Jasa

Undercover.co.id – SEO Gambar – Cara Mengoptimalkan Gambar , Jika Anda membaca panduan SEO gambar lain sebelum yang ini – mereka akan membuat Anda berpikir bahwa SEO gambar hanyalah tentang menambahkan beberapa tag alt ke gambar , Yang benar adalah ada lebih banyak gambar SEO daripada tag alt dan nama file.

Faktanya, kemajuan terbaru Google dalam pembelajaran mesin – yang dapat kita ukur dengan kemanjuran produk API visi awan mereka sebenarnya menunjukkan bahwa mereka sudah dapat menentukan konten gambar tanpa bergantung pada tag alt sama sekali.

Jadi apa yang harus Anda fokuskan dalam hal gambar di situs web Anda? Bisakah Anda tetap mengoptimalkan gambar untuk pencarian sama sekali?

Itulah yang akan kami bahas dalam panduan ini & lainnya.

Dalam panduan ini, kita akan melihat:


Mengapa Gambar Begitu Penting? Apa itu SEO Gambar?

  • Beri Nama Semua File Gambar dengan Tepat
  • Gunakan Teks & Teks Alt Gambar Deskriptif
  • Kurangi Ukuran File Gambar Anda untuk Waktu Muat Lebih Cepat
  • Buat Peta Situs Gambar dan Dapatkan Gambar Anda Lebih Cepat Terindeks
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten Untuk Melayani Gambar
  • Terapkan Markup Skema yang Sesuai (untuk resep, produk, dan video)

SEO Gambar
SEO Gambar

SEO Gambar – Laporan Setelah Tindakan & Langkah Selanjutnya


Mengapa Gambar Begitu Penting?


Tidak ada yang ingin membaca artikel panjang tanpa satu gambar pun. Tanpa gambar, konten rata-rata & membosankan. Sama seperti desain situs web pada umumnya, menggunakan bagan, grafik, dan alat bantu visual konten lainnya dalam konten Anda membantunya menonjol.

Mereka memainkan peran besar dalam membuat konten dikonversi, dapat dibagikan, dan dapat ditautkan.

Jadi, cara paling sederhana untuk mengatakannya – jika Anda memiliki kemampuan (waktu/sumber daya) untuk melakukannya, tambahkan gambar ke semua konten Anda jika cocok untuk membuatnya menonjol.

Pikirkan tentang apa yang Anda harapkan untuk dilihat ketika Anda menemukan artikel tentang topik yang Anda tulis. Misalnya, meskipun ironisnya posting tentang SEO gambar tidak benar-benar salah satu di mana menyertakan gambar itu alami – tanpa itu, kemungkinan Anda mencapai akhir artikel ini sangat kecil.

Menggunakan Gambar dalam Konten

Apa itu SEO Gambar?


SEO Gambar mengacu pada proses mengoptimalkan konten visual di situs web untuk pencarian – sebagai bagian dari inisiatif untuk membuat situs web serta halaman web tertentu lebih menarik (baik untuk mesin pencari dan, pada gilirannya, juga pembaca).

Kembali pada bulan Februari 2018, Google terkenal menghapus tombol lihat gambar dari Pencarian Gambar Google .

Ini adalah hasil dari perusahaan terkenal – Getty Images – mengajukan tuntutan antimonopoli terhadap Google di UE. Tuduhan itu diajukan dengan dalih bahwa Google sengaja mengambil gambar mereka untuk mesin pencari mereka tanpa memberikan kredit yang layak kepada pemilik aslinya.

Dan dapat dimaklumi jika praktik ini merugikan mereka jutaan dolar dalam biaya lisensi yang hilang. Kemudian pada tanggal 9 Februari, Google dan Getty Images telah menjalin kemitraan untuk menyelesaikan perselisihan – memungkinkan Google untuk menggunakan gambar bersama dengan penghapusan tombol lihat gambar yang dikatakan mendorong pembajakan gambar. Mereka kemudian melanjutkan untuk membatalkan tuduhan.

Dan, untungnya, hasilnya bagi kita semua adalah bahwa situs web mulai melihat peningkatan lalu lintas melalui penelusuran gambar – dengan beberapa melaporkan peningkatan 37% lalu lintas yang dihasilkan dari gambar .

Jadi, tanpa basa-basi lagi – mari selami bagaimana Anda dapat mengoptimalkan gambar Anda untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas dari pencarian.

SEO Gambar
SEO Gambar

Beri Nama Semua File Gambar dengan Tepat


Saran Google tentang nama file gambar tetap konsisten – dengan mereka menyatakan bahwa nama file dapat memberikan petunjuk kepada Google tentang subjek gambar. Secara khusus mencatat bahwa judul seperti ” seo undercover ” lebih baik daripada IMG00023.jpg.

Judul Google, Caption, Nama File, dan Panduan Teks Alt untuk Gambar


Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari mengimpor atau menyalin & menempelkan gambar dari dokumen word (karena ini menghasilkan judul seperti word-image-1.jpg) yang jelas tidak diinginkan berdasarkan saran Google.

Jasa

Sebelumnya, kami mencatat bahwa pentingnya menggunakan nama file deskriptif telah dipertanyakan dengan kemajuan terbaru dengan API cloud vision Google.

Namun, bahkan dengan resolusi tinggi dan apa, bagi kami, gambar sejernih kristal yang dapat dibedakan oleh siapa pun, masih ada tingkat ketidakpastian yang jelas – dengan hanya 53% (hampir mayoritas) kepastian bahwa gambar di bawah ini adalah gambar Kue kering.

Hasil Tes Contoh Google Vision API


Dan hasil di atas dicapai saat menggunakan gambar yang bagus dan jernih sehingga Anda dapat membayangkan apa artinya ini jika menyangkut gambar yang kemungkinan kecilnya tidak pernah terlihat serupa sebelumnya.

Secara keseluruhan, menunjukkan bahwa saran Google masih berlaku – Anda melakukan apa pun yang mungkin untuk membantu mereka melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik (terutama ketika itu adalah sesuatu yang mudah yang relatif mudah untuk dicapai).

Catatan: Apa pun yang Anda lakukan, jangan memasukkan nama file gambar dengan kata kunci, misalnya gambar di atas bisa berjudul chocolate-chip-cookie.jpg.

Tapi memberi judul chocolate-chip-cookie-cookies-baking.jpg hanya demi mendapatkan kata kunci tambahan di sana adalah praktik yang buruk & kami akan berhati-hati untuk tidak mencoba ini.

SEO Gambar
SEO Gambar undercover.co.id seo agency

2 Gunakan Teks & Teks Alt Gambar Deskriptif


Apa Itu Tag Alt dan Teks Alt?


Teks Alt (atau disebut sebagai tag alt) adalah kependekan dari teks alternatif yang digunakan untuk menggambarkan gambar pada halaman web.

Meskipun terlihat saat melihat sumber HTML halaman, itu tidak dimaksudkan untuk terlihat di halaman itu sendiri tempat gambar ditampilkan.

Ini melayani berbagai tujuan, termasuk dan terutama untuk membantu alat pembaca layar menjelaskan gambar kepada pembaca tunanetra Anda. Dan, tentu saja, mesin pencari juga menggunakannya untuk menjelajah dan memahami situs web dengan lebih baik.

Pedoman resmi Google menyertakan contoh sintaks HTML untuk teks alternatif – ditunjukkan di bawah ini:

Mereka juga menyatakan bahwa Google sebenarnya menggunakan teks alternatif dengan algoritme visi komputer dan konten halaman untuk memahami materi pokok gambar.

Selain itu, saran mereka saat memilih teks alternatif apa yang akan digunakan untuk gambar apa pun di situs Anda adalah selalu membuat konten yang bermanfaat dan kaya informasi yang menggunakan kata kunci dengan cara yang sesuai dalam konteks halaman web tempat mereka berada.

Singkatnya, sekali lagi mematuhi prinsip yang sama seperti yang diikuti untuk nama file gambar – menghindari penggunaan yang berlebihan adalah penyalahgunaan kata kunci yang dapat menyebabkan konten situs web Anda terlihat sebagai spam.

Untungnya, sebenarnya memungkinkan untuk mengotomatisasi proses teks alternatif. Atribut alt yang hilang dapat secara otomatis ditambahkan menggunakan berbagai variabel berbeda seperti nama file mereka (yang seperti yang dibahas sebelumnya harus diatur secara manual agar menjadi sesuatu yang cocok juga), dll.

Tambahkan Atribut Alt yang Hilang


Dan, Rank Math mengubah nilai teks alt gambar di frontend situs web Anda (yaitu tanpa mengubah nilai yang disimpan) sehingga jika di kemudian hari Anda ingin kembali mengubah teks alt dan mengatur sesuatu secara manual – ini dapat dilakukan.

Hal yang sama berlaku untuk keterangan gambar:

Tambahkan Keterangan Gambar yang Hilang


Catatan Penting: Keterangan tambahan pada gambar juga ditambahkan secara dinamis. Itu berarti menambahkan keterangan ke gambar saat halaman dimuat, bukan sebelum itu. Dengan kata lain, jika Anda memeriksa gambar Anda dari galeri media WordPress, Anda tidak akan menemukan keterangan yang ditambahkan di sana, tetapi Anda akan menemukannya di posting, halaman, dll.

SEO Gambar
SEO Gambar

Cara Mengoptimalkan Teks Alt Gambar (Tag Alt) untuk SEO Gambar yang Lebih Baik


Sangat mudah untuk terpaku dan membuang banyak waktu untuk membahas teks alternatif yang sempurna untuk setiap gambar di situs web Anda. Ketika, pada kenyataannya, teks alternatif hanya perlu:

  • Jadilah relevan, akurat, dan tulis untuk aksesibilitas pengguna (dan SEO)
  • Jadilah deskriptif dan spesifik
  • Jadilah relevan


Untuk mempercepat proses ini, setiap kali menulis teks alt, lihat saja gambar dan jelaskan apa yang ada di dalam gambar (yaitu Ini adalah gambar/foto …).

Ini secara otomatis akan mendorong Anda untuk menulis sesuatu yang relevan dan tidak terlalu didorong oleh kata kunci sementara bila berlaku kata kunci yang sesuai secara alami akan tetap menjadi bagian dari teks alternatif untuk semua gambar Anda.

Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah untuk fotografi dan citra produk. Di mana meskipun belum tentu sesuatu yang secara alami akan Anda gunakan saat menjelaskan apa yang ada dalam gambar – termasuk nomor seri produk/pengidentifikasi unik (jika itu adalah sesuatu yang akan dicari orang untuk menemukan produk) berguna.

Meskipun ini tidak didasarkan pada pedoman publik dari Google – untuk memperkuat hubungan yang jelas antara halaman produk Anda dan gambar serta penelusuran yang dilakukan orang berdasarkan penelusuran terkait untuk kueri:

Beberapa SEO bahkan menyarankan pengujian terpisah untuk perubahan seperti itu. Padahal, pada akhirnya, sementara penamaan file gambar dan teks alternatif penting, ada beberapa hal tingkat tinggi yang cenderung memiliki dampak lebih besar dari ini.

Jadi Anda bisa berinvestasi berlebihan dalam setiap perubahan kecil seperti ini dan akhirnya membuang banyak waktu atau fokus pada gambaran yang lebih besar dan bagaimana menambahkan lebih banyak angka ke laba Anda.

Dan bahkan jika Anda ingin menguji berbagai hal, karena ada begitu banyak faktor yang memengaruhi kemampuan halaman untuk menentukan peringkat – hanya dengan melacaknya dan kemudian mengamati sedikit penurunan bukanlah cara yang masuk akal secara statistik untuk menemukan hasil pengujian untuk menyarankan pembuatan perubahan itu pada dasarnya buruk.

Dan yang tak kalah pentingnya, untuk tangkapan layar – seperti ini yang akan kami gunakan di bagian selanjutnya dari posting ini – kami sekali lagi mencoba untuk membantu sebisa mungkin dalam konteks mengapa kami memasukkan gambar. Ini adalah tangkapan layar editor Blok WordPress yang menunjukkan cara menambahkan keterangan ke gambar.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan nama file: add-image-captions-wordpress.jpg bersama dengan teks alt: Cara Menambahkan Keterangan Gambar di WordPress karena ini jelas menunjukkan apa yang ditampilkan dalam gambar.

Cara Menambahkan Keterangan Gambar di WordPress
Menambahkan Teks Ke Gambar Di Situs Web Anda


Meskipun tidak mutlak diperlukan jika tidak ditambahkan ke gambar, atau gambar Anda murni untuk tujuan dekoratif – menambahkan keterangan yang menunjuk ke sumber asli gambar (jika bukan milik Anda), murni untuk memberikan kredit atau untuk tunjukkan sesuatu yang spesifik dalam gambar Anda berguna untuk pencarian dan pembaca Anda.

Menambahkan Teks ke Gambar WordPress


Google telah secara resmi menyatakan bahwa mereka menggunakan teks di samping judul gambar sehingga sedapat mungkin memastikan gambar ditempatkan di dekat teks yang relevan dan pada halaman yang relevan dengan materi pelajaran direkomendasikan.

Namun, sebagai contoh, Anda akan melihat bahwa kami tidak menggunakan keterangan gambar di sebagian besar konten kami karena teks di sekitar setiap gambar yang kami sisipkan sudah sangat terkait dengan gambar dan mengapa itu bahkan ada di artikel.

3 Kurangi Ukuran File Gambar Anda untuk Waktu Muat Lebih Cepat


Google telah mendokumentasikan secara menyeluruh bagaimana mereka menyarankan pemilik situs web untuk mengoptimalkan gambar mereka sehingga mereka dapat terus menggunakannya tanpa mempengaruhi waktu pemuatan halaman mereka.

Poin utamanya adalah bahwa pengoptimalan, meskipun disertai dengan pengorbanan kualitas, sering kali sepadan karena dampaknya terhadap waktu pemuatan sangat signifikan.

Kompresi Gambar Sebelum/Setelah Perbandingan


Ada sejumlah alat open-source/gratis untuk membantu dalam hal ini, termasuk:

  • Guetzli
  • MozJPEG
  • Tinypng
  • IMGoptim


Ketika datang ke perangkat lunak yang Anda instal dan jalankan secara lokal di komputer Anda, tujuan kami adalah ImageOptim (meskipun hanya untuk Mac jadi jika Anda pengguna Linux atau Windows, berikut adalah beberapa alternatifnya ). Ini sangat sederhana, Anda menarik dan melepas gambar dan hanya itu.

ImageOptim akan menangani sisanya dan mengoptimalkan file di lokasi aslinya.

Contoh Optimasi Output ImageOptim


Ini juga mendukung pengoptimalan gambar GIF dan memiliki area pengaturan di mana Anda dapat menyesuaikan seberapa spesifik Anda ingin mengompresi gambar & sejauh mana.

Salah satu pengaturan yang kami sarankan untuk diubah adalah yang diaktifkan secara default yang menghapus data EXIF ​​dari gambar Anda – karena Google telah menyatakan bahwa mereka dapat menggunakan data EXIF ​​sebagai faktor peringkat untuk Gambar Google .

Pengaturan ImageOptim


Meskipun demikian, dalam jangka panjang melakukan ini secara manual cukup memakan waktu. Meskipun hanya beberapa detik per gambar, dalam setahun – Anda akan menghabiskan berjam-jam mengatur gambar secara lokal dan menyeretnya ke alat ini.

Sederhananya, ketika Anda siap untuk mengotomatisasi seluruh proses – jika Anda sudah menggunakan sistem manajemen konten terkemuka (WordPress) – ada beberapa solusi yang sangat solid. Terutama, WP Smush , ShortPixel & Imagify .

Plugin ini juga membantu memastikan bahwa situs Anda menyajikan gambar yang diskalakan (secara responsif) yang berarti bahwa jika Anda mengunggah gambar dengan lebar 1080 piksel dan seseorang melihatnya di perangkat seluler yang ternyata lebarnya kurang dari 1080 piksel, gambar tersebut tidak akan memuat gambar 1080 piksel penuh.

(yang sebaliknya akan terjadi dan membuang bandwidth). Secara manual, ini dapat dicapai dengan menggunakan srcset . Pelajari lebih lanjut di sini.

Buat Peta Situs Gambar dan Dapatkan Gambar Anda Lebih Cepat Terindeks


Peta Situs memudahkan mesin telusur untuk merayapi konten.

Jadi, seperti yang Anda duga – peta situs gambar memberi Anda kesempatan untuk memberi Google informasi tambahan tentang gambar bersama dengan URL gambar untuk gambar yang mungkin tidak dapat mereka temukan.

Ini adalah tag yang dapat Anda gunakan di peta situs gambar:

Menandai Yg dibutuhkan Keterangan
Ya Mengungkapkan semua informasi tentang satu halaman. Setiap tag dapat berisi hingga 1.000 tag .


Ya URL gambar. Dalam beberapa kasus, URL gambar mungkin tidak berada di domain yang sama dengan situs web utama Anda.

Ini baik-baik saja selama kedua domain diverifikasi di Google Search Console. Jika, misalnya, Anda menggunakan jaringan pengiriman konten seperti Google Sites untuk menghosting gambar Anda, pastikan situs hosting tersebut diverifikasi di GSC.

Selain itu, pastikan file robots.txt Anda tidak melarang perayapan konten apa pun yang ingin Anda indeks.

  • Opsional Caption untuk gambar.
  • Opsional Lokasi geografis gambar. Misalnya Limerick, Irlandia
  • Opsional Judul gambar.
  • Opsional URL ke lisensi gambar. Anda dapat menggunakan metadata gambar sebagai gantinya, jika Anda mau.

.

5 Gunakan Jaringan Pengiriman Konten Untuk Melayani Gambar


Server asal yang menampung semua data & konten yang memungkinkan untuk melayani pengunjung halaman web yang lengkap seringkali tidak selalu sangat dekat dengan setiap pengunjung Anda (terutama jika situs Anda memiliki jangkauan global).

Di sinilah jaringan pengiriman konten (CDN) masuk. Jaringan pengiriman konten mengacu pada jaringan server yang didistribusikan secara global yang bekerja sama untuk menyajikan konten kepada pengunjung di mana pun mereka lebih cepat.

Katakanlah server Anda berada di Jakarta dan seseorang melihat situs Anda di Singapura atau Jepang – konten tidak disajikan dari Jakarta (karena ini tidak efisien). Semua konten yang dapat disimpan dalam cache, termasuk gambar, akan disajikan dari lokasi CDN terdekat dengan pengunjung yang masuk ke situs Anda:


Ada banyak pilihan di luar sana, terutama:

  • Cloudflare
  • Amazon CloudFront
  • CDN Google Cloud


Tujuan dan rekomendasi pribadi kami adalah Cloudflare. Jaringan dan rangkaian produk mereka benar-benar luar biasa. Plus bagi Anda yang baru memulai, ada tingkat gratis, dan memulai tidak bisa lebih mudah.

Cloudflare


Manfaat khusus menggunakan Cloudflare melalui jaringan pengiriman konten alternatif apa pun adalah cara kerjanya berbeda dengan CDN “tradisional”.

Google dapat menangani URL CDN tanpa masalah tetapi memindahkan URL gambar, setiap kali Anda (akhirnya) menukar penyedia CDN, jelas akan kurang ideal. Oleh karena itu, saran John Mueller dari Google tetap bahwa menggunakan salah satu domain atau subdomain Anda selalu yang terbaik:

Untungnya, Cloudflare membuat ini mudah. Itu tidak membuat URL tambahan apa pun yang memerlukan penulisan ulang karena mereka bukan hanya CDN, tetapi juga layanan DNS otoritatif tingkat perusahaan.

baca juga

Skema Snippet


Tapi apa hubungannya ini dengan SEO gambar? Yah, Google menggunakan jenis Markup Skema yang ada di halaman tempat gambar ditampilkan untuk menampilkan lencana yang relevan di Pencarian Gambar Google (terutama di seluler).

Perhatikan bahwa Google saat ini hanya memiliki lencana untuk resep, video, produk, dan gambar animasi (GIF).

Agar memenuhi syarat untuk ini, cukup:

  • Terapkan Markup Skema Resep ke halaman resep di situs Anda.
  • Terapkan Markup Skema Video pada halaman yang menampilkan konten video.
  • Menerapkan Markup Skema Produk pada halaman produk.
  • SEO Gambar – Laporan Setelah Tindakan & Langkah Selanjutnya
  • SEO Gambar tidak mudah . Jadi, dalam posting ini, kami memandu Anda melalui setiap elemen (layak difokuskan) yang akan memiliki pengaruh SEO positif paling signifikan.

Meskipun ini benar-benar permulaan dan, tentu saja, kami tidak dapat mempertimbangkan gambar apa yang sebenarnya Anda gunakan di situs Anda – meskipun kami memiliki dua rekomendasi yang sangat sederhana

Hindari stok foto berkualitas rendah dengan cara apa pun.
Pastikan bahwa setiap gambar di situs Anda benar-benar berkontribusi pada pengalaman manusia yang mendarat di situs web Anda (yaitu di mana mereka menemukan situs Anda & apa yang mereka coba dapatkan dari halaman tempat mereka berada).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *