Jasa

https://www.undercover.co.id seo pemasaran start up , Saat ini menidirikan bisnis startup sedang digandrungi oleh generasi muda Indonesia.

Oleh karena pada dasarnya istilah startup tidak hanya untuk bisnis tekonologi, maka dapat disebut jika mereka tidak hanya mendirikan startup yang berbasis teknologi melainkan juga startup yang bergerak dibidang insdustri lain.

Namun seringkali mereka lupa bahwasanya bisnis tidak hanya mengenai produksi melainkan juga mengenai cara mengenalkan produk ke pasar yaitu marketing.

Sehingga acapkali ketika merancang sebuah bisnis mereka tidak menyertakan bagaimana cara mereka memasarkan produk mereka secara efektif dan efisien.

Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Startup

SEO atau search engine optimization adalah strategi pemasaran digital yang  dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis statup untuk mengenalkan produknya ke pasar.

Strategi ini memanfaatkan kosa kata kosa kata tertentu atau keywords yang terekam dalam algoritma mesin pencari untuk membantu pengguna memasarkan produknya.

SEO Pemasaran Startup
SEO Pemasaran Startup

Mengapa penggunaan seo pemasaran start up , penting untuk bisnis startup?

Menurut  Scott McGovern seorang pakar pertumbuhan digital sebagaimana dilansir dalam laman warta ekonomi (2019)[i], teknik pemasaran menggunakan SEO penting untuk startup karena 7 hal :

1.      SEO memberikan data data yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis

Anda dapat mendapatkan data data penting seperti jenis kelamin pengunjung website anda, jam kunjungan terpadat hingga rasio konversi antara jumlah kunjungan dan pemesanan melalui website.

Data data ini tentu dapat anda gunakan untuk banyak hal seperti mengetahui target konsumen, menyiapkan strategi baru dan lain lain.

2.      SEO menghasilkan traffic yang lebih tinggi dan lebih lama

Jika anda memasang iklan baik itu di google atau pada media lainnya, umumnya anda akan memiliki jumlah maksimum iklan anda ditayangkan, pun demikian seringkali iklan anda hanya akan ditampilkan pada lokasi lokasi tertentu.

Lain halnya dengan SEO. Pengiklanan dengan teknik SEO relatif memiliki durasi yang lebih panjang dan konsumen anda tidak hanya akan berbatas di Indonesia saja melainkan juga luar negeri.

3.      SEO Pemasaran Startup , Berbiaya rendah

Dibandingkan dengan iklan, biaya menggunakan SEO Pemasaran Startup lebih rendah dan permanen. Sehingga anda tidak perlu khawatir terus menerus mengenai biaya iklan yang anda keluarkan.

Bahkan jika anda dan tim anda bisa mengiklankan produk anda menggunakan SEO secara mandiri, tidak menutup kemungkinan biaya iklan anda akan nol alias gratis. Tetapi kalaupun anda meminta dukungan SEO Agency, biaya tetap bisa di negosiasikan.

Meskipun menjadi SEO Agency terkemuka di Indonesia, undercover.co.id juga melayani klien dari startup dan UMKM. Jadi anda tidak perlu memusingkan biaya iklan perusahaan anda.

SEO Pemasaran Startup
SEO Pemasaran Startup

4.      Data pemasaran yang dihasilkan dari strategi SEO dapat dijdikan bahan evaluasi untuk keputusan pemasaran selanjutnya

Tidak hanya untuk mengetahui profil konsumen produk anda sebagaimana yang tertera di poin nomor 1, data yang anda dapat dari teknik pemasaran SEO dapat anda gunakan sebagai bahan pembuatan keputusan penting.

Keputusan tersebut seperti diskon yang pas untuk pangsa pasar anda, brand ambassador yang sesuai dengan keinginan konsumen anda hingga cara untuk membuka pangsa pasar lain. Tentu hal ini dibutuhkan untuk perusahaan kelas apapun bahkan untuk perusahaan multinasional sekalipun.

5.      Mengoptimalkan Google untuk meraih kepercayaan konsumen

Perlu anda ketahui bahwasanya banyak orang yang percaya jika laman yang tampil di beranda awal google adalah laman yang berkualitas dan informatif.

Apabila strategi SEO Pemasaran Startup anda berhasil dan laman perusahaan anda tampil di halaman pertama google saat seseorang mencari sebuah kata kunci (keywords), maka orang tersebut akan berpikir bahwa laman anda adalah laman yang terbaik.

Terlebih jika anda mendukung persepsi tersebut dengan konten dan produk yang berkualitas, informatif serta anda rajin berkomunikasi dengan konsumen menggunakan laman tersebut. Tentunya kemungkinan besar orang tersebut akan menjadi pelanggan tetap perusahaan anda.

6.      Optimasi SEO dapat membangun pelanggan jangka panjang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu keunggulan SEO dibandingkan dengan Paid Ads adalah konten anda dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Sehingga pemasaran menggunakan teknik optimasi SEO Pemasaran Startup relatif dapat menjangkau konsumen dalam jangka panjang dibandingkan iklan biasa.

Jasa

7.      Membangun brand awareness dan brand image menggunakan SEO cocok untuk startup

Salah satu target pemasaran awal yang harus dilakukan oleh setiap startup adalah mengenalkan produk startup tersebut kepada pasar. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini termasuk iklan dan menyewa brand ambassador.

Akan tetapi karena umumnya startup memiliki kendala biaya, SEO adalah strategi pengenalan produk yang cocok. Sebab biaya penggunaan SEO lebih rendah, durasi pemasaran menggunakan SEO lebih lama dan jangkauan pasarnya lebih luas daripada iklan biasa.

Selain tujuh hal diatas, penggunaan SEO juga kemungkinan besar memiliki trend positif dari tahun ke tahun. Sebab menurut data yang dilansir detik.com[ii] dari we are social, pada tahun 2020 terdapat 175 juta pengguna internet di Indonesia.

SEO Pemasaran Startup
SEO Pemasaran Startup

Menurut proyeksi yang dipublikasikan oleh katadata.co.id[iii]  pada tahun 2019 jumlah ini kemungkinan besra meningkat hingga 25% di tahun 2023. Peningkatan ini seiring dengan peningkatan penjualan dan penggunaan smartphone di Indonesia dari waktu ke waktu.

Hal ini berarti jika anda menggunakan SEO sebagai salah satu cara memasarkan produk anda, kemungkinan besar anda akan mendapatkan exposure yang lebih banyak hingga beberapa tahun kedepan. Asalkan konten yang anda posting di website anda tidak hanya berisikan iklan melainkan juga konten yang mendidik dan informatif.

Selain itu untuk mendapatkan exposure ini anda juga harus rajin rajin update mengenai keywords terbaru yang sedang sering digaungkan di dunia maya. Apabila anda merasa tidak punya waktu untuk riset ini, anda tidak perlu khawatir sebab ada SEO Agency seperti undercover.co.id yang siap membantu anda.

Pelayanan di undercover.co.id tidak hanya riset kata kunci melainkan juga konsultasi penggunaan kata kunci tersebut untuk menciptakan rasio konversi  pengunjung menjadi pelanggan yang tinggi.

Selain itu undercover.co.id juga melayani pembuatan konten digital marketing yang lainnya seperti penulisan blog, desain website dan lain lain. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi laman dan alamat di bawah ini:

Undercover.co.id

One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
Jakarta 12190

E : info @ undercover.co.id

Phone : +6281809222100

SEO Sebagai Instrument Pembentukan Brand Awareness dan  Brand Image

Salah satu manfaat SEO (search engine optimization) adalah membantu andaa untuk meningkatkan Brand Awareness orang orang kepada produk anda serta menyebarkan Brand Image yang ingin anda dan tim anda sampaikan dalam sebuah produk.

Jika tanpa menggunakan SEO kemungkinan besar website pemasaran anda akan tenggelam di Google atau anda bergantung pada Paid Ads.

Definisi brand awareness dan brand image

Lalu, apakah brand awareness dan brand image itu?. Brand awareness dapat diartikan sebagai kemampuan konsumen untuk mengenali produk anda sedangkan brand image adalah persepsi atau asumsi yang dipikrkan oleh konsumen mengenai produk atau perusahaan anda.

Contoh brand awareness adalah ketika seorang kawan anda menggunakan sebuh parfum dan anda langsung mengenali bau parfum tersebut dari produk parfum bermerk apa. Itu artinya brand tersebut cukup anda kenal atau cukup dikenal di masyarakat.

Sedangkan contoh brand image adalah ketika anda mencium bau parfum kawan anda tadi anda langsung terpikirkan oleh brand ambassador dari parfum tersebut yang tampak cantik dan menyegarkan. Hal ini artinya dengan membawa brand ambassador tersebut perusahaan parfum kawan anda bisa menciptakan citra parfum yang harum dan menyegarkan.

SEO sebagai alat bantu meningkatkan brand awareness terhadap produk anda

Sebagaimana yang telah disebut diatas, jika anda tidak menggunakan strategi SEO, untuk mengenalkan produk anda (brand awareness) secara digital anda melalui website akan bergantung kepada Paid Ads atau iklan berbayar.

Bisa jadi salam sekali waktu anda menemukan strategi ini efektif akan tetapi salah satu kelemahan Paid Ads adalah berbatas waktu sehingga hanya akan dapat menikmati hasil ads tersebut diwaktu waktu tertentu saja.

Lain halnya jika anda menggunakan SEO. Penggunaan keywords yang telah ditentukan tidak akan berbatas waktu selama anda tidak menghapus post terkait. Akan tetapi keywords ini berevolusi sepanjang waktu sehingga perusahaan anda perlu riset yang berkelanjutan untuk menemukan keywords terbaru.

Dengan SEO pengguna internet akan melihat website anda pada halaman pertama google search meskipun laman anda tidak berstatus iklan. Karena orang orang lebih cenderung meng-klik laman yang tampil pada halaman pertama, maka menggunakan strategi SEO akan meningkatkan traffic kunjungan website anda.

Orang orang yang meng-klik laman  anda ini kemungkinan besar akan menjadi konsumen asalkan anda bisa menciptakan brand image yang baik  di dalam website anda.

Dengan demikian, membangun brand awareness menggunakan strategi SEO terbilang lebih efektif dibandingkan membangun brand awareness menggunakan Paid Ads meskipun anda harus terus menerus melakukan riset.

Menebarkan brand image menggunakan strategi SEO

Calon konsumen yang mengunjungi laman anda tadi adalah target ‘presentasi’ website anda. Itu artinya anda harus menampilkan brand image yang baik mengenai bisnis anda dalam website yang anda kelola.

Tentunya anda tidak menginginkan brand anda memiliki citra buruk di depan konsumen bukan. Di samping menuliskan keywords utama yang bisa menaikkan traffic website anda, anda juga harus mampu membuat konten website anda semenarik mungkin.  Semenarik mungkin disini tidak hanya dari segi tampilan melainkan juga produk dan nilai yang ditawarkan.

Selain anda harus mendesign website anda se-appealing  mungkin di mata konsumen, anda juga harus dapat konsisten dalam menulis, merancang dan memosting konten sehingga lambat laun brand image perusahaan anda di mata konsumen akan terbentuk dengan sendirinya.

Contoh penggunaan strategi SEO sebagai strategi peningkatan brand awareness dan brand image

Anda adalah seorang manager marketing dari perusahaan X. Perusahaan anda tersebut memproduksi body lotion X1.

Anda dan perusahaan anda ingin menciptakan citra bahwasanya body lotion buatan perusahaan anda tersebut merupakan body lotion yang ‘halal’ dan terbuat dari bahan bahan alami dari Indonesia. Anda dan tim anda diminta untuk merumuskan strategi  pemasaran agar produk tersebut laku dipasaran dengan tetap menunjukkan brand image terkait.

Lalu anda mengunjungi SEO Agency undercover.co.id untuk berkonsultasi mengenai keywords yang tepat untuk kebutuhan pemasaran perusahaan anda. Perusahaan tersebut kemudian menyarankan anda untuk menggunakan keywords ‘body lotion halal’ karena keywords tersebut telah digunakan sebanyak 1 juta kali dalam kolom pencarian google di Indonesia.

Maka sebisa mungkin anda dan tim anda konsisten untuk memosting konten yang berkaitan dengan keywords tersebut dan mencakup keywords tersebut dalam setiap posting yang anda buat. Misalnya anda membuat postingan blog yang berjudul ‘ body lotion halal di Indonesia’ atau cara mengidentifikasi ‘bahan baku halal’ pada setiap produk kosmetik.

Pengunjung pada umunya mencari konten yang informatif dan tidak serta merta merupakan konten promosi. Oleh karena itu ada baiknya anda berdiskusi dulu dengan tim anda mengenai cara dan perencanaan penulisan konten website anda.

Jika anda rajin memosting konten yang berkaitan dengan keywords tersebut dan website anda tertata dengan apik, maka tidak mentup kemungkinan laman anda akan tampil di beranda pertama fitur pencarian di google.

Umumnya website yang bisa tampil di halaman pertama google akan dapat meningkatkan traffic kunjungannya sebanyak 8% hingga 20%. Untuk mengetahu data yang lebih lengkap mengenai hal ini, anda harus menggunakan Google analytics sebagai alat evaluasi traffic website anda. Termasuk diantaranya jika anda ingin melihat berapa persen konversi dari jumlah orang yang mengunjungi laman anda untuk menjadi customer anda.

Selain tampil di laman pertama pencarian Google, pengguna internet juga akan mengetahui bahwasannya produk anda adalah brand body lotion yang halal melalui serangkaian post yang anda buat dan karena laman anda muncul pertama kali ketika mereka memasukkan keywords body lotion halal.

Brand awareness, brand image dan brand reputation adalah hal penting dalam pemasaran suatu produk. Seperti yang tertulis diatas, tentunya anda tidak ingin produk anda dikenal sebagai produk berepotasi buruk.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk membangun brand image  perusahaan anda melalui tulisan tulisan yang relevan sembari meningkatkan brand awareness produk anda kepada konsumen menggunakan SEO sebagai salah satu teknik pemasaran.

Jika anda terlalu sibuk dan tidak sempat untuk meningkatkan brand awareness melalui traffic website anda, undercover.co.id siap membantu anda. Tidak hanya berkonsultasi untuk menentukan keywords yang tepat, undercover.co.id juga siap membantu  untuk menuliskan konten konten yang diperlukan oleh perusahaan anda.

Undercover.co.id

One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
Jakarta 12190

KPI dalam SEO

SEO, sebagaimana strategi marketing lainnya memiliki KPI (key performance indicator), yaitu target target yang harus dipenuhi untuk membuktikan bahwa strategi SEO yang digunakan oleh sebuah perusahaan sukses atau tidak. Dalam SEO, KPI di deskripsikan sebagai variabel variabel yang mengandung data data penting yang dapat dijadikan evaluasi program pemasaran ini.

Terdapat perbedaan pendapat mengenai jumlah variabel ini. Murray (2018) dalam laman searchenginejournal.com[i] mmenulis bahwa ada 9 variabel yang harus diperhatikan dalam menggunakan strategi SEO. Sedangkan Walsh (2020) dari semrush.com[ii] menulis ada 12 variabel.

Namun kedua website tersebut sama sama menulis 7 variabel KPI berikut ini yang harus anda perhatikan:

1.     Organic Session

Organic Session adalah variabel yang mengandung jumlah kunjungan website anda dari mesin pencari seperti Google atau Bing. Sesi disini diartikan sebagai lama waktu dan banyaknya aksi yang dilakukan oleh seorang pengunjung dari awal pengunjung tersebut masuk ke sebuah website hingga keluar dari website tersebut.

Variabel ini penting karena variabel ini adalah tolok ukur utama dari strategi SEO. Sebab strategi SEO menjanjikan tingkat visibilitas dan kunjungan yang tinggi kepada pengguna. Anda dapat memperoleh data mengenai variabel ini di Google Analytics atau Agency Analytics.

2.     Conversion and Leads Rate

Conversion rate adalah rasio jumlah pengunjung website anda yang menjadi pelanggan anda dibandingkan dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan. Sedangkan leads rate adalah rasio antara jumlah pelanggan anda yang mengontak anda baik dengan subscribe newsletter atau menelpon anda dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan.

Semakin tinggi tingkat rasio ini, maka semakin tinggi pula kemungkinan anda untuk balik modal karena strategi SEO anda berhasil. Namun demikian untuk memenuhi hal ini anda harus memiliki beberapa hal seperti informasi mengenai alamat kantor, alamat email dan nomor telepon yang jelas. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa konten anda bagus dan persuasive serta website anda tidak hanya good looking tetapi mudah diakses.

3.     Average session duration

Average session duration adalah variabel yang mengukur seberapa lama seorang pengunjung mengunjungi laman anda dalam sekali waktu. Semakin lama durasi ini, maka itu artinya konten yang anda buat adalah konten yang bagus dan mendalam.

Selain itu semakin lama durasi ini juga akan membuktikan bahwa lama nana berisi konten konten yang patut untuk dipercaya. Sehingga peringkat laman anda akan meningkat di Google dan pengunjung tersebut tertarik untuk menjadi pelanggan anda.

Sebagai tambahan, untuk mengantipasi tindakan yang terakhir, anda harus menyediakan informasi kontak yang jelas.

4.     Bounce rate

Bounce rate adalah variabel yang berisi data rasio perbandingan jumlah pengunjung yang membuka laman anda namun segera menutupnya kembali  dan jumlah pengunjung laman anda secara keseluruhan.

Bounce Rate memiliki dampak yang berkebalikan dengan average session duration. Artinya semakin banyak orang yang menutup laman anda ketika mereka baru saja membukanya, akan membuktikan bahwa laman anda bukan laman yang worth it untuk dikunjungi. Dengan demikian, peringkat laman anda di mesin pencari akan rendah dan tingkat konversi pengunjung website anda dengan jumlah pelanggan anda juga akan rendah.

5.     Page load time

Semakin lama website anda loading, maka akan semakin besar bounce rate. Menurut tulisan Murray, rata rata pengunjung hanya mampu menoleransi loading sebuah laman hanya selama tiga detik. Jika dalam tiga detik laman yang dimaksud belum juga muncul, maka mereka akan menutup laman tersebut.

Tentunya jika hal ini terjadi, maka anda akan membuat peringkat website anda di Google akan menurun dan tingkat rasio konversi akan menurun juga.

6.     Coverage Issues

Coverage issues atau Crawl Errors adalah isu yang terjadi karena Googlebot tidak dapat mengakses dan membaca isi laman anda. Sehingga laman anda akan gagal dimuat di halaman pertama Google karena isi laman anda tidak terbaca.

Anda dapat menguji ada atau tidaknya eror ini dengan menggunakan tool Fetch as Google di Google Search Console dan memilih menu ‘fetch and render’.

7.     Keyword ranking

Keyword adalah kosa kata kunci yang paling banyak digunakan dalam pencarian di mesin pencari. Keyword ranking adalah urutan peringkat penggunaan keyword menurut jumlah digunakannya keyword tersebut dari yang paling banyak (peringkat 1) hingga paling sedikit (entah ke berapa itu).

Semakin tinggi peringkat keyword yang anda gunakan, maka semakin tinggi pula  kemungkinan laman anda akan muncul di halaman pertama pencarian. Akan tetapi, peringkat keyword ini fluktuatif antar waktu ke waktu.

Sehingga anda perlu melakukan riset mengenai perihal kata kunci ini. Anda dapat melihat trend kata kunci keseluruhan atau history peringkat kata kunci anda. Hal hal yang kiranya perlu anda tilik lebih lanjut mengenai kata kunci ini adalah:

  • Performa kata kunci yang selama ini anda gunakan. Poin ini diperlukan untuk keperluan evaluasi;
  • Kata kunci apa yang cocok untuk menargetkan pangsa pasar anda dan memiliki jejak ranking yang cukup baik. Karena SEO tidak hanya melulu menyajikan keyword berperingkat tinggi tetapi juga menyajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna;
  • Keyword apa saja yang kiranya dalam beberapa waktu kedepan akan meningkat penggunaannya. Hal ini untuk bahan ide tulisan dan konten website anda selanjutnya;

Data data dari variabel diatas adalah data data penting yang dapat anda gunakan sebagai bahan pengambilan keputusan. Baik itu keputusan terkait SEO seperti SEO content planning dan copywriting atau keputusan pemasaran bisnis secara umum seperti penentuan target pelanggan baru dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan data data diatas, anda juga dapat mengidentifikasi apakah strategi SEO yang anda kerjakan membawa keuntungan untuk perusahaan anda atau tidak. Dengan demikian jika memang tidak bekerja secara efektif anda bisa memutusnya atau jika bekerja dengan baik anda bisa memperpanjang kontrak anda dengan SEO Agency anda.

baca juga

Undercover.co.id

One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
Jakarta 12190

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =