SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye

SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye

Undercover.co.id – 5 Alasan Mengapa SEO Politik Penting untuk Pemasaran Kampanye , Semakin banyak pengunjung yang datang ke situs web kampanye politik Anda, semakin baik, bukan? Untuk memaksimalkan visibilitas Anda, pastikan strategi pemasaran digital politik Anda mencakup pengoptimalan mesin telusur (SEO). SEO kampanye politik dapat meningkatkan lalu lintas situs dengan membantu Anda muncul dalam pencarian yang paling sesuai dengan konstituen Anda. Pelajari lebih lanjut di bawah ini.

Note : ni adalah contoh dari politik amerika, dikarenakan belum banyak politikus di indonesia yang memakai seo

  1. Mengontrol Identitas Anda
  2. Kendalikan Masalah Anda
  3. Pemasaran Konten Masuk Bukan Hanya untuk Bisnis
  4. Masalah SEO Teknis
  5. Jangan Lupa: Politik Lokal = Kesulitan Lebih Rendah
    Strategi SEO Politik yang Disesuaikan untuk Menang
    Sebagian besar politisi modern memahami kekuatan mesin pencari dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi publik. Sebuah studi tahun 2015 oleh American Institute for Behavioral Research and Technology menyimpulkan bahwa “peringkat pencarian dapat menggeser preferensi suara dari pemilih yang belum memutuskan sebesar 20% atau lebih”. Beberapa pihak menyerukan agar pemerintah mengekang pengaruh ini. Yang lain mengatakan bahwa algoritme tersebut condong melawan mereka.

Namun, terlepas dari pengetahuan bahwa mesin pencari itu penting, kampanye politik masih belum memadai dalam menggunakan mesin pencari untuk memaksimalkan potensi pemasaran mereka.

SEO tampaknya menjadi renungan bagi banyak politisi dan staf mereka. SEO dipandang sebagai bagian dari lingkungan politik yang hanya “ada di sana”. Pada kenyataannya, SEO dapat menjadi kunci untuk membuka peluang penjangkauan pemilih yang baru atau kurang dihargai.

Bagaimana strategi SEO politik dapat mendukung tujuan Anda? Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

  1. Mengendalikan Identitas Anda
    Mungkin manfaat yang paling jelas dari SEO politik adalah Anda dapat mengontrol identitas Anda sendiri secara online. Ketika seorang pemilih mengetikkan nama politisi di Google, mereka hampir selalu mengharapkan situs web resmi menjadi salah satu hasil teratas, jika bukan hasil pertama. Jika tidak ada? Anda menghadapi risiko serius dari seseorang yang mengarahkan percakapan online seputar kandidat Anda ke lingkungan yang tidak terkendali.

Contoh yang sangat nyata dari hal ini terjadi baru-baru ini ketika situs web resmi Joe Biden, joebiden.com, dikalahkan untuk istilah “situs web Joe Biden” oleh situs parodi yang jauh dari kata bagus, joebiden.info:

Situs web resmi Biden telah pulih untuk mendapatkan peringkat teratas (kemungkinan besar karena pekerjaan SEO yang cepat), tetapi ini masih merupakan kesalahan langkah yang memalukan yang tidak akan pernah terjadi dengan layanan penelitian kata kunci yang tepat yang mendukung istilah-istilah bermerek penting dan pemantauan posisi waktu nyata. Ketika taruhan dalam kampanye politik Anda tinggi, tidak ada alasan untuk membiarkan orang lain menangkap lalu lintas bermerek untuk nama kandidat Anda.

SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
  1. Kendalikan Isu Anda
    Bukan rahasia lagi bahwa kata-kata yang dipilih oleh para politisi untuk digunakan dipilih dengan cermat. Ada seni di balik psikologi pilihan kata politik. Bergantung pada pemilih yang ingin Anda tuju, pilihan kata yang tepat (atau salah) dapat menjadi pembeda antara proposal Anda dilihat secara positif atau negatif.

Salah satu tema kata politik yang sering digunakan adalah “sosialisme” dan, khususnya “sosialisme demokratis”. Meskipun memiliki tema yang sama, kedua kata ini sangat berbeda dalam praktiknya. Varian “demokratis” adalah varian yang sering digunakan oleh Bernie Sanders. Bukan kebetulan, ketertarikan publik terhadap istilah ini memuncak pada awal tahun 2016 ketika ia berusaha keras untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat:

Kita juga dapat mengetahui dari saran pelengkapan otomatis Google bahwa istilah ini terus mengikuti identitas Bernie dengan cermat:

Dengan semua hal ini, kita akan berpikir bahwa akan ada halaman khusus “sosialisme demokratis” di situs web kampanye Bernie Sanders yang berfokus pada istilah ini dan bagaimana istilah ini berhubungan dengan pesan Bernies.

Sayangnya bagi tim Bernie, hal ini tampaknya menjadi titik buta dalam fokus kampanye:

Ada sebuah halaman yang menyebutkan “sosialisme demokratis”, tetapi ini bukanlah jenis konten landasan yang diharapkan dari sebuah situs web kandidat untuk salah satu fitur terpenting dari kampanye mereka.

Dengan konten yang dioptimalkan dengan baik seputar sosialisme demokratis, apa itu sosialisme demokratis, dan bagaimana hubungannya dengan Bernie, kampanye ini kemungkinan besar akan mendapatkan peringkat kata kunci yang penting. Hal ini memberi mereka keuntungan untuk membentuk percakapan tentang istilah tersebut secara online dan bagaimana kaitannya dengan kandidat mereka. Tanpa itu? Sebuah kesempatan yang terlewatkan dalam lanskap politik yang kompetitif.

baca juga

  1. Pemasaran Konten Masuk Bukan Hanya untuk Bisnis

Kandidat juga memiliki kesempatan untuk mengincar pemilih yang “berada di atas” dengan menargetkan kata kunci yang mungkin tidak diasosiasikan dengan mereka secara default. Kata kunci yang terkait dengan platform kampanye inti adalah peluang emas untuk menginformasikan kepada publik tentang keyakinan spesifik kandidat, bagaimana cara kerjanya? Mari kita ambil contoh kata kunci “program pengampunan pinjaman mahasiswa”. Karena masalah utang pinjaman mahasiswa bagi banyak orang Amerika, Elizabeth Warren telah menjadi pendukung kuat kebijakan pengampunan pinjaman mahasiswa untuk menghapus utang mahasiswa. Ini telah menjadi salah satu isu kampanye yang paling populer. Ini juga merupakan kata kunci dengan metrik pencarian yang kuat yang menunjukkan bahwa ini akan menjadi masalah bagi banyak orang Amerika:

Mempertimbangkan situasi ini, Anda akan mengharapkan sebuah halaman khusus di situs kampanye Warren yang membahas proposal kebijakan spesifiknya. Namun, kami justru melihat ini:

Ada halaman khusus yang membahas tentang gabungan keyakinannya tentang perguruan tinggi gratis dan pembatalan utang, tetapi halaman tersebut tidak dioptimalkan dengan kata kunci untuk menargetkan apa yang sebenarnya dicari oleh publik tentang topik tersebut. Hasilnya adalah URL dengan 0 peringkat kata kunci dan 0 lalu lintas organik:

SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye

Kampanye Warren telah mengidentifikasi peluang ini! Mereka saat ini membayar untuk slot iklan nomor 2 di SERP Google:

Sekarang, bahkan dengan halaman web yang kuat, Warren akan membutuhkan ekuitas tautan yang tepat dan SEO teknis untuk mendapatkan peringkat untuk “program pengampunan pinjaman mahasiswa.” Kata kunci tersebut sangat kompetitif. Tapi tidak ada alasan mereka tidak boleh setidaknya mencoba hal ini. Ketika mempertimbangkan jenis bakat PR di ujung jari mereka, tidak sulit untuk membayangkan halaman “pengampunan pinjaman mahasiswa” resmi Warren menjadi magnet tautan dengan desain ulang yang apik dan kampanye publisitas.

Selain itu, dengan cara yang mirip dengan kata kunci “sosialisme demokratis” milik Bernie, ada juga peluang merek yang terlewatkan. “Kebijakan pinjaman mahasiswa Elizabeth Warren” adalah saran pelengkapan otomatis terpopuler ke-7 dari Google untuk namanya:

Lamannya yang berada di peringkat tersebut? Halaman kalkulator pinjaman mahasiswa yang tersembunyi di halaman 2 di balik banyak artikel dari situs berita.

Tidak ada kandidat yang ingin melepaskan kesempatan mereka untuk berbicara langsung dengan pemilih tentang keyakinan mereka tentang masalah kebijakan yang sangat populer. Namun, karena kurangnya pengoptimalan pencarian, kampanye Warren melakukan hal tersebut.

  1. Masalah SEO Teknis
    Peringkat kata kunci, volume pencarian, dan jumlah backlink adalah metrik yang “seksi” dalam dunia SEO. Namun terkadang yang paling penting adalah hal-hal mendasar. Apakah situs web Anda terindeks sama sekali? Apakah ada hal-hal yang secara fundamental rusak? Mengingat kembali tentang situs web Joe Biden yang bermasalah di awal artikel, terkadang hal-hal yang mudah terlewatkan.

Tentu saja, hal itu hanya terjadi pada politisi yang tidak paham teknologi, bukan? Mari kita akui saja, Biden adalah seorang politisi dari era ketika situs web tidak diperlukan. Platform politik baru internet bukanlah hal yang baru baginya dan kita bisa memaklumi beberapa masalah teknis pada situs web. Ini bukanlah sesuatu yang akan Anda temui pada seorang politisi yang berpengalaman dalam menggunakan teknologi canggih untuk keuntungan mereka.

Tidak secepat itu. Bintang baru yang sangat paham digital dari partai Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez tampaknya memiliki beberapa masalah mendasar dengan situs webnya sendiri. Meskipun tidak sedramatis kesalahan SEO kampanye politik Biden, masalah ini masih menyoroti perlunya pengetahuan SEO teknis dasar ketika memandu kehadiran online seorang politisi.

Masalah utama dengan situs ini adalah peringkat beranda. Pencarian untuk istilah “Alexandria Ocasio-Cortez” menunjukkan situs web utamanya (https://ocasio2018.com/) berada di peringkat ke-3 untuk istilah ini:

Ini mungkin tidak ideal (Wikipedia menempati posisi pertama), tetapi ini sama sekali bukan sebuah krisis. Namun, ada situasi yang berbeda ketika mencari “situs web Alexandria Ocasio-Cortez” (seperti yang dilakukan banyak orang ketika mereka menginginkan situs khusus politisi):

Situasi di atas hampir tidak ideal. Namun, hasil pencarian ini bisa saja berbeda. Saya melakukan pencarian yang sama sehari sebelum menulis artikel ini dan mendapatkan situs web resmi di 5 besar. Dengan mengingat hal tersebut, saya tidak merasa nyaman untuk mengatakan bahwa situs ini memiliki masalah serius.

Tetapi, saya yakin Google setidaknya sedikit kesulitan dalam memberikan posisi yang layak bagi situs web AOC untuk pencarian bermerek yang jelas. Grafik riwayat Ahrefs juga menunjukkan beberapa penurunan aneh di bawah halaman 1 untuk kata kunci nama asli:

Menggali lebih jauh ke dalam masalah teknis situs web, ada beberapa lubang yang jelas. Salah satunya, versi HTTP sedang dialihkan ke domain yang sama sekali berbeda:

Domain tersebut merupakan salinan persis dari situs utamanya. Dan domain yang sepenuhnya diindeks oleh Google:

Pencarian cepat pada aplikasi khusus ini menunjukkan bahwa ini kemungkinan besar adalah lingkungan pengembangan situs. Mungkin salah satu masalah SEO teknis yang paling mendasar, konten duplikat melalui situs pengembang yang terindeks, dapat menghambat visibilitas bintang politik yang paham teknologi. Apakah ini jaminan bahwa situs pengembang duplikat menyebabkan peringkat yang tidak konsisten dari do utama

Pencarian cepat pada aplikasi khusus ini menunjukkan bahwa ini kemungkinan besar adalah lingkungan pengembangan situs. Mungkin salah satu masalah SEO teknis yang paling mendasar, konten duplikat melalui situs pengembang yang diindeks, dapat menghambat visibilitas bintang politik yang paham teknologi. Apakah ini merupakan jaminan bahwa situs pengembang duplikat menyebabkan peringkat domain utama tidak konsisten? Carilah layanan audit SEO untuk mendapatkan jawaban terbaik atas pertanyaan tersebut, namun tetap saja, memperbaiki masalah tersebut adalah masalah teknis.

Kurangnya pengoptimalan teknis ini adalah masalah di kedua sisi lorong. Toko online populer milik mantan Presiden Trump penuh dengan tautan balik yang rusak dari setiap item yang 404 alih-alih dialihkan ke halaman web produk atau kategori yang relevan dan langsung:

Pemeliharaan SEO teknis tidak perlu menjadi fokus 24/7 untuk kandidat politik modern, tetapi harus menjadi bagian dari keseluruhan strategi mereka untuk menemukan dan memperbaiki masalah sebelum menyebabkan kerusakan serius.

  1. Jangan Lupa: Politik Lokal = Kesulitan yang Lebih Rendah
    Meskipun sebagian besar tulisan ini berkonsentrasi pada peluang untuk politisi skala nasional, saya ingin memperjelas bahwa politisi lokal juga bisa mendapatkan keuntungan dari SEO. Baik di tingkat Negara Bagian, Kota, atau Kabupaten, akan selalu ada penelusuran yang terkait dengan kantor, isu, dan pemilihan lokal untuk para politisi yang berpikiran terbuka dalam hal peluang digital.

Sebagai penduduk Seattle, WA, Senator lokal saya adalah Patty Murray. Google langsung mengetahui hal ini ketika saya mencari “seattle senator”:

Daftar GMB itu bagus, tetapi situs web kampanye Senator Murray yang sebenarnya tidak ada. Alih-alih muncul di atas lipatan, situs ini justru tidak terlihat di posisi 31:

Yang satu ini sangat mudah dipahami. Patty Murray adalah “senator seattle” dan kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah dengan peringkat 5 besar dengan strategi kata kunci yang tepat pada beranda atau subhalaman yang ditargetkan (karena dia mewakili lebih dari sekadar Seattle).

SEO lokal dengan tingkat kesulitan rendah ini merupakan tambang emas bagi para kandidat dan pejabat terpilih yang ingin memaksimalkan keberadaan di mesin pencari. Bahkan lebih baik lagi, karena ini adalah kata kunci ekor panjang yang sangat spesifik, mereka jauh lebih mungkin untuk menghubungi seseorang yang berasal dari daerah mereka. Kenyataan dari kata kunci bervolume tinggi adalah, meskipun mereka mendapatkan banyak lalu lintas, mungkin bukan lalu lintas yang tepat. Penargetan kata kunci SEO politik berdasarkan penelusuran yang dilokalkan akan selalu lebih baik dalam hal menarik target sebenarnya dari seorang politisi: pemilih yang memenuhi syarat.

Strategi SEO Politik yang Disesuaikan untuk Menang
Apakah Anda siap untuk mendominasi halaman pertama Google dan membawa lebih banyak visibilitas ke situs web kampanye politik Anda? Tim ahli strategi pemenang penghargaan dari agensi SEO kami siap untuk memulai percakapan SEO Politik untuk situs web Anda. Hubungi kami untuk konsultasi SEO gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?