SEO Lokal

SEO Lokal

undercover.co.id – SEO Lokal , Cara Membangun Otoritas Tinggi di Balik SEO Lokal , Setiap tahun yang berlalu di komunitas SEO, diskusi otoritas di balik situs menjadi semakin lazim. Hal ini terjadi karean selama setahun terakhir, Google telah membuat banyak pembaruan terutama terkait dengan algoritma inti.

Sejauh ini nampaknya pembaharuan itu telah membuat lebih banyak peningkatan fokus pada otoritas dan relevansi.

Dalam rofum-forum SEO profesional, otoritas akan selalu dibahas dalam pertemuan dan menjadi sebuah topik yang besar.

Sebabnya, karena otoritas algoritma google juga menjadi faktor yang sangat penting bagi SEO lokal dan hal itu sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Hal itu wajar saja karean para pro mengetahui bahwa setiap pengguna internet akan mencari layanan atau pun produk yang memiliki reputasi yang kuat.

Apapun mereknya, namun jika reputasinya tidak dapat dipercaya, maka para pengguna tetap akan lari ke merek yang lebih dapat dipercaya.

Kepercayaan sangat penting untuk bisnis apa pu, dan guna mengarahkan pelanggan untuk lebih jauh menyelami informasi yang terdapat dalam situs milik produsen.

Jadi, bagaimana bisnis lokal membangun otoritas di komunitas mereka dan di dalam niche mereka?

SEO Lokal : Buat Konten yang Sangat Bermanfaat

Dari dulu sampai sekarang konten yang bermanfaat sangat penting untuk meningkatkan reputasi brand atau merek sebuah perusahaan.

Konten yang bermanfaat adalah salah satu hal paling umum dan selalu menjadi pembahasan utama di setiap pertemuan komunitas SEO.

Para pro di bidang SEO mengungkapkan konten adalah raja atau ratunya sebuah situs website.

Setiap kali seseorang mengatakan ini, biasanya akan ada respon yang cukup umum seperti “Saya memposting posting blog X seminggu, tetapi itu tidak membantu peringkat saya.”

Nah, kenapa hal tersebut bia terjadi? Alasannya sederhana, umumnya karena Kuantitas dan kualitas yang tidak seimbang.

Konten yang menyandang status sebagai “raja” atau “ratu” ini adalah konten yang betul-betul memberikan nilai.

Nilai itu dapat dilihat dari muatan konten yang dapat menjawab keinginan atau pertanyaan pengguna internet.

Setiap pengguna internet berselancar untuk menemukan solusi dari masalahnya, dan ketika mereka menemukan solusi itu di dalam situs anda, maka mereka akan datang kembali.

Dan Google tentu saja tidak akan membuat peringkat situs hanya karena mengandung banyak kata, melainkan berdasarkan kualitas konten juga.

Memperbanyak konten terus menerus tidak akan membantu situs anda naik peringkat secara organik tanpa dibarengi dengan isi yang berkualitas.

SEO Lokal
SEO Lokal

Relevansi Adalah Kunci

Saat membuat konten untuk bisnis lokal, salah satu pendekatan terbaik adalah menentukan apa yang unik tentang situs Anda di area Anda.

Jika Anda dapat mengidentifikasi peluang semacam itu, Anda akan dapat menyediakan konten di situs Anda yang akan bermanfaat bagi demografis target Anda.

Di mana hal itu dapat meningkatkan pembaca sekaligus pembeli karena membaca konten berkualitas milik anda.

Misalnya, jika Anda menulis konten untuk perusahaan layanan rumah tangga, maka anda sebaiknya menulis tentang kelebihan dari layanan rumah tangga yang anda tawarkan.

Fokuskan pada kelebihan-kelebihannya seperti produk yang ditawarkannya, harga yang murah atau kompetitif dibandingkan yang lain dan seterusnya.

Mengapa? Karena jasa rumah tangga sangat banyak pesaingnya dan Anda harus menonjolkan kelebihan anda.

Jenis konten ini akan membantu pelanggan memecahkan masalah utama yang sangat relevan dengan kebutuhannya.

Di samping itu, secara almai anda dapat  sambil menciptakan kesadaran terhadap merek Anda.

Kemudian, ketika mereka membutuhkan jasa atau produk anda, mereka tidak akan berpindah ke lain situs tapi langsung pesan produk anda secara online.

Kuncinya adalah membuat konten yang benar-benar relevan dan benar-benar bermanfaat untuk khalayak.

Menjadi Sumber Daya Komunitas

Untuk beberapa bisnis lokal , seperti agen real estat, membuat konten yang membantu berbicara ke area yang mereka layani adalah cara yang bagus untuk membantu membangun otoritas untuk situs web bisnis.

Ketika orang mengunjungi jenis situs ini, akan sangat membantu jika memiliki lebih banyak informasi spesifik lokasi.

Itu bukan strategi yang harus diimplementasikan oleh semua bisnis lokal, namun ini benar-benar bisa memberikan manfaat jika anda menambahkannya di situs Anda.

Saat membuat konten sumber daya lokal, penting untuk tetap mengingat niat dan relevansi, sehingga konten tidak menjadi pengisi yang tidak ada gunanya di situs Anda.

Berpikir Berbeda Tentang Tautan Lokal

Tautan untuk situs lokal bekerja sedikit berbeda dibandingkan dengan situs nasional.

Ada lebih banyak tautan yang tidak hanya dari “otoritas domain.”

Orang yang melihat relevansi situs terhadap sebuah produk atau kebutuhan pengguna aan menggiring pengguna ke halaman situs kita.

Namun, rekomendasi relevansi konten ini dibutuhkan tautan SEO lokal terlebih dahulu.

Tautan itu tidak hanya akan membawa kekuatan relevansi lokal kembali ke situs Anda, tetapi Anda juga mendapatkan manfaat menempatkan bisnis Anda di depan pelanggan yang lebih berkualitas.

Selain menempatkan kata kunci dalam konten, anda bisa meningkatkan relevansi dengan menjadi sponsor pada acara lokal.

Dengan banyakanya acara yang anda sponsori, akan ada banyak kesempatan anda meningkatkan kesadaran orang-orang pada merek anda.

Dalam pengalaman saya di bidang SEO lokal selama lima belas tahun terakhir, jenis tautan ini jauh lebih memengaruhi bisnis lokal, terutama ketika dimasukkan ke dalam paragraf konten.

Menjadi sponsor dan membangun konten berkualitas dengan memasukkan kata kunci relevan seperti membangun dua dunia pemasaran sekaligus.

Upaya ini secara periodik dapat meningkatkan kunjungan organik dan meningkatkan peringkat situs anda.

Jadi sebarkan sayap pemasaran tradisional Anda dan dapatkan dampak sebanyak mungkin dari upaya Anda.

baca juga

Ulasan Kualitas

SEO LOKAL : Beri Penekanan pada Ulasan Kualitas

Selama beberapa tahun terakhir, ulasan pelanggan yang berkualitas menjadi semakin penting bagi keberhasilan bisnis lokal dalam hasil pencarian.

Ketika seorang pelanggan meninggalkan ulasan bisnis yang menghadap publik, Google bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang pelanggan pikirkan tentang produk atau layanan Anda.

Ini membantu merek Anda membangun lebih banyak otoritas, yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik di SERP.

Dan jangan pernah meremehkan nilai yang ditawarkan ulasan tersebut kepada calon pelanggan.

Sekarang, harap perhatikan penggunaan kata “kualitas.”

Jika Anda mulai membaca bagian ini dan segera mulai mencari cara terbaik untuk memainkan sistem dengan mendapatkan ulasan palsu, Anda salah jalan.

Ulasan palsu merupakan cara terbaik untuk membuat bisnis anda dibanned oleh Google dan hilang dari peredaran pemasaran digital marketing.

Sekali lagi, Kualitas adalah kunci di pemasaran digital.

Google ingin melihat berbagai ulasan untuk bisnis dan satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan mendapatkan ulasan nyata dari pelanggan nyata.

Plus, ini akan memberi Anda beberapa peluang untuk membangun otoritas di depan calon pelanggan di masa depan.

Meskipun kita semua senang memiliki ulasan bintang lima tentang bisnis kita saat ini, namun ingat bahwa itu tidak akan berlaku selamanya.

Pada saat tertentu akan ada satu momen di mana pelanggan kecewa dan memberikan ulasna negatif.

Satu ulasan negatif bisa menurunkan reputasi situs anda di Google.

Maka, saran kami adalah luangkan waktu untuk menanggapi pelanggan dan mencoba membuat pengalaman mereka lebih baik, supaya ulasan negatif bisa dikurangi.

Respons ini juga dapat menunjukkan kepada pelanggan di masa depan bahwa Anda peduli untuk meningkatkan bisnis Anda.

Bahkan mungkin membantu secara positif mempengaruhi keputusan pembelian mereka terhadap produk yang anda tawarkan.

Jika Anda akan berupaya untuk mengarahkan lebih banyak ulasan ke bisnis Anda, pastikan setiap ulasan akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Mintalah pelanggan untuk membuat ulasan yang timeless.

Jadilah SEO LOKAL yang Dicari Pelanggan Anda

Otoritas adalah kunci ketika datang ke SEO lokal dan benar-benar dapat membantu bisnis tampil baik dalam setiap hasil pencarian.

Dengan berinvestasi dalam membangun otoritas situs lokal, Anda menciptakan efek riak positif yang dapat berdampak besar pada kampanye secara keseluruhan.

Jaga otoritas terutama di setiap halaman dan di luar halaman situs Anda.

Mungkin butuh waktu, tetapi itu akan memberikan hasil yang bertahan lama dan awet dalam jangka panjang.

Bukankah lebih baik memiliki bisnis yang awet dalam jangka panjang daripada booming sebentar kemudian hilang?

Maka, penting untuk membangunnya dengan jujur sejak awal supaya bertahan lama dan dijatuhcintai para pelanggan.

Panduan SEO Lokal

Sebuah Panduan SEO Lokal Untuk Perusahaan Besar

Seringkali, perusahaan besar tidak terlalu mementingkan SEO lokal, karena bagi mereka yang terpenting adalah pemasaran digital melalui pencarian berbayar dan SEO umum. Namun seiring meningkatnya pengguna ponsel, SEO lokal menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Bahkan SEO umum dan SEO lokal, dua-duanya menjadi sangat penting baik untuk bisnis lokal maupun untuk perusahaan.

Sebuah penelitian terbaru dari Stone Temple menyatakan bahwa 63 persen dari semua pencarian Google adalah melalui ponsel. Mengapa perusahaan melihat SEO lokal sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting? Singkatnya, SEO lokal akan gagal ketika bisnis tidak memiliki rencana yang terstruktur dengan baik.

Dalam hal ini ada kesalahpahaman pemikiran, misalnya, “Jika saya menyelesaikan A, B, dan C, maka keberadaan lokal saya pasti otomatis akan meningkat” atau “Jika kita melakukan SEO tradisional atau umum saja, maka SEO lokal pasti juga akan berjalan sendiri.” Hal itu merupakan anggapan yang salah. Agar SEO lokal berhasil, sebuah bisnis harus menentukan seperti apa tujuan dan pengembangannya serta rencana berkelanjutan yang dapat diukur.

Pro & Kontra SEO Lokal untuk Perusahaan Besar

Terlepas dari channelnya, bisnis besar memiliki keunggulan di atas pesaing kecil atau bisnis lokal. Mereka tidak terbatas pada:

  • Uang.
    Orang-orang atau karyawan.
  • Akses ke alat industri.
  • Spesialisasi.

Meskipun sumber daya bawaan di atas bisa saja membantu, namun jika diabaikan, kontra dari perusahaan besar dengan lebih dari 100 lokasi akan lebih besar daripada pro, terutama yang berkaitan dengan SEO lokal.

Strategi SEO Lokal

4 Hambatan Perusahaan Besar Saat Merencanakan Strategi SEO Lokal

  1. Ketidakpedulian

Di sebuah perusahaan pasti memiliki lebih dari satu devisi. Jika tidak pernah ada strategi yang pasti di seluruh devisi tersebut, mungkin sulit untuk mendapatkan dukungan dari orang lain. Biasanya ketika mereka sudah menganggap bahwa keberadaan lokal tidak penting, maka mereka juga tidak ingin terlibat lebih jauh dengannya.

  • Pengambilan Keputusan yang Lambat

Perusahaan besar umumnya tidak adaptif dan sefleksibel perusahaan kecil atau bisnis lokal. Akibatnya, tugas-tugas yang tidak boleh dikesampingkan, seperti mengklaim daftar lokal, dapat berjalan selama berbulan-bulan. Karena mereka merasa pekerjaan mereka lebih penting dari itu. Telah banyak penyesalan perusahaan yang tidak responsif terhadap GMB.

Sesuatu yang sederhana seperti mengubah nomor telepon juga dapat mengakibatkan lalu lintas lokal jatuh dari ranking Google karena ketidakkonsistenan data. Dalam kasus drastis, daftar yang tidak diklaim dan kedaluwarsa telah menyebabkan lalu lintas GMB menurun lebih dari 50 persen.

  • Bystander Efek

Kurangnya peran yang ditetapkan ditambah dengan kenyataan bahwa perusahaan memiliki banyak karuawan di tim pemasaran akan menyebabkan difusi tanggung jawab dan banyak menunjuk jari dan berbeda pendapat. Tugas lokal umum yang menjadi korban “Efek Bystander” adalah tugas dari manajemen. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk merespons? Pelayanan pelanggan? Manajer toko? Manajer regional? Yang benar adalah pilih satu karyawan, jelaskan tanggung jawabnya tetapi pastikan pekerjaan itu selesai.

  • Volume

Volume bisa dibilang merupakan hambatan terbesar yang harus diatasi. Mari kita gunakan fitur baru Google Q & A sebagai contoh: 100 lokasi x 3 pertanyaan per bulan x 5 menit per respons = 25 jam per bulan. Dan itu merupakan perkiraan konservatif yang hanya menyumbang satu komponen kecil dari SEO lokal.

Kabar baiknya adalah bahwa rencana yang susun dengan baik tidak hanya mengatasi hambatan yang disebutkan di atas, tetapi menghasilkan strategi SEO lokal yang sukses dan terukur. Sebelum kita masuk pada mengembangkan rencana SEO lokal yang dapat ditindaklanjuti, penting untuk menunjukkan langkah pertama yang seringkali diabaikan:

Tujuan Pemasaran Digital Wajib: Tetapkan apa arti kesuksesan bagi SEO lokal. Tujuan umum meliputi peningkatan:

  • Lalu lintas pelanggan di website Anda.
  • Tampilan halaman pencari lokasi toko.
  • Jumlah klik pada Google Cantuman Bisnisku.
  • Panggilan yang telepon dilakukan ke toko.

Menetapkan Peran dan Tanggung Jawab: Sama seperti upaya tim lainnya, SEO lokal memerlukan tim. Penyedia SEO lokal membutuhkan manajer toko untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation