SEO dan Manajemen Reputasi

undercover.co.id – SEO dan Manajemen Reputasi : Panduan Mendalam , SEO adalah faktor penting untuk membentuk dan mengontrol narasi merek Anda di SERP. Berikut ini adalah panduan dengan tips penting untuk menggunakan SEO untuk mengelola reputasi online Anda

Semua bentuk pemasaran berperan dalam manajemen merek yang baik.

Menggunakan nada suara yang sama di seluruh iklan dan email Anda serta memilih aset foto yang sama untuk situs web Anda seperti halnya papan reklame Anda berkontribusi pada gambaran yang dilukiskan ketika pelanggan mempertimbangkan produk atau layanan Anda.

Namun, terkadang, merek Anda mungkin menerima beberapa pers atau ulasan negatif yang dapat mengubah cara melihatnya.

Jika calon pelanggan ingin mengetahui apakah bisnis Anda memiliki reputasi yang baik, mereka mungkin akan mencari Anda secara online.

Mengunjungi situs web Anda saja tidak cukup; mereka menginginkan umpan balik yang lebih objektif.

Jadi, manajemen reputasi online sangat penting.

Ini adalah proses membentuk dan mengendalikan narasi seputar merek Anda secara online.

SEO adalah langkah penting yang perlu dipertimbangkan dalam proses tersebut.

Apa Itu Manajemen Reputasi Dalam SEO?


Manajemen reputasi dalam SEO adalah tentang memastikan bahwa di mana pun pencari menemukan merek mereka di halaman hasil mesin pencari (SERP), mereka membawa pesan positif tentang merek tersebut.

Hal ini sering kali berarti memastikan bahwa merek mempengaruhi halaman depan SERP dan artikel yang didorong di feed Discover, serta hasil Berita.

Mengapa Manajemen Reputasi Penting Untuk SEO?


Manajemen reputasi online (ORM) sangat penting untuk SEO karena, tidak peduli seberapa bagus peringkat situs web, jika persepsi mereknya negatif, ia akan kesulitan untuk mendapatkan klik.

Para profesional SEO harus tetap menyadari bagaimana merek yang mereka kerjakan dipersepsikan di tempat lain di internet.

Jika ada sentimen negatif tentang merek, kecil kemungkinan ajakan bertindak yang baik dalam judul halaman akan cukup untuk mendapatkan klik.

Penting juga untuk menyadari bahwa lalu lintas organik yang tidak terkonversi tidak akan sangat berharga.

Reputasi online sebuah merek dapat berdampak besar pada konversi.

Penelitian terhadap suatu merek, produk, atau layanan sering kali dimulai secara online dengan pencarian.

Situs web Anda mungkin hanya akan menjadi salah satu atau dua hasil yang muncul ketika seseorang mencari merek Anda.

Semua hasil pencarian lainnya berpotensi mengatakan sesuatu tentang merek Anda yang mungkin tidak menguntungkan seperti yang Anda inginkan.

Untuk Merek Korporat Ulasan negatif bisa terjadi.

Perbandingan yang tidak menguntungkan antara produk Anda dan pesaing dapat dibuat oleh pihak ketiga yang objektif.

Pers yang buruk bisa menjadi sangat buruk.

Jika Anda tidak secara aktif memantau apa yang muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kata kunci bermerek Anda, maka Anda bisa saja kehilangan kesempatan untuk menemukan potensi masalah reputasi.

Begitu sebuah berita mulai beredar tentang perusahaan Anda, atau bahkan informasi yang salah ditambahkan ke situs web pihak ketiga, maka akan sulit untuk memperbaiki kerusakan pada merek Anda.

Penting bahwa pesan merek Anda adalah apa yang terlihat di halaman pertama SERP.

Mengerjakan manajemen reputasi online Anda secara proaktif dapat menempatkan Anda pada posisi yang kuat untuk memperbaiki informasi yang salah atau mengungguli konten yang tidak menguntungkan.

SEO dan Manajemen Reputasi
SEO dan Manajemen Reputasi

Jangan Lupakan Merek Pribadi Anda


Ini semua berlaku untuk merek pribadi dan juga merek perusahaan Anda.

Anda perlu memastikan bahwa informasi yang tersedia secara online memberikan gambaran yang positif.

Kita semua semakin pandai menggambarkan diri kita secara positif di media sosial.

Mengedit foto, mengkurasi sorotan kehidupan kita, dan hanya membagikan informasi yang menggambarkan diri kita secara positif.

Perusahaan dan perekrut semakin sering mengunjungi profil media sosial saat mempertimbangkan kandidat untuk sebuah pekerjaan.

Tapi bagaimana ketika seseorang mencari nama Anda? Apa yang muncul di halaman pertama SERP?

Bagaimana SEO Mendukung Manajemen Reputasi Online?

SEO dan manajemen reputasi online berjalan beriringan.

Seringkali, mesin pencari akan menjadi pertemuan pertama calon pelanggan baru dengan sebuah merek.

Agar ORM berhasil, sebuah merek perlu mengontrol apa yang ditampilkan di mesin pencari saat pengguna mencari sesuatu yang berhubungan dengan merek tersebut.

Di situlah SEO berperan. Strategi SEO sering kali berfokus untuk memastikan bahwa kita memaksimalkan nilai real estat yang tersedia di SERP.

Memverifikasi Fakta Dan Mengganti Rumor


ORM adalah tentang memiliki dan mengelola reputasi merek secara online. Reputasi tersebut dapat didiskusikan di mana saja secara online dan sering kali di media sosial.

SEO masih penting di sini karena jika seseorang membaca diskusi yang berdampak pada reputasi merek, mereka mungkin akan beralih ke mesin pencari untuk penelitian lebih lanjut tentang validitas klaim tersebut.

Memulihkan Diri dari Ulasan Negatif


Kita semua pernah mengalaminya: Skor ulasan bintang 5 Profil Bisnis Google yang biasanya sangat bagus dirusak oleh ulasan bintang 1 yang sama sekali tidak adil.

Tidak peduli seberapa tidak adilnya ulasan yang Anda yakini, ulasan tersebut perlu ditangani.

Menghapus Ulasan Negatif


Terkadang, tugas SEO adalah menghapus ulasan jika ulasan tersebut benar-benar tidak dapat dibenarkan; misalnya, ulasan tersebut bertentangan dengan pedoman sistem ulasan.

Bagi Google, ini mungkin karena pesaing langsung atau karyawan yang tidak puas meninggalkan ulasan tersebut.

Untuk situs seperti TrustPilot , ini mungkin karena pengulas tidak dapat diidentifikasi, dan oleh karena itu, ulasan tersebut mungkin tidak didasarkan pada pengalaman asli dari produk atau layanan.

Membalas Ulasan
Terkadang, tugas seorang SEO adalah mengatasi kesalahpahaman pengulas.

Di lain waktu, lebih baik angkat tangan dan menjawab keluhan yang disampaikan dengan jujur.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa bisnis mendengarkan umpan balik dan membuat perubahan positif untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi.

Saya tidak akan memberi tahu Anda cara membuat situs web Anda mendapatkan peringkat untuk istilah merek Anda, hanya saja Anda perlu melakukannya. Hal ini bisa menjadi sangat rumit jika nama merek Anda adalah kata yang memiliki arti tersendiri dalam bahasa Anda atau bahasa lain.

Hal ini bisa menjadi sangat sulit jika nama merek Anda tidak terlalu unik.

Namun, Anda ingin mendapatkan peringkat sedekat mungkin dengan posisi satu untuk nama merek Anda. Dengan cara ini, hasil pertama (tidak termasuk hasil berbayar) untuk nama merek Anda adalah properti yang Anda kendalikan.

Meskipun demikian, Anda ingin posisi dua, tiga, empat, dan lima juga merupakan properti yang Anda miliki.

baca juga

6 Tips Manajemen Reputasi Mesin Pencari

  1. Kendalikan Halaman Depan
    Sedapat mungkin, lima atau lebih hasil peringkat teratas pertama untuk merek Anda harus Anda kendalikan – situs web Anda, properti digital lain yang Anda host, dan halaman media sosial Anda.

Jika calon pelanggan mencari informasi tentang merek Anda, Anda ingin mempertahankan informasi yang mereka baca. Ini berarti memanfaatkan situs media sosial terkemuka di wilayah Anda.

Siapkan profil Facebook, LinkedIn, dan Twitter yang bermerek. Situs-situs media sosial ini sangat berwibawa dan akan mendapat peringkat tinggi untuk sebagian besar permintaan pencarian bermerek.

Namun, jangan hanya puas dengan kehadiran di media sosial.

Siapkan perusahaan Anda dengan profil di situs ulasan dan perbandingan industri, pada dasarnya semua properti di luar kepemilikan langsung Anda yang masih bisa Anda atur isinya.

  1. Aktiflah di Media Sosial & Situs Ulasan

Mempersiapkan diri Anda di media sosial dan situs ulasan memang memiliki risiko.

Orang-orang akan berkomentar, dan ulasan akan ditinggalkan. Tidak semuanya akan menguntungkan.

Namun, meskipun Anda tidak memiliki akun Twitter resmi atau halaman Glassdoor yang dibuat oleh perusahaan, bukan berarti kompetitor atau karyawan yang tidak puas tidak akan membicarakan perusahaan Anda.

Anda mungkin hanya memiliki visibilitas yang lebih rendah.

Pastikan Anda menanggapi komentar – baik yang positif maupun negatif.

Komentar negatif di Twitter dapat muncul dalam pencarian Google untuk merek Anda.

Jaga agar perusahaan Anda tetap aktif di media sosial dan situs ulasan untuk mengatasi komentar negatif dan untuk menjauhkannya dari halaman depan Google.

SEO & Manajemen Reputasi

  1. Siapkan Profil Bisnis Google
    Ini adalah area lain dari hasil pencarian bermerek yang dapat Anda miliki.

Daftar Profil Bisnis Google Anda dapat menjadi hasil pertama yang dilihat pengguna saat mencari merek Anda.

Pada saat hari raya, atau bahkan selama pembatasan COVID-19, jam buka atau ketersediaan kantor Anda mungkin berubah.

Profil Bisnis Google adalah tempat yang tepat untuk memperbarui informasi tersebut.

Jika Anda tidak memiliki daftar Profil Bisnis Google, pencarian “jam buka [merek Anda]” dapat menarik informasi dari situs web yang belum diperbarui.

Postingan Google
Manfaat lain dari Profil Bisnis Google untuk manajemen reputasi adalah Google Postingan.

Postingan adalah potongan kecil konten yang akan muncul langsung di daftar Profil Bisnis Google Anda.

Tangkapan layar dari penelusuran seluler untuk [ZSL London Zoo], Google, Februari 2023. Fitur ini memungkinkan merek Anda menyuntikkan penawaran, artikel, atau pembaruan tepat waktu langsung ke hasil penelusuran Google tanpa harus berjuang melawan algoritme peringkat atau menunggu pengindeksan.
Jika Anda membutuhkan PR reaktif atau ingin mempromosikan sesuatu dengan cepat, ini adalah cara yang efektif untuk melakukannya.

Ulasan
Daftar Profil Bisnis Google memang membawa potensi ulasan tentang merek Anda untuk muncul di bagian atas SERP.

Jika pengguna meninggalkan ulasan di Profil Bisnis Google Anda, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghapusnya.

Hal ini perlu melanggar pedoman ulasan Google dalam beberapa hal, dan bahkan kemudian, tidak ada jaminan Google akan memerintahnya seperti itu.

Manajemen reputasi yang baik adalah tentang menangani perhatian negatif dan positif secara efektif.

Ulasan negatif dapat ditanggapi di Profil Bisnis Google, sehingga memungkinkan merek Anda mengubah pengalaman negatif menjadi positif.

Pertanyaan & Jawaban
Profil Bisnis Google juga dilengkapi dengan bagian Tanya Jawab di mana publik dapat mengirimkan pertanyaan ke daftar Anda.

Masalah utama dalam hal ini adalah publik juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ini adalah kesempatan yang baik untuk memahami minat audiens target Anda, tetapi ini adalah cara yang sangat umum untuk mengetahuinya.

Sangat penting bagi Anda untuk tetap mengikuti setiap pertanyaan yang diajukan sehingga Anda dapat memastikan jawabannya akurat.

Tidak ada yang dapat menghentikan anggota masyarakat yang bermaksud baik (atau bermaksud buruk) untuk menjawab pertanyaan dan menjawabnya dengan salah.

Pastikan Anda mengelola reputasi online Anda dengan baik dengan mengawasi sudut SERP ini.

  1. Buat Konten di Sekitar Kata Kunci yang Berpotensi Negatif
    Pencarian merek sering kali menghasilkan serangkaian permintaan pencarian People Also Asked (PAA).

Hasil PAA adalah tambang emas informasi untuk analisis kata kunci manajemen reputasi Anda. Petunjuk ini dapat menyebabkan pencarian mempertimbangkan pertanyaan tentang merek yang mungkin tidak pernah mereka tanyakan.

Calon pelanggan Anda mungkin tidak memiliki alasan untuk menganggap merek Anda sebagai penipuan, tetapi melihat pertanyaan-pertanyaan yang dicari orang lain dapat menimbulkan kekhawatiran tersebut.

Periksa PAA yang muncul untuk merek Anda. Jika mereka sedikit negatif, Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan peringkat sebagai cuplikan unggulan untuk melawan anggapan tersebut.

  1. Jadilah Layak Berita Untuk Alasan yang Tepat
    Jika Anda mencoba untuk mengubur artikel berita negatif dengan peringkat tinggi yang tidak berdasar pada fakta, banyak orang yang tidak akan bersimpati pada Anda.

Sebaliknya, berusahalah untuk menjadi berita yang layak diberitakan karena alasan yang tepat.

Dapatkan berita tentang kegiatan amal Anda, dukungan Anda terhadap tim lokal, atau upaya Anda untuk melindungi lingkungan.

Fokuslah pada PR digital demi kepentingan PR, meskipun yang Anda dapatkan hanyalah penyebutan merek.

Jika berada di situs web dengan otoritas tinggi, itu mungkin cukup untuk mengungguli situs ulasan, situs perbandingan, dan properti lain yang lebih berbahaya bagi merek Anda.

Kuncinya adalah menumpuk halaman depan dengan komentar positif tentang merek Anda di luar properti yang dapat Anda kendalikan secara langsung.

Siapkan Peringatan Merek
Dengan menggunakan Google Alerts atau alat pemantauan penyebutan merek lainnya, perhatikan saat Anda disebut secara online.

Bisa jadi seorang jurnalis atau pengulas akan setuju untuk mendengar sisi negatif dari cerita Anda.

Bisa jadi jam buka perusahaan Anda telah dilaporkan secara keliru atau ada ketidakakuratan lainnya.

Peringatan tersebut dapat memberikan Anda kesempatan untuk memperbaiki informasi yang salah atau tuduhan yang merugikan sebelum berita tersebut dibaca secara luas.

  1. Tidak Semua Tentang Google
    Jangan lupa bahwa ada mesin pencari lain selain Google. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini untuk mesin pencari tersebut juga.

Siapkan daftar Bing Places dan pantau halaman pertama DuckDuckGo untuk frasa merek Anda.

Jika ada potensi merek Anda dicari di mesin pencari yang berbeda, penting bagi Anda untuk mengelola reputasi Anda di sana.

Kesimpulan


Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan manajemen reputasi online sebagai bagian dari strategi SEO Anda. Pemasar merek juga harus memahami peran penting SEO dalam persepsi merek.

SEO dan ORM harus bekerja sama. Jika tidak, waktu dan usaha yang dihabiskan untuk keduanya akan sia-sia.

Pastikan Anda memperhitungkan keduanya ke dalam strategi pemasaran Anda yang sedang berjalan.

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation