engine optimization ) termasuk didalamnya ? belum pernah dengar ?

investasi yang biasa anda dengar adalah investasi property , emas , tanah , deposito , karya seni , reksadana , tapi investasi SEO ?

memang belum pernah ada yang menulisnya ( seyakin kami begitu )

Investasi bisnis di seo memang sebagai analogi unuk memperlihatkan kekuatan seo sebagi

instrument investasi di bisnis ( online ) , saat ini semua bisnis sudah merambah ke dunia digital,

dan sudah bertempur disana

maka investasi untuk perusahaan terhadap seo adalah pilihan yang cerdas

Investasi SEO = Investasi Property

investasi di seo lebih mungkin mirip dengan property , katakanlah seperti investasi di rumah

bila anda membeli rumah , lalu di kontrakan /dibuat kost kostan

maka anda telah berinvestasi

keuntungan yang anda dapat adalah , ROI dari harga rumah tersebut

yang akan anda dapat dalam kurun waktu tertentu

dan setelah mendapatkan ROI , berarti anda telah kembali modal dan mendapatkan keuntungan dari

  1. sewa rumah tersebut
  2. nilai property rumah anda yang semakin lama semakin naik

Hal yang sama berlaku bila anda menggunakan SEO didalam website untuk bisnis online anda

website dan seo bila dimaintenance dengan benar seperti layaknya property , akan menghasilkan income yang luar biasa

untuk perkembangan bisnis anda

Katakan anda mempunyai bisnis penjualan drone , dengan harga drone berkisar antara 50 juta sd 100 juta

dengan menggunakan seo , anda mendapatkan 30 pembeli per bulan

omzet anda 30 x 50 juta ( minimal ) = 1.5 Milyar

biaya SEO = ?

apakah dengan mendapatkan omzet 1.5 Milyar anda takut mengeluarkan biaya investasi seo?

BIaya SEO + Maintenance SEO dalam 1 tahun

Apa Saja Investasi Dalam Online Bisnis ?

intrument investasi didalam online bisnis sangat beragam , namun kita akan membahas yang berhubungan dengan

investasi seo saja

  1. website / e commerce ( domain + hosting )
  2. maintenance website
  3. promosi via SEO

Website atau E commerce

ketika anda membuat website , pastikan website anda siap untuk menjual product atau jasa yang anda tawarkan

berinvestasilah pada website yang proper dan bisa menggenerate sales untuk bisnis anda

Webiste dengan banyak fitur CRM , yang memuaskan visitor calon potensial website anda

Bila pengunjung datang dan melihat toko online anda elegant dan lengkap fiturnya ditambah dengan

pelayanan yang sempurna , maka mereka akn cenderung percaya dan melakukan pembelian

untuk membuat website yang pengunjung harapkan , tentunya anda harus berani berinvestasi dalam membuat website yang berbeda

Domain

untuk nama domain pergunakanlah nama brand anda, sehingga kegiatan Branding akan relevan antara offline dan online

Hosting

hosting ini yang terkadang sebagai pebisnis kurang memperharikan , tidak semua hosting sama

hosting ibaratnya mobil yang membawa website anda berlari di dunia digital

ada mobil kecil ( city car ) , Mobil SUV , Mobil Supercar dll

intninya ada 2 hal besar dalam hosting , hosting dengan performance tinggi dan hosting dengan performance rendah

hosting dengan performance tinggi pun perlu melihat load / bawaan websitenya

rumit ? saran kami menggunakan minimal VPS hosting untuk kelancaran bisnis anda

dengan VPS anda akan menggunakan Resource sendiri terisolasi dari tetangga website lain yang terkadang bisa

sangat mengganggu

Harga VPS memang agak lebih mahal, tetapi untuk kelancaran bisnis anda, maka anda harus berani berinvestasi

Search Engine Optimization

seo atau optimasi mesin pencari google , adalah investasi yang menguntungkan

dengan seo website bisnis anda akan berada di halaman #1 google

fakta website yang berada di halaman #1 google adalah lebih banyak dikunjungi visitor

dan dengan banyak visitor , potensi konversi sales bisnis anda akan sangat meningkat

SEO perlu dilakukan dalam meningkatkan branding dan konversi sales bisnis di dunia online

seo pun memerlukan biaya yang tidak sedikit

seo memerlukan maintenance untuk tetap bisa bersaing di halaman satu google

investasi dalam seo bila dilakukan dengan seusai, akan sangat menguntungkan

sebagai seorang pebisnis dan mempunyai perusahaan anda pastinya paham

tentang biaya investasi dan ROI , sehingga perhitungan kebutuhan dan income

yang anda dapatkan bisa secara jelas tergambar

Undercover.co.di SEO Agency Jakarta

kami bisa mambantu anda dalam memabntu bisnis online anda dan menjalankan

program seo unuk menumbuhkan bisnis anda , tentunya dengan biaya yang sepadan

let’s discuss !

SEO Akan Terus Berubah

undercover.co.id/ – SEO Akan Terus Berubah Dalam beberapa jangka tahun ini, banyak para ahli yang mengklaim bahwa “SEO sudah tamat”.

Pendapat itu bukannya tidak beralasan, mengingat cara-cara lama yang biasa kita gunakan dulu sepertinya sudah tidak berguna lagi sekarang. Dan, traffic pun tak kunjung didulang. Sepi. Mau tak mau, penjelasan itu jadi terasa sangat masuk akal.

Kalau Anda mengalami hal di atas dan mengamini, yakinlah bahwa yang terjadi sebenarnya bukan karena SEO sudah tamat. Lebih tepatnya, SEO sedang, dan akan selalu, berubah.

Ini berarti Anda juga harus mulai mengubah cara main jika ingin tetap sukses agar bisa mengimbangi dinamikanya.

Tidak Ada yang Namanya “Ahli SEO”

Para pegiat SEO profesional seringkali dianggap memiliki prestise tertentu di antara yang lain. Mereka tampak percaya diri, tahu banyak hal, berdedikasi, dan bisa dipercaya. Padahal, kenyataan sebenarnya bisa jadi tidak seperti itu.

Ini tentu ada hubungannya dengan dinamika SEO yang dijabarkan di atas. Sifatnya yang terus berubah membuat ahli mana pun harus selalu memasang mata.

Padahal kenyataannya, orang-orang ini boleh jadi terlalu sibuk dan punya banyak sekali hal lain untuk dilakukan. Jadi, memakan mentah-mentah perkataan para “ahli” bukanlah langkah yang bijak.

Sistem SEO tidak punya roadmap tertentu, tapi kita bisa beradaptasi dengan beberapa langkah.

baca juga

Meningkatkan Visibility SERP Tidak Menjamin Traffic

Taktik-taktik yang selalu digaungkan oleh para pegiat SEO profesional tidak selalu akan berbuah yang sama di masa sekarang. Berikut beberapa tantangan yang harus dihadapi:

  • Ledakan jumlah tampilan SERP (Search Engine Result Page): Google telah memperkenalkan vermacam-macam halaman hasil pencarian dalam dua tahun ini, sehingga hasil-hasil pencarian tidak mendapat klik sebanyak dulu.
  • Web results yang unik jadi lebih sedikit: Menemukan organic results untuk beberapa tipe query terasa sangat sulit belakangan ini. Paling seringnya, kita melihat satu SERP dengan dua ads, satu Knowledge Panel, beberapa pencarian yang berhubungan, dan hanya enam website. Tidak ada lagi 1- link berwarna biru seperti dulu.
  • Ledakan jumlah Snippets yang ditampilkan: Menurut data, sekitar 12,29% dari beberapa query menampilkan snippets di SERP mereka. Dan Google baru saja mengumumkan bahwa raksasa mesin pencarian itu akan memperbaiki fitur snippets yang ada dan mengimplementasikan tipe baru, membuat kemungkinan fitur ini untuk bertumbuh semakin besar.
  • Deskripsi meta yang semakin panjang: Baru-baru ini, Google meningkatkan jumlah karakter yang diizinkan untuk deskripsi meta dari 150 menjadi 300 karakter. Ini juga bisa mengancam SERP karena deskripsi meta boleh jadi sudah mengandung jawaban dari query yang dicari oleh seorang pengguna Internet, dan tentu saja mempengaruhi CRO secara negatif. Misalnya, bayangkan diri Anda mencari definisi dari suatu kata yang sulit melalui mesin pencarian. Hasilnya bisa langsung tampak di meta tanpa perlu mengeklik websitenya–yang berarti kita tak jadi menyumbang traffic.
  • Ads dan Google properties lainnya: Di kategori-kategori lain seperti travel, shopping, dan video, Google properties menempati porsi besar di SERP
  • Pencarian-pencarian tanpa klik: Mungkinkah? Mungkin saja. Menurut data, diperkirakan pada tahun 2020 hasil pencarian menggunakan suara (voice search) akan semakin meraja hingga 50% jika dilihat dari animo para pengguna.

Namun, Masih ada Kesempatan-Kesempatan  Baru untuk Dimanfaatkan di SEO

Jadi jangan keburu lesu melihat fakta-fakta di atas. Mengesampingkan itu semua, SEO masih menjadi investasi terbesar yang bisa kita tanamkan. Google masih menjadi mesin pencarian nomor satu, dan meskipun sekilas para pengguna Internet tampak hanya mengeklik persentase pencarian yang lebih kecil, volume pencarian sebenarnya terus bertambah.

Pendek kata, para pengguna Internet mencari lebih banyak hal di Google belakangan ini. Maka, ada beberapa kesempatan yang bisa kita sambar:

  • Fitur Snippets: Perangkat yang membatasi hasil pencarian spesial ini memang menurunkan rating pencarian yang menggunakan klik, tapi kalau Anda memenangkan posisi nol, Anda mendapatkan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Fitur ini juga sekaligus membuka pin) tu lebar-lebar untuk kesempatan pencarian suara (voice search
  • Optimalkan opsi “People Also Ask”: Dalam halaman pencarian (SERP), ada opsi berbunyi “People Also Ask” yang merupakan fitur untuk menunjukkan pertanyaan-pertanyaan yang juga banyak ditanyakan oleh para pengguna mesin pencari yang lain. Dengan adanya dinamika terbaru ini, hasil pencarian di kategori pertanyaan juga semakin banyak. Anda bisa memanfaatkan hal ini.
  • Mengimplementasikan AMP: Langkah ini juga bisa membantu meningkatkan traffic website baik berita maupun bukan.

baca juga

Kesimpulan

 Dalam bidang apa pun, seringkali tingkat kebertahanan suatu individu maupun tim tidak terletak pada seberapa kuat diri mereka, melainkan lebih pada kemauan mereka untuk beradaptasi. Dalam hal ini pun begitu.

Memang, pada intinya basis SEO tetap sama, kecuali tingkat kepuasan query.

Bagian ini akan terus dikembangkan oleh Google sehingga akan terus mengalami perubahan.

Untuk menjaga agar performa tetap prima, berinvestasilah di area-area SEO yang tidak banyak disentuh oleh para kompetitor Anda (optimasi People Also Ask, implementasi AMP, dan lain-lain di atas).

Jika Anda terus beradaptasi, yakinlah hasilnya akan baik pada akhirnya. Siapa tahu, perubahan yang ini justru berpihak pada Anda.

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation